Mengenal Key Activities dalam Bisnis Beserta Kategorinya

Dalam menjalankan kegiatan bisnis, terdapat banyak sekali elemen yang wajib Anda pahami, terlebih lagi dalam bisnis model canvas. Nah, salah satu elemen yang wajib Anda pahami adalah key activities.

Jadi, key activities adalah suatu kegiatan yang menghabiskan waktu dalam melakukan berbagai kegiatan operasional bisnis.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang key activities, maka Anda bisa menyimak pembahasan tentang key activities di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Key Activities?

Key activities adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam kegiatan bisnis. Elemen ini berkaitan langsung dengan beberapa kegiatan operasional yang menjadi penentu keberhasilan dalam sebuah bisnis.

Dilansir dari laman Strategyzer, key activities atau aktivitas kunci merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan produktivitas bisnis dan juga berhubungan dengan suatu produk. Kegiatan ini menjadi sangat penting sekali dalam memberikan nilai pada pelanggan, memasuki pangsa pasar, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan memaksimalkan potensi keuntungan.

Itu artinya, key activities adalah suatu elemen yang di dalamnya mampu memberikan informasi terkait kegiatan operasional suatu bisnis bisa berjalan. Sehingga, kunci dari kegiatan bisnis tersebut mampu memberikan keuntungan untuk mereka yang menggunakannya.

Baca juga: Apa itu Harga Pasar? Dapatkan Pengertian Lengkapnya di Sini!

Kategori Key Activities

Key activities terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Nah, berbagai kegiatan yang termasuk ke dalam kategori key activities adalah kegiatan produksi, memecahkan masalah, memanfaatkan teknologi, platform atau jaringan, serta kegiatan penjualan dan pemasaran. Setiap kategori tersebut juga diiringi dengan beberapa elemen.

Namun, harus Anda garis bawahi bahwa tidak semua perusahaan mempunyai semua kategori tersebut. Karena, setiap bisnis mempunyai aktivitas kunci mereka masing-masing berdasarkan bidang dan jenis industrinya.

Berikut ini adalah penjelasan dari setiap kategori key activities di atas.

1. Produksi

Produksi adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan pembuatan, perancangan, dan pengiriman produk dalam jumlah yang besar. Key activities ini akan bisa mendominasi industri bisnis perusahaan manufaktur, seperti pabrik.

Beberapa elemen dari kegiatan produksi adalah perencanaan, pembelian bahan baku, perakitan atau pemrosesan, pengiriman, dan pengelolaan produk.

2. Pemecah Masalah

Pemecahan masalah adalah kegiatan dalam bidang industri, terutama dalam bidang bisnis jasa yang mengembangkan suatu solusi khusus untuk setiap klien atau pelanggannya. Beberapa contoh dari industri tersebut adalah industri rumah sakit, jasa konsultan, dan masih banyak lagi.

Beberapa elemen yang terdapat pada aktivitas kunci ini adalah rekrutmen, manajemen pengetahuan, pelatihan dan interaksi dengan pelanggan atau klien.

3. Teknologi

Teknologi adalah salah satu kategori aktivitas kunci yang akan memanfaatkan kemajuan teknologi agar bisa memberikan nilai lebih untuk pelanggan atau klien. Elemen kegiatan yang berkaitan dengan teknologi ini adalah pengembangan dan penelitian, dukungan, administrasi sistem, serta rekrutmen.

Sedangkan beberapa bidang bisnis yang berkaitan dengan teknologi adalah konsultasi, manufaktur, dan organisasi nirlaba yang memerlukan teknologi atau profesi lain yang berkaitan.

4. Platform atau jaringan

Platform ataupun jaringan adalah kategori key activities yang dilakukan agar bisa memberikan nilai superior dan keunggulan kompetitif dalam suatu perusahaan.

Berbagai elemen yang berkaitan dengan jaringan atau platform adalah keahlian utama layanan pelanggan, penelitian dan pengembangan, administrasi, dan memantau kualitas.

5. Penjualan dan Pemasaran

Penjualan dan pemasaran adalah salah satu aktivitas kunci yang sangat penting untuk setiap perusahaan, baik itu dalam sektor publik ataupun dalam sektor swasta.

Elemen aktivitas kunci dari kategori pemasaran dan penjualan adalah menemukan orang yang bisa menjual ataupun merekrut sampai dengan beriklan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, melakukan identifikasi calon pelanggan, dan melakukan koordinasi manajemen.

Baca juga: Apa itu Baseline? Ini Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya!

Contoh Key Activities

Setelah mengetahui pengertian dan kategori aktivitas kunci, Anda bisa menemukan aktivitas kunci secara mudah di lingkungan sekitar Anda.

Berdasarkan halaman Inmarketing, contoh sederhana dari aktivitas kunci pada bisnis kuliner adalah pengadaan bahan baku atau kegiatan produksi. Lalu, penjualan dan pemasaran yang diiklankan melalui layanan platform digital dan juga kegiatan pemasaran tradisional.

Beberapa contoh promosi layanan digital adalah dengan memasang iklan di media sosial seperti Instagram, Facebook Ads, dan Twitter Ads, atau beriklan di Google Ads. Sedangkan untuk pemasaran tradisional adalah dengan memasang iklan banner.

Sedangkan aktivitas kunci pada bidang platform dan jaringan di bisnis kuliner adalah dengan memaksimalkan situs website dengan konten yang ramah SEO, SEM dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal Letter of Intent dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang key activities. Jadi, key activities merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan produktivitas bisnis dan juga berhubungan dengan suatu produk. Aktivitas kunci pun terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu produksi, pemecahan masalah, teknologi, platform atau jaringan, serta penjualan dan pemasaran.

Nah, agar kegiatan kunci dalam bisnis Anda bisa dilakukan secara cepat dan mudah, #lebihbaik Anda menggunakan aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Pasalnya, aplikasi ini mampu membantu Anda dalam mengelola dan mengmbangakn bisnis melalui fitur luar biasa yang ada di dalamnya.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi yang terjadi pada bisnis Anda akan tercatat secara otomatis, dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Di dalamnya juga terdapat fitur yang akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, dan masih banyak lagi.

Cukup dengan mengeluarkan biaya investasi sebesar 200 ribuan perbulan, Anda sudah bisa menikmati semua fitur luar biasa dari Accurate Online.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.