Cara dan Strategi untuk Berbisnis Online yang Sukses
Kapanpun Anda berencana untuk menuju tempat baru yang belum Anda tahu, akan lebih baik jika Anda menggunakan bantuan peta; jika tidak, Anda akan tersesat. Begitupun dalam merencanakan cara dan strategi dalam berbisnis online, dan ini bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mewujudkannya.
Memasuki hal baru yang tidak diketahui adalah tantangan yang dihadapi perusahaan hampir setiap hari. Tahukah Anda apa yang mereka butuhkan untuk memastikan bahwa mereka tidak tersesat?
Membangun strategi yang kuat adalah yang menyelematkan bisnis. Pendekatan juga disebut peta jalan atau roadmap.
Dalam bisnis online sekalipun Anda memerlukan strategi dan roadmap yang berguna untuk memastikan bisnis Anda akan berjalan dengan baik. Berikut adalah cara dan strategi berbisnis online yang cocok di adaptasikan untuk Anda yang baru memulai bisnis.
Daftar Isi
1. Kumpulkan fakta
Cara pertama dalam berbisnis online yang sukses adalah memeperhatikan data dan fakta. Kebanyakan orang yang baru memulai bisnis online membuat kesalahan dengan mencari produk terlebih dahulu, dan selanjutnya adalah pasar.
Untuk meningkatkan peluang sukses Anda, mulailah dengan pasar dan fakta yang ada. Triknya adalah menemukan sekelompok orang yang sedang mencari solusi untuk suatu masalah, tetapi tidak menemukan banyak hasil. Internet mempermudah riset pasar semacam ini:
- Kunjungi forum online untuk melihat pertanyaan apa yang diajukan orang dan masalah apa yang mereka coba selesaikan.
- Lakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang banyak dicari orang, tetapi tidak memiliki banyak persaingan dengan situs lain.
- Lihat pesaing potensial Anda dengan mengunjungi situs mereka dan catat apa yang mereka lakukan untuk memenuhi permintaan. Kemudian Anda dapat menggunakan apa yang telah Anda pelajari dan menciptakan produk untuk pasar yang sudah ada dan melakukannya dengan lebih baik daripada pesaing.
Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Keahlian Anda
2. Kembangkan pernyataan visi dan misi
Pernyataan khusus ini harus menggambarkan arah bisnis di masa depan. Itu juga harus menentukan tujuannya dalam jangka menengah hingga panjang.
Ini harus melibatkan deskripsi tentang tujuan dan nilai organisasi. Pakar bisnis telah berdebat panjang dan keras. Pembahasannya tentang apa yang diutamakan – visi atau pernyataan misi. Tapi, dalam praktik dan dedikasi nyata, Anda bisa mengembangkan keduanya pada saat bersamaan.
Seperti pernyataan visi; pernyataan misi mendefinisikan tujuan organisasi. Itu juga menguraikan tujuan utamanya. Ini menyangkut apa yang harus terjadi dalam jangka pendek untuk mewujudkan visi jangka panjang. Jadi, untuk pernyataan visi, Anda harus menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apa yang kita lakukan?
- Bagaimana kita melakukannya?
- Untuk siapa kita melakukannya?
- Nilai apa yang kita bawa?
Baca juga: Berbagai Ide Bisnis Unik yang Pasti Orang Suka, Tertarik Mencobanya?
3. Tulis copywrite yang menjual3
Ada formula dalam copywrite penjualan yang telah terbukti yang membawa pengunjung melalui proses penjualan dari saat mereka tiba hingga saat mereka melakukan pembelian:
- Bangkitkan minat dengan judul yang menarik.
- Jelaskan masalah yang dipecahkan produk Anda.
- Bangun kredibilitas Anda sebagai pemecah masalah ini.
- Tambahkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.
- Bicarakan tentang produk dan manfaatnya bagi pengguna.
- Lakukan penawaran.
- Buat jaminan mutu.
- Ciptakan urgensi.
Sepanjang copywrite Anda, Anda perlu fokus pada bagaimana produk atau layanan Anda secara unik mampu memecahkan masalah orang atau membuat hidup mereka lebih baik. Berpikirlah seperti pelanggan dan tanyakan “Apa untungnya bagi saya?”
4. Rancang dan bangun situs web Anda
Setelah Anda mendapatkan pasar dan produk Anda, merancang visi dan misa dalam bisnis, dan Anda telah menmastikan cara dan proses penjualan Anda, sekarang Anda siap untuk desain web bisnis kecil Anda.
Ingatlah untuk tetap sederhana. Anda memiliki waktu kurang dari lima detik untuk menarik perhatian seseorang – jika tidak, mereka akan pergi, tidak akan pernah terlihat lagi. Beberapa tip penting yang perlu diingat:
- Pilih satu atau dua font biasa dengan latar belakang putih.
- Buat navigasi Anda jelas dan sederhana, dan sama di setiap halaman.
- Gunakan sedikit mungkin grafik, audio atau video
- Sertakan penawaran opt-in sehingga Anda dapat mengumpulkan alamat email.
- Permudah pembelian – tidak lebih dari dua klik antara calon pelanggan dan pembayaran.
- Situs web Anda adalah etalase online Anda, jadi buatlah itu ramah pelanggan.
Baca juga: 15 Usaha yang Menjanjikan yang Bisa Anda Coba di Tahun ini
5. Gunakan mesin telusur untuk mengarahkan pembeli yang ditargetkan ke situs Anda
Iklan bayar per klik adalah cara termudah dan terbaik dalam berbisnis online untuk mendapatkan lalu lintas ke situs baru. Ini memiliki dua keuntungan dibandingkan menunggu lalu lintas datang kepada Anda secara organik.
Pertama, iklan PPC segera muncul di halaman pencarian, dan kedua, iklan PPC memungkinkan Anda untuk menguji kata kunci yang berbeda, serta kata kunci tertarget, harga dan pendekatan penjualan.
Anda tidak hanya mendapatkan lalu lintas langsung, tetapi Anda juga dapat menggunakan iklan PPC untuk menemukan kata kunci terbaik dengan konversi tertinggi. Kemudian Anda dapat mendistribusikan kata kunci ke seluruh situs Anda dalam salinan dan kode Anda, yang akan membantu peringkat Anda dalam hasil pencarian organik.
Baca juga: Langkah Membangun Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan
6. Bangun reputasi untuk diri Anda sendiri
Orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Berikan informasi itu secara gratis ke situs lain, dan Anda akan melihat lebih banyak lalu lintas dan peringkat mesin pencari yang lebih baik. Rahasianya adalah selalu menyertakan tautan ke situs Anda dengan setiap informasi menarik.
- Berikan konten ahli gratis. Buat artikel, video, atau konten lain yang bermanfaat bagi orang lain. Distribusikan konten itu melalui direktori artikel online atau situs media sosial.
- Sertakan tautan “kirim ke teman” pada konten berharga di situs web Anda.
- Menjadi ahli yang aktif dalam forum industri dan situs jejaring sosial tempat berkumpulnya pasar sasaran Anda.
Dengan begitu Anda akan menjangkau pembaca baru. Namun lebih baik lagi, setiap situs yang memposting konten Anda akan ditautkan kembali ke situs Anda. Mesin pencari menyukai tautan dari situs yang relevan dan akan memberi Anda peringkat lebih baik di halaman pencarian.
Baca juga: Daftar Bisnis Franchise dengan Modal Rendah yang Bisa Anda Coba
7. Gunakan kekuatan email marketing untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli
Saat Anda membuat daftar buletin dan pelanggan Anda memasukan emailnya, Anda membuat salah satu aset paling berharga dari bisnis online Anda, kepercayaan pelanggan. Pelanggan Anda telah memberi Anda izin untuk mengirimi mereka email. Itu berarti:
- Anda memberi mereka sesuatu yang mereka minta.
- Anda mengembangkan hubungan seumur hidup dengan mereka.
- Responsnya dapat diukur.
- Pemasaran email lebih murah dan lebih efektif daripada media cetak, TV atau radio karena sangat bertarget.
Siapapun yang mengunjungi situs Anda dan memilih ke dalam daftar buletin Anda adalah prospek yang sangat baik. Dan tidak ada alat yang lebih baik selain email untuk menindaklanjuti prospek tersebut.
Baca juga: 12 Prinsip Etika Bisnis yang Harus Dimiliki Oleh Wirausahawan
8. Tingkatkan penghasilan Anda melalui penjualan back-end dan upselling
Salah satu strategi pemasaran internet yang paling penting adalah mengembangkan nilai seumur hidup setiap pelanggan.
Setidaknya 36 persen orang yang pernah membeli dari Anda akan membeli dari Anda lagi jika Anda menindaklanjutinya. Melakukan penjualan pertama sejauh ini merupakan bagian tersulit – belum lagi yang paling mahal. Jadi gunakan penjualan back-end dan upselling agar mereka membeli lagi:
- Tawarkan produk yang melengkapi pembelian aslinya.
- Kirimkan kupon loyalitas yang dapat mereka tukarkan pada kunjungan berikutnya.
- Tawarkan produk terkait di halaman “Terima Kasih” Anda setelah mereka membeli.
Hadiahi pelanggan Anda atas kesetiaan mereka dan mereka akan menjadi lebih setia.
Baca juga: 5 Bisnis Online Terbaru dan Menjanjikan di Kala Pandemi
9. Selalu pastikan kesehatan keuangan bisnis dalam kendali
Salah satu cara yang luput dilakukan dalam berbisnis online adalah tidak memperhatikan kondisi keuangan bisnis secara menyeluruh. Padahal, kesehatan keuangan adalah faktor utama yang perlu diperhatikan dalam bisnis apapun jika bisnis tersebut ingin berkembang.
Dengan memastikan kesehatan keuangan yang baik dan benar, Anda bisa memperkirakan keuntungan dalam bisnis, mengetahui pos pengeluaran yang mengalami pemborosan, membuat rencana usaha berdasarkan data keuangan yang valid, dan masih banyak lagi.
Untuk memastikan hal tersebut, pastikan Anda menggunakan sistem pembukuan yang sesuai dengan standar dan menghasilkan laporan yang faktual.
Kesulitan melakukan pembukuan manual? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang mudah digunakan, memiliki harga terjangkau dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.
Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.
Baca juga: Terbukti! Inilah 7 Sektor Bisnis yang Tahan Krisis
Kesimpulan
Internet berubah sangat cepat sehingga satu tahun online sama dengan lima tahun di dunia nyata. Tetapi prinsip bagaimana memulai dan mengembangkan bisnis online yang sukses tidak berubah sama sekali.
Jika Anda baru memulai bisnis kecil online, ikuti cara berbisnis online diatas. Jika Anda sudah lama menjadi pembisnis online, lakukan tinjauan singkat dan lihat apakah ada langkah yang Anda abaikan, atau tidak pernah sempat dilakukan. Mulailah dengan dasar dasar yang benar.