Tips Membangun Bisnis Minimarket yang Sukses dan Menguntungkan

Bisnis minimarket atau toko serba ada paling baik digambarkan sebagai toko yang menydiakan apapun, all-in-one, atau grab and go. Semua ini menonjolkan atribut utamanya, yaitu kenyamanan.

Mencakup sedikit dari segalanya, minimarket adalah bisnis hibrida. Ini mungkin termasuk toko kelontong, toko di SPBU, toko di rest area dan banyak lagi.

Industri minimarket semakin bertumbuh akhir-akhir ini dengan semakin menjamurnya toko minimarket di setiap daerah. Selain memberikan kenyamanan dalam berbelanja, ada berapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis minimarket atau toko klontong yang sukses, berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan

Tujuan utama sebuah bisnis minimarket adalah untuk memberi pelanggan apa yang paling mereka inginkan – lebih banyak dari waktu mereka. Dengan menawarkan berbagai layanan dan produk di bawah satu atap, minimarket melakukan hal itu. Dalam masyarakat kita yang serba cepat, konsumen bersedia membayar banyak uang untuk beberapa menit tambahan.

Karena kenyamanan adalah nama permainannya, lokasi sangat penting. Salah satu keuntungan utama yang dinikmati dari minimarket yang memiliki tempat strategis adalah peluang untuk sukses berkelanjutan dan melayani berbagai jenis pelanggan.

Para pekerja kerah biru dan pekerja kantoran dan generasi Milenial masing-masing dapat menemukan nilai dalam berbelanja di minimarket — permintaan untuk belanja cepat dan mudah bersifat universal.

Karena itu, Anda perlu menyadari bahwa lokasi akan memengaruhi kesuksesan Anda. Penting untuk terlihat dan dapat diakses. Anda sebaiknya membuat keputusan yang tepat tentang lokasi Anda dalam hal jumlah pejalan kaki yang akan Anda tarik.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Minuman Kekinian dan Unik yang Bisa Anda Coba 

2. Jadilah ahli tentang apa yang Anda jual

Jika Anda adalah penyedia “all-in-one”, penting untuk memahami bahwa Anda dihadapkan pada sejumlah besar pesaing langsung dan tidak langsung. Minimarket atau warung kelontong di dekat lokasi Anda adalah pesaing langsung dan toko khusus, seperti toko grosir dan lainnya, adalah pesaing tidak langsung Anda.

Ingatlah bahwa mereka semua berjuang untuk sepotong kue yang sama. Pastikan Anda dapat memberikan pengalaman yang efisien dan layanan pelanggan yang unggul, baik dalam layanan gas dan harga atau pilihan makanan siap pakai Anda.

Ini sangat terkait dengan pentingnya investasi modal. Anda perlu memiliki dana yang sesuai untuk memulai dan mendukung semua inisiatif untuk layanan dan produk yang ingin Anda tawarkan. Pada akhirnya, lebih baik tidak menawarkan layanan sama sekali daripada menawarkan layanan namun Anda menjalankannya dengan buruk dan tidak mengetahui secara mendalam produk tersebut.

Baca juga: Technopreneur: Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Cara Menjadi Technopreneur

3. Anda harus berjalan sebelum Anda bisa berlari

Jika Anda memasuki bisnis minimarket, jangan membuat kesalahan dengan mengeluarkan terlalu banyak uang. Mencoba menjadi segalanya bagi semua orang itu tidak mungkin. Ketahui batasan Anda, selalu lakukan pengujian dan jika ada, bangun toko dan penawaran Anda sedikit demi sedikit.

Setelah Anda menentukan siapa pelanggan utama Anda nantinya, Anda akan tahu produk dan layanan apa yang harus Anda tawarkan. Pelanggan mungkin memiliki gagasan berbeda tentang arti kenyamanan bagi mereka dan Anda harus memiliki penawaran yang sesuai untuk setiap pelanggan yang berbeda.

Baca juga: Bisnis Manufaktur: Pengertian, Jenis, Proses dan Contohnya

4. Buat kerjasama yang baik dengan pemasok Anda

Pemasok Anda adalah klien penting bagi Anda. Anda tidak hanya bergantung pada produk mereka, tetapi juga pada dukungan mereka. Dukung upaya dan aset pemasaran mereka karena pada kenyataannya kesuksesan Anda adalah kesuksesan mereka.

Mintalah materi di dalam toko, kemungkinan promosi atau inisiatif hubungan masyarakat apa pun yang dapat Anda dukung. Pelanggan yang mengaitkan Anda dengan merek yang sudah mereka kenal dan percayai akan membangun kredibilitas Anda sendiri.

Ini juga akan meningkatkan hubungan Anda dengan pemasok, membuat hubungan kerjasaman Anda lancar dan menguntungkan, pada akhirnya ini akan menciptakan hubungan mutualisme antara Anda dan pemasok Anda.

Baca juga: Tertarik Menjadi Bisnis Konsultan? Berikut Adalah Tips dan Contohnya

bisnis minimarket 2

5. Perhatikan proses pembelian konsumen untuk keuntungan Anda

Sebuah bisnis minimarket dirancang untuk menawarkan kebebasan kepada pelanggan untuk melakukan proses keputusan pembelian dengan cepat dan di satu tempat.

Ini adalah keuntungan besar bagi pemilik bisnis. Pelanggan akan dapat mencari informasi, mengevaluasi alternatif, membuat keputusan, dan benar-benar membeli semuanya dalam waktu rata-rata tiga hingga empat menit mereka berada di toko Anda.

Anda bahkan mungkin dapat memulai langkah pertama dalam proses tersebut: pengenalan masalah. 45% pelanggan yang pergi membeli roti akhirnya membeli mentega atau selai, dan 36% orang pergi ke toko untuk membeli makanan. Manfaatkan pembelian di menit-menit terakhir ini dengan menawarkan berbagai item yang mereka butuhkan dalam jangkauan tangan.

Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual Sebuah Produk atau Layanan

6. Selalu ikuti tren

Sifat utama minimarket yang baik adalah memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda. Anda tidak hanya harus menawarkan kepada mereka manfaat waktu dan kesederhanaan yang tidak berwujud, tetapi juga manfaat yang berwujud.

Waspadai perubahan gaya hidup dan tren baru yang mereka ikuti. Misalnya, akibat pandemi saat ini, orang lebih sadar kesehatan daripada sebelumnya. Kerjakan ini ke dalam bisnis Anda dengan memperkenalkan merek sehat atau menawarkan pilihan makanan sehat siap saji, bukan hanya hot dog dan burger, misalnya.

7. Gunakan teknologi untuk memudahkan bisnis Anda

Semakin maju zaman, semakin banyak kebutuhan bisnis yang bisa dimudahkan dengan bantuan teknologi. Misalnya menggunakan aplikasi kasir dan juga software akuntansi untuk mencatat transaksi dan memantau kesehatan finansial bisnis Anda.

Jika zaman dahulu Anda mencatat transaksi dan melakukan pembukuan secara manual, saat ini teknologi telah membuatnya lebih mudah dan lebih baik.

Menggunakan aplikasi kasir atau POS yang baik dan enyertakan program loyalitas sangat penting. Ini membantu Anda melacak produk mana yang paling banyak terjual. Kemudian Anda dapat menawarkan promo yang menargetkan pembeli rutin agar mereka terus kembali ke toko Anda.

Contohnya adalah membagikan kupon berdasarkan produk populer yang dijual. Itu juga bisa menyarankan barang diskon terkait lainnya khusus untuk pelanggan tetap.

Anda juga diharuskan menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang dibutuhkan minimarket Anda, dan kalau bisa terintegrasi dengan sistem kasir Anda sehingga seluruh data penjualan dapat diproses secara otomatis menjadi data finansial yang faktual dan sesuai dalam bisnis. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda pilih adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pencatatan pembukuan, manajemen stok dan aset, rekonsiliasi transaksi otomatis, multi gudang dan cabang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan integrasi dengan aplikasi yang bisnis Anda butuhkan seperti aplikasi POS, marketplace, aplikasi sales dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba secara gratis melalui tautan pada gambar di akhir artikel ini.

Baca juga: Cara Berjualan Online Untuk Pemula yang Bisa Anda Coba

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan tip yang diuraikan dalam artikel ini dan dengan rajin meneliti minimarket yang sukses di lingkungan disekitar Anda, Anda bisa menuju masa depan yang sukses sebagai pemilik bisnis minimarket.

Pastikan juga minimarket Andamenonjol dari para pesaingnya. Lakukan proses pemasaran yang tepat, pastikan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dan selalu mengikuti tren yang terjadi.

Anda juga harus menggunakan tools atau alat yang tepat untuk memudahkan operasional minimarket Anda, diantaranya aplikasi kasir dan software akuntansi seperti Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 1

.