Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Menjalankan Pabrik Mebel

Produksi furniture di dalam pabrik mebel terkadang mengalami berbagai hambatan selama proses pengerjaannya. Masalah yang berkaitan dengan bahan baku sampai dengan proses distribusi bisa memberikan dampak yang buruk untuk kemajuan bisnis mebel Anda.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum berbagai hal yang harus diperhatikan saat menjalankan pabrik mebel untuk Anda.

5 Hal yang Penting dalam Pabrik Mebel

1. Bahan Baku

Dalam proses pembuatan produk furniture, sangat penting sekali bagi setiap pabrik mebel untuk bisa mengelola bahan baku yang ingin digunakan. Umumnya, bahan baku di dalam pembuatan mebel ini terdiri dari beberapa jenis, yakni bahan baku utama, bahan baku sekunder, panel, bahan finishing dan bahan packing untuk proses pengepakan proses distribusi.

Bahan baku utama terdiri dari jenis kayu yang solid, seperti kayu mahoni, kayu jati, kayu akasia, atau kayu produk olahan seperti triplek.

Selanjutnya, bahan baku sekunder umumnya terdiri dari plastik, rotan, kulit, atau alumunium, yang mana fungsinya adalah agar bisa menunjang bahan baku utama.

Lalu, berdasarkan laman lawinsider, bahan pelengkap adalah bahan yang digunakan untuk proses perakitan, seperti lem, paku, baut, dan lain sebagainya.

Ada juga bahan finishing, yang mana bahan ini harus diperhatikan jenis bahan dan campuran dari produk cairan kimia sebagai lapisan akhir produk. Terakhir, ada juga bahan pengepakan yang harus dipersiapkan dengan baik agar proses pengepakan bisa dilakukan lebih tepat dan juga efisien.

Baca juga: Strategi Ampuh Memulai Bisnis Restoran Pizza

2. Proses Produksi Pada Pabrik Mebel

Proses produksi ini akan menghasilkan produk setengah jadi atau produk mebel mentah. Umumnya, proses ini diawali dengan pembuatan matras atau molding, lalu proses pemotongan berbagai bagian dari bahan baku, lalu proses penghalusan sambil melakukan proses QC untuk memastikan akurasi potongan.

Lalu, beralih ke proses perakitan berbagai bagian produk dan proses setel panel, dan berakhir dengan proses penghalusan dengan memanfaatkan amplas.

Hasil akhir dari proses ini adalah produk furniture yang finishingnya masih mentah lalu bisa disesuaikan dengan selera pelanggan.

Pelanggan yang merasa puas akan mempertimbangkan untuk membeli produk Anda kembali pada masa yang akan datang. Untuk itu, pastikanlah konsumen Anda merasa puas.

Jalinlah hubungan yang harmonis dengan para pelanggan agar bisa membentuk hubungan yang baik.

3. Proses Finishing

Proses finishing pada pabrik mebel ini mencakup proses pengamplasan, pengecatan, pemolesan, penggosokkan dan berbagai proses lain. Tujuannya adalah agar bisa memberikan penampilan akhir yang cantik dalam suatu produk mebel.

Proses yang satu ini harus memerhatikan bahan amplas. Bahan amplas akan memberikan efek yang besar pada cat yang akan muncul di permukaan produk mebel.

Dalam proses ini, permukaan kayu akan diamplas dengan baik sampai memperoleh permukaan yang sama rata dan sama halus, hingga dilapisi dengan proses finishing akhir.

Ketika melakukan lapisan terakhir untuk bisa membentuk laporan pelindung, ada baiknya untuk memilih cat yang mengkilap. Tujuannya adalah agar bisa menyamarkan ataupun menutup goresan yang timbul ketika penggunaan produk.

4. Proses Packing dan Pengiriman ke Toko

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam menjalankan pabrik mebel adalah proses pengepakan. Terdapat setidaknya tiga cara packing, yaitu single packing, multiple packing, dan pallet packing.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengemas produk tersebut. Beberapa aspek tersebut adalah dimensi produk, jenis finishing yang digunakan, material produk, logistik atau transportasi pengiriman, lokasi pelanggan, dan juga harga produk.

Setiap aspek tersebut harus diperhatikan dengan baik, karena pabrik mebel harus bisa mengirim kemasan yang sesuai dengan produk tertentu. Pasalnya, setiap produk memiliki kriteria dan kebutuhan packing yang berbeda.

Baca juga: Cara Menghadapi Persaingan Bisnis dengan Baik

5. Pembelian dan Penjualan Produk

Proses pembelian dan penjualan di dalam pabrik mebel umumnya terjadi dengan memenuhi proses produksi.

Nantinya, pabrik mebel akan menawarkan berbagai model produk yang tersedia melalui katalog produk. Lalu, pabrik mebel akan memberikan penawaran berbagai produk yang nantinya akan dipesan konsumen. Hal tersebut umumnya mencakup fitur, spesifikasi, dan berbagai bahan baku material.

Selanjutnya, pihak pabrik mebel dan juga pihak pembeli akan membuat kesepakatan tertentu terkait estimasi waktu pengerjaan dan juga harganya.

Bila nilai harga sudah disepakati, maka bagian administrasi dari pabrik mebel harus mencatat data pesanan yang sudah dibuat pelanggan. Terakhir, pabrik mebel nantinya akan memesan dan membayar bahan baku untuk mengerjakan proses pembuatan mebel yang sudah dipesan oleh pelanggan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Kontraktor

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan pabrik mebel. Tapi saat ini, seluruh hal diatas sudah bisa dilakukan secara otomatis, sehingga proses produksi di pabrik mebel bisa dilakukan secara lebih cepat dan efisien. Nah, hal tersebut hanya bisa dilakukan bila Anda memutuskan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi luar biasa ini telah dilengkapi dengan fitur manufaktur yang akan membuat proses produksi di pabrik mebel Anda berjalan secara lebih efektif dan efisien. Fitur ini pun telah terintegrasi dengan sistem pembukuan yang komplit, sehingga seluruh transaksi bisnis bisa dicatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dengan akurat.

Lebih dari itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan fitur bisnis lainnya yang saling terintegrasi, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Ingin mencoba Accurate Online terlebih dahulu? Bisa kok. Anda cukup mendaftarkan bisnis Anda dengan klik tautan gambar di bawah ini dan Anda bisa mencoba Accurate Online selama 30 hari, gratis.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.