Tips Sukses Bagi Anda yang Ingin Menjual Kue Khas Makassar

Kota Makassar adalah kota besar di Indonesia timur yang memiliki kekayaan ragam kuliner yang telah terkenal di seluruh Indonesia. Kelezatan makanan dari kota terbesar di Indonesia timur ini memang menjadi magnet yang kuat bagi para pecinta kuliner, termasuk kue khas kota Makassar yang melagenda.

Walaupun saat ini telah banyak bermunculan kue dan makanan kekinian, namun eksistensi kue tradisional khas Makassar masih memiliki banyak penggemar dan hal ini bisa menjadi peluang untuk Anda membangun bisnis toko kue khas Makassar.

Nantinya selain mendapatkan keuntungan pada bisnis, dengan membangun toko kue tersebut Anda juga memperkenalkan kearifan lokal dan keunikan rasa dari kuliner yang ada di Kota Makassar dan mengenalkannya ke dunia.

Agar Anda sukses  untuk membangun bisnis kue khas Makassar, berikut kami berikan tips yang bisa membuat proses usaha Anda berjalan maksimal :

Pastikan Anda Mimiliki Pengetahuan tentang Kue Khas Makassar

Dalam berbisnis, Anda harus mengetahui apa yang akan Anda jual. Jika Anda menjual kue khas daerah tertentu, pastikan Anda mengetahui berbagai macam dan keunikan dari kue yang Anda jual. Tidak hanya mengetahui rasanya, Anda bisa memberikan edukasi pada pelanggan Anda seperti tentang berapa lama sebaiknya kue itu segera dimakan setelah dibeli atau memberikan saran penyajian.

Hafalkan juga berbagai jenis kue yang akan jual nantinya dan pastikan Anda kue yang Anda jual memiliki permintaan yang tinggi. Beberapa contoh kue khas Makassar yang terkenal adalah seperti : Kue biji nangka, kue sikaporo, kue taloba, kue barongko,  atau jalangkote.

Baca juga : Rahasia Sukses Membuka Toko Komputer di Kota Makassar

Buat Perencanaan

Perencanaan adalah hal penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya bisnis yang akan Anda jalankan nantinya. Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan dalam melakukan perencanaan membangun bisnis kue Anda :

1. Kenali Produk Anda

Anda harus dapat menjelaskan secara terperinci kue yang Anda jual kepada pelanggan dan mengapa itu mereka harus membelinya. Mungkin Anda ingin menjadi spesialisasi untuk kue di acara pengajian, pernikahan, atau acara besar lainnya. Anda bisa menulis semuanya! Ini akan membantu menyaring visi Anda dan memperkuat merek Anda.

2. Perhatikan Kompetitor Anda

Kemungkinan ada beberapa toko kue di kota Makassar. Lakukan riset tentang harga, basis pelanggan, rasa kue, dan cara branding mereka – bukan untuk menirunya, tetapi untuk melihat apa yang ada di luar sana dan membantu Anda menemukan segmentasi pasar Anda sendiri.

3. Identifikasi Target Pasar Anda

Pikirkan tentang tipe orang yang mungkin ingin membeli kue Anda. Buatlah survei yang dapat Anda kirim ke teman dan keluarga dan minta mereka untuk meneruskannya ke relasi mereka juga. Ini akan membantu Anda mengetahui apa yang diinginkan pelanggan Anda dan bagaimana Anda memberikan produk Anda kepada mereka.

Baca juga : Tips Ampuh Agar Sukses Menjadi Distributor Sembako di Kota Makassar

4. Buat Anggaran

Berapa banyak uang yang Anda butuhkan? Buat anggaran yang realistis – dan jangan menganggap angka yang Anda butuhkan akan sama dengan pesaing Anda. Antisipasi dana darurat pada rencana Anda.

Pikirkan tentang pendapatan bulanan Anda. Apa skenario terbaik Anda? Skenario terburuk? Rencana cadangan? Bisakah Anda menyisihkan uang untuk berjaga-jaga jika keadaan benar-benar sulit? Pikirkan tentang apa yang Anda perlukan pengeluaran terakhir.

Catat semua yang Anda butuhkan dan pikirkan darimana Anda akan mendapatkan uang untuk melakukan pembayaran rutin bulanan Anda.

Lakukan pembukuan

Seperti yang telah kita bahas pada poin di atas, melakukan penganggaran adalah kebutuhan dalam perencanaan bisnis yang matang. Untuk membuat anggaran usaha Anda sesuai rencana, Anda harus melakukan pembukuan yang benar agar semua pengeluaran dan pemasukan terpantau secara jelas dan menjadi poin bagi Anda mengambil keputusan bisnis.

Solusi untuk memudahkan pembukuan usaha kue Anda adalah dengan menggunakan software akuntansi yang memudahkan proses pembukuan bisnis Anda. Gunakanlah software akuntansi yang mudah digunakan sekalipun Anda tidak begi mengetahui ilmu akuntansi dan juga memiliki fitur terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Hal ini tentu menjadikan Accurate Online sebagai software pembukuan yang teruji dan terbukti.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang ingin Membuka Toko Kain di Kota Makassar

Gunakan Bahan Baku Terbaik

Masakan terbaik dihasilkan dari bahan terbaik, termasuk kue yang akan Anda jual nantinya. Pastikan Anda memilih bahan baku berkualitas dan bermutu terbaik agar rasa yang dihasilkan oleh kue yang Anda buat maksimal.

Anda juga bisa memberitahu kepada pelanggan, bahwa bisnis Anda selalu menggunakan bahan baku yang terbaik untuk membuat kue. Hal ini nantinya akan menambah kepercayaan pelanggan karena mereka merasa puas atas kualitas produk yang telah mereka beli.

Mungkin Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk pemilihan bahan baku terbaik, yang imbasnya Anda menaikan harga dari produk yang Anda jual. Itu tidak masalah! Masih banyak pelanggan yang mengutamakan kualitas daripada harga, dan itu bisa menjadi target pasar Anda. Lagipula mahal dan murah itu relatif bukan?

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Mendirikan Usaha Toko Bangunan di Kota Makassar

Gunakan Cara Pemasaran  Efisien

Perkembangan zaman telah membawa kemudahan untuk hal apapun termasuk cara pemasaran produk. Anda juga bisa menggunakan bantuan teknologi untuk melakukan pemasaran yang efektif untuk toko kue khas Makassar Anda. Melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram. Anda juga bisa  menawarkan kue yang Anda jual melalui website Anda sendiri atau melalui marketplace online seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee.

Perhatikanlah jenis kue yang Anda jual untuk teknik pemasaran tertentu, karena tidak semua kue cocok dengan semua jenis pemasaran. Misalnya, Anda menjual jalangkote yang hanya bisa bertahan maksimal 2 hari, ada baiknya untuk tidak melakukn penjualan di marketplace online yang membutuhkan pengiriman diatas 2 hari.

Jika Anda masih ingin memasarkan kue Anda di marketplace tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang bisa sampai dalam hitungan jam dan untuk pembelian lokal di daerah Makassar bukan keluar kota.

Hal lain yang perlu diperhatikan karena Anda menjual makanan, pastikan Anda menggunakan gambar terbaik yang menggugah selera siapapun yang melihatnya. Pajang gambar ini dimanapun Anda memasarkan produk Anda, seperti sosial media atau website Anda.

Baca juga : 7 Jenis Usaha Rumahan di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

Terus Berlatih untuk Menambah Skill Memasak

Perubahan terus terjadi dan sebagai pelaku bisnis Anda harus siap menghadapi keadaan apapun. Karena nantinya Anda akan bergelut dengan dunia memasak, maka akan lebih baik Anda menambah pengetahuan atau skill memasak Anda melalui kursus atau mengikuti komunitas memasak di Kota Makassar.

Tidak hanya akan menambah skill Anda, dengan mengikuti kursus atau komunitas Anda bisa menambah relasi dan memperkenalkan bisnis Anda kelebih banyak orang. Ilmu yang Anda pelajari bisa Anda terapkan pada usaha kue Annda, misalnya untuk menambah menu baru atau memodifikasi kue tradisional agar terkesan lebih modern.

Baca juga : Perhatikan 6 Hal ini Sebelum Membuka Bengkel di Kota Makassar

Kesimpulan

Memperkenalkan kelezatan kuliner lokal ke banyak orang dan mendapatkan keuntungan adalah hal yang akan Anda dapatkan jika Anda berencana untuk membuka toko kue khas Makassar. Pertimbangkanlah untuk menggunakan berbagai tips yang telah kami tulis diatas agar toko kue Anda nantinya bisa mendapatkan keuntungan besar dan tidak berakhir pada kerugian.

Catat juga pengeluaran dan pemasukan pada bisnis toko kue Anda menggunakan software akuntansi terpercaya, Accurate Online. Masih ragu? Cobalah gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan