Tips Membangun Bisnis Fashion Online yang Sukses dan Menguntungkan

Jika Anda telah memutuskan untuk memulai bisnis fashion atau toko pakaian online Anda sendiri itu adalah pilihan yang sangat bagus. Hal ini dikarenakan bisnis pakaian online menjadi industri multi miliar dolar saat ini dan ini adalah salah satu ceruk eCommerce paling populer.

Dengan penjualan yang diperkirakan akan mencapai $ 713 miliar pada tahun 2022 dan kelas menengah yang sedang berkembang di seluruh dunia, jenis bisnis ini bisa menjadi salah satu bisnis yang bisa Anda bangun untuk meraih kesuksesan.

Namun, memulai bisnis fashion online yang sukses lebih dari sekadar membeli domain dan memasang iklan. Toko yang sukses bergantung pada ceruk atau niche yang Anda pilih, branding yang Anda buat, kualitas tidak hanya produk pakaian Anda tetapi juga situs Anda, layanan pelanggan yang Anda sediakan, dan strategi pemenuhan.

Hanya karena niche yang Anda pilih itu populer tidak berarti Anda memiliki akses instan ke calon pelanggan, justru sebaliknya. Dengan meningkatnya popularitas, akan datang tekanan yang meningkat untuk membedakan toko Anda dari jutaan bisnis lainnya yang sudah online.

Jika Anda baru mengenal dunia eCommerce atau ingin menambahkan pakaian ke portofolio bisnis Anda yang sedang berkembang, artikel ini cocok untuk Anda!

Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk memulai bisnis fashion online yang sukses. Ayo kita mulai,

1. Pilih Niche Bisnis Fashion Online Anda

Sebelum Anda dapat memilih produk, Anda perlu memutuskan di mana dan apa yang ingin Anda jual. Memilih niche yang benar memastikan Anda memilih produk yang tepat dan membuat seluruh rencana bisnis Anda menjadi jelas, misalnya tentang seputar jenis pembeli potensial yang ingin Anda tarik dan pada akhirnya memastikan Anda dapat memposisikan toko Anda dengan cara yang unik.

Triknya adalah menjadi sangat spesifik dan benar-benar menelusuri ceruk pasar Anda, karena ini akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan memasarkan kepada pembeli potensial Anda dengan lebih mudah.

Ini juga akan membantu Anda mengembangkan daftar produk untuk menarik target pasar spesifik Anda, memungkinkan Anda membatasi persaingan dan meningkatkan peluang loyalitas pelanggan jangka panjang.

Contoh luar biasa dari ini adalah toko pakaian online Human. Ceruk mereka? Budaya pop. Bagaimana mereka melayani itu? Dengan menggunakan humor yang berani: ekspresi unik yang menarik bagi apa yang mereka sebut ‘kutu buku budaya pop’. Dan apa yang menarik bagi calon pembeli di ceruk ini? Bukan rok sifon mewah atau sepatu bermerek, tapi kaos, hoodies, dan kaus kaki.

Situs mereka memiliki banyak hal yang luar biasa, tetapi slogan merekalah yang merangkum ceruk pasar mereka dengan sempurna: “Dandani Dirimu Untuk Mengekspresikan Dirimu”.

Jadi, bagaimana Anda memilih niche Anda? Berikut adalah empat pertimbangan terpenting saat memilih niche Anda:

  • Buatlah seunik mungkin agar menonjol dari yang lain
  • Pilih bidang yang menarik minat Anda dan Anda sukai
  • Tanyakan pada diri Anda apakah Anda dapat menambah nilai dan / atau memposisikan diri Anda sebagai otoritas
  • Pastikan ceruk memiliki potensi penghasilan

Baca juga: Ide Jualan Makanan Pedas yang Cocok di Lidah Orang Indonesia

2. Pilih Produk Bisnis Fashion Online Anda

Setelah Anda memiliki ceruk pasar, sekarang saatnya memilih produk Anda. Apakah Anda akan menjual kemeja atau gaun lengan pendek? Pasar pakaian dan fashion jadi hampir tidak terbatas, dan Anda bisa yakin ada banyak opsi dalam ceruk tempat Anda menjual.

Namun, jika Anda tergoda untuk terjun dan menjual semuanya, ini bisa menjadi kegagalan Anda bahkan sebelum Anda mulai. Saat Anda memulai toko online, selalu disarankan untuk memulai dari yang kecil dan perlahan, lalu mengembangkan lini produk Anda saat Anda berkembang.

Contoh yang bagus dari ini adalah salah satu bisnis fashion online terbaik Mrs Bow Tie. Mrs. Bow Tie terkenal karena menjual dasi kupu-kupu yang unik ‘Buatan Inggris’. Kesuksesan mereka hanya dengan satu lini produk begitu besar sehingga dalam tiga tahun mereka telah menambahkan dasi, kotak saku, ikat pinggang, bretel, dan kancing manset ke daftar produk mereka dan dijual ke lebih dari 300.000 pelanggan.

Katakanlah Anda telah memutuskan untuk membuka bisnis fashion online yang ditujukan untuk niche kebugaran yoga. Alih-alih memasukkan berbagai produk ke dalam daftar yang Anda usulkan, pisahkan produk must-have yang dapat Anda gunakan untuk meluncurkan. Setiap jenis produk – apakah itu hoodie atau sepasang kaus kaki – memiliki potensi besar untuk membangun merek pakaian baru Anda.

Apa yang harus Anda pertimbangkan saat memilih produk Anda? Inilah tiga tip teratas kami!

Mulai dari Kecil

Seperti yang dilakukan Mrs Bow Tie, mulailah dari yang kecil dan sederhana saat Anda memulai daftar produk Anda.

Menambahkan terlalu banyak produk di awal tidak hanya akan menambah biaya admin tambahan di setiap langkah – mulai dari pemotretan produk hingga penyiapan web – tetapi juga dapat menambah kerumitan saat Anda pertama kali meluncurkan.

Kerumitan dapat memengaruhi layanan yang Anda berikan, dan sebagai toko baru di pasar yang sangat kompetitif, layanan pelanggan, atau kekurangannya, dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Fotografi? Berikut adalah Tips untuk Mengembangkannya

Pikirkan ke Depan

Seperti yang kita ketahui, mode dan fashion selalu berubah. Pilihlah produk yang stabil pada awalnya yang dapat dengan mudah diubah sesuai dengan gaya yang berubah, seperti dasi kupu-kupu atau kaos seperti gambar di atas.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi mode yang lebih mainstream, rencanakan perubahan gaya dengan membuat toko yang beradaptasi, seperti pesanan dropshipping, yang akan memastikan Anda tidak terjebak dengan stok yang tidak dapat dijual.

Pada akhirnya dalam clothing game akan selalu ada pergantian, jadi kesuksesan akan tergantung dari kemampuan berpikir ke depan dan inovatif serta kreatif dalam menghadapi perubahan.

Tetapkan Fokus Anda

Ya, buatlah sespesifik dan sesempit mungkin di awal, tetapi perhatikan tujuan akhirnya. Pikirkan tentang perkembangan merek pakaian online Anda di masa mendatang, dan pastikan Anda berfokus pada tujuan akhir.

Ini akan memastikan bahwa, saat Anda menambahkan produk ke jangkauan atau lini Anda dan mengembangkan toko Anda di ceruk pasar, Anda akan dapat menerapkan produk baru atau yang sedang tren ke toko Anda dengan lebih mulus.

Baca juga: 10 Tips dan Cara untuk Memenangkan Persaingan Usaha

3. Pilih Model Bisnis Toko Pakaian Online Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui niche Anda dan memiliki gambaran tentang jenis produk yang ingin Anda jual, sekarang saatnya memilih model bisnis untuk bisnis toko pakaian online Anda. Ada empat jenis model bisnis yang digolongkan oleh toko pakaian dan pakaian online:

  • Print-on-demand
  • Toko fashion khusus
  • Merek pribadi
  • Dropshipping

Setiap model bisnis memiliki pro dan kontra dan memilih di antara mereka harus didasarkan pada tujuan, anggaran, dan keterampilan Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Ide Jualan Makanan Online Dijamin Cuan dan Tahan Lama

bisnis fashion online 2

4. Buat Garis Besar Rencana Bisnis Toko Pakaian Online Anda

Anda memiliki ceruk pasar, produk dan model bisnis Anda; sekarang waktunya untuk menguraikan rencana bisnis Anda. Anda harus menguraikan:

  • Pasar (menelusuri calon pembeli Anda ke dalam pasar yang tersegmentasi)
  • Produk (memutuskan apa yang membuatnya unik)
  • Pesaing terbesar (daftar pesaing utama Anda)
  • Model bisnis / strategi pemenuhan
  • Deskripsi merek / perusahaan (bagaimana Anda ingin pasar sasaran melihat merek Anda)

Terkait strategi eCommerce, Anda ingin memastikan bahwa Anda menjawab pertanyaan seperti dari mana trafik Anda (calon pembeli) akan berasal dan apa yang akan membuat produk Anda menarik bagi ltrafik tersebut.

Selain itu, dan yang terpenting, bagian dari rencana bisnis Anda juga harus menyertakan harga Anda. Anggarkan harga per produk dengan pertimbangan biaya penting berikut:

  • Peralatan, pengembangan web, hosting, dll.
  • Perancangan dan pengembangan
  • Biaya produksi per produk, termasuk sampel
  • Tenaga kerja dan transportasi
  • Bahan

Setelah Anda mengetahui biayanya, Anda kemudian dapat menghitung margin Anda, di mana Anda mencari margin sekitar 30-50% jika menggunakan model potong-dan-jahit.

Namun, pada tahap ini Anda juga harus melihat persaingan terbesar Anda untuk penetapan harga, memastikan Anda tidak menetapkan harga diri Anda langsung dari pasar.

Baca juga: Tips Dalam Membangun Kedai Kopi yang Menguntungkan

5. Membuat Toko Pakaian Online Anda

Sekarang sampai pada bagian yang menyenangkan: membuat toko online Anda.

Hal pertama yang Anda perlukan adalah domain Anda. Kami menyarankan membeli ini secara terpisah dimuka segera setelah Anda mendapatkan ide utama Anda. Anda ingin memastikan bahwa domain tersebut masih tersedia setelah Anda merancang jangkauan dan membangun situs Anda.

Atau, Anda dapat membeli domain Anda langsung melalui platform eCommerce seperti Shopify atau WordPress.

Selanjutnya, Anda akan ingin memilih platform Anda dan kemudian tema Anda (atau sebaliknya). Ini adalah salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat saat membuat toko Anda.

Mengapa?

Karena situs web Anda, desain dan kemudahan penggunanya sama pentingnya dengan produk yang Anda jual dan tidak boleh terburu-buru. Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk mempekerjakan desainer atau waktu untuk belajar sendiri tentang WordPress, kami menyarankan menggunakan shopify.

Baca juga: Competitive Advantage Adalah Hal Penting dalam Bisnis, Berikut Penjelasan Lengkapnya

6. Meluncurkan Bisnis Fashion Online Anda

Setelah produk dan rencana bisnis disiapkan, pemenuhan diatur dan situs selesai, saatnya untuk meluncurkan toko pakaian online Anda. Berikut beberapa tips peluncuran untuk membantu Anda memulai.

Tentukan Strategi Peluncuran Anda

Apakah Anda akan menjalankan promosi? Lakukan video Facebook Live? Gunakan database email yang ada untuk mendorong mailer promosi? Apa pun strategi yang Anda putuskan, siapkan untuk diluncurkan selangkah demi selangkah saat Anda meluncurkannya. Ini harus mencakup tugas-tugas seperti mengoreksi dan menguji fungsionalitas seluruh toko Anda sebelum peluncuran.

Siapkan Akun Media Sosial Anda

Sebelum Anda meluncurkan situs Anda, pastikan halaman akun sosial Anda telah diatur dan siap. Nyatanya, aktifkan ini – dengan konten – sebelum peluncuran besar Anda. Ini akan memungkinkan Anda menjalankan iklan sosial Anda dengan peluncuran dan memasarkan toko baru Anda ke pengikut yang sudah berkembang.

Siapkan Strategi dan Otomatisasi Pemasaran Email Anda

Pastikan semua email otomatisasi Anda disiapkan dan diuji dan Anda memiliki strategi pemasaran email yang direncanakan untuk tiga bulan pertama Anda.

Pastikan Akun Google Analytics dan Google Ads Anda Sudah Siap

Selanjutnya, Anda ingin memastikan bahwa Anda telah menyiapkan akun Google Ads dan Google Analytics Anda sebelum peluncuran. Ini akan memungkinkan Anda untuk melacak lalu lintas ke toko Anda selama peluncuran Anda secara real-time dan mengarahkan lalu lintas melalui iklan SERP.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online Menguntungkan yang Bisa Anda Coba

7. Mendatangkan Traffic ke Toko Pakaian Online Anda

Langkah terakhir? Mendatangkan lalu lintas ke toko fashion online Anda yang baru diluncurkan. Penggerak lalu lintas terbesar adalah pemasaran email, PPC, pemasaran konten, posting tamu di blog populer, dan menggunakan influencer.

Untuk  bisnis fashion online yang baru, menggunakan teknologi SEO atau daftar database email dan Anda juga bisa menggunakan iklan Google Ads dan iklan sosial – terutama Facebook dan Instagram untuk mendapatkan pembeli potensial ke toko baru Anda.

Baca juga: 10 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Anda Lulusan Baru

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membangun bisnis fashion online yang menguntungkan dan sukses. Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam suatu bisnis adalah proses pencatatan keuangan dan pembukuan.

Dengan melakukan pembukuan yang baik, Anda bisa dengan mudah mengetahui keuntungan atau kerugian yang didapatkan bisnis Anda. Pembukuan yang benar juga bisa menghasilkan laporan keuangan yang berisi data faktual yang berguna untuk pengembilan keputusan usaha Anda.

Jika Anda kesulitan mengelola proses pembukuan dan akuntansi bisnis secara manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur terbaik, dan harga terjangkau.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan telah dikembangkan sejak 20 tahun lalu yang sudah membantu pembukuan ribuan usaha di Indonesia.

Tertarik menggunakan Accuratre Online? Anda bisa mecoba menggunakannya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu