Strategic Alliance Adalah: Pengertian dan Cara Menerapkannya

Seiring dengan majunya perkembangan zaman dan juga ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, maka setiap pebisnis dituntut harus bisa melakukan inovasi dalam menjalankan operasional bisnisnya. Nah, strategic alliance adalah salah satu strategi yang bisa membantu bisnis agar bisa terus eksis dan berkembang.

Dengan menggunakan strategi ini, maka perusahaan bisa mengatasi beberapa kendala dalam bisnisnya, sehingga bisnis pun bisa dijalankan dengan lebih lancar dan mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Lalu, apa itu strategic alliance? Bagaimana cara menerapkannya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang strategic alliance di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Strategic Alliance

Pengertian dasar dari strategic alliance adalah suatu hubungan antar beberapa kelompok yang mempunyai tujuan sama dan melibatkan beberapa bidang bisnis lainnya. Dalam hal ini, pihak yang melakukan kegiatan aliansi tidak menjadi kompetitor secara langsung walaupun memang memiliki produk yang sama dan target pasar yang sama.

Strategi aliansi ini bisa dilakukan oleh perusahaan besar ataupun perusahaan UMKM. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini banyak sekali UMKM yang terkena dampak dan harus menjalin aliansi antar sesama UMKM.

Dengan melakukan aliansi ini, maka setiap UMKM diharapkan bisa lebih siap dalam menghadapi era normal yang baru, sehingga mampu melewati masa krisis seperti saat ini.

Dengan melakukan strategic alliance, maka perusahaan yang terlibat di dalamnya bisa mengharapkan adanya keuntungan yang lebih banyak dan juga meningkatkan brand awareness perusahaannya.

Selain itu, mereka juga berharap bahwa perusahaan yang terlibat langsung di dalam ruang lingkup aliansi ini bisa saling membantu dengan menerapkan sumber daya yang dimiliki oleh setiap perusahaan.

Aliansi ini bisa mencakup kerjasama strategi pemasaran yang lebih efektif, menghemat biaya produksi, mengembangkan produk yang lebih menarik, dan lain sebagainya.

Berbagai kekurangan dan kelebihan di dalam strategic alliance adalah bagian yang harus dianalisa bersama oleh pihak manajemen perusahaan sebelum melakukan aliansi bisnis dengan perusahaan lain.

Baca juga: Perbedaan E-business dan E-commerce yang Harus Anda ketahui

Manfaat Aliansi Strategis Bisnis dan Cara Menerapkannya

Beberapa manfaat dan cara melakukan strategic alliance adalah sebagai berikut:

1. Sumber Daya Jadi Tercukupi

Sumber daya dari suatu perusahaan akan bisa lebih tercukupi bila melakukan aliansi dengan beberapa perusahaan lainnya, sehingga perusahaan yang melakukan aliansi bisa berjalan dan juga berkembang secara lebih baik.

Contoh sederhana dari penerapan strategic alliance adalah dua perusahaan makanan yang saling berkolaborasi dalam strategi pemasaran dan membuat produk baru yang menggabungkan kedua brand, seperti Indomie rasa Chitato.

2. Saling Berbagi Ilmu dan Pengetahuan dengan Perusahaan Lain

Dengan melakukan strategic alliance, maka perusahaan yang terlibat di dalamnya bisa saling berbagi pengetahuan dan ilmu. Meningkatnya pengetahuan dan ilmu ini akan membuat daya sain dari setiap perusahaan meningkat.

Berbagai hal yang bisa dibagikan antara lain adalah cara dalam menentukan segmen pasar yang tepat, pengetahuan terkait bahan baku, mencari solusi di dalam produksi atau pembuatan produk, strategi branding yang efektif, serta cara menangani keluhan dari pelanggan dengan tepat.

3. Bisa Membuat Pemilik Bisnis Lebih Fokus

Aliansi strategis juga akan membuat setiap pebisnis menjadi lebih fokus dalam menjalankan usahanya. Beragam kekhawatiran terkait berbagai hal yang tidak dikuasai akan menghilang atau berkurang dan bisa lebih konsentrasi dalam memaksimalkan kelebihan bisnisnya.

Contoh penerapannya dalam hal ini adalah rumah makan yang ingin mengubah strategi pemasarannya dari yang awalnya konvensional menjadi online bisa menjalin aliansi dengan rumah makan lainnya yang sudah lebih dulu berhasil dalam dunia pemasaran online.

Dalam hal ini, rumah makan tersebut bisa lebih fokus dalam menyediakan menu andalan dan pelayannya, sedangkan strategi pemasaran secara online bisa diatur oleh aliansinya.

Baca juga: Bekraf: Ini Berbagai Hal yang Harus Pebisnis Ketahui Tentangnya

4 Tipe Aliansi Strategis

Terdapat empat jenis strategic alliance. Nah, keempat jenis strategic alliance adalah sebagai berikut:

1. Joint Venture

Jenis pertama dari strategic alliance adalah joint venture. Strategic alliance ini dilakukan dengan dua atau lebih perusahaan secara legal dan mandiri. Setiap perusahaan yang terlibat di dalamnya akan membagikan sumber daya dan keahliannya masing-masing agar bisa digabungkan dan bisa meningkatkan daya saing mereka.

2. Equity Strategic Alliance

Equity strategic alliance adalah aliansi yang dilakukan dua atau lebih perusahaan yang mempunyai tingkat persentase kepemilikan yang berbeda yang dibentuk bersama-sama, tapi dengan menggabungkan sumber daya dan juga kemampuan untuk mengembangkan keunggulan bersaingnya.

3. Nonequity Strategic Alliance

Nonequity strategic alliance adalah aliansi yang dilakukan oleh dua atau lebih perusahaan yang mempunyai hubungan kontraktual agar bisa menggunakan sebagian dari sumber daya dan kemampuan unik agar bisa mengembangkan keunggulan bersaing perusahaan.

4. Global Strategic Alliances

Global strategic alliances adalah salah satu jenis strategic alliance yang di dalamnya terdapat suatu kerjasama secara partnership dengan dua atau lebih perusahaan. Aliansi ini dilakukan dengan perusahaan lintas negara dan lintas industri.

Baca juga: Tahapan Membuat Bisnis Plan Makanan dan Contohnya

Penutup

Untuk Anda yang ingin mengembangkan dan memperbesar usaha Anda, Anda bisa menjalankan strategic alliance ini. Selain menjalankan berbagai strategi yang tepat, sebagai pebisnis Anda juga harus bisa membuat laporan keuangan dengan baik tanpa ada sedikitpun kesalahan.

Nah, untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan yang tepat dan cepat, Anda bisa menggunakan aplikasi bsinis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Terlebih lagi di dalamnya juga sudah tersedia fitur bisnis yang lengkap yang akan membuat bisnis Anda berjalan lebih efektif dan efisien.

Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.