PKM Kewirausahaan Adalah: Pengertian dan Contohnya

Bila kita membicarakan tentang PKM Kewirausahaan, maka setiap pelajar pasti bisa melakukannya. Untuk di Indonesia sendiri, PKM kewirausahaan adalah program kreativitas mahasiswa yang mampu mewadahi para mahasiswa dalam mengeluarkan semua ide dan kreasinya tanpa batas, dan hasil karya tersebut bisa dijadikan sebagai produk wirausaha.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih dalam tentang PKM Kewirausahaan secara lebih detail dan mendalam.

Pengertian PKM Kewirausahaan

Seperti yang sebelumnya telah dibahas, PKM kewirausahaan adalah suatu tempat dimana mahasiswa di semua Indonesia bisa berkreasi dengan beragam penemuannya. PKM Indonesia sendiri didirikan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi republik Indonesia.

Tujuan utama dari PKM Kewirausahaan adalah untuk memberikan fasilitas berbagai bentuk potensi yang dimiliki oleh mahasiswa Indonesia. Di dalamnya mulai dari mengembangkan, mengkaji, dan menerapkan ilmu serta teknologi yang sudah dipelajari selama belajar di perguruan tinggi ke kalangan masyarakat luas.

PKM Mahasiswa sudah didirikan pada tahun 1997 lalu, yang pada mulanya memiliki nama Program Karya Alternatif Mahasiswa. Tapi di tahun 2001, namanya berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa.

Baca juga: 10 Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar

Manfaat PKM Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

Tentunya PKM Mahasiswa didirikan bukan tanpa alasan, nah manfaat PKM Kewirausahaan adalah sebagai berikut:

  1. Bisa mengasah tingkat kreativitas mahasiswa.
  2. Mengasah kemampuan dalam hal menulis, seperti karya tulis, proposal dan lain sebagainya.
  3. Melatih mahasiswa dalam menyampaikan suatu gagasan dan juga menuangkan idenya.
  4. Memberikan pengalaman yang berguna untuk masa depan dalam bentuk portofolio.
  5. Memperoleh pengakuan dari berbagai pihak, bahkan dari negara.
  6. Mendapatkan banyak koneksi dan kenalan.
  7. Bisa membantu membangun Indonesia atau daerah tertentu terkait ide kreatif yang dimiliki para mahasiswa.

Baca juga: Mengenal Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Wirausaha

Program PKM Kewirausahaan

Untuk saat ini, PKM mempunyai tujuh sub program, yaitu:

  • PKM-Penelitian (PKM-P)
  • PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
  • PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M)
  • PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
  • PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
  • PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)
  • PKM-Kewirausahaan (PKM-K)

Salah satu diantara tujuh program tersebut, program yang paling aktif dilakukan adalah PKM Kewirausahaan.

Baca juga: Wirausaha Kerajinan Limbah Adalah Jenis Wirausaha yang Menghasilkan Keuntungan Besar

Wirausaha Sebagai Tulang Ekonomi Indonesia

Selain perusahaan besar, wirausaha yang dibangun oleh PKM Kewirausahaan juga mampu membantu perekonomian negara agar bisa menjadi lebih baik. Karena, mahasiswa bisa membuat produk dan juga peluang wirausaha dengan adanya PKM wirausaha.

Peluang wirausaha yang mampu mereka ciptakan termasuk sebagai UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah. Sampai saat ini, sudah banyak sekali contoh PKM Wirausaha yang sudah dibuat oleh mahasiswa di seluruh Indonesia.

Selain belajar wirausaha, mahasiswa di wadah PKM wirausaha ini, juga dibentuk untuk menciptakan sebuah produk yang tidak hanya bisa sekadar dijual saja, tapi juga membuat produk yang kreatif dan bisa dibuat dengan menggunakan barang yang ada, seperti bahan daur ulang. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan bahan baku makanan inovatif dan alternatif, seperti yang bersifat penemuan.

Baca juga: 9 Jenis Kewirausahaan yang Harus Anda Ketahui

Contoh PKM Kewirausahaan

Salah satu contoh PKM Kewirausahaan yang cukup terkenal adalah bisnis kaos KASPIA atau Kaos Lumpia. Tujuan dari dibuatnya wirausaha kaos ini adalah untuk memperkenalkan potensi wisata di Kota Semarang dan juga membangun wirausaha dalam diri mahasiswa.

Jadi, di dalamnya bukan hanya sekedar julan saja, tapi ada juga tujuan lain yang bersifat tersirat, yaitu memperkenalkan keunikan dari Kota Semarang lewat Kaos Lumpia. Kaos tersebut diberikan gambar sablon dengan ikon Kota Semarang dan budayanya yang identik dengan kota tersebut.

Selain memperkenalkan keunikan kota Semarang melalui kaos, PKM Kewirausahaan ini juga bertujuan untuk membuat oleh-oleh pilihan lain khas Kota Semarang yang baru.

Jadi bila umumnya oleh-oleh khas dari kota Semarang adalah lumpia, di sini wisatawan bisa memilih alternatif oleh-oleh lain, yaitu kaos.

PKM Kewirausahaan ini juga sangat baik dalam meningkatkan sektor pariwisata yang ada di Kota Semarang. Bahkan, bisa juga menjadikan Kaos Lumpia sebagai brand kaos terkenal asal Semarang, seperti halnya brand Joger yang terkenal di Yogyakarta.

Dikutip dari laman Wikipedia, beberapa contoh PKM Kewirausahaan lain yang pernah disambut baik oleh media massa adalah sebagai berikut:

  • Es Krim Terong hasil karya mahasiswa Universitas Bengkulu
  • Batik motif kartun hasil karya dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Memanfaatkan lendir bekicot untuk obat salep luka bakar hasil karya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Toko Pupuk Online yang dibuat oleh Elsa Rosyidah, mahasiswa Institut Pertanian Bogor
  • Obat nyamuk yang berasal dari daun srikaya hasil karya mahasiswa Universitas Diponegoro
  • Kalender Edukasi Gigi yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada
  • Permainan kartu dengan tema sejarah Indonesia hasil karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada
  • Pengawetan ikan asin dengan menggunakan daun teh dan daun pandan hasil mahasiswa Universitas Brawijaya
  • Daur ulang limbah jeans dan plastik serta komersialisasi hasilnya dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Obat obesitas yang berasal dari buah naga hasil mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Kampanye ikon desa Jarum, Bayat, Klaten sebagai desa batik yang ramah lingkungan, dari mahasiswa Universitas Negeri Semarang
  • Permen penghambat ketergantungan nikotin yang diciptakan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro
  • Minuman yang memiliki serat tinggi dari buah pohon siwalan penemuan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Batik histologi, batik dengan motif jaringan tubuh makhluk hidup hasil karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada
  • Sandal kesehatan yang berasal dari biji buah salak dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Es krim yang dibuat dari kulit manggis oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Program pelatihan menulis cerita untuk siswa tunanetra, program ini diciptakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
  • Pupuk organik dengan bahan baku industri pengolahan ikan, oleh mahasiswa asal Universitas Brawijaya
  • Gantungan kunci dengan bahan dasar tanah liat sebagai media promosi wisata Kota Semarang, ciptaan mahasiswa Universitas Diponegoro
  • Permainan elektronik sebagai suatu media pembelajaran hukum buatan mahasiswa Universitas Diponegoro
  • Permen antihiperkolesterol yang dibuat dari limbah kulit pisang buatan mahasiswa Universitas Brawijaya
  • Wadah air minum berpendingin USB hasil ciptaan mahasiswa Universitas Gadjah Mada

PKM kewirausahaan dan program lainnya bisa dijadikan sebagai kesempatan lain bagi para mahasiswa agar bisa ikut serta dalam kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau PIMNAS. Di dalam kegiatan ini, hasil karya mahasiswa akan dikompetisikan. Namun, setiap mahasiswa harus berhasil melewati tahap seleksi yang ketat.

Jadi untuk bisa lolos hingga ke tahap PIMNAS, Anda harus membuat proposal PKM yang menarik. Bila lolos hingga tahap PIMNAS, Anda akan mendapatkan pendanaan dan akan turut bangga. Bahkan bila proposal Anda terlihat menarik namun tidak lolos PIMNAS, Anda juga memiliki peluang untuk memperoleh pendanaan.

Baca juga: Pengertian Wiraswasta dan Bedanya Dengan Wirausaha

Penutup

Demikianlah informasi yang bisa kami sajikan tentang PKM Kewirausahaan. Jadi, PKM Kewirausahaan adalah suatu wadah yang sangat baik agar setiap mahasiswa di Indonesia bisa terus belajar mengembangkan kreativitas dan membangun bisnis demi meningkatkan ekonomi Indonesia.

Selain belajar tentang menciptakan suatu produk yang baik, ada baiknya juga setiap mahasiswa mempelajari tentang keuangan dalam menjalankan wirausaha. Karena, uang adalah suatu hasil yang konkret atas keberhasilan suatu bisnis bagi wirausahawan.

Terlebih lagi, mahasiswa yang sudah menjadi wirausahawan melalui jalur PKM kewirausahaan kemungkinan besar akan sangat membutuhkan aplikasi bisnis mumpuni, walaupun bukan berasal dari mahasiswa bisnis manajemen atau ekonomi. Nah, salah satu aplikasi bisnis yang mumpuni dan banyak direkomendasikan adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi buatan anak bangsa yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website. Aplikasi ini juga sudah dibekali dengan sistem keamanan yang tinggi. Sehingga, Anda bisa mengakses aplikasi ini secara online dan data Anda akan tersimpan dengan aman.

Aplikasi ini sudah dipercaya oleh lebih ratusan ribu pebisnis di Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis berskala besar.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda sebagai pebisnis bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan karena aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengatur persediaan barang, menyelesaikan kewajiban perpajakan usaha, dan lain sebagainya. Sehingga, operasional bisnis Anda bisa berjalan lebih efisien dan Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Bahkan, aplikasi ini juga bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 200 ribuan rupiah saja perbulannya.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa membuktikan sendiri kelebihan dan seluruh fitur luar biasa di dalamnya dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.