Kerajinan Rajutan Terkenal yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Saat ini, bisnis kerajinan rajutan sedang menjadi tren dan banyak dibicarakan. Tentunya hal ini terjadi karena meningkatkan ketertarikan minat masyarakat atas adanya bisnis kreatif, terutama kerajinan rajutan.

Kerajinan rajutan mempunyai nilai keunikannya tersendiri, karena mempunyai tampilan yang sangat menarik, memiliki unsur desain atau motif unik, serta mempunyai bahan yang tebal dan juga tahan lama.

Merajut adalah suatu cara dalam membuat pakaian, kain, atau berbagai benda lainnya yang terbuat dari benang rajut. Selain itu, merajut adalah suatu kegiatan penghilang rasa stress yang mampu menghasilkan uang.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan berbagai kerajinan tangan yang bisa Anda jadikan ide dalam berbisnis.

10+ Ide Kerajinan Rajutan yang Bisa Anda Jadikan Bisnis

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa menjalani bisnis yang berdasarkan hobi tentunya akan lebih nyaman dan terasa menyenangkan. Karena di dalamnya tidak akan ada pemikiran untuk menyerah, meskipun di dalam nya banyak rintangan yang akan menghadang.

Nah, berikut ini adalah beberapa model kerajinan rajutan terkenal yang bisa dijadikan bisnis demi mendapatkan keuntungan.

1. Tas Model Rajutan

Tas rajut adalah kerajinan rajutan yang paling diminati oleh masyarakat. Seringkali, tas jenis ini digunakan oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan, bahkan tas ini bisa digunakan di berbagai kegiatan sehari-hari, seperti misalnya dijadikan sebagai kantong belanja.

Tas ini sudah banyak beredar di pasar, karena memang tas rajut adalah salah satu barang yang banyak diminati oleh masyarakat.

2. Dompet

Selain tas, kerajinan rajutan dalam bentuk dompet adalah kerajinan yang banyak diminati berbagai kalangan, mulai dari anak muda sampai orang tua.

Salah satu yang menarik kerajinan dari dompet rajut adalah bentuknya yang sangat sederhana dan tetap fungsional. Dompet jenis ini juga mempunyai berbagai jenis lain, seperti dompet koin yang berukuran lebih kecil dan dompet rajut uang kertas.

Baca juga: Ide Jualan yang Laku Setiap Hari, Untung Terus!

3. Sepatu 

Kerajinan rajutan yang banyak diminati oleh masyarakat selanjutnya adalah sepat rajut. Bila Anda perhatikan dengan baik, sangat jarang sekali orang dewasa yang menggunakan jenis sepatu ini.

Sepatu rajut adalah sepatu yang seluruh bahannya dibuat dari benang rajut. Untuk sepatu rajut orang dewasa, biasanya akan dikombinasikan dengan sol dari plastik atau bahan lainnya. Sedangkan untuk sepatu rajut bayi atau balita, seluruh bahan sepatunya dibuat dari benang rajut.

Walaupun memang banyak diminati, namun produk ini masih agak sulit untuk ditemukan. Untuk itu, Anda bisa mulai membuat sepatu rajut untuk di jual.

4. Sweater Rajut

Produk rajutan yang selanjutnya adalah kerajinan sweater, cardigan, atau jaket. Walaupun ketiga barang ini memang berbeda, tapi ketiganya tetap memiliki fungsi yang sama, yakni pakaian penunjang.

Ketiga barang tersebut sangat sesuai jika digunakan ditempat yang dingin seperti di pegunungan ataupun di berbagai negara yang mempunyai musim salju. Tapi walaupun begitu, bukan berarti barang ini tidak diminati oleh masyarakat urban.

Karena, masyarakat urban pun kenyataannya sering sekali menggunakan sweater rajut, terutama di musim hujan. Selain bisa menghangatkan tubuh, sweater juga bisa menunjang gaya berbusana mereka.

5. Syal dan Scarf Rajut

Sama seperti sweater, syal dan scarf dari bahan rajut juga adalah salah satu produk busana yang sesuai dijual di kota atau negara yang memiliki iklim dingin. Tapi, seringkali masyarakat yang mencari produk ini digunakan untuk kebutuhan busananya.

6. Boneka Rajut

Boneka rajut juga adalah kerajinan rajutan terkenal yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berjualan. Selain memang terlihat menarik dan unik, boneka yang terbuat dari bahan rajut juga sudah mulai jarang ditemukan.

Walaupun membuatnya memang agak sulit, tapi barang ini justru bisa Anda jadikan ladang keuntungan karena minimnya jumlah kompetitor.

Baca juga: Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Dengan Modal Minim

7. Gantungan Kunci

Kerajinan rajutan terkenal selanjutnya adalah gantungan kunci. Gantungan kunci ini bisa Anda buat ke dalam berbagai jenis desain, seperti bunga matahari, boneka beruang, atau berbagai bentuk lainnya yang Anda suka.

Agar bisa terlihat semakin menarik, coba gunakanlah warna yang cerah dan sesuai dengan karakteristik dari rajutan Anda.

8. Tempat Pensil

Tempat pensil yang dibuat dari benang rajutan juga sangat digemari oleh masyarakat. sama seperti dompet, tempat pensil juga mempunyai bentuk yang sangat sederhana dan fungsional.

Hal yang menarik dari jenis kerajinan rajutan ini adalah Anda bisa menggunakan lebih dari satu warna benang rajut dan menggabungkannya untuk bisa membuat produk tempat pensil yang fungsional dan trendi.

9. Topi Model Rajutan

Pasti Anda sering melihat orang yang menggunakan topi rajutan. Biasanya, jenis topi ini digunakan di tempat yang memiliki cuaca dingin, karena topi ini memang bisa memberikan rasa hangat saat digunakan. Walaupun begitu, masyarakat Indonesia masih bisa menggunakan topi ini, khususnya di berbagai tempat yang tidak begitu panas.

10. Kaos Kaki

Kaos kaki yang terbuat dari benang rajut sangat sering digunakan oleh bayi atau anak-anak. Warnanya yang cenderung cerah dan digabungkan dengan berbagai hiasan yang terbuat dari bahan rajut akan membuat kaos kaki terlihat sangat menarik saat digunakan.

Selain bisa membuat bayi atau anak-anak terlihat lebih lucu, kaos kaki ini juga ampuh sekali untuk menghangatkan kaki.

Baca juga: Bisnis O2O Adalah: Kelebihan dan Cara Menerapkannya

11. Tempat HP

Tempat HP adalah kerajinan rajutan yang terkenal selanjutnya. Saat ini, HP sudah menjadi benda yang sangat dibutuhkan oleh siapa saja dan dimana saja. Untuk itu, banyak orang yang sering membawa HP apapun kegiatan yang akan mereka lakukan di luar.

Di zaman sekarang, ukuran HP sudah jauh lebih besar dan lebih canggih daripada HP jaman dulu, untuk itu sangat tidak baik untuk menyimpan HP di dalam kantong celana.

Atas dasar itulah HP rajutan dibuat. Umumnya, tempat HP yang terbuat dari benang rajutan ini berbentuk seperti HP yang dilengkapi dengan tali panjang, sehingga bisa dikalungkan di leher.

12. Bros

Bros adalah salah satu bagian pelengkap busana yang banyak digunakan, khususnya oleh mereka yang menggunakan kerudung atau hijab.

Selain bisa digunakan sebagai ornamen pelengkap busana, bros juga berguna sebagai penyangga agar hijab tidak bergeser atau berantakan.

Saat ini, setiap pengrajut bisa membuat inovasi baru dengan membuat bros dari bahan rajutan dan dengan bentuk yang beragam, salah satu bentuk yang paling terkenal adalah bros rajutan berbentuk bunga.

13. Pakaian untuk Peliharaan

Setiap orang yang memiliki peliharaan pasti ingin peliharaannya tampil lebih fashionable. Bila Anda selama ini menganggap bahwa sweater hanya dibuat untuk manusia, maka tanggapan Anda selama ini salah.

Pasalnya, saat ini sudah banyak pengusaha kerajinan rajutan yang telah membuat inovasi dengan menciptakan pakaian hewan atau sweater dari bahan rajutan.

Selain bisa membuat hewan peliharaan terlihat semakin keren, pakaian ini juga nyaman untuk digunakan.

14. Sepatu untuk Peliharaan

Selain pakaian, hewan peliharaan juga sudah bisa menggunakan sepatu yang dibuat dari bahan rajutan. Sama seperti sepatu untuk manusia, sepatu model rajutan untuk hewan peliharaan juga dibuat dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan dengan paduan warna yang menarik saat digunakan oleh peliharaan.

15. Taplak Meja

Model rajutan yang terkenal selanjutnya adalah taplak meja. Walaupun memang merajut taplak meja memerlukan waktu lama karena ukurannya yang besar, tapi produk ini memiliki banyak peminat.

Saat ini, banyak sekali taplak yang dibuat untuk menutupi permukaan meja dan sebagai penghias meja. Contohnya seperti taplak meja rajutan yang sengaja dibuat memanjang agar bisa memberikan ornamen garis pada meja.

Baca juga: Makanan Ringan: Ini Ide Bisnis dan Tips Sukses Menjalankannya

Penutup

Demikianlah ide kerajinan rajutan yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk bisa dijual. Anda bisa membuat satu atau lebih produk rajutan agar bisa memberikan variasi produk barang dan bisa melengkapi kebutuhan pelanggan Anda.

Namun, jangan lupa untuk mencatat setiap hasil penjualan dan memindahkannya di dalam laporan keuangan. Laporan ini sangat penting untuk mengetahui nilai keuntungan yang Anda dapat dan sebagai referensi yang tepat untuk membuat keputusan bisnis.

Tapi bila Anda tidak memiliki waktu atau kesulitan dalam mencatat penjualan dan membuat laporan keuangan, Anda bisa mempercayakannya pada aplikasi bisnis dan akuntansi Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, seluruh kegiatan transaksi bisa dicatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan juga akurat.

Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membuat bisnis kerajinan rajutan Anda berjalan lebih efektif dan efisien.

Tunggu apa lagi? Coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.