Tertarik Menjadi Bisnis Konsultan? Berikut Adalah Tips dan Contohnya

Jika Anda ingin memulai bisnis, menjadi konsultan bisnis bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda, tergantung pada tingkat pengalaman Anda. Seorang konsultan umumnya ahli dalam bidang tertentu yang dapat memperbaiki masalah tertentu.

Memilih untuk memulai bisnis konsultasi Anda sendiri bisa menjadi langkah yang baik dan jauh lebih sederhana daripada memulai jenis bisnis lain, karena semuanya berkisar tentang apa yang Anda kuasai, dan jenis pengetahuan apa yang dapat Anda tawarkan.

Tujuan konsultan adalah meningkatkan hasil dalam bisnis tertentu, serta kehidupan masyarakat, dengan membawa nilai dan membantu pelaksanaan perubahan yang diperlukan.

Tidak seperti memulai jenis bisnis lain, ketika Anda memulai bisnis sebagai konsultan, cara terbaik untuk memulai adalah memulai dari yang kecil dan memiliki kesabaran. Saat Anda meningkatkan jaringan dan mendapatkan banyak klien, kabar baik akan menyebar, dan bisnis Anda akan tumbuh secara alami.

Ada banyak topik konsultasi yang dapat dipilih, dan aturan umum yang harus Anda ikuti adalah memastikan bahwa Anda memberikan nilai tambah untuk kliean. Setelah Anda mendapatkan ide tentang bisnis konsultasi seperti apa yang ingin Anda mulai, maka kedepannya akan berjalan mudah.

Konsultasi telah ada di pasar selama bertahun-tahun dan dikenal sebagai pilihan bisnis yang menguntungkan. Dan meskipun mudah untuk memulai, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai.

Hal yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Konsultan Bisnis?

Saat hasrat dan pengetahuan Anda untuk topik atau bidang tertentu tumbuh, cara terbaik untuk menguji keahlian Anda adalah dengan mencoba mengajarkan apa yang Anda ketahui.

Pada artikel ini, kami akan menyajikan kepada Anda empat hal yang menurut kami penting jika Anda berpikir untuk meluncurkan bisnis konsultasi Anda sendiri.

1. Miliki pengalaman dan pengetahuan untuk bidang tertentu

Tentunya, jika Anda ingin memulai bisnis sebagai konsultan, pertama-tama Anda harus memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang tertentu. Meskipun ide bisnis konsultasi terbaik berasal dari pengetahuan yang sangat luas tentang sesuatu yang juga ingin dipelajari orang lain, ini tidak berarti bahwa Anda harus menjadi ahli untuk melakukannya.

Namun, jika Anda ingin menjadi konsultan bisnis, Anda mungkin akan lebih sukses dan lebih banyak mendapatkan klien jika Anda memiliki pengalaman nyata di bidangnya untuk memberikan hasil yang diinginkan klien Anda.

2. Penawaran menarik yang memberikan nilai

Hal yang hebat tentang bisnis konsultasi adalah, apa pun yang Anda pilih untuk dikonsultasikan prinsip intinya adalah selalu menciptakan dan memberikan nilai. Tetapi sampai Anda belum memahami bagaimana menciptakan nilai, Anda tidak akan pernah memiliki sesuatu yang siap untuk dijual.

3. Memiliki niche klien potensial yang berpopulasi baik

Beberapa pertanyaan yang ingin Anda tanyakan pada diri sendiri adalah: Klien ideal apa yang ingin Anda miliki? Apakah Anda akan mempromosikan bisnis konsultasi Anda ke perusahaan, atau Anda ingin menarik klien secara individual?

Terlepas dari jawabannya, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah membuat rencana pemasaran yang baik untuk membantu meletakkan dasar bagi bisnis Anda.

Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual Sebuah Produk atau Layanan

4. Memiliki mental positif

Cara untuk sukses adalah dengan selalu menjaga pola pikir positif dan tetap fokus pada tujuan. Ketika Anda mulai melihat diri Anda menang, Anda akan mampu mengatasi rintangan dan mencapai hal-hal yang sebelumnya tidak Anda yakini mungkin terjadi.

Jika Anda ingin mengetahui apakah Anda siap untuk memulai bisnis konsultasi online Anda, maka tujuan pertama Anda adalah mendapatkan klien pertama Anda. Setelah Anda mendapatkan klien pertama, akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan klien kedua, semua akan mengikuti dan segala sesuatunya akan mulai mengalir dari sana.

bisnis konsultan 2

Contoh Bisnis Konsultan yang Bisa Anda Coba

Berikut adalah daftar yang dapat Anda periksa untuk menemukan beberapa niche konsultasi yang tumbuh paling cepat di pasaran saat ini. Ini akan membantu Anda memutuskan dengan lebih mudah mana yang akan menjadi spesialisasi Anda.

1. Konsultan Karir

Karena semakin banyak orang menemukan diri mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam kehidupan profesional mereka, konselor karir selalu dibutuhkan.

Ini karena apa yang mereka lakukan adalah membimbing klien mereka menuju pekerjaan yang paling cocok untuk mereka yang akan membantu mereka membangun kehidupan profesional mereka.

Ada banyak jenis pilihan konsultasi dan menjadi konsultan karir adalah salah satunya. Anda akan menilai kebutuhan klien Anda, membantu mereka membuat resume, menulis surat lamaran, dan apa pun yang mereka butuhkan untuk mendapatkan karir impian mereka.

2. Konsultan Manajemen Bisnis

Jika Anda adalah orang yang lebih berorientasi bisnis, terbiasa dengan seluk beluk menjalankan bisnis Anda sendiri untuk memaksimalkan keuntungan, maka memulai konsultasi manajemen bisnis mungkin merupakan pilihan terbaik untuk Anda.

Seorang konsultan manajemen bisnis membantu klien mereka dengan menawarkan layanan konsultasi objektif yang membantu organisasi dalam meningkatkan produktivitas atau kinerja mereka secara keseluruhan.

Biasanya, sebuah proyek akan melibatkan pertemuan yang berbeda dengan klien, atau data penelitian dan analis, setelah itu Anda dapat menyajikan rekomendasi kepada klien dan mengatur jadwal untuk melaksanakan perbaikan.

3. Konsultan Business Start-up

Konsultan start-up bisnis biasanya menawarkan layanan berbeda khusus untuk perusahaan start-up. Mereka membantu dengan memilih ide yang tepat, membuat rencana, proyeksi keuangan, dan sebagainya.

Pada dasarnya, sebagai konsultan start-up bisnis, Anda mendefinisikan seluruh konsep seputar start-up dan membantu orang mengelola semuanya.

Baca juga: 15 Usaha Tanpa Modal dan Cara Sukses untuk Mengembangkannya

4. Konsultan pemasaran

Jika pemasaran lebih sesuai dengan gaya Anda, dan Anda unggul dalam mengembangkan ahli strategi pemasaran dan menjangkau komunitas klien yang berperspektif, maka terjun ke dunia konsultan pemasaran yang menguntungkan mungkin cocok untuk Anda.

Jika Anda ingin menjadi konsultan pemasaran yang sukses, maka Anda harus memiliki pemikiran analitis, mampu membuat laporan yang hebat, menunjukkan kemampuan komunikasi, dan memiliki rasa ingin tahu akan hal-hal baru. Konsultan pemasaran dianggap individu yang sangat kreatif.

5. Konsultan Manajemen Kualitas

Beberapa ide bisnis konsultasi lainnya melibatkan manajemen kualitas. Konsultan manajemen mutu memberikan layanan yang diperlukan untuk menerapkan sistem manajemen mutu untuk mengubah budaya mutu.

Mereka melakukan ini dengan menambahkan metode baru, seperti failure mode effect analysis (FMEA), production part approval process (PPAP) atau statistical process control (SPC).

Banyak hal yang diberikan oleh konsultan manajemen kualitas, jadi Anda mungkin perlu menyelami detailnya lebih dalam untuk menentukan apakah itu sesuai dengan keahlian Anda.

6. Konsultan keuangan

Seorang konsultan keuangan papan atas benar-benar perlu mengetahui apa yang mereka lakukan untuk menghindari penyebaran informasi yang salah kepada klien mereka.

Jika salah satu keahlian Anda adalah manajemen uang, maka mengembangkan ide bisnis konsultasi di seluruh dunia keuangan mungkin merupakan pilihan yang bagus untuk Anda.

Mungkin Anda sudah memiliki gelar di bidang keuangan, atau bidang terkait lainnya, yang dapat Anda gunakan sebagai permulaan. Seringkali, klien mencari sertifikasi, gelar, dan pengalaman lapangan ketika mencari konsultan keuangan, jadi memiliki semua yang disebutkan akan bermanfaat.

Pastikan juga Anda memiliki pengetahuan tentang akuntansi dan pembukuan bisnis yang akan memudahkan Anda dalam membaca laporan keuangan. Akan lebih baik jika Anda juga menguasai penggunaan software akuntansi, baik desktop maupun online untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Baca juga: Business Intelligence Adalah: Pengertian dan Peran Pentingnya dalam Suatu Bisnis

7. Konsultasi Periklanan

Dunia dipenuhi dengan jutaan kampanye iklan, dan banyak bisnis menggunakan kampanye ini untuk mendapatkan perhatian bagi bisnis mereka. Untuk mencapai kesuksesan dalam periklanan, suatu bisnis mungkin perlu membawa konsultan periklanan.

Sebagai konsultan periklanan, Anda perlu mendukung bisnis dalam mengembangkan strategi periklanannya sehingga mereka dapat mempromosikan barang atau jasanya dengan cara terbaik.

8. Konsultan TI

Seiring perkembangan teknologi, permintaan akan spesialis IT akan terus meningkat. Konsultan IT membantu dengan memberikan analisis dan solusi untuk perusahaan yang ingin meningkatkan sistem perangkat lunak dan komunikasi mereka. Mereka juga terkadang digunakan dalam pelatihan karyawan sebuah perusahaan.

Ada permintaan besar untuk konsultan IT di pasar saat ini, jadi jika Anda berhubungan dengan domain ini dengan cara apa pun, Anda mungkin ingin menjelajahi opsi karier yang menguntungkan ini.

9. Konsultan Manajemen Risiko

Apakah Anda memiliki pengalaman manajemen risiko? Jika jawabannya ya, maka Anda mungkin tertarik untuk mencoba karir sebagai konsultan manajemen risiko.

Konsultan manajemen risiko memiliki banyak pilihan, dan seringkali bertugas mengidentifikasi potensi ancaman yang dapat muncul dan memutuskan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko transfer. Anda tidak perlu berinvestasi banyak saat memulai, jadi lihatlah apakah itu cocok untuk Anda.

Baca juga: Budidaya Ikan Hias: Ide Bisnis Menguntungkan yang Bisa Anda Coba

10. Konsultan Energi

Seorang konsultan energi adalah pekerjaan serius yang sering kali melibatkan kinerja di berbagai gedung atau proyek. Ini bisa menjadi pilihan yang bagus jika Anda sudah memiliki pengalaman di bidang ini dan bisa sangat menguntungkan.

Konsultan energi menawarkan rekomendasi tentang cara mengurangi dan mengelola penggunaan energi dengan cara yang cerdas.

11. Konsultan Penggalangan Dana

Oganisasi nonprofit sering kali sangat bergantung pada upaya sukarela, pemasaran nonprofit, bersama dengan kontribusi donor, dan seringkali membutuhkan bantuan dalam acara penggalangan dana.

Jika Anda suka bekerja dengan tim atau individu dan mendapatkan energi dari tujuan publik, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menjadi konsultan penggalangan dana. Sekali lagi, jika Anda pernah melakukan ini sebelumnya, ini bisa menjadi keuntungan.

12. Konsultan Sumber Daya Manusia

Jika bisnis membutuhkan karyawan, kemungkinan besar mereka juga membutuhkan konsultan sumber daya manusia. Apakah perusahaan itu besar atau kecil, akan selalu ada permintaan konsultan sumber daya manusia untuk membantu tugas-tugas terkait.

Mungkin perusahaan terbaik untuk ditargetkan sebagai konsultan sumber daya manusia adalah usaha kecil dan menengah ketika memulai, karena perusahaan dan perusahaan besar cenderung condong ke perusahaan sumber daya manusia yang lebih besar.

Baca juga: Komunikasi Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Proses dan Elemennya

Kesimpulan

Kesimpulannya, meskipun Anda dapat memiliki banyak ide untuk menjadi bisnis konsultan, pada akhirnya, itu semua tentang apa yang Anda sukai dan ketahui. Temukan sesuatu yang Anda sukai, bangun platform Anda, dan luncurkan ide Anda ke klien masa depan Anda.

Pastikan juga Anda melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan seluruh pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis berjalan dengan optimal. Catat semua pada sistem pembukuan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Anda pun bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu