Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri Untuk Dijadikan Bisnis

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang wajib dipenuhi. Kondisi ini banyak dimanfaatkan oleh pebisnis di Indonesia dengan berjualan pakaian, salah satunya adalah berjualan baju bekas. Namun, masih banyak pebisnis yang belum mengetahui cara membeli baju bekas dari luar negeri.

Walaupun memang pakaian bekas yang masih berkualitas bisa ditemukan di Indonesia, namun baju bekas dari luar negeri, terlebih lagi dari brand ternama, memiliki nilai lebih di masyarakat.

Nah khusus untuk Anda yang ingin berjualan baju bekas, kali ini kami akan memberikan cara dalam membeli baju bekas dari luar negeri.

Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri

1. Mengenal Brand Terlebih Dahulu 

Perlu Anda ketahui banyak brand yang berasal dari luar negeri namun tidak di jual di Indonesia. Untuk itu, mencari baju bekas dari brand tersebut di Indonesia cukup sulit.

Untuk itu, cara membeli baju bekas dari luar negeri yang pertama adalah mengetahui terlebih dahulu brand yang jarang atau sulit ditemukan di Indonesia. Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa brand tersebut banyak diminati orang agar Anda bisa mengetahui nilai barang dan laku dijual.

2. Pelajari Trend dan Model Pakaian 

Tentunya setiap negara mempunyai budayanya tersendiri. Nah, Anda harus mempertimbangkan model pakaian yang bisa diterima secara mudah oleh masyarakat Indonesia. Sehingga, produk Anda bisa dengan mudah diminati dan laku terjual.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari tren yang sedang terjadi, khususnya di media sosial. Sehingga, Anda bisa menentukan baju bekas apa yang ingin Anda beli dari luar negeri secara tepat.

3. Cari Supplier Terpercaya

Jika Anda sudah mengetahui kedua cara membeli baju bekas dari luar negeri di atas, maka ini saatnya bagi Anda untuk mencari pemasok yang bisa menyediakan produk untuk dijual. Mulai dari kerabat sampai akun thrift shop dari luar negeri, Anda bisa memanfaatkan seluruh koneksi tersebut.

Selain itu, karena adanya kecanggihan teknologi, Anda pun bisa mencari pemasok di beberapa platform jualan online yang saat ini sudah ada.

4. Mencari Tahu Sistem Pengirimannya

Selanjutnya, cara membeli baju bekas dari luar negeri yang wajib Anda perhatikan adalah masalah pengirimannya. Baik itu banyak atau sedikit baju yang ingin Anda beli, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu sistem pengirimannya ke Indonesia.

Anda juga harus mencari tahu harganya agar Anda bisa mempersiapkan anggaran modalnya. Lalu, pastikanlah untuk mengetahui estimasi waktu pengirimannya untuk sampai ke tangan Anda dan prosedur yang harus Anda lakukan, khususnya bila produk yang Anda beli belum kunjung tiba dalam kurun waktu yang sudah diinformasikan.

5. Menyiapkan Tempat untuk Menyimpan Baju Bekas

Jika baju bekas dari luar negeri sudah dalam perjalanan, maka Anda harus mempersiapkan tempat tertentu agar baju tersebut bisa disimpan secara rapi sebelum Anda memeriksa kondisi dan mencucinya untuk dijual pada pelanggan.

Baca juga: Tertarik Berbisnis Baju Bekas Preloved? Perhatikan 10 Tips Ini

Tips Agar Jualan Baju Bekas Anda Laris Manis

1. Pastikan Kondisi Barang Bagus

Karena produk yang Anda beli adalah produk bekas, maka kekurangannya pasti sangat banyak, mulai dari noda makanan sampai sobekan. Untuk itu, Anda harus memastikan produk yang mempunyai kondisi kurang bagus tersebut.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena semua kerusakan tersebut bisa Anda perbaiki terlebih dulu sebelum di jual.

Bila ada baju yang memiliki kondisi aroma kurang sedap, Anda bisa terlebih dahulu mencuci dan menyetrikanya. Sehingga, barang tersebut nantinya bisa diterima oleh pelanggan dalam kondisi yang bersih dan wangi.

2. Foto Barang 

Sama seperti produk lainnya, tentu Anda harus memamerkan produk yang akan Anda jual. Sebelum Anda menjualnya secara online, pastikan untuk memfoto produk Anda terlebih dahulu.

Bila Anda belum memiliki anggaran, Anda tidak perlu menyewa foto studio ataupun fotographer. Anda bisa memfoto produk tersebut menggunakan ponsel lalu menyuntingnya terlebih dahulu agar terlihat menarik.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah dari sisi estetika poto yang harus menampilkan seluruh detail dari produk Anda. JIka memang ada bagian yang cacat atau tidak bisa Anda perbaiki, maka Anda harus memperlihatkannya di dalam foto produk.

3. Deskripsi Produk 

Selain foto, Anda pun harus menulis deskripsi produk barang agar pelanggan Anda merasa yakin untuk membeli produk tersebut. Beberapa hal detail yang harus Anda cantumkan mulai dari brand, ukuran baju, model pakaian saat sudah digunakan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana Toko Baju Yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang cara membeli baju bekas dari luar negeri, lengkap dengan tips sukses menjual baju dari luar negeri. Tips dan cara di atas bisa Anda kembangkan lagi sesuai dengan kondisi bisnis yang akan Anda jalankan.

Namun, hal terpenting dan tidak boleh Anda lupakan dalam menjalankan bisnis ini adalah terkait mengelola keuangan. Setiap modal, pengeluaran, dan pemasukan harus Anda catat agar nantinya Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Namun, melakukan hal tersebut secara manual tentunya akan memakan banyak waktu dan rentan terjadi banyak kesalahan. Solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Sudah dipercaya oleh lebih dari 483 ribu pebisnis di Indonesia, Accurate Online akan membantu Anda dalam mencatat dan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses secara mudah di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, di dalamnya juga ada banyak sekali fitur luar biasa yang bisa meningkatkan efisiensi bisnis Anda secara signifikan, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan Accurate Online? klik banner di bawah ini untuk mencoba seluruh keunggulan dan fitur luar biasanya selama 30 hari, Gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.