Tips Ampuh Agar Sukses Menjadi Distributor Sembako di Kota Makassar

Model bisnis ditributor sembako dan kebutuhan bahan pokok adalah jenis bisnis yang memiliki peluang besar untuk berkembang, terutama di kota besar seperti Kota Makassar. Memulai bisnis distributor sembako di Kota makassar membutuhkan pengetahuan khusus dan kemampuan untuk menjembatani kesenjangan antara pengecer dan produsen.

Maka sebelum memulai bisnis distributor sembako, ada baiknya Anda mengetahui bisnis distributor lebih jauh.

Mengenal lebih Jauh Bisnis Distributor?

Distributor adalah elemen penting dalam rantai pasokan. Distributor menjalin hubungan dengan produsen dan rumah produksi sambil mendistribusikan produk ke pengecer.

Para pabrikan seringkali tidak ingin mengelola pesanan dengan pengecer individual. Produsen berfokus pada produksi, sementara distributor menerima stok dengan jumlah besar di satu lokasi, di mana mereka membagi pesanan ke konsumen individu. Pada bisnis distributor sembako, biasanya pihak distributor bekerjasama dengan banyak produsen bahan pokok.

Setelah Anda mengetahui apa itu bisnis distributor, selanjutnya adalah mengetahui tips untuk membangun bisnis distributor sembako yang sukses di Kota Makassar :

Cari Produsen Terpercaya

Hal yang perlu Anda perhatikan saat membangun usaha distributor sembako di Kota Makassar adalah mencari produsen dari berbagai barang yang Anda jual nantinya. Ingatlah, Anda menjual berbagai macam bahan pokok, maka mencari produsen dengan mutu terbaik dan harga yang tepat bagi banyak barang bisa menjadi tugas yang cukup menantang.

Perhatikan merk dari setiap barang yang akan Anda jual dengan benar Jangan sampai Anda menjual merk barang yang terkenal buruk di pasaran, karena hal ini hanya akan membuat reputasi yang buruk juga bagi bisnis Anda.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang ingin Membuka Toko Kain di Kota Makassar

Pilih Ragam Produk yang Tepat

Usahakan untuk menjual berbagai jenis produk sembako dengan lengkap. Pertimbangkan juga untuk menjual berbagai jenis produk dengan berbagai macam rentang harga dari termurah sampai termahal, agar para konsumen bisa mendapatkan pilihan produk lebih banyak.

Misalnya Anda bisa menjual jenis beras dari kualitas terbaik sampai kualitas standar. Semakin baik kualitas beras yang Anda jual, maka harganya semakin tinggi, begitupun sebaliknya. Hal ini yang menjadi tantangan adalah untuk menghitung stok ketersediaan dari berbagai kualitas yang berbeda.

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Mendirikan Usaha Toko Bangunan di Kota Makassar

Perhatikan Pasar Sekitar

Kota Makassar adalah kota besar yang memiliki ragam penduduk dari berbagai tingkatan ekonomi. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan untuk Anda sebelum membuka distributor di Kota Makassar.  Hal penting yang harus Anda pelajari adalah memperhatikan target pasar di sekitar toko distributor Anda.

Hal ini juga akan membantu Anda untuk menentukan stok ketersediaan dari kualitas berbeda yang telah kita bahas di poin sebelumnya.

Contohnya : Jika konsumen adalah rumah tangga atau warung kecil yang menjual barang Anda lagi, akan lebih baik jika Anda memperbanyak stok dengan kualitas standar dan harga yang tidak terlalu tinggi, karena permintaan terhadap barang sejenis ini akan cukup tinggi. Namun jika Anda memiliki konsumen dari bisnis rumahan atau restoran besar di Kota Makassar, Anda bisa melakukan hal sebaliknya. Simpanlah stok dengan kualitas terbaik.

Baca juga : Perhatikan 6 Hal ini Sebelum Membuka Bengkel di Kota Makassar

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan adalah hal penting dalam bisnis apapun, termasuk jika Anda ingin membangun bisnis distributor di Kota Makassar. Dengan pelayanan terbaik Anda tidak akan mendapatkan keuntungan bagi usaha Anda namun juga kepercayaan, baik dari konsumen atau produsen.

Contoh pelayanan terbaik yang bisa Anda adopsi untuk konsumen Anda adalah dengan melakukan pengiriman gratis untuk minimal pengiriman tertentu. Untuk pelayanan terbaik pada produsen, cukup dengan membayar tagihan Anda tepat waktu maka ini akan meningkatkan kepercayaan produsen atas bisnis Anda.

Baca juga : 7 Ide Bisnis Terbaik di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

Gunakan Teknologi

Digitalisasi dan otomatisasi telah menjadi bagian penting bagi banyak bisnis, hal ini juga bisa diterapkan untuk bisnis Anda. Dengan kemajuan teknologi saat ini, tidak ada alasan bagi Anda untuk membuat bisnis Anda menjadi lambat.

Gunakanlah berbagai kemudahan teknologi yang berdampak pada kemudahan Anda dalam mengoperasikan bisnis seperti menjual barang dagangan Anda ke ecommerce, bekerjasama dengan jasa pengiriman online, atau menggunakan software kasir atau POS.

Baca juga : Mau Membuka Toko Elektronik di Makassar? Baca dulu Tips Berikut ini

Perhatikan Inventory dan Cashflow Anda

Uang masuk dan uang keluar adalah konsep dasar cashflow atau arus kas, bagian yang sulit adalah ketika uang terikat dalam persediaan di gudang Anda. Akan sangat sulit untuk memperkirakan apa yang akan dijual atau apa yang harus dibeli dan memastikan arus kas tetap terjaga.

Ini adalah tindakan penyeimbangan sangat rumit yang dapat membuat atau mengirim bisnis distributor kepada satu keputusan buruk, seperti memesan terlalu banyak satu item yang menjadi stok yang terlalu lama tersimpan.

Solusi terbaik adalah Anda harus memantau cashflow dan stok dalam suatu sistem agar semua bisa berjalan dengan optimal. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur pencatatan keuangan dan inventory yang lengkap seperti Accurate Online.

Dengan Accurate Online Anda bisa memantau dan membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, kapanpun dan dimanpun Anda mau. Tidak hanya itu, Accurate Online memilik fitur inventori terlengkap di Indonesia, contohnya adalah pencatatan stok, multi gudang, sampai fitur stok opname.

Tertarik mencoba menggunakan Accurate Online untuk kemudahan pembukuan bisnis distributor sembako Anda di Kota Makassar? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga : Tips Mewujudkan Bisnis Rental Mobil yang Sukses di Makassar

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun usaha distriburor sembako di Kota Makassar. Buatlah hubungan yang baik dengan pelanggan dan produsen barang yang Anda jual. Gunakan juga teknologi untuk kemudahan dalam pengembangan usaha distributor Anda, contohnya adalah software pembukuan seperti Accurate Online yang bisa Anda coba melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan