10 Ide Bisnis Terbaik Untuk Pelajar atau Mahasiswa

Perlu Anda ketahui bahwa berbisnis bukanlah hanya milik orang dewasa saja. Siapapun boleh melakukan bisnis tanpa ada batasan usia ataupun jenis kelamin. Banyak para pengusaha yang sukses merintis bisnisnya karena mereka sudah mulai berbisnis sejak masih pelajar, dan mereka sudah mendapatkan ide bisnis tersebut dari banyak masukan.

Beberapa dari Anda mungkin akan berpikir tentang bisnis apa yang sesuai untuk mereka yang masih sekolah atau kuliah. Karena disisi lain, mereka pun harus melakukan tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar. Untuk Anda yang penasaran, kali ini kami akan mengulas 10 ide bisnis terbaik yang bisa dijalankan oleh anak sekolah atau kuliahan. Berikut ini adalah ulasannya.

Ide Bisnis Terbaik Untuk Pelajar atau Mahasiswa

1. Bisnis Online

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya bisnis online saat ini tengah naik daun karena adanya perkembangan teknologi. Bisnis ini banyak sekali peminatnya karena bisa dilakukan tanpa ada batasan waktu. Modal yang diperlukanpun hanyalah PC atau laptop saja, bahkan beberapa ada yang bisa dengan hanya bermodalkan smartphone yang terkoneksi internet.

Berbagai produk yang ditawarkan pun sangat banyak, seperti baju, makanan kering, aksesoris, dll. Media yang bisa digunakan pun sangat variatif, seperti media sosial, marketplace, dll. Oleh karena itu, bisnis ini sangat sesuai untuk Anda yang masih bersekolah karena Anda bisa melakukan bisnis ini tanpa mengganggu status Anda sebagai seorang pelajar.

Bisnis ini bisa Anda lakukan secara individu ataupun tim. Jika Anda belum memiliki produk sendiri, maka Anda bisa melakukannya secara dropship dari beberapa produk tertentu. Dengan menerapkan sistem dropship, maka Anda tidak perlu memikirkan biaya produksi, karena Anda hanya perlu menjualnya saja lewat media sosial atau media lainnya.

Baca juga: 9 Tips Ampuh Memulai Bisnis Kos-kosan

2. Bisnis PPOB

PPOB atau Payment Point online Bank adalah salah satu bisnis yang menjanjikan untuk Anda yang masih sekolah atau kuliah. Bahkan, saat ini sudah banyak aplikasi yang mampu menyediakan fitur PPOB, sehingga Anda bisa melakukan bisnis ini tanpa ada batasan apapun.

PPOB sangat populer karena sering digunakan untuk pembayaran atau pembelian pulsa, listrik, cicilan motor, dll. Untuk Anda yang masih bersekolah atau kuliah, Anda bisa memaksimalkannya untuk pembayaran atau pembelian pulsa, karena pulsa masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Untuk menjalankan bisnis PPOB ini, Anda tidak memerlukan modal yang banyak, bahka Anda bisa menjalankannya dengan tanpa modal.

3. Menjadi Youtuber

Dewasa ini, youtuber sudah menjelma menjadi sebuah profesi sekaligus bisnis yang sangat menjanjikan, khususnya bagi kalangan milenial yang masih bersatatus sebagai pelajar atau mahasiswa.

Saat ini, youtube sudah menjadi salah satu media informasi yang mampu menyajikan berbagai hal terkait gaya hidup, ataupun ajang menyalurkan hobi sebagai seorang entertainer.

Jika Anda sudah berbakat menghibur atau hobi menjadi seorang entertainer, maka tidak ada salahnya untuk mendokumentasikannya dengan baik melalui media yang saat ini sudah tersedia.

Penghasilan berbagai youtuber saat ini bahkan mampu melebihi orang-orang dewasa yang bekerja di kantor ataupun pebisnis lainnya. Walaupun menjadi seorang youtuber memerlukan rentetan proses yang panjang, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba jika memang memiliki minat dan bakat pada bidang ini.

Jika Anda bisa menekuninya secara serius dan berkomitmen tinggi, maka Anda akan mampu mendapatkan penghasilan tinggi. Namun, dengan melakukan berbagai langkah yang sesuai dengan aturan youtube.

Baca juga: 9 Ide Bisnis Hobi yang Menguntungkan

4. Menjadi Blogger

Sama seperti youtuber, menjadi seorang blogger pun masih bisa Anda pertimbangkan. Profesi ini sangat cocok untuk Anda yang hobi di dunia penulisan. Jika dilakukan dengan konsistensi yang tinggi dan juga cara yang tepat, maka Anda akan bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa dari blog Anda.

Cara memulainya pun terbilang mudah, pertama buatlah akun google, lalu daftarkan diri Anda pada akun blogspot menggunakan akun google tadi. Selanjutnya, buatlah artikel sebanyak 30-60 buah. Buatlah tema tulisan yang memang benar-benar Anda senangi. Setelahnya, daftarkan blog Anda ke google adsense.

Tujuanya tentu saja agar pihak google menyetujui blog Anda agar dipasangkan iklan, sehingga Anda akan mendapatkan bayaran dari pemasangan iklan tersebut.

Menjadi seorang bloggerpun tidak akan mengganggu berbagai tugas sekolah Anda karena menulis artikel bisa Anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Kuncinya adalah niat dan tekad yang kuat dalam melawan rasa malas.

5. Endorser di Instagram

Jika mendengar kata endorser, sebagian besar dari kita pasti akan beranggapan bahwa mereka adalah selebgram ataupun artis papan atas yang sudah terkenal. Pada awalnya pengertian endorser memang seperti itu, namun berbeda dengan sekarang. Saat ini bahkan sudah ada banyak perusahaan yang sudah menerapkan strategi micro-influencer yang memanfaatkan akun dengan follower aktif dengan kisaran 1000 – 1500 followers.

Agar Anda bisa membuka bisnis endorsement yang tepat, maka Anda harus aktif secara penuh di Instagram. Walaupun memang tarif endorsement tidak terlalu besar, namun jika Anda serius dalam menjalaninya, maka semakin lama akan semakin banyak perusahaan yang ingin menggunakan jasa Anda. Minimal, uang jajan dan relasi Anda bisa bertambah.

6. Bisnis Cemilan atau Sarapan pagi

Ide bisnis pelajar lainnya yang cocok untuk dilakukan oleh para anak sekolah adalah melakukan bisnis cemilan atau sarapan pagi. Walaupun terlihat agak aneh, namun bisnis ini memiliki peluang yang tepat ketika teman-teman Anda belum sarapan atau memerlukan camilan di kelas.

Makanan sarapan pagi yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain adalah nasi uduk, nasi kuning, gorengan, lontong sayur, dll. Untuk memulainya, Anda tidak harus membuat makanan ini, karena Anda bisa coba bekerja sama dengan para penjual lain yang menjual makanan tersebut, dan hasil keuntungannya nanti bisa Anda bagi rata.

Jika Anda serius dalam menjalani bisnis ini, bisa jadi bisnis Anda akan meningkat, dari yang tadinya satu kelas mungkin bisa jadi satu sekolah. Anda juga bisa merekrut teman Anda yang ingin ikut bergabung dalam bisnis ini. Namun, Anda harus buang jauh-jauh rasa gengsi Anda, karena dalam memulai sesuatu, Anda harus memulainya dari hal yang kecil.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Minuman Kemasan yang Mudah Dibuat

7. Guru Privat

Beberapa ilmu yang sudah Anda kuasai tidak ada salahnya untuk di salurkan pada teman atau adik kelas Anda agar lebih bermanfaat. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menjadi guru privat, dan saat ini bisnis tersebut masih sangat menjanjikan.

Menjadi guru privat tidak melulu harus tentang pelajaran formal saja, pelajaran nonformal seperti musik, menggambar, bahasa, dan olahraga juga bisa Anda jadikan pilihan.

Dengan melakukan bisnis ini, maka uang saku Anda akan menambah, dan sekaligus bisa menambah amal Anda karena menyalurkan ilmu yang Anda kuasai. Terdapat banyak cara agar orang lain mau menggunakan jasa Anda, seperti promosi lewat media sosial atau melakukan promosi pada teman-teman terdekat Anda.

8. Membuka Jasa Design Gambar

Apakah diantara Anda ada yang memiliki hobi menggambar? Dari hobi ini, Anda bisa jadikan lahan bisnis yang menjanjikan walaupun masih duduk di bangku sekolah. Terlebih lagi, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa seorang designer untuk kebutuhan media sosial, profil, logo, banner, dll.

Terlebih lagi, perusahaan tersebut bersedia membayar hasil karya Anda dengan harga yang tinggi. Jika dilakukan dengan serius, bisnis ini akan sangat menjanjikan untuk Anda. Oleh karena itu, jika Anda cukup berbakat dalam bidang ini, maka tekunilah secara sungguh-sungguh, tingkatkan relasi Anda, lalu temukanlah peluang yang tepat untuk mendapatkan klien yang cocok agar bisa diajak kerja sama.

9. Jasa Make up artist

Jika Anda menyukai dunia make up dan cukup berbakat dalam melakukan hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa make up artist. Terlebih lagi, saat makin banyak orang yang membutuhkan jasa make up artist karena banyak orang yang ingin tampil sempurna pada beberapa acara tertentu.

Agar lebih mudah dalam meyakinkan calon pelanggan, Anda harus menyediakan model yang mau Anda make up. Semakin banyak model, maka akan semakin mudah juga bagi Anda untuk mempromosikannya lewat media sosial.

Jasa make up ini tidak hanya identik dengan pernikahan saja, namun juga acara wisuda sekolah, kondangan, dan acara resmi lainnya. Agar kemampuan Anda lebih meningkat, maka ikutilah beberapa kursus make up artist.

Kabar baiknya, bisnis jasa make up artist ini bisa dilakukan oleh anak sekolah atau kuliah, karena masih bisa dilakukan pada akhir pekan.

10. Tour Leader Wisata

Indonesia merupakan salah satu negeri yang kaya akan tempat wisata menarik, dan banyak wisatawan dalam maupun luar negeri yang berkunjung. Mungkin saat ini daerah tempat tinggal Anda sangat dekat dengan tempat wisata tersebut. Nah, Anda bisa mengambil peluang bisnis dari sana, yaitu dengan menjadi tour leader, agen penjual tiket atau jasa travel.

Akan lebih baik lagi jika Anda mempunyai kemampuan berbicara dalam bahasa asing, karena Anda akan mampu menjadi tour leader untuk wisatawan luar negeri.

Percayalah bahwa bisnis ini adalah bisnis yang sangat seru untuk dijalankan jika Anda memang memiliki minat yang baik pada kegiatan tersebut. Kenapa? Karena Anda memiliki peluang untuk bisa jalan-jalan dengan artis, dan tentunya Anda akan mendapatkan teman dari luar ataupun dalam negeri.

Untuk menjalankan bisnis ini, maka Anda harus menyajikan pelayanan yang jujur dan nyaman, karena jika Anda telah diperacaya banyak orang, maka mereka akan terus menghubungi Anda untuk menemaninya jalan-jalan.

Selain itu, uang jajan Anda pun pastinya akan meningkat dari hasil bisnis ini. Namun, Anda tetap harus mengutamakan sekolah atau kuliah. Oleh karenanya, gunakanlah waktu akhir pekan atau hari libur Anda untuk menjalankan bisnis ini.

Baca juga: Jenis-jenis UKM yang Bisa Dilakukan di Pedesaan

Jadi, Siapkah Anda untuk Menjalankan Salah Satu dari Ide Bisnis untuk Anak Sekolah di Atas?

Apapun pilihan bisnis yang akan Anda pilih dari ke sepuluh bisnis di atas, jangan lupakan tugas utama Anda, yaitu sekolah atau kuliah. Anda boleh saja berbisnis, namun jangan lupakan kewajiban Anda pada orang tua Anda.

Jika waktunya sudah tepat, pasti akan Ada waktu luang yang banyak untuk menjalankan ide bisnis pelajar di atas, dan saat waktu itu sudah tiba, siapkanlah perencanaan keuangan yang matang dan pembukuan keuangan yang akurat agar bisnis Anda bisa meningkat pesat.

Agar memudahkan Anda untuk mengatur keuangan atau hal lainnya yang berhubungan dengan akuntansi, maka gunakanlah software akuntansi seperti yang disediakan oleh Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam membuat dan mengecek laporan keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun. Selain itu, data laporan juga akan tersimpan dengan aman dan Anda bisa lebih mudah dalam menggunakannya.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1