Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Elektronik di Semarang

Apakah Tepat Membuka Toko Elektronik di Kota Semarang?

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, kota Semarang memiliki potensi yang sempurna untuk pengembangan bisnis apapun. Ekonomi kota Semarang juga terus bertumbuh sejalan dengan percepatan pembangunan di berbagai sektor yang dilakukan pemerintahan pusat saat ini. Salah satu usaha yang bisa Anda pilih adalah dengan membuka toko elektronik di tengah tingginya kebutuhan perangkat elektronik di kota Semarang.

Jika Anda tertarik atau berencana membangan toko elektronik di kota Semarang, Anda harus mengatur strategi yang matang sebelum Anda memulainya.  Untuk mengetahui hal yang perlu Anda lakukan sebelum memulai toko elektronik yang sukses di kota Semarang, Anda bisa mengetahuinya pada tips dan strategi di bawah ini :

1. Perbanyak Pengetahuan dan Pengalaman

Sebelum memulai bisnis atau usaha apapun hal yang penting dilakukan adalah untuk mengetahui lebih dalam pengetahuan dan pengalaman tentang apa yang akan Anda jual.

Jika Anda berniat untuk membuka toko elektronik di Semarang, Anda harus memperdalam pengetahuan Anda tentang alat elektronik. Mulai dari hardware terkini, hardware yang kompatibel, dan hal hal lainnya yang akan membantu Anda untuk menghadapi pelanggan yang memiliki beragam kebutuhan.

Dengan pengalaman yang baik, nantinya toko Anda juga akan mendapatkan pelanggan yang menyadari bahwa Anda tidak hanya menjual barang yang mereka perlukan namun juga mendapatkan informasi berguna untuk apa yang mereka cari. Ini akan membuat toko Anda menjadi baik di mata pelanggan dan tentu akan mendatangkan keuntungan.

Baca juga : 10 Tips Terbaik untuk Membangun Bisnis Apotek yang Menguntungkan

2. Pilih Spesialisasi

Anda harus memilih produk apa saja yang tersedia di toko elektronik Anda. Akan sangat menyulitkan jika Anda memiliki banyak ragam barang dan tidak memiliki spesialisasi untuk toko Anda.

Misalnya adalah, akan sangat lucu jika Anda menjual perangkat elektronik rumah tangga dan juga komponen komponen perbaikan laptop.

Tetapkan ah spesialisasi pada toko Anda, ini berkaitan juga tentang target pasar di sekitar lingkungan Anda. Jika Anda dekat pemukiman, mungkin akan lebih baik jika Anda menjual perangkat elektronik rumah tangga. Atau jika Anda dekat kampus atau sekolah, Anda bisa menjual perangkat laptop atau komputer.

Memilih spesialisasi pada toko elektronik Anda adalah penting, hal ini agar sasaran pembeli Anda lebih tertarget sehingga Anda bisa memilih barang apa saja yang harus Anda jual di toko Anda.

Baca juga : Ingin Membangun Bisnis Ayam Goreng Sukses di Semarang? Berikut Tipsnya

3. Siapkan Modal yang Cukup

Yah memang, modal adalah hal yang penting dan harus ada pada setiap bisnis, tidak terkecuali untuk toko elektronik Anda di Semarang. Dengan modal yang cukup Anda bisa membeli bermacam macam produk yang memiliki permintaan yang tinggi.

Jika Anda hanya memiliki modal yang kecil, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan penjualan dengan proses konsinyasi atau mungkin melakukan pembelian barang yang hanya memiliki permintaan tinggi dengan proses dropship.

Baca juga : 10 Tips Mendapatkan Modal Usaha untuk Pengembangan Bisnis

4. Cari Distributor yang Menguntungkan

Bisnis yang menguntungkan tercipta dari penjualan yang laris dan distributor yang tepat. Akan sangat mudah bagi Anda di zaman sekarang untuk menemukan barang yang Anda cari melalui internet atau marketplace. Namun Anda bukan konsumen, tempatkan diri Anda sebagai penjual yang mencari keuntungan.

Mencari distributor dengan produk terbaik namun harga terjangkau adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis. Karena Anda membuka toko elektronik di kota Semarang, Anda bisa mencari produk yang nantinya akan Anda jual di kota besar lainnya seperti di Jakarta atau Surabaya yang memiliki banyak distributor elektronik besar.

Atau jika mau, Anda bisa langsung mengimportnya dari Cina. Jika Anda merasa kesulitan, gunakanlah marketplace B2B global seperti Alibaba.com untuk mencari penjual atau distributor yang memiliki harga murah dan kualitas terbaik. Mintalah sampel terlebih dahulu sebelum Anda melakukan pembelian berskala besar.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Rental Mobil di Semarang? Berikut Strateginya

5. Cari Lokasi Strategis

Kecuali jika Anda hanya berniat untuk menjual semua produk Anda secara online, memilih lokasi strategis di kota Semarang akan berdampak langsung dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Anda harus menemukan lokasi strategis dan sesuai dengan produk elektronik yang akan Anda jual. Ingat pada poin nomor dua? Anda harus memilih spesialisasi pada produk yang Anda jual. Jika Anda menjual peralatan rumah tangga, Anda bisa mencari tempat strategis di jalan pusat kota atau perumahan. Lalu jika Anda menjual perangkat laptop, smartphone, atau printer Anda bisa memilih tempat dekat kampus.

Baca juga : Ingin Membangun Coffe Shop di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

6. Catat Pengeluaran dan Pemasukan Bisnis

Hal yang sering dilewatkan saat memulai suatu bisnis adalah melakukan pencatatan transaksi baik itu pengeluaran, pemasukan, aset, dan lainnya yang menyangkut keuangan bisnis. Ini adalah kesalahan fatal bagi Anda yang berencana memulai bisnis.

Saat memulai toko elektronik yang kecil, Anda bisa melakukan pembukuan manual. Namun seiring berkembangnya toko elektronik, Anda harus menggunakan alat yang tepat untuk menghemat waktu Anda yang berharga.

Gunakanlah software akuntansi yang memiliki kepraktisan, fitur lengkap, dan mudah digunakan oleh siapapun yang bahkan tidak mengetahaui ilmu akuntansi secara mendalam, contohnya adalah seperti software akuntansi berbasis cloud Accurate Online.

7. Matangkan Strategi Marketing Anda

Kegiatan marketing adalah hal yang menentukan keberhasilan toko elektronik Anda. Sebagai permulaan, Anda bisa menyebarkan brosur yang bersisi daftar produk yang Anda jual. Akan lebih baik jika ada diskon pada produk yang Anda jual di masa awal bisnis.

Jangan lupakan juga tentang potensi pasar online di zaman sekarang, Anda bisa menjual produk Anda melalui toko online khusus toko elektronik Anda atau menjualnya di marketplace lokal seperti Tokopedia, Bukapalak, atau Shopee. Anda bisa mengratiskan ongkos pengiriman selama itu masih berada di kota Semarang.

Baca juga : Ingin Mencari Investor? Berikut Perbedaan Tipe Investor di Dunia Startup

Kesimpulan

Dengan banyaknya potensi hebat di kota Semarang, membuka toko elektronik di kota Semarang bisa menjadi bisnis yang menguntungkan untuk Anda. Pastikan semua strategi dalam memualai bisnis telah Anda buat sebelumnya akan berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan keuntunngan bagi toko elektronik Anda.

Untuk mengetahui keuntungan dan kesehatan keuangan pada toko elektronik Anda, gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan toko Anda dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia yaitu Accurate Online.

Untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, Anda dapat mengaksesnya melalui tautan di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan