Tantangan dalam Bisnis di Era Digital yang Harus Diketahui Pebisnis

Berkembangnya era digital secara pesat seperti saat ini memberikan banyak sekali peluang serta tantangan dalam bisnis yang harus dihadapi. Salah satu faktor penyebabnya adalah semakin bebas dan juga cepatnya informasi yang beredar pada saat ini.

Era digital diklaim sebagai suatu era yang mana perusahaan bisa memaksimalkan penggunaan berbagai alat digital untuk kepentingan pihak perusahaan. Kehadiran teknologi ini juga turut memberikan dampak pada permintaan konsumen yang lebih bervariasi dan menyebabkan tantangan dalam bisnis.

Salah satu contoh sederhananya adalah e-commerce yang saat ini mulai dikenal oleh masyarakat, maka jangan heran juga banyak yang beralih penjualan melalui metode online. Berjualan secara online memang menjadi satu pilihan yang tepat di era digital seperti saat ini.

Untuk itu, tidak bisa dipungkiri bahwa tantangan dalam bisnis di era digital pada saat ini menjadi suatu hal yang harus Anda hadapi dengan baik. Tapi bagi Anda yang serius menjalankan bisnis di dalam dunia digital, maka 10 tantangan dalam bisnis ini harus Anda ketahui dengan baik.

10 Tantangan Dalam Bisnis di Era Digital

1. Perkembangan Teknologi

Salah satu tantangan dalam bisnis di era digital adalah Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan teknologi yang saat ini terus mengalami perkembangan.

Sebagai seorang pemimpin, Anda pun harus mempunyai karakter yang mau terus belajar agar bisa mengikuti perkembangan teknologi, sehingga bisa membawa bisnis dan bisa semakin maju dari bisnis yang lainnya.

Kedengarannya memang akan sangat menguras waktu dan tenaga, namun jika Anda berhasil, maka akan sangat mudah bagi Anda dalam menjalankan bisnis. Karena, teknologi pun bisa mempermudah berbagai kegiatan dan pekerjaan manusia.

2. Semakin Banyak Kompetitor

Tantangan dalam bisnis selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah kompetitor yang semakin banyak. Canggihnya teknologi tentu sudah bisa diintegrasikan dalam saluran bisnis, sehingga tidak akan ada ruang dan waktu untuk bisa melakukannya.

Nah, hal ini sebenarnya membuka kesempatan yang besar bagi Anda untuk bisa melakukan kerja sama dengan beragam bisnis lain di seluruh penjuru dunia.

Tapi jika bisnis Anda tidak disertai dengan berbagai ide kreatif yang baru, maka bisnis Anda tidak akan bisa bertahan lama di pasar. Oleh karena itu, diperlukan suatu hal yang unik dan belum pernah ditemukan sebelumnya agar bisa menarik perhatian konsumen lain.

Baca juga: Apa itu Ticketing? Ini Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya!

3. Semua Serba Cepat

Masyarakat yang hidup di era digital tentunya sangat ingin berbagai hal yang serba praktis dan cepat. Caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi di dalam bisnis. Bila sebagai pebisnis Anda tidak bisa menandingi kecepatan bisnis digital yang lainnya, maka Anda akan kalah di dalam persaingan bisnis.

4. Berubahnya Pola Masyarakat

Perubahan yang terjadi pada masyarakat saat ini menjadi tantangan tersendiri untuk para pebisnis. Contohnya, saat ini masyarakat menjadi mudah sekali untuk merasa bosan dalam satu hal dan memiliki keinginan yang cukup kompleks.

Selain itu, masyarakat saat ini juga sudah lebih pintar dalam memilih produk yang sesuai dan tidak sesuai dengan mereka. Tentunya hal ini menjadi tantangan dalam bisnis agar bisa lebih sering dalam melakukan inovasi dalam menciptakan produk barang dan layanan jasa.

5. Sumber Daya Manusia

Pihak yang harus mengikuti perkembangan tantangan dalam bisnis di era digital saat ini bukan hanya Anda saja sebagai pebisnis. Karyawan Anda pun harus bisa mengikutinya.

Umumnya, setiap pebisnis lebih fokus mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini dan melupakan kualitas setiap karyawannya. Nah, jangan sampai biaya yang telah Anda keluarkan untuk melakukan pembaharuan teknologi menjadi tidak maksimal karena karyawan tidak bisa mengikutinya.

Untuk itu, sebagai pebisnis Anda harus bisa memberikan pelatihan tambahan pada setiap karyawan secara berkala agar bisa menyesuaikan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

6. Memasarkan Produk Menggunakan Teknologi

Dengan semakin pesatnya perubahan yang terjadi pada bidang teknologi, semakin banyak juga pebisnis yang mencoba mengikuti arus perkembangannya serta menerapkannya ke dalam bisnis, salah satunya adalah dengan memasarkan produk menggunakan bantuan teknologi.

Seperti yang kita ketahui bersama, sebelumnya setiap pebisnis harus melakukan pemasaran produk dengan cara turun langsung ke lapangan dan menawarkan kepada setiap pelanggan.

Tapi, saat ini kegiatan tersebut bisa dilakukan secara lebih mudah dengan menggunakan marketplace online, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. Anda pun mempunyai tantangan bisnis dalam menarik minat konsumen untuk terus berbelanja ke toko Online Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuat konsumen untuk bisa lebih mudah dalam menemukan produk yang mereka inginkan di dalam toko Anda. Oleh karenanya, Anda pun harus bisa lebih pandai dalam memilih dan menjual produk yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

Baca juga: Perbedaan Merger dan Akuisisi yang Harus Anda Ketahui

7. Hilangnya Jati Diri Sebuah Perusahaan

Untuk para pebisnis yang memasukkan produk atau jasa bisnisnya ke dunia digital, terkadang mereka terlalu cepat dalam melakukan inovasi baru daripada memperhatikan dan mengembangkan strategi pemasaran serta kemasan produk.

Hal tersebut membuat bisnis yang pada mulanya telah berkembang, menjadi kehilangan jati dirinya. Untuk itu, setiap pelaku bisnis harus lebih waspada dalam mengambil suatu keputusan.

8. Arus Informasi

Tantangan dalam bisnis yang harus Anda perhatikan adalah derasnya arus informasi saat ini. Jika Anda tidak bisa memanfaatkan situasi ini, maka hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk untuk bisnis Anda.

Tapi jika Anda bisa memanfaatkanya untuk mengembangkan bisnis melalui saluran informasi yang ada saat ini, maka omset yang bisa Anda dapatkan bisa berkembang.

9. Minimnya Inovasi

Bila Anda tidak mempunyai banyak inovasi dalam mengembangkan bisnis, maka perusahaan Anda akan berjalan di tempat karena tidak bisa mengembangkan bisnis secara baik.

10. Zero Surveillance

Berkembanganya teknologi yang cepat seperti saat ini akan memudahkan business untuk dilakukan dan dikontrak dari jarak yang cukup jauh dengan menggunakan email, website, dan lain sebagainya.

Tapi, tantangan dalam bisnis yang sering terjadi dengan memanfaatkan komunikasi jarak jauh adalah hilangnya sosok pemimpin atau yang dikenal dengan zero surveillance. Dimana pebisnis melakukan berbagai komunikasi dengan karyawannya melalui berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis.

Di sisi lain, karyawan memerlukan keakraban dengan pemimpinnya untuk menjalin komunikasi yang baik dan bisa menambah semangat dalam bekerja.

Kehadiran konsep zero surveillance ini bisa Anda jadikan dalam mengembankan bisnis. Karyawan akan lebih bebas dalam menerapkan kreativitas mereka dan semua unit karyawan bisa lebih produktif lagi.

Baca juga: Tahapan Evaluasi dalam Bisnis yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Penutup

Secara umum, perkembangan yang terjadi dalam bidang teknologi ini memberikan dampak yang besar pada proses pembukuan dan pencatatan keuangan di dalam bisnis.

Dengan perkembangan teknologi dan bisnis, maka pembukuan tidak lagi tentang mencatat transaksi dan juga mencari laba rugi saja. Pembukuan dan akuntansi di dalam bisnis juga sudah berkembang menjadi data kesehatan suatu bisnis, suatu indikator yang menjadi indikasi baik ataupun tidaknya bisnis.

Dengan melakukan pembukuan yang baik, maka perkembangan bisnis bisa dibuat semakin cepat. Nah, untuk mempermudah seluruh hal tersebut, maka Anda memerlukan sistem pembukuan yang aman, mudah, cepat dan tepat serta bisa memfasilitasi seluruh kebutuhan bisnis. Solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis berbasis website yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan bahkan sudah berhasil memperoleh penghargaan TOP Brand Award sejak tahun 2016.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi yang terjadi dalam bisnis bisa dilakukan secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya. Seluruh data tersebut bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja secara aman, mudah dan praktis.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur luar biasa lainnya yang akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang digudang, menyelesaikan urusan perpajakan bisnis, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan hanya mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu 200 ribuan rupiah saja per bulan. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.