Cara Jadi Selebgram yang Sukses dan Dapat Banyak Endorse

Era digital mengantarkan kita pada bermunculnya ragam profesi baru, salah satunya selebgram atau selebriti Instagram. Profesi ini terbilang sangat menggiurkan, sebab hanya dengan membuat konten foto atau video, kita bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan mudah. Tak heran apabila kini banyak yang penasaran dan bertanya perihal cara jadi selebgram.

Meski terlihat mudah, menjadi seorang selebgram membutuhkan kreativitas yang tinggi. Sebab, konten merupakan kunci untuk menarik followers dan brand. Dimana hal tersebut juga merupakan modal untuk mendapatkan banyak tawaran kerja sama atau endorsment.

Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa mulai Anda lakukan terkait cara jadi selebgram. Apa saja hal tersebut?

Cara Menjadi Selebgram

1. Tentukan Niche yang Sesuai dengan Minat

Hal pertama yang harus dilakukan dalam langkah cara jadi selebgram ialah menentukan niche atau tema. Niche sendiri merupakan topik khusus yang akan menjadi tema postingan Anda di Instagram.

Keberadaan niche akan memudahkan Anda dalam membuat konten secara berkelanjutan. Dan tentu saja, memudahkan pihak lain untuk menentukan apakah Anda selebgram yang tepat untuk diajak bekerja sama, baik dalam bentuk endorsement maupun event yang sesuai dengan bidang produk mereka.

Menentukan niche pun sebenarnya tidak sulit. Anda bisa memulai dari hal yang Anda sukai dan minati, seperti kuliner, fashion, hingga parenting.

Adapun dalam menjadi selebgram, Anda sebenarnya bisa fokus di beberapa bidang sekaligus. Namun, jika Anda pemula, lebih baik untuk fokus di satu bidang terlebih dahulu untuk membentuk karakter atau personal branding. Baru setelah itu, Anda bisa melebarkan nama dan meraih banyak pengikut sehingga bisa merambah ke bidang lain.

2. Bangun Personal Branding

Branding tidak hanya dibutuhkan untuk membangun citra suatu produk barang atau jasa. Namun, juga untuk menciptakan dan mempertegas karakter seseorang. Dengan branding yang kuat, Anda bisa membangun reputasi yang baik di hadapan followers maupun pihak lain yang kedepannya mungkin akan mengajak Anda untuk bekerja sama.

Personal branding sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari konten yang mereka sajikan hingga kesan yang mereka bawakan. Dalam hal ini, Anda bisa memikirkan personal branding seperti apa yang ingin ditampilkan ke khalayak luas. Apakah seseorang yang humoris dengan kepribadian unik? Atau seseorang yang kritis membagikan pendapat mengenai suatu topik?

Carilah sesuatu yang membedakan diri Anda dengan orang lain, namun tetap menjadi diri sendiri.

Baca juga: Apa itu Endorse? Ini pengertian, dan Kelebihan dari Endorse

3. Ciptakan Profil Instagram yang Menarik

Profil merupakan salah satu bagian dari personal branding. Karena itu, buatlah profil Instagram yang menarik dan tidak asal-asalan. Sebab, pengunjung yang tertarik dan penasaran akan melihat profil terlebih dulu sebelum memutuskan hal lain.

Selain itu, pastikan untuk tidak memprivatisasi akun. Bahkan, lebih baik jika mengubah akun menjadi akun bisnis atau kreator sehingga lebih mudah untuk mengelola dan memantau statistik akun dalam satu periode tertentu.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan profil instagram yang lebih menarik yakni dengan menggunakan foto profil beresolusi tinggi, menuliskan bio instagram yang menarik, mencantumkan kontak yang bisa dihubungi, dan menyematkan tautan blog, website, atau kanal Youtube.

4. Buat Konten yang Menarik

Konten merupakan kunci yang dibutuhkan oleh selebgram. Karena itu, baik foto maupun video, penting untuk dibuat semenarik mungkin. Menarik dalam hal ini juga berarti dapat memberi manfaat dan nilai lebih bagi mereka yang melihatnya.

Kualitas juga perlu diperhatikan dalam mengunggah suatu konten. Pasalnya, orang cenderung tidak tertarik untuk melihat lebih lanjut apabila kualitas suatu konten tidak memuaskan secara visual, meski ide kontennya sendiri sudah cukup menarik.

Di saat yang sama, hindari membuat konten yang berisi tentang kehidupan pribadi, meski followers cenderung menyukai hal tersebut. Sebab, bukan tidak mungkin Anda akan merasakan ketidaknyamanan. Oleh karenanya, cukup bagikan konten terkait tema yang ingin ditampilkan dan tetap menjaga privasi sendiri.

Baca juga: Micro Influencer Adalah : Pengertian dan Perbedaanya dengan Macro dan Nano Influencer

5. Konsisten dalam Membuat Konten

Jika memang berniat menjadi seorang selebgram, pastikan untuk konsisten dengan apa yang sudah dimulai. Sebab, ketika Anda mulai malas memposting konten, followers bisa saja berhenti mengikuti Anda karena dirasa tidak aktif atau terlalu membosankan.

Karena itu, dalam hal cara jadi selebgram yang sukses, usahakan untuk membuat konten dan mengunggahnya secara berkala, baik di feed maupun di instastory. Jika memang sibuk, Anda bisa memanfaatkan fitur di Instagram Creator Studio, dimana postingan bisa dijadwalkan dan diunggah secara otomatis.

6. Bangun Engagement dengan Followers

Faktanya, selebgram bukanlah apa-apa tanpa followers. Oleh karenanya, dalam hal cara jadi selebgram, penting untuk membangun interaksi dan engagement dengan followers.

Selain bisa menjaga hubungan dan meningkatkan ketertarikan followers, hal ini juga mampu meningkatkan followers secara organik. Sebab, ketika Anda menggunakan jasa penambah followers, akun Anda beresiko untuk dihapus oleh pihak Instagram.

7. Kolaborasi dengan Selebgram Lain

Cara jadi selebgram paling ampuh yang terakhir ialah dengan melakukan kolaborasi dengan selebgram lain. Anda akan lebih dikenal dan mendapatkan views dari followers selebgram yang Anda ajak kolaborasi.

Memiliki hubungan baik dengan selebgram lain juga bisa memperluas jaringan dan membentuk citra baik sebagai seseorang yang ramah serta pandai bergaul. Anda juga bisa menjadikan ini kesempatan untuk mengembangkan minat di bidang lain atau bahkan membuka bisnis. Sebab, tak jarang selebgram yang saling membantu mempromosikan bisnis sesama selebgram lainnya.

Baca juga: Engagement Rate Adalah : Pengertian, Faktor, dan Cara Mengukurnya

Penutup

Berdasarkan uraian di atas terkait cara jadi selebgram, kini diketahui bahwa menjadi selebgram membutuhkan dedikasi yang tinggi. Anda dituntut untuk menjadi kreatif dan konsisten terhadap apa yang Anda ingin tampilkan dan bagikan kepada khayalak luas.

Ketika hal tersebut berhasil Anda lakukan, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi selebgram yang sukses dan mendapatkan banyak tawaran kerja sama. Dalam hal ini, Anda harus bijak dalam mengelola penghasilan yang Anda dapat. Sebab, jika Anda tidak peduli akan pengelolaan keuangan, Anda bisa saja menghadapi masalah keuangan yang tidak pernah bisa diprediksi ke depannya.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online. Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Dimana di dalamnya juga tersedia fitur dan keunggulan yang mudah untuk digunakan dan bisa diakses kapan saja serta dimana saja.

Tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari? Silahkan klik banner di bawah ini.