Apa itu Time to Value? Ini Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Tips Jitu Meminimalisirnya

oleh | Jun 27, 2023

source envato.

Apa itu Time to Value? Ini Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Tips Jitu Meminimalisirnya

Saat sedang membeli sebuah produk maupun layanan, Anda tentunya ingin mengetahui manfaat yang bisa Anda peroleh secara cepat. Nah, waktu yang diperlukan oleh pelanggan agar bisa mengetahui manfaat pada sebuah produk ini dikenal dengan time to value atau TTV.

Setiap konsumen atau pelanggan tentunya akan sangat merasa frustasi bila mereka harus menghabiskan waktu yang lama hanya untuk mengetahui hal apa yang bisa mereka peroleh dari produk atau layanan yang baru mereka beli. Jika hal tersebut terjadi, besar kemungkinan mereka akan kecewa dan akan lebih memilih produk kompetitor Anda.

Ingin mengetahui lebih mendalam tentang time to value? Baca terus artikel ini hingga selesai.

Pengertian Time to Value

accurate.id Pengertian Time to Value

Berdasarkan laman Wikipedia, TTV atau time to value adalah istilah yang digunakan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan oleh suatu produk atau layanan untuk memberikan manfaat nyata kepada pelanggan setelah pelanggan mulai menggunakannya.

TTV mencakup semua tahap yang terlibat dalam mempersiapkan, mengimplementasikan, dan mengadopsi suatu solusi.

Terdapat berbagai interpretasi time to value, tergantung konteksnya. Dalam konteks pengembangan software, time to value akan mengukur waktu yang diperlukan untuk mengirimkan fitur-fitur penting kepada pengguna.

Dalam konteks penjualan, time to value mengacu pada waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ROI (Return on Investment) setelah pelanggan membeli produk atau layanan.

Baca juga: Market Value: Pengertian dan 5 Cara Mudah Mengetahuinya

Jenis-jenis Time to Value

accurate.id jenis Time to Value

Berikut ini adalah beberapa jenis time to value yang banyak ditemukan:

  • Time to First Value

Waktu yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat nyata kepada pengguna setelah mereka mulai menggunakan produk atau layanan tertentu. Di dalamnya bisa berupa pengalaman positif awal pengguna, pencapaian dalam tujuan tertentu, atau meningkatkan efisiensi perusahaan.

  • Time to Market

Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan, menguji, dan meluncurkan produk atau layanan baru ke pasar. Hal ini berkaitan dengan efisiensi dalam siklus pengembangan dan penerapan perubahan.

  • Time to Revenue

Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan pendapatan setelah pelanggan membeli produk atau layanan. Di dalamnya akan sangat berkaitan dengan kemampuan produk atau layanan dalam menghasilkan pendapatan secara cepat dan efisien.

  • Time to Adoption

Waktu yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk sepenuhnya mengadopsi dan menggunakan produk atau layanan dengan maksimal. Di dalamnya akan menggambarkan tingkat penerimaan dan kesiapan pelanggan dalam menggunakan solusi yang ditawarkan suatu produk.

  • Time to ROI

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Return on Investment (ROI) setelah pelanggan mengadopsi produk atau layanan. Hal ini berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi penggunaan solusi dalam menghasilkan keuntungan finansial.

Baca juga: Mengenal Value Based Pricing dan 4 Komponen Penting di Dalamnya untuk Strategi Penetapan Harga

Apa saja Manfaat dari Time to Value?

accurate.id Apa saja Manfaat dari Time to Value

Dirangkum dari laman Analyticsteps, berikut adalah beberapa manfaat dari time to value:

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat nyata kepada pelanggan, seperti pengalaman positif atau pencapaian tujuan tertentu, pelanggan akan lebih puas dengan produk atau layanan yang mereka gunakan.

2. Meningkatkan Daya Saing

Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif, memiliki TTV yang cepat dapat memberikan keunggulan kompetitif. Pelanggan akan lebih cenderung memilih produk atau layanan yang dapat memberikan manfaat kepada mereka secara cepat daripada menggunakan produk yang membutuhkan waktu lama dalam memberikan manfaat.

3. Meningkatkan Adopsi dan Retensi Pelanggan

Dengan memberikan manfaat nyata secara cepat, pelanggan akan lebih cenderung mengadopsi produk atau layanan secara penuh dan tetap menggunakan produk tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

4. Meningkatkan Pengembalian Investasi

Dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ROI, perusahaan dapat memperoleh pengembalian investasi yang lebih cepat dan meningkatkan efisiensi keuangan mereka.

5. Meningkatkan Brand Reputation

Jika perusahaan mampu memberikan manfaat yang cepat kepada pelanggan, brand reputation dapat meningkat. Pelanggan akan menganggap perusahaan sebagai penyedia solusi yang responsif dan efisien.

Baca juga: Apa itu Fair Value? Ini Pengertian dan Cara Menghitungnya!

Tips Ampuh Mengurangi Time to Value

Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengurangi time to value (TTV), seperti yang dilansir dalam laman Paddle:

1. Buat Perencanaan Pengalaman Pengguna yang Intuitif

Buatlah perencanaan produk atau layanan dengan interface yang mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna. Selain itu, cobalah untuk meminimalisir hambatan atau kompleksitas yang dapat menghambat pengguna dalam mencapai manfaat yang mereka inginkan.

2. Prioritaskan Fitur Penting

Lakukanlah identifikasi fitur utama yang mampu memberikan manfaat nyata kepada pelanggan dan fokuslah pada pengembangan serta pengiriman fitur-fitur tersebut terlebih dahulu. Hindari juga kecenderungan untuk menghadirkan terlalu banyak fitur secara bersamaan yang dapat memperlambat TTV.

3. Gunakan Metode Pengembangan Produk yang Cepat

Cobalah untuk mengimplementasikan metodologi Agile atau Lean dalam pengembangan produk atau layanan Anda. Metode ini memungkinkan adanya iterasi secara cepat, pembaruan yang berkelanjutan, dan perbaikan berdasarkan feedback pelanggan secara teratur.

4. Automatisasi Proses yang Dapat Diotomatiskan

Identifikasikanlah proses yang dapat diotomatiskan, seperti onboarding pelanggan, konfigurasi awal, atau integrasi dengan sistem lain. Dengan mengotomatiskan proses-proses ini, Anda dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan dan mengimplementasikan solusi.

5. Berikanlah Panduan dan Dukungan yang Jelas

Sediakanlah panduan, dokumentasi, tutorial, atau dukungan pelanggan yang jelas dan mudah diakses. Hal ini akan membantu pelanggan dalam memahami cara menggunakan produk atau layanan secara cepat dan efisien.

6. Kolaborasi yang Erat Antara Tim Internal

Pastikanlah kolaborasi yang efektif antara tim pengembangan produk, pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Hal ini akan memungkinkan adanya aliran informasi yang lancar dan penyelesaian masalah yang cepat, yang dapat mempercepat TTV.

7. Terus Jalin Komunikasi dengan Pelanggan

Dapatkanlah feedvack secara teratur dari pelanggan dan gunakanlah informasi tersebut untuk memperbaiki dan mengoptimalkan produk atau layanan Anda. Hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi hambatan atau masalah yang dapat memperlambat TTV.

Baca juga: Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Penutup

Jadi, time to value mengacu pada waktu yang dibutuhkan oleh suatu produk atau layanan dalam memberikan manfaat yang nyata kepada pelanggan setelah mereka mulai menggunakannya.

Mengurangi TTV memiliki manfaat yang sangat besar, seperti bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan daya saing, meningkatkan adopsi dan retensi pelanggan, meningkatkan pengembalian investasi, dan meningkatkan reputasi brand.

Beberapa tips untuk mengurangi TTV adalah dengan merancang pengalaman pengguna yang intuitif, memprioritaskan fitur penting, menggunakan metode pengembangan produk yang cepat, mengotomatiskan proses yang dapat diotomatiskan, menyediakan panduan dan dukungan secara jelas, kolaborasi yang erat antara tim internal, dan terus berkomunikasi dengan pelanggan.

Dengan mengimplementasikan strategi-strategi ini, perusahaan dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat kepada pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mencapai kesuksesan yang lebih baik dalam pasar yang kompetitif.

Dalam hal ini, tentunya diperlukan dukungan dari manajemen perusahaan secara menyeluruh. Untuk itu, perusahaan harus bisa mengelola bisnisnya dengan baik agar strategi ini bisa dijalankan dengan lancar.

Kabar baiknya, setiap pebisnis, termasuk Anda, bisa lebih mudah dalam mengelola bisnis dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Kenapa? Karena aplikasi ini mampu mengotomasikan seluruh proses bisnis Anda secara efisien.

Aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan laporan bisnis, melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang, dan masih banyak lagi.

Klik tautan gambar di bawah ini sekarang juga untuk mencoba langsung Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

12 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait