Tips Membangun Bisnis Rental Mobil yang Menguntungkan

Memiliki usaha yang berhubungan dengan sektor transportasi cukup menguntungkan asal dikelola dengan baik. Apalagi jika usaha yang Anda pilih berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan transportasi masyarakat. Salah satu usaha yang memiliki banyak peminat adalah bisnis rental mobil. Jika Anda ingin membangun usaha rental mobil, simak beberapa tips ini agar usaha Anda menghasilkan keuntungan.

Pengertian Bisnis Rental Mobil

Bisnis rental mobil merupakan bisnis yang menyediakan layanan penyewaan mobil, baik dengan cara sewa harian maupun kontrak. Usaha rental mobil bisa termasuk dengan sopir atau lepas kunci. Bisnis ini memberikan pelayanan bagi masyarakat atau perusahaan yang tidak memiliki kendaraan operasional.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Retail? Baca ini sebelum Memulainya

Tips Membangun Bisnis Rental Mobil

Bob Sadino, seorang pebisnis sukses, pernah mengatakan bahwa bisnis yang bagus adalah bisnis yang dimulai. Untuk memulai bisnis rental mobil yang menguntungkan, coba ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Tentukan prospek dan target pasar

Tips pertama yang mesti Anda coba dalam melakukan usaha rental mobil adalah menentukan prospek dan target pasar. Pastikan Anda tahu siapa target pasar dan berapa banyak orang yang membutuhkan layanan Anda.

Kelompokkan dan tetapkan target pasar yang dituju agar strategi pemasaran bisa ditentukan. Akan tetapi, jika persaingan di sekitar lokasi belum terlalu banyak, semua pihak bisa menjadi prospek dan target pasar.

2. Memilih lokasi usaha

Lokasi usaha memiliki peran yang penting agar usaha rental mobil Anda berhasil. Lokasi yang tepat dan strategis akan membuat usaha mudah dikenali dan dilewati banyak orang. Pastikan juga lokasi usaha Anda memiliki akses yang mudah dijangkau oleh konsumen yang membutuhkan layanan rental mobil.

Baca juga : Berencana Mendirikan Bisnis? Bisnis Kue Kering bisa Menjadi Pilihan

3. Melakukan promosi

Semua jenis bisnis membutuhkan promosi. Efektivitas dan frekuensi promosi akan berpengaruh pada besarnya customer menggunakan produk atau layanan suatu bisnis. Hal ini juga berlaku pada bisnis rental mobil. Promosi yang intensif dan efektif akan memperluas pangsa pasar dan membuat bisnis Anda dikenali banyak orang.

Untuk melakukan promosi, Anda bisa membagikan brosur atau voucer. Sedangkan promosi secara online, Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial untuk memasarkan usaha Anda.

4. Menentukan harga

Tips berikutnya yang bisa Anda ikuti adalah menentukan harga sewa mobil. Anda tidak bisa menentukan harga sewa semaunya karena hal ini bisa mempengaruhi besarnya permintaan penggunaan jasa sewa mobil.

Oleh karena itu, sesuaikan harga sewa mobil dengan pangsa pasar. Lakukan riset dan survei untuk menentukan harga sewa masing-masing mobil. Berikan fasilitas berupa voucer potongan harga atau kartu anggota sebagai strategi penawaran.

Baca juga : 9 Tips Membangun Bisnis Rumah Makan yang Sukses & Menguntungkan

5. Menjalin relasi bisnis

Jika Anda ingin bisnis rental mobil menguntungkan coba menjalin hubungan baik dengan investor, konsumen, dan masyarakat sekitar. Semakin baik hubungan Anda dengan berbagai pihak, peluang kesuksesan terhadap bisnis Anda akan terbuka.

Cara mudah untuk membangun relasi adalah dengan bergabung di komunitas dan asosiasi usaha rental mobil di wilayah Anda. Tujuannya adalah agar Anda dapat memperoleh informasi penting serta berbagi pengalaman antar sesama pemilik bisnis. Jangan lupa untuk berhubungan baik dengan masyarakat sekitar. Caranya adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan masyarakat.

6. Catat Setiap Pengeluaran Secara Teliti

Bisnis rental mobil adalah bisnis yang memiliki pengeluaran rutin setiap bulannya seperti servis kendaraan, ganti ban, dan hal teknis lainnya. Yang perlu juga Anda tahu, setiap mobil yang Anda sewakan adalah aset Anda, dan Anda harus menghitung biaya penyusutan secara terperinci agar nantinya saat Anda menjual kembali mobil-mobil tersebut Anda bisa menilai semua aset Anda secara wajar.

Untuk memudahkan itu semua, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur penghitungan aset sekaligus pencatatan pengeluaran rutin seperti Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda bisa memantau pembukuan dan pencatatan transaksi dimanapun dan kapanpun.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis rental mobil berhubungan dengan penyediaan layanan penyewaan mobil, baik dengan cara sewa harian maupun kontrak, dengan fasilitas sopir atau lepas kunci. Usaha rental mobil ini bisa menguntungkan asal Anda paham dan tahu cara memulai bisnisnya. Coba terapkan tips-tips di atas agar usaha Anda dapat berjalan dengan baik.

Baca juga : Mengetahui Tips Membangun Bisnis Mainan Anak untuk Pemula

Lakukan juga pembukuan secara terperinci dan menyeluruh untuk pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Bergabunglah bersama 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dalam kemudahan pembukuan bisnis Anda bersama Accurate Online, Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.