Mengetahui Pengertian Koperasi Dan Peran Koperasi Di Indonesia

Di Indonesia, koperasi merupakan sesuatu yang dikenal dalam kehidupan sehari hari, terutama jika Anda pemilik bisnis yang mengajukan pinjaman ke koperasi. Namun pada kenyataannya masih banyak orang Indonesia yang belum mengetahui lebih jelas tentang pengertian koperasi secara menyeluruh.

Atas dasar itu, berikut akan dijelaskan pengertian koperasi dan sekaligus perannya terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat. Ini dia penjelasannya:

Pengertian Koperasi

Koperasi adalah badan ekonomi yang dikelola organisasi tertentu demi tujuan mendapatkan keuntungan bersama.

Badan ini dibangun layaknya organisasi biasa yaitu ada yang menjadi ketua dan ada anggota. Nah, maksud dari keuntungan bersama adalah, koperasi dibangun untuk menjamin kesejahteraan ketua dan anggota-anggota di dalam badan tersebut.

Maka dari itu, siapa pun yang ingin mendapatkan jasa koperasi dalam bentuk pengadaan modal, maka harus menjadi anggota terlebih dahulu, minimal untuk periode tertentu.

Baca juga : Pengertian Harga Pokok Produksi, Unsur, Dan Cara Perhitungannya

Pengertian Koperasi Menurut Ahli

Menurut Arifinal, pengertian koperasi adalah organisasi berbadan hukum yang setiap anggotanya terikat secara kekeluargaan. Maka dari itu, seluruh anggota dibebaskan keluar masuk sesuai kesepakatan.

Lain lagi menurut ILO, atau International Labour Organization. Menurut organisasi ini, koperasi adalah suatu perkumpulan yang dibentuk atas dasar sukarela demi membantu bisnis anggotanya dalam bentuk penanaman modal yang diawasi secara baik.

Jika dilihat dari definisi di atas, pengertian koperasi adalah organisasi berbadan hukum yang dibentuk secara sukarela untuk membantu para anggotanya dalam bentuk penanaman modal bisnis dengan keuntungan maupun risiko yang terbagikan secara adil demi kesejahteraan bersama.

Jenis Koperasi

Ada banyak klasifikasi jenis koperasi yang ada di Indonesia. Untuk lebih jelasnya berikut adalah uraiannya.

Jenis koperasi berdasarkan jenis usaha

Pengelompokan koperasi yang pertama adalah berdasakan jenis usaha. Untuk pengelompokan koperasi berdasarkan jenis ini adalah dilihat dari peruntukan dalam pada jenis usaha terkait.

Contoh koperasi berdasarkan jenis usaha adalah seperti dibawah ini

koperasi produksi

Koperasi jenis ini membantu usaha para anggotanya atau melakukan usaha secara bersama-sama. Koperasi produksi yang membantu usaha para anggotanya biasanya memiliki tujuan untuk membantu kesulitan-kesulitan anggotanya dalam menjalani usaha. Koperasi produksi juga membantu menyiapkan bahan baku bagi para anggota yang ada pada organisasi tersebut,

Contoh koperasi produksi adalah koperasi produksi untuk para petani, peternak sapi, pengrajin, dan sejenisnya

Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi adalah sebuah koperasi yang menjual berbagai barang kebutuhan pokok untuk para anggotanya. Harga barang-barang dari koperasi umumnya lebih murah dari harga di pasaran. Sebagai contoh koperasi menjual kebutuhan bahan pokok dengan sistem kredit.

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam (KSP) biasanya juga dikenal sebagai koperasi kredit. Sesuai dengan namanya koperasi ini menyediakan pinjaman uang dan untuk tempat menyimpan uang. Uang pinjaman diperoleh dari dana yang dikumpulkan secara bersama-sama oleh para anggotanya dengan bunga yang lebih rendah daripada pinjaman bank

Koperasi serba usaha

Koperasi serba usaha (KSU) adalah jenis koperasi yang didalamnya terdapat berbagai macam bentuk usaha. Bentuk usaha yang dilakukan bisa berupa gabungan antara koperasi produksi dan koperasi konsumsi atau antara koperasi produksi dan koperasi simpan pinjam.

Jenis koperasi berdasarkan status anggota

Koperasi jenis ini biasanya dibuat oleh sekumpulan orang yang mempunyai keterikatan dan hubungan dalam suatu organisasi. Untuk lebih jelasnya tentang macam macam jenis koperasi berdasarkan status anggotanya.

Contohnya adalah koperasi pasar yang kebanyakan anggotanya adalah para pedagang di pasar, koperasi pegawai negeri sipil yang anggotanya adalah PNS, koperasi unit desa atau KUD yang anggotanya adalah terdiri dari mayarakat pedesaan, dan koperasi sekolah yang angotanya terdiri dari dari guru, siswa, dan pihak internal sekolah.

Jenis koperasi berdasarkan tingkatannya

Jenis-jenis koperasi berdasarkan tingkatannya terbagi menjadi dua, yaitu koperasi primer dan koperasi sekunder. Perbedaan koperasi primer dan sekunder dapat dilihat dari jenis anggotanya.

Jika pada koperasi primer beranggotakan minimal 20 orang. Syarat lainnya adalah orang-orang yang membentuk koperasi ini harus memenuhi persyaratan anggaran dasar koperasi primer dan memiliki tujuan yang sama.

Sedangkan untuk koperasi sekunder didirikan oleh sebuah organisasi koperasi atau beranggotakan koperasi primer. Anggota koperasi sekunder adalah koperasi-koperasi yang memiliki kepentingan dan tujuan yang sama agar kegiatan yang dilakukan bisa lebih efisien

Jenis koperasi berdasarkan fungsinya

Jenis-jenis koperasi berdasarkan fungsinya dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu koperasi konsumsi yang bertujuan menyediakan barang-barang kebutuhan untuk para anggotanya. Koperasi jasa yang melakukan kegiatan pelayanan jasa yang dibutuhkan oleh anggota. Dan koperasi produksi yang melakukan kegiatan seperti penyediaan bahan baku, penyediaan peralatan produksi, dan membantu memproduksi jenis barang tertentu

Baca juga : 6 Cara Memulai Bisnis Yang Bisa Anda Terapkan Secara Bertahap

Peran Koperasi

Organisasi dibentuk tentu atas dasar visi berguna bagi masyarakat. Paling tidak ada peran-peran organisasi yang dicanangkan untuk kemaslahatan orang banyak agar lebih baik. Begitu juga dengan organisasi bernama koperasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan diurai peran koperasi yang harus diketahui masyarakat. Ini dia penjelasannya:

1. Sebagai Sarana Perbaikan Kualitas Ekonomi

Peran koperasi yang pertama adalah menjadi sarana perbaikan kualitas ekonomi. Baik ekonomi para anggotanya maupun ekonomi seluruh masyarakat.

Dengan adanya koperasi, tentu masyarakat lebih mudah menjalankan usaha. Sebab, modal bisnis sudah disediakan. Sedangkan keuntungan bisnis dibagi antara masyarakat dan pihak koperasi sebagai pemberi modal dalam bentuk angsuran dan selainnya.

2. Sebagai Penggalang Potensi Masyarakat

Menggalang potensi masyarakat maksudnya adalah menggalang kemampuan dan bakat bisnis masyarakat, agar bersedia membangun usaha dengan cemerlang. Dengan adanya peran ini, tentu masyarakat yang memiliki bakat usaha berani mengaplikasikan dalam bentuk bisnis.

3. Sebagai Acuan Peningkatan Ekonomi Nasional

Dengan adanya koperasi, diharapkan kesejahteraan masyarakat meningkat. Efeknya adalah ekonomi nasional otomatis juga berkembang dengan baik.

Maka dari itu, koperasi bisa dijadikan dasar acuan demokrasi ekonomi apakah sudah merambah masyarakat bawah atau sebaliknya.

4. Sebagai Penguat Ekonomi Kerakyatan

Dengan adanya lembaga koperasi, diharapkan ekonomi rakyat menguat. Paling tidak ada perputaran ekonomi tingkat bawah, yang hasilnya bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat di lingkungan tersebut.

Nah, jika ekonomi kerakyatan sudah menguat, tentu otomatis ekonomi nasional juga menguat. Ini yang menjadikan eksistensi perekonomian negara bisa bersaing dan tetap menjamin kesejahteraan para warganya.

Jika melihat narasi di atas, tentu koperasi adalah badan yang bagus untuk dijadikan sarana meningkatkan ekonomi masyarakat. Sekalipun begitu, pastikan organisasi yang dipilih berbadan hukum demi mencegah terjadinya, penipuan.

Di Negara kita sendiri, koperasi dan Bank perkreditan rakyat adalah mitra terbaik para pemilik usaha dan UKM dalam peminjaman biaya guna pengembangan bisnis, dan kebanyakan koperasi memerlukan laporan keuangan setiap bisnis yang mengajukan pinjaman pada koperasi tersebut.

Baca juga : Pembukuan Barbershop Lebih Optimal Dengan Accurate Online

Sayangnya masih banyak usaha yang belum melakukan pembukuan dan tidak mengetahui pentingnya laporan keuangan untuk pengembangan bisnis yang lebih baik, terutama bagi para UKM. Padahal melakukan pembukuan dan pembuatan laporan keuangan sekarang jauh lebih mudah dengan menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Dengan segudang fitur dan harga terjangkau, Accurate Online menjadi software akuntansi peraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Rasakan kemudahan pembukuan dan pembuatan laporan keuangan yang minim kesalahan dengan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini