Tertarik Membangun Usaha Laundry Sepatu? Perhatikan 11 Hal Ini

Salah satu faktor keberhasilan dalam memulai dan menjalankan usaha adalah menentukan ide bisnis yang akan di eksekusi.  Sayangnya, banyak pebisnis atau pengusaha pemula yang sudah mentok sejak awal di masalah yang satu ini. Nah Bagi yang masih kebingungan untuk mencari ide bisnis apa yang bisa dieksekusi, ada salah satu usaha yang mungkin saat ini masih belum banyak dilirik oleh banyak orang. Apa itu? Usaha laundry sepatu.

Ya, sampai dengan saat ini usaha laundry sepatu ini belum terlalu begitu banyak yang menjalankannya. Selain itu juga, untuk memulainya juga bisa dikatakan tidak terlalu rumit. Walaupun begitu, setidaknya ada 11 hal yang tetap harus diperhatikan jika memang akan memutuskan untuk menggeluti usaha cuci sepatu ini. 

1. Lihat Terlebih Dahulu Bagaimana Prospeknya

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan memulai sebuah usaha adalah melihat dulu prospeknya. Hal ini berlaku saat akan memulai bisnis apapun, termasuk bisnis cuci sepatu ini. Dengan mengetahui prospek kedepannya seperti apa, maka para pengusaha pemula akan dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan disiapkan agar bisnis ini bisa berhasil.

Tahap ini mungkin membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan pada tahap ini akan memerlukan analisis yang cukup matang supaya yakin dengan bisnis yang akan dibukanya. Jika dirasa prospek kedepannya menjanjikan, maka coba lanjutkan ke poin berikutnya.

Baca juga: Ingin Membuka Warung Kopi yang Sukses? Perhatikan 10 Hal Ini

2. Carilah Target Market yang Tepat

Poin kedua setelah melihat bagaimana prospek kedepannya yaitu menetapkan target market yang akan di bidik. Sebagaimana diketahui bahwa sepatu merupakan barang yang hampir setiap orang memilikinya. Walaupun begitu, jika target market yang akan ditentukan adalah semua pemilik sepatu hal tersebut tentunya terlalu luas.

Sejak awal harus diputuskan kira-kira bisnis laundry sepatu ini difokuskan untuk siapa? Untuk anak sekolah atau kuliahan kah? Atau untuk mereka yang memiliki sepatu branded? Hal ini penting dilakukan sejak awal karena akan mempengaruhi pada hal-hal yang lainnya.

Baca juga: Surat Izin Usaha Perdagangan: Pengertian dan Cara Membuatnya

3. Susunlah Strategi Marketing yang Efektif

Nah setelah mengetahui target market yang akan bidik, selanjutnya adalah menentukan strategi marketing yang tepat. Banyak sekali pilihan promosi dan marketing yang bisa dilakukan. Hanya saja hal ini juga butuh pertimbangan yang cukup matang. Mengapa? Sebab strategi marketing yang cocok untuk satu bisnis belum tentu cocok untuk bisnis yang lainnya.

Jadi jika ingin membuka bisnis yang satu ini harus paham dulu kira-kira strategi marketing seperti apa yang nantinya akan digunakan? Penentuan strategi marketing ini akan sangat erat kaitannya dengan target market yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya jika target market nya adalah anak kuliahan, maka salah satu strategi yang bisa dipilih yaitu melalui online marketing.

4. Siapkan Budget dan Modal yang Dibutuhkan

Setiap bisnis yang akan dibuka tentu saja membutuhkan modal awal yang harus dikeluarkan, baik itu kecil ataupun besar. Nah tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu memperkirakan atau mengestimasikan jumlah modal yang dibutuhkan untuk bisa memulai bisnis laundry sepatu ini.

Cobalah lakukan perhitungan secara rinci mulai dari alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan, biaya promosi, biaya sewa tempat dan lain sebagainya. Setelah semuanya diperhitungkan nanti akan keluar angka yang mana itulah jumlah modal yang harus disiapkan.

Jika memang uangnya ada, maka bisa segera dimulai. Namun jika masih kurang, ada baiknya Anda melihat peluang di sekitar Anda seperti mencari pinjaman lunak atau dari orang terdekat Anda.

Baca juga: 7 Tips Dalam Memaksimalkan Proses Penilaian Kinerja Bisnis Anda

5. Siapkan Ilmu yang Memadai Tentang Teknik Merawat Sepatu

Kemudian hal selanjutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu mengenai ilmu atau teknik merawat sepatu itu sendiri. Bisnis yang satu ini tergolong ke dalam bisnis penyedia jasa. Oleh karena itu, kualitas pelayanan menjadi hal nomor satu yang akan menjadi penilaian para pelanggan.

Agar pelanggan tidak kecewa, tentu saja para pelaku di bisnis ini harus paham dan menguasai teknik merawat sepatu ini dengan benar. Dengan begitu maka para konsumen juga bisa menjadi pelanggan setia yang di suatu hari bisa balik lagi jika pelayanan yang diberikan memang memuaskan.

usaha laundry sepatu 2

6. Pilih Berbagai Alat dan dan Bahan yang Memang Direkomendasikan

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry sepatu tentu saja sangat berbeda dengan alat dan bahan yang dibutuhkan pada laundry pakaian. Jadi dalam pemilihan nya tidak harus hati-hati dan tidak boleh sembarangan.

Cobalah pilih alat dan bahan yang memang sudah banyak direkomendasikan. Kalaupun lebih mahal sedikit dari yang lainnya maka hal tersebut jangan jadi persoalan. Selama dengan hal itu bisa memberikan layanan prima dan memuaskan kepada konsumen, maka tidak ada salahnya untuk bisa dipenuhi.

Baca juga: Pengertian Bentuk Usaha Tetap, Jenis, dan Cakupan dalam Pajak

7. Jangan Lupa Tawarkan Point of Sales Untuk Menarik Pelanggan

Sebagian orang masih berpikir bahwa agar bisa bersaing dengan kompetitor dan laku di pasaran, maka sebuah bisnis harus ditawarkan dalam harga yang sangat murah. Sayangnya hal ini tidak sepenuhnya benar.

Daripada sibuk perang harga dengan kompetitor, akan lebih baik jika para pebisnis menawarkan point of sales. Cobalah berikan pelayanan lebih kepada konsumen yang akan membuat para konsumen lebih nyaman. Misalnya saja adalah pelayanan yang ramah, ada garansi, disediakan berbagai macam bonus, dan lain sebagainya.

8. Bangun Personal Branding di Media Sosial

Nah hal selanjutnya yang penting juga diperhatikan saat akan memulai usaha laundry sepatu ini yaitu membangun brand di media sosial. Sebagaimana diketahui bahwa hampir semua orang yang ada di penjuru bumi ini memiliki media sosial. Oleh karena itu bangunlah personal branding di sosial media agar banyak orang yang mengetahui tentang bisnis cuci sepatu yang akan dibuka tersebut.

Baca juga: Tertarik Membangun Bisnis Produk Herbal? Pelajari 11 Tips Berikut Ini

9. Ajaklah Teman Atau Ahli yang Sudah Ahli di Bidang Laundry Sepatu

Bagi yang masih ragu untuk memulai bisnis ini karena masih awam dan belum mempunyai banyak ilmu, maka seharusnya hal itu bukanlah menjadi kendala. Cobalah ajak teman atau ahli yang memang sudah paham dengan konsep bisnis yang satu ini.

Dengan begitu maka hal-hal yang berkaitan dengan teknis di lapangan tidak usah dikerjakan sendiri. Namun tentu saja dengan cara seperti itu harus ada hal-hal yang disepakati bersama. Entah itu konsep nya di gaji atau bagi hasil, yang pasti harus disepakati sejak awal.

10. Catat Pemasukan dan Pengeluaran dalam Bisnis

Dalam bisnis apapun, termasuk usaha laundry sepatu, tentu Anda harus melakukan pencatatan setiap transaksi yang terjadi. Dengan mencatat semua transaksi tentu akan memudahkan Anda untuk mengetahui setiap pos pengeluaran yang bisa dihemat dan pos pemasukan potensial yang bisa Anda improvisasi untuk membuat usaha Anda lebih menguntungkan.

Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis pada pembukuan juga akan memudahkan Anda untuk pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Proses pembukuan yang baik akan menghasilkan laporan keuangan yang faktual dan membuat bisnis Anda lebih dipercayai oleh investor, dan memudahkan Anda mengajukan pinjaman di Bank jika diperlukan

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Jika pada awal memulai bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan pembukuan manual, namun jika Anda tidak mengetahui ilmu akuntansi secara mendalam, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang mudah digunakan, memiliki fitur terbaik, dan dengan harga yang terjangkau.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

11. Bangun Kedekatan Dengan Pelanggan

Salah satu kunci dari sebuah bisnis yang sukses dan mampu bertahan lama yaitu karena pemilik perusahaan memiliki kedekatan dengan para pelanggan. Hal ini akan memberikan engagement yang tinggi sehingga para konsumen pun merasa nyaman menggunakan jasa cuci sepatu yang akan dibuka nantinya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangun hal ini seperti menyediakan minuman saat ada konsumen yang menunggu, menyapa para konsumen yang datang ke tempat cuci sepatu, menanyakan kabar jika sudah lama tidak mencuci sepatu, dan lain sebagainya.

Baca juga: 11 Tips Efektif Agar Bisnis Anda bisa Go Internasional


Itulah setidaknya 11 hal yang harus diperhatikan jika memang ingin serius untuk memulai usaha laundry sepatu. Saat kesepuluh hal yang sudah dijelaskan diatas sudah benar-benar disiapkan secara matang, maka tak usah menunggu waktu lebih lama lagi untuk segera eksekusi. Semakin cepat memulai, maka peluang untuk segera mendapat keuntungan pun tentunya akan semakin cepat juga.

Percayakan juga pencatatan pembukuan dan pengelolaan seluruh alur finansial, perpajakan, aset, dan stok Anda dengan Accurate Online, software akuntansi terbaik peraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini.

Coba gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan