Customer Focus: Pengertian, Peran, Dan Tips Dalam Membangunnya

Dalam pelayanan pelanggan tentu saja, customer atau pelanggan menjadi kunci kesuksesan keberlangsungan produsen. Untuk kesuksesan dalam mengambil hati konsumen, perlu adanya customer focus.

Customer focus sendiri merupakan sebuah orientasi yang wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan tertentu maupun produsen tertentu dalam membangun kerajaan bisnisnya. Hal ini adalah suatu yang perlu diketahui oleh setiap produsen dalam membangun nilai produksi yang berkualitas dan pelayanan yang maksimal untuk kemajuan bisnis menyeluruh

 Lalu apa sebenarnya customer focus tersebut, dan apa saja peranannya bagi sebuah bisnis.

Pengertian Customer Focus

Pada dasarnya customer focus merupakan sebuah orientasi yang ditujukan terhadap pelanggan dengan pelayanan yang maksimal. Dalam penerapannya, pelayanan tersebut terdiri dari berbagai rangkaian yang harus dilalui dan dijalankan sesuai dengan SOP yang ada.

Customer focus sendiri menjadi salah satu bagian terpenting dan menjadi salah satu kunci sukses banyak bisnis yang ada di dunia.

Dengan menerapkan customer point/focus nantinya sebuah perusahaan atau produsen akan lebih mengetahui tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelanggan / konsumen. Nantinya kebutuhan tersebutlah yang akan menjadi poin dan perhatian untuk menentukan kebijkan perusahaan untuk selanjutnya dikembangkan dengan maksimal.

Penerapan customer focus sendiri memiliki tujuan penting yang mengharuskan sebuah perusahaan atau produsen memberi pelayanan maksimal terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, hal ini juga menjadi peranan penting untuk menunjang kesuksesan. Jika dilihat, peranannya di setiap perusahaan pasti berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Masing-masing strategi pelayanan tersebut tidak dapat di sama ratakan antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya.

Banyak cara yang dapat digunakan untuk menjadikan customer sebagai priority tertentu. Untuk membudayakan hal tersebut langkah-langkah yang digunakan dapat dilakukan dengan memperhatikan feedback dari hal tersebut.

Dengan menjadikan budaya tersebut bisa dipastikan bahwa keberhasilan bisnis bisa dicapai dengan maksimal tanpa harus membutuhkan banyak waktu maupun sumber daya.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil Anda

Peran Customer Focus Bagi Bisnis

Sebagai penunjang keberhasilan suatu bisnis perusahaan, memperhatikan kebutuhan pelanggan akan membawa dampak baik bagi bisnis Anda

Peranan yang diberikan bukan hanya sekedar peranan yang bertahan dalam kurun waktu tertentu, namun peranan yang memiliki sifat berkelanjutan dan tidak akan berhenti dalam waktu tertentu.

Lalu apa saja peranan tersebut sebagai penunjang keberhasilan suatu bisnis.

1. Membangun pendapatan jangka panjang

Pernah mendengar pendapatan berbasis loyalitas? Hal itu berasal dari memenangkan kepercayaan pelanggan dan menjalin hubungan jangka panjang.

Pelanggan setia atau pelanggan tetap membutuhkan biaya yang Anda keluarjan lebih sedikit untuk melayani (5 hingga 8 kali lebih murah), cenderung membeli lebih banyak dan lebih terbuka terhadap produk dan layanan baru karena mereka mengenal dan mempercayai Anda.

Menurut Global Service Barometer, pelanggan yang merasa dihargai dan dilayani secara konsisten dengan baik akan tetap loyal setidaknya selama 10 tahun, dengan syarat produk dan layanan dijaga dengan kualitas yang sama dan harga tersebut dianggap adil.

Baca juga: Pentingnya Cloud Computing Bagi Pengembangan Usaha Kecil

2. Mempertahankan pelanggan di saat-saat sulit

Setiap kali ada guncangan dalam perekonomian yang dan Anda tahu akan segera terjadi, pelanggan yang tidak merasa dihargai cenderung tidak akan tetap setia pada suatu merek atau bisnis.

Mereka akan berbelanja karena ada kemungkinan besar akan terjadi penurunan pendapatan dan mereka akan mencari harga terbaik. Pengecualian berlaku pada pelanggan setia yang benar-benar bersedia membayar lebih untuk suatu produk atau layanan jika mereka tahu bahwa penyedia akan secara konsisten memberikan layanan yang luar biasa.

Ingatlah pengalaman layanan memiliki nilai finansial!

3. Menarik pelanggan baru

Pelanggan yang setia menjadi pendukung bisnis. Mereka akan menceritakan bisnis Anda secara sukarela dan menciptakan iklan dengan biaya rendah.

Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda tidak membuat kesalahan. Karena biaya akuisisi bisnis baru biasanya 5 hingga 8 kali lipat dari mempertahankan pelanggan Anda yang sudah ada, rujukan berbasis loyalitas dapat berdampak signifikan pada anggaran pemasaran Anda.

Ingatlah layanan pelanggan yang luar biasa bertindak seperti magnet pelanggan. Orang ingin berurusan dengan organisasi yang memiliki reputasi keunggulan layanan dan memiliki customer focus.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Software Akuntansi UMKM

4. Membedakan organisasi Anda dari pesaing Anda

Pelanggan suka berurusan dengan pemenang. Mereka suka berurusan dengan organisasi atau bisnis yang memiliki keunggulan.

Di pasar global saat ini ,customer focus adalah satu-satunya cara untuk benar-benar membedakan bisnis Anda melalui pengalaman layanan yang Anda berikan.

costumer focus 1

5. Menghadirkan yang terbaik dari karyawan

Pemimpin yang berfokus pada Pelanggan berhasil melibatkan karyawan mereka dengan cara yang memungkinkan organisasi memaksimalkan kualitas pengalaman pelanggan.

Sistem, proses, dan prosedur selaras dengan pelanggan dan karyawan yang sepenuhnya terlibatlah yang membuat penyelarasan ini terjadi. Hal ini menghasilkan efisiensi operasional, moral yang lebih baik, ketidakhadiran yang berkurang, permintaan yang lebih rendah pada tunjangan tertentu, perputaran yang lebih rendah, dll.

Ketika karyawan yang berhubungan dengan pelanggan diberdayakan untuk memberikan layanan yang lebih baik, mereka diberi lebih banyak otoritas dan keleluasaan untuk bertindak.

Mereka didorong untuk menggunakan kreativitas dan inisiatif mereka dan kemudian mereka diberi imbalan untuk melakukannya. Mewujudkan hal ini adalah peran mendasar dari pemimpin yang berfokus pada pelanggan

Semua ini mewakili penghematan biaya yang signifikan.

Baca juga: Cara Software Akuntansi dapat Mengubah Bisnis Ritel Anda

6. Mengurangi biaya operasional dengan menghilangkan biaya layanan yang buruk

Biaya pelayanan yang buruk dalam industri jasa berkisar antara 30 sampai 35% dari biaya operasional tergantung pada bisnis Anda.

Waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan masalah pelanggan, pengerjaan ulang, penggantian produk dan / atau layanan bertambah. Setiap pengurangan biaya layanan yang buruk dapat berdampak signifikan pada keuntungan Anda.

Tips dan Strategi Tepat Guna Dalam Penerapan Customer in Focus Yang Tepat

Dalam memahami serta memberikan pelayan terhadap customer, tentu saja perlu adanya penerapan dan kolaborasi yang tepat.

Untuk itu setiap produsen wajib memahami dengan efektif serta memberikan penerapan nilai pelayanan yang terbaik untuk konsumen.

Anda dapat mengetahui strategi terbaik dalam mengembangkan customer focus pada usaha Anda.

1.Saling Bersinergi

Tentu saja dalam case perusahaan, orientasi sebuah bisnis berada pada konsumen. Jika sudah memiliki orientasi sasaran pada pelanggan maka hubungan harus terjalin dengan baik.

Saat hubungan terjalin dengan baik dan semestinya, maka pelanggan atau konsumen akan lebih memberikan penghargaan terhadap perusahaan. Dampak positifnya adalah pada perkembangan perusahaan untuk menjadi jauh lebih baik.

Baca juga: 10 Cara Membangkitkan Motivasi Usaha Dalam Diri Anda

2. Memberikan Pelayanan Sehingga Pelanggan Benar-benar Merasa Didengar

Dengan penerapan fokus pada konsumen, tentu saja posisi utama konsumen menjadi prioritas bagi sebuah perusahaan.

Prioritas pelanggan adalah hal utama, maka konsumen haruslah selalu mendapat perhatian yang lebih. Langkah seperti ini jauh lebih efektif untuk membuat pelanggan percaya dengan produk-produk yang diberikan oleh perusahaan.

Baca juga: Anda Pelaku Bisnis Kecil? Ketahui Semua Hal Tentang Pajak UMKM

3. Gunakan Kritik serta Saran Konsumen Sebagai Acuan

Dalam sebuah bisnis kritik serta saran tentu saja selalu ada, namun dampaknya entah positif atau negatif tergantung pada perusahaan. Pada dasarnya konsumen merupakan pemakai dari produk atau layanan  yang diberikan dan mereka juga yang mengetahui lebih jauh kelebihan dan kekurangan layanan atau produk Anda dibanding kompetitior.

Jika konsumen memberikan kritik dan saran, alangkah baiknya sebagai pengelola atau pemilik bisnis Anda harus mengelola kritik serta saran tersebut sebagai dasar untuk pengembangan perusahaan. Dengan begitu bisnis yang dijalankan akan lebih semakin maju dan lebih tahu mengenai kekurangan produk atau layanan dan apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen.

4. Gunakan Berbagai Cara Agar Konsumen Lebih Mudah Terhubung dengan Bisnis

Untuk memberikan kemudahan bagi konsumen tentunya sebuah perusahaan harus memberikan banyak cara agar konsumen memiliki banyak cara dalam menghubungi perusahaan.

Hal tersebut merupakan langkah agar perusahaan dapat lebih efektif dalam memberikan informasi terhadap konsumen. Jika penerapannya tepat maka timbal balik antar perusahaan dan konsumen akan lebih efektif.

Contohnya adalah menyediakan call center, email, whatsapp, dan saluran media sosial lainnya agar pelanggan mudah terhubung dengan bisnis Anda.

Baca juga: 10 Tips Terbaik Untuk Bisnis Afiliasi yang Sukses

Kesimpulan

Customer Focus memang menjadi langkah yang efektif dalam memberikan pelayanan extra terhadap konsumen. Untuk itu langkah yang diterapkan haruslah tepat sasaran, jangan sampai memberikan pelayanan lebih namun tidak memperhatikan kapasitas perusahaan. Jika semua berjalan dengan benar maka bisnis yang berjalan akan lebih efektif.

Seiring berjalannya waktu dan pengembangan bisnis Anda, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan pencatatan seluruh transaksi yang terjadi pada proses bisnis di sistem pembukuan yang tepat.

Akan menjadi tantangan dan memakan waktu jika Anda menggunakan pembukuan manual, gunakanlah software akuntansi yang mudah digunakan, harga terjangkau dan sudah teruji seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis yang ada di Indonesia dan telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi tetrbaik di Indonesia.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 1