Ingin Jualan Bunga? Ini Tips Memaksimalkan Manajemennya agar Untung Berlipat

Menjalankan bisnis toko bunga atau bisnis jualan bunga menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan modal yang terbilang kecil, Anda bisa mendapatkan omset sampai dengan miliaran rupiah.

Kenapa? Karena kebutuhan setiap orang akan bunga tidak akan pernah surut. Kebutuhan akan bunga ataupun rangkaian bunga juga sangatlah bervariasi, seperti dekorasi pernikahan, dekorasi rumah, hadiah untuk orang terdekat, sampai dengan ucapan selamat serta ucapan bela sungkawa.

Walaupun beragam kesempatan seringkali memerlukan bunga, tapi tidak selamanya membuat toko bunga bisa memperoleh keuntungan yang besar. Manajemen dalam berjualan bunga sama seperti manajemen bisnis lainnya, bila tidak dijalankan secara baik, maka akan sulit sekali untuk bisa mengembangkannya.

Selain itu, bisnis toko bunga pun menjadi sangat kompetitif dan mengancam eksistensi bisnis jualan bunga Anda. Karenanya, sangat penting sekali bagi suatu bisnis untuk bisa menerapkan sistem ERP Retail yang bisa meningkatkan efisiensi dan juga mengelola inventaris secara lebih efisien.

Bila Anda sudah memiliki toko bunga Anda sendiri dan ingin mengembangkan bisnis melalui manajemen yang baik, maka Anda bisa membaca tips di bawah ini.

Tips Mengelola Bisnis Jualan Bunga Secara Maksimal

1. Kelola Inventaris Toko Bunga Anda dengan Baik

Karena produk yang Anda jual adalah bunga yang segar, maka Anda harus mengelola inventaris dengan baik dan benar. Dalam hal ini, Anda harus bisa mengontrolnya secara rutin.

Hal tersebut sangat penting sekali untuk memastikan agar bunga Anda tetap segar, dan seluruh tanaman, aksesoris dan kebutuhan lainnya bisa tetap terjaga. Selain itu, Anda juga harus mengontrol persediaan agar bisa mencegah tanaman layu dan menjadi terbuang.

Manajemen inventaris akan secara otomatis mempermudah Anda dalam melakukan stok kontrol. Karena, kebutuhan setiap orang akan bunga sangat fluktuatif. Dengan adanya sistem inventaris yang baik, Anda bisa memperkirakan kebutuhan Anda dalam waktu-waktu tertentu. Sehingga, Anda tidak kekurangan bunga segar dan bisa memenuhi permintaan bunga yang banyak.

Saat Anda mempunyai stok bunga dan aksesoris yang banyak, maka Anda sudah tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk menghitungnya satu per satu, karena sistem akan bisa mengontrolnya secara otomatis.

Suatu sistem inventaris akan membantu Anda untuk mengatur arus kas dan menantu produk mana yang mampu menghasilkan keuntungan yang paling banyak dan produk yang memiliki kurang peminat.

Dengan adanya sistem ini, Anda bisa memaksimalkan tingkat persediaan, melakukan estimasi kebutuhan inventaris, dan bisa membantu proses stock transfer di dalam bisnis.

Baca juga: 7 Ide Jualan yang Laris di Masa Pandemi Secara Online

2. Pikat Pelanggan Toko Bunga Anda dan Buat Mereka Selalu Kembali

Bila saat ini bisnis jualan bunga Anda selalu ramai pelanggan, maka saat ini Anda harus memikirkan cara untuk memenangkan hati mereka secara terus menerus agar mereka bersedia menjadi pelanggan setia Anda.

Dengan adanya sistem CRM atau Customer Relationship Management, maka Anda bisa menyimpan data pelanggan Anda dalam satu database. Anda bisa menggunakan data pribadi mereka, seperti tanggal lahir dan keluarganya atau tanggal hari jadi pernikahan pelanggan Anda.

Dengan adanya berbagai tanggal tersebut, maka Anda bisa merekomendasikan bunga ataupun rangkaian bunga yang pelanggan perlukan.

Contohnya, Anda mengetahui hari lahir pasangan pelanggan di bulan Desember. Maka Anda bisa mengirimkan suatu pesan teks yang mana didalamnya berisi rekomendasi warna dan jenis bunga dengan makna tertentu, lengkap dengan rangkaian bunganya.

Selain itu, Anda juga bisa mengirim suatu kupon diskon beberapa hari sebelum hari ulang tahun orang terdekat pelanggan Anda. Anda pun bisa menerapkan suatu program membership dengan ketentuan tertentu dengan berdasarkan riwayat pembelian dari pelanggan Anda.

3. Memanfaatkan Aplikasi Bisnis yang Canggih

Terkadang, saat permintaan bunga sedang meningkat, Anda dan karyawan akan merasa kewalahan dalam mencatat jumlah pembelian. Tapi dengan menggunakan aplikasi bisnis yang canggih, Anda pun bisa melakukannya secara lebih mudah tanpa ada kesulitan apapun.

Aplikasi bisnis yang baik dan canggih bisa menyediakan berbagai jenis metode pembayaran yang Anda pilih. Anda bisa melakukan kustomisasi produk secara lebih mudah, baik itu berdasarkan tangkai bunga ataupun buket bunga, semuanya bisa dilakukan sesuai kemauan Anda.

Lebih jauh lagi, bila aplikasi bisnis ini telah terintegrasi dengan sistem inventory, CRM dan juga akuntansi, maka Anda bisa melihat apakah suatu bunga tertentu masih tersedia atau tidak dan bisa melakukan pembayaran yang secara langsung terhubung dengan data pembeli.

Baca juga: Cara Jualan Barang Bekas Online Demi Untung Banyak

Penutup

Demikianlah tips yang bisa kami berikan untuk bisa memaksimalkan manajemen bisnis jualan bunga Anda. Tentunya dengan mengotomatiskan bisnis Anda secara menyeluruh akan lebih menghemat waktu, uang, dan juga mengurangi terjadinya kesalahan. Anda pun jadi bisa mengetahui informasi bisnis Anda secara real time dan memperoleh strategi terbaik agar bisa dikembangkan.

Nah, dengan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online, Anda bisa lebih mudah meningkatkan produktivitas dan juga profitabilitas bisnis Anda.

Aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini juga akan membantu Anda untuk menyelesaikan berbagai kegiatan akuntansi Anda secara otomatis, cepat dan akurat. Anda pun bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa diakses kapanpun Anda perlukan.

Selain itu, Accurate online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis lainnya yang akan membantu Anda untuk bisa mengelola dan mengembangkan bisnis secara lebih mudah.

Jadi tunggu lagi? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba berbagai kelebihan dan fitur bisnis luar biasa dari Accurate Online.