Konsultan Keuangan: Ini Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilihnya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa uang adalah kebutuhan utama, dimana uang adalah alat tukar untuk memenuhi kehidupan manusia. Peran uang akan semakin meningkat seiring dengan adanya kebutuhan manusia. Nah untuk mengatur keuangan Anda, maka Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan keuangan.

Pun sama halnya dengan suatu perusahaan, Anda memerlukan seorang profesional yang bisa membantu Anda dalam bidang keuangan perusahaan, seperti membuat laporan keuangan dan menjadi penasihat keuangan perusahaan Anda. Profesional keuangan ini dikenal dengan konsultan keuangan.

Pengertian Konsultan Keuangan

Konsultan keuangan adalah seorang yang bertugas dan ahli dalam bidang ekonomi dalam mengurus arus kas masuk dan keluar agar bisa mencapai berbagai tujuan tertentu. Selain itu, sama seperti dokter yang memeriksa kondisi kesehatan pasien, konsultan keuangan juga akan memeriksa keuangan setiap kliennya, termasuk memberikan solusi terkait masalah keuangan yang dialami kliennya.

Untuk itu, fungsi pekerjaan mereka adalah untuk bisa membantu mencapai target yang kliennya harapkan, baik itu berupa saran pembelian aset investasi, memberikan ilustrasi kondisi makro pada klien, menyiapkan masa tua yang bebas dari berbagai utang, hidup secara sejahtera, dan mengajari pengelolaan keuangan yang baik.

Baca juga: EPS Adalah: Ini Pengertian dan Fungsinya untuk Perusahaan

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Jasa Konsultan Keuangan

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila Anda ingin menggunakan jasa konsultan keuangan, yaitu:

1. Mengetahui Kebutuhan Perusahaan

Sebelum menggunakan jasa konsultan keuangan, cobalah untuk memerhatikan terlebih dulu terkait progress laporan keuangan Anda, apakah memang ada yang harus diperhatikan, apakah ada kekurangan, dan bagaimana cara memperbaiki kondisi keuangan yang tidak sehat.

Berbagai hal tersebut bisa Anda jadikan acuan agar bisa mengetahui hal apa saja yang menjadi kebutuhan perusahaan Anda dalam kondisi keuangan Anda saat ini.

2. Komunikasikan dan Sharing terlebih Dahulu

Anda bisa mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi pada keluarga, kerabat atau relasi Anda yang sudah pernah menggunakan jasa keuangan yang ingin Anda pilih sebelumnya. Apa saja yang menjadi kelebihan dan juga kekurangan dari hal tersebut bisa Anda jadikan referensi dalam menggunakan jasa konsultan keuangan.

3. Perhatikan Bibit, Bebet dan Bobot Konsultan Keuangan

Anda bisa mencari berbagai referensi jasa keuangan yang berada di Indonesia dan melihat sertifikasi legalitasnya untuk melihat etika profesi akuntansi yang ditetapkan oleh konsultan keuangan tersebut dan juga melihat keahliannya dalam dunia keuangan.

4. Tanyakanlah Apa yang Ingin Anda Tanyakan

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan keuangan, Anda bisa menanyakan apa saja yang menjadi kebutuhan dan kondisi keuangan perusahaan Anda.

Bila ada suatu masalah pada keuangan perusahaan Anda, maka jangan pernah sungkan untuk menceritakan dan menanyakan solusinya agar Anda bisa mengetahui sejauh apa konsultan keuangan tersebut bisa mengatasi masalah keuangan di perusahaan Anda.

5. Lakukan Negosiasi Harga dan Pembayarannya

Bila Anda memang sudah cocok dengan jasa konsultan keuangan yang Anda pilih, maka Anda bisa langsung menanyakan metode pembayarannya dan melakukan negosiasi harga dan menanyakan hal terkait pembayaran yang bertahap. Pertanyaan ini sangat penting agar bisa meringankan anggaran yang harus Anda keluarkan nantinya.

Baca juga: Pendapatan Bunga adalah Pendapatan yang Dihasilkan dari Bank

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang konsultan keuangan. Bila Anda sudah mengetahui berbagai hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan jasa konsultan keuangan, selanjutnya Anda bisa menjadikannya sebagai suatu bahan pertimbangan.

Tapi, Anda tetap harus melakukan berbagai tindakan lebih lanjut dengan tetap mengamati kondisi keuangan Anda saat ini dengan melihat laporan keuangan.

Selain menggunakan jasa konsultan keuangan, sebenarnya masih ada cara lain lagi yang lebih menarik untuk membantu Anda dalam memantau kondisi keuangan bisnis Anda saat ini.

Di era teknologi yang sudah berkembang pesat seperti saat ini, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi berbasis cloud. Salah satu rekomendasi aplikasi bisnis tersebut adalah Accurate Online.

Pada dasarnya, Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang dikembangkan dengan basis cloud, sehingga Anda tidak perlu melakukan instalasi dan pembaruan yang rumit. Hanya dengan menggunakan perangkat yang sudah terhubung dengan internet, Anda bisa langsung mengakses Accurate Online.

Accurate online juga adalah aplikasi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di seluruh Indonesia, baik itu pebisnis UMKM ataupun bisnis berskala besar. Accurate pun sudah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang aplikasi akuntansi dan sudah mendapatkan penghargaan TOP Brand Awards dari tahun 2016 hingga tahun 2022.

Pencapaian tersebut berhasil diraih karena Accurate Online konsisten dalam membantu pebisnis di Indonesia dalam mengembangkan dan meningkatkan efisiensi bisnis mereka.

Dengan Accurate Online, pebisnis seperti Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Terlebih lagi, Anda bisa mengaksesnya secara mudah dimanapun dan kapanpun Anda berada. Tampilan dashboardnya pun sangat sederhana, sehingga Anda yang masih awam pun akan sangat mudah dalam menggunakan Accurate Online.

Lebih dari itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur penjualan, fitur perpajakan, fitur pembelian, fitur manufaktur, fitur persediaan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan rupiah saja perbulannya.

Kurang menarik? Tenang, Anda bisa mencobanya terlebih dulu secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik banner di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia