10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Restoran di Semarang

Kota Semarang adalah kota besar yang memiliki masyarakat yang multi kultural yang terdiri dari berbagai jenis umur yang menjadi faktor pendorong utama bagi keberhasilan bisnis. Daya beli masyarakat yang tinggi di kota besar menjadi magnet bagi ide bisnis yang berpotensi menguntungkan, tidak terkecuali untuk membangun restoran di Kota Semarang.

Jika Anda berencana membangun restoran di Kota Semarang tentu Anda memerlukan perencanaan bisnis yang baik agar restoran Anda bisa mendapatkan keuntungan dan dikenal banyak orang.

Rencana bisnis akan menjadi peta yang menunjukan tujuan kemana restoran baru Anda berkembang. Hal yang harus Anda lakukan adalah benar-benar harus menulis rencana bisnis ini

Ini akan membuktikan kelayakan konsep Anda kepada calon konsumen atau investor dan memberi mereka jawaban yang jelas dan menarik untuk pertanyaan: “Mengapa Kota Semarang membutuhkan restoran ini?”

Apa yang Harus ada dalam Rencana Bisnis Restoran Anda?

Rencana bisnis terkuat selalu mencakup semua atau sebagian besar komponen yang diuraikan di bawah ini. Kami menyarankan agar pemilik restoran pertama kali membaca banyak rencana bisnis berbeda untuk restoran dan teknologi lainnya dan perusahaan ritel untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang opsi tata letak, desain, dan kejelasan konsep.

Baca juga : Rahasia Sukses Membangun Bisnis Travel di Kota Semarang

Untuk membagas lebih jauh tentang hal yang perlu Anda lakukan dalam perencanan sebelum membuka restoran Anda di Kota semarang perhatikan 13 hal ini, dan bicarakan dengan orang terdekat atau investor Anda :

1. Konsep

Jelaskan konsep restoran Anda dan buat pembaca bersemangat tentang ide Anda. Pelajari lebih detail tentang makanan yang akan Anda sajikan, inspirasi di balik konsep Anda, dan inspirasi gaya layanan. Tentukan dengan jelas apa yang akan menjadi unik tentang restoran Anda. Sertakan logo Anda (bahkan jika itu belum selesai), tanggal, dan nama restoran Anda.

2. Contoh Menu

Menu adalah hal paling penting dari restoran mana pun, jadi ini harus lebih dari sekadar daftar item sederhana. Masukkan logo Anda dan tiru desain menu yang baik dan sesuai konsep restoran Anda.

Contoh menu Anda juga harus mencakup harga yang didasarkan pada analisis biaya terperinci. Ini akan memberi orang terdekat Anda pemahaman yang jelas tentang harga yang Anda targetkan yang nantinya diperlukan untuk membuat proyeksi keuangan

Dan ini akan menunjukkan kepada investor bahwa Anda telah melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk meyakinkan mereka bahwa Anda akan dapat untuk menjual menu yang telah Anda buat  dengan harga dan anggaran yang telah sesuai.

3. Layanan

Mungkin Anda akan memilih konsep fine dining, konsep yang memiliki gaya layanan yang unik, atau mungkin Anda memilih konsep tradisional dengan menu masakan lokal?

tidak ada yang salah dengan konsep restoran yang Anda pilih, namun akan lebih baik jika Anda memilih salah satu layanan yang akan menjadi layanan utama Anda.

Jika Anda tidak merasa bahwa layanan merupakan komponen penting dari operasi Anda, perhatikan secara seksama konsep yang akan Anda usung pada layanan Anda nantinya.

Baca juga : 7 Peluang Usaha Semarang yang Mudah untuk Dikembangkan

4. Tim Manajemen

Tulis tinjauan singkat tentang diri Anda dan tim yang telah Anda buat sejauh ini. Anda ingin menunjukkan bahwa pengalaman kerja yang Anda peroleh selama karier Anda telah memberi Anda keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan restoran yang sukses.

Idealnya, setelah Anda menggambarkan alasan yang kuat dari setiap anggota tim Anda, Anda akan memberikan wawasan penuh terhadap setiap orang yang akan bekerja bersama Anda, dan ini akan menentukan sukses atau tidaknya restoran Anda.

5. Desain

Menggabungkan beberapa visual adalah hal penting. Buat papan yang berisi desain yang menampilkan gambar yang terkait dengan desain dan perasaan restoran Anda. Berencana memasak di oven pembakaran kayu dengan konsep tradisional? Sertakan hal itu. Menambahkan foto-foto bahan dan cuplikan kegiatan memasak dari restoran lain yang Anda sukai yang mirip dengan merek yang Anda bangun juga  dapat membantu.

6. Target Pasar

Siapa yang akan makan di restoran Anda? Apa yang mereka lakukan untuk membeli makanan di restoran Anda, berapa umur mereka, dan berapa penghasilan rata-rata mereka? Setelah Anda menjelaskannya secara rinci, perhatikan dan pelajari mengapa konsep yang Anda bangun akan menarik bagi mereka.

Baca juga : Strategi Terbaik Sebelum Membangun Usaha Cafe di Kota Semarang

7. Lokasi

Seharusnya ada hubungan yang alami dan sangat jelas pada informasi yang Anda sajikan di bagian “Target Pasar” dan poin ini. “Lokasi”!

Anda mungkin tidak memiliki gambaran yang jelas tentang lokasi seperti apa yang cocok bagi bisnis Anda, tetapi Anda harus berbicara tentang lingkungan yang layak.

Anda harus memastikan bahwa restoran Anda adalah restoran ideal yang memiliki lokasi yang tepat dan berada di lingkungan yangmemiliki potensi untuk berkembang di Kota Semarang. Pastikan juga restoran Anda memiliki lalu lintas pejalan kaki yang cukup, parkir, akses jalan bebas hambatan, dan detail penting lainnya.

8. Tinjauan Pasar

Pastikan Anda mengerti kondisi pasar mikro dan makro di wilayah Kota Semarang. Pada tingkat makro, bagaimana kondisi ekonomi lokal dan regional?

Jika banyak restoran berkinerja buruk, jelaskan mengapa restoran Anda tidak akan mengalami hal itu, jika semurestoran baik-baik saja, jelaskan bagaimana Anda akan dapat bersaing dalam iklim restoran yang sudah booming.

Pada tingkat mikro, diskusikan siapa pesaing Anda. Bicarakan tentang restoran apa yang memiliki target pasar yang sama dengan Anda dan bagaimana Anda akan membedakannya dengan pesaing Anda.

Baca juga : Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Elektronik di Semarang

9. Pemasaran & Publisitas

Diskusikan rencana pemasaran Anda sebelum dan sesudah pembukaan untuk menunjukkan kepada investor dan calon konsumen bagaimana Anda berencana untuk mendapatkan daya tarik menjelang hari pembukaan, serta bagaimana Anda akan menjaga momentum tetap berjalan.

Pastikan Anda memiliki rencana yang kuat untuk menarik perhatian audienmelalui media sosial, situs web, dan koneksi media. Pertimbangkan juga untuk bekerjasama dengan influencer seperti food blogger atau food vlogger. Jangan lupa untuk memasarkan menu Anda pada layanan pengantaran makanan seperti grab food atau go food, dan situs pencarian restoran seperti zomatto atau tripadvisor.

10. Keuangan

Biarkan akuntan Anda memandu Anda melalui rencana keuangan. Sangat penting bahwa siapa pun yang Anda pilih untuk membantu keuangan Anda memiliki banyak pengalaman yang mumupuni pada bisnis restoran, karena mereka harus terbiasa dengan kekhasan keuangan restoran dan mengetahui pertanyaan apa yang harus ditanyakan kepada Anda.

Sebelum membuat proyeksi keuangan yang realistis, akuntan Anda ingin mengetahui kira-kira berapa banyak kursi yang Anda rencanakan untuk dimiliki, berapa rata-rata arus kas bisnis Anda, dan kira-kira berapa banyak pemasukan per hari yang Anda rencanakan untuk dilakukan.

Menjadi konservatif dalam estimasi ini adalah penting karena ketiga titik data ini akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan apakah konsep Anda layak secara finansial.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Rental Mobil di Semarang? Berikut Strateginya

Untuk kemudahan proses penghitungan dan pemantauan kegiatan finansial restoran Anda, kami sarankan untuk untuk menggunakan software akuntansi untuk operasional pembukuan dan pembuatan laporan keuangan yang lebih baik dan efisien.

Hal ini tidak hanya akan berguna untuk akuntan Anda, namun juga bagi Anda sendiri selaku pemiliki restoran. Dengan menggunakan software akuntansi terutama yang berbasis cloud, Anda bisa dengan mudah memantau transaksi dan stok kapanpun dan dimanapun  Anda mau, software akuntansi berbasis cloud juga dapat meminimalisir tindakan fraud karena data disajkan secara realtime.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi kemudahan proses pembukuan bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu jenis bisnis, termasuk restoran.

Jadi bagi Anda yang ingin membangun restoran di Kota Semarang dan mencari software akuntansi terbaik, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 3o hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan