Ingin Membuka Salon di Kota Semarang? Perhatikan 10 Hal Berikut

Kota Semarang adalah kota terbesar kelima di Indonesia yang memiliki potensi besar bagi Anda yang ingin membangun sebuah bisnis, termasuk dengan bisnis salon. Dengan laju pertumbuhan ekonomi dan penduduk yang pesat, kesempatan Anda untuk menjadi pebisnis salon yang sukses di Kota Semarang akan cukup besar jika Anda memiliki keterampilan dan perencanaan yang matang untuk bisnis salon Anda.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam membuka bisnis adalah modal. Persiapkan modal yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda nantinya. Dengan modal yang cukup, tentu semua rencana Anda akan berjalan dengan lancar.

Ingin mengetahui 7 hal yang mesti Anda lakukan sebelum membuka salon di Kota Semarang? Berikut kami jelaskan secara singkat :

1. Buat rencana bisnis salon

Seperti yang kami jelaskan di awal, setiap bisnis memerlukan perencanaan. Menulis rencana bisnis harus menjadi langkah pertama Anda ketika memulai bisnis apa pun. Ini memberi Anda tujuan yang jelas, menguraikan bagaimana Anda akan mencapai tujuan itu, dan memberi Anda ide bagus tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk menjadi sukses.

Rencana bisnis adalah kunci untuk memulai salon. Rencana tersebut adalah peta jalan bagi pemilik salon untuk diikuti dan membantu pengusaha untuk sampai pada tujuan bisnisnya. Perencanaan juga memastikan Anda menyiapkan metrik apa saja yang perlu dilakukan untuk meraih kesuksesan dan mempertimbangkan keuangan sebelum Anda menginvestasikan banyak waktu dan uang dalam salon Anda

Pastikan Anda memiliki pemahaman yang baik tentang pasar salon yang ada di wilayah Anda. Ini akan membantu Anda memahami dengan tepat bagaimana Anda akan bersaing dengan salon lain.

Anda juga harus memiliki gagasan tentang siapa target audiens Anda, Pikirkan salon seperti apa yang ingin kamu buka dan konsep seperti apa yang kamu inginkan.

Baca juga : 10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Restoran di Semarang

2. Temukan cara untuk membuat salon Anda menonjol

Kota Semarang adalah kota yang besar, tentu akan banyak kompetitor pada bisnis salon Anda. Dengan salon di setiap sudut Kota Semarang, memasuki pasar dengan ciri khusus atau layanan yang berbeda dapat secara dramatis meningkatkan atensi para calon konsumen.

Pikirkan tentang apa yang membuat salon Anda unik. Apakah itu layanan yang Anda tawarkan? Staf penuh perhatian? Pengalaman khusus  yang Anda berikan? Apa pun itu, cobalah menjadikannya sebagai titik fokus identitas Anda dan kembangkan bisnis Anda dari sana. Dengan kata lain, temukan ceruk pasar Anda. Menumbuhkan bisnis Anda di ceruk pasar jauh lebih mudah daripada mencoba sukses di pasar umum yang lebih besar.

Segmentasi pasar memberi Anda lebih banyak keamanan terhadap kegagalan dan peluang untuk mencari tahu apa yang berfungsi dengan baik dan apa yang tidak untuk bisnis Anda dengan memungkinkan Anda berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan Anda.

Bahkan jika Anda menawarkan banyak layanan, mempromosikan layanan khusus akan membantu Anda menarik tidak hanya basis klien yang sangat loyal, tetapi juga akan langsung memberikan kredibilitas ke salon Anda sebagai ahli dalam ruang segmentasi pasar Anda.

Baca juga : Rahasia Sukses Membangun Bisnis Travel di Kota Semarang

3. Bicaralah dengan distributor

Untuk mendapatkan produk untuk salon Anda  seperti kursi, cermin, tempat cuci dan pengeringan, sampo, kondisioner, dan kuas – Anda harus menghubungi distributor. Anda dapat menemukan distributor lokal, grosir atau nasional dengan agen lokal.

Untuk barang yang lebih besar, seperti kursi dan pengering, Anda harus bekerja dengan distributor grosir besar seperti Ikea atau mungkin Informa. Anda dapat membeli barang yang lebih kecil dari distributor lokal atau langsung dari produsen.

Setelah Anda memulai pencarian distributor, ingatlah untuk berbelanja dengan hati-hati dan pertimbangkan setiap prospek. Lihatlah poin harga dan jenis dukungan yang ditawarkan oleh distributor yang berbeda seperti saran atau konsultasi dan tanyakan apakah mereka menawarkan diskon untuk barang dengan mutu yang baik.

4. Kembangkan basis pelanggan yang solid

Sebagai pemilik salon, Anda harus menempatkan pelanggan dan pengalaman mereka di bagian atas daftar prioritas Anda. Ini akan membuat pelanggan kembali yang, seiring waktu, akan membentuk basis pelanggan yang andal.

Kiat No. 1 untuk calon wirausahawan sebelum mereka membuka salon adalah memiliki sejumlah pelanggan tetap yang profesional Anda sendiri yang akan menanggung biaya operasional Anda. Dengan basis pelanggan yang kuat, kamu akan berada di posisi yang lebih baik untuk melakukan pemasaran.

Baca juga : 7 Peluang Usaha Semarang yang Mudah untuk Dikembangkan

5. Pilih lokasi yang tepat untuk membuka salon Anda

Apakah Anda membeli bangunan atau menyewa ruko? Lokasi Anda adalah salah satu pos pengeluaran terbesar dalam membuka salon dan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membuat keputusan ini. Seperti kata pepatah, yang paling penting adalah lokasi, lokasi, lokasi.

Pestikan salon Anda di daerah yang padat penduduk dan mudah diakses dengan mobil atau angkutan umum do Kota Semarang. Anda juga harus memastikan bahwa Anda cukup jauh dari pesaing yang menawarkan layanan yang sama dengan salon Anda.

Amankan lokasi yang solid dengan banyak tempat parkir. Jika salon Anda membuat nyaman pelanggan untuk mengunjungi salon, Anda akan memiliki lebih banyak pelanggan, yang pada gilirannya berarti lebih banyak pendapatan untuk melunasi pinjaman awal Anda dan untuk menempatkan biaya pertumbuhan.

6. Sewa seorang desainer

Jika Anda memiliki kemampuan finansial, merekrut seorang desainer untuk membantu Anda membuat salon Anda dapat mengurangi stres dan memastikan ruang kerja fungsional yang menarik. Seorang desainer dapat membantu Anda menentukan tampilan dan nuansa keseluruhan yang konsisten dengan gambar yang ingin Anda proyeksikan.

Bekerja dengan perencana ruang dapat memastikan Anda memaksimalkan potensi pendapatan Anda untuk ruang tersebut. Jika pekerjaan konstruksi diperlukan, cobalah untuk menegosiasikan biaya-biaya itu dalam perjanjian sewa Anda.

Kami merekomendasikan untuk memanfaatkan ruang di tengah salon dengan hal-hal seperti sofa untuk tamu yang menunggu. Anda juga harus mengetahui dimensi masing-masing area sebelum Anda berbelanja peralatan atau furnitur.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang ingin Membangun Bisnis Kuliner di Semarang

7. Lakukan Pencatatan Pengeluaran dan Pemasukan

Setiap bisnis melakukan pembelian dan penjualan, termasuk pada bisnis salon Anda. Untuk membuat gambaran keuangan Anda tetap terpantau dengan optimal, lakukanlah pembukuan dengan pencatatan seluruh pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada bisnis Anda, baik itu pengeluaran rutin atau pengeluaran tak terduga. Hal ini akan membuat keuangan salon menjadi lebih aman dengan laporan keuangan yang faktual.

Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan pembukuan manual yang mungkin memakan waktu, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang cocok untuk bisnis salon seperti Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda tidak hanya bisa mencatata seluruh pengeluaran dan pemasukan bisnis, namun Anda juga bisa memantau aset dan stok kapanpun dan dimanapun Anda mau. Mempunyai banyak cabang salon? Tenang, dengan Accurate Online Anda bisa mengelola keuangan semua cabang dengan fitur multi cabang pada Accurate Online.

Masih banyak lagi fitur pada Accurate Online yang membantu efisiensi pembukuan usaha salon Anda di Kota Semarang. Bergabunglah dengan 300 ribu pengguna lainnya mendapatkan kemudahan pembukuan untuk bisnis yang lebih baik. Coba Accurate Online sekarang, gratis 30 hari melalui tautan ini.

8. Fokus pada staf Anda

Salon Anda hanya sebaik orang yang Anda pekerjakan untuk membantu menjalankannya. Karena kecantikan adalah industri pribadi, sangat penting bagi Anda untuk mempertahankan staf yang terampil, berpengetahuan dan ramah.

Kami menyarankan salon baru untuk menginvestasikan waktu dalam pelatihan dan motivasi staf. Salon Anda akan dibangun bersama penata gaya dan karyawan Anda, jadi memastikan mereka nyaman dengan produk-produk yang menarik dan perawatan lain di seluruh merek adalah perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan.

Meluangkan waktu untuk melatih karyawan Anda dengan benar dan menyeluruh akan membantu bisnis Anda berjalan lebih lancar dan mempertahankan reputasi profesional. Menjadi bersemangat tentang pertumbuhan staf Anda adalah penting. Jadilah pemimpin, bukan bos.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Rental Mobil di Semarang? Berikut Strateginya

9. Pikirkan pelanggan Anda

Ciptakan visi tentang bagaimana Anda ingin klien merasakan, apa yang Anda ingin mereka alami dan kata sifat apa yang akan digunakan klien ketika menggambarkan pengalaman mereka, Ini akan membantu dalam mengembangkan tampilan, rasa dan suasana.

Saat Anda mulai, cobalah untuk mengumpulkan feedback dari klien Anda tentang apa yang mereka sukai dan tidak sukai tentang salon Anda. Buat garis besar dalam rencana bisnis Anda bagaimana Anda ingin memenuhi kebutuhan dan keinginan klien sebanyak mungkin dan tunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda menghargai dan bertindak atas masukan mereka.

10. Kenakan tarif sesuai layanan terbaik Anda

Mungkin sulit untuk memutuskan berapa biaya untuk layanan Anda, terutama ketika Anda baru memulai dengan bisnis Anda sendiri. Setelah Anda melakukan riset dan mendapatkan gambaran kasar tentang apa yang bisa dibebankan oleh seseorang dengan tingkat pelatihan pribadi Anda, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat keterampilan dan pelatihan Anda sendiri dan menentukan harga berdasarkan itu – bukan apa yang dikenakan oleh orang lain di daerah Anda.

Ingatlah, Anda tidak tahu apa-apa tentang mereka atau keahlian mereka. Mungkin Anda bisa mengenakan tarif 100 ribu rupiah hanya untuk jasa potongan rambut ketika pertama kali dibuka, ketika di Kota Semarang di mana potongan rambut paling mahal hanyalah 70 ribu rupiah.

Anda memiliki 25 tahun pelatihan dan pendidikan hingga berada pada bisnis ini. Beberapa orang berpikir Anda gila dan tidak akan mendapatkan pelanggan. Namun ingatlah, jika Anda hebat dalam apa yang Anda lakukan, orang akan membayar untuk itu.


Itulah 10 hal yang harus Anda lakukan dan pertimbangkan sebelum membuka salon yang sukses di Kota Semarang. Aplikasikan semua hal tersebut pada bisnis salon Anda untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan kepuasan pelanggan secara bersamaan.

Lakukan pembukuan untuk membuat seluruh laporan dan data finansial Anda menjadi lebih bermanfaat untuk evaluasi bisnis Anda. Cobalah Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan