Beberapa Usaha Rumahan Yang Lagi Tren dan Tips Mengembangkannya

Menjalankan usaha rumahan yang lagi tren bisa menjadi pekerjaan yang berat karena mengharuskan Anda untuk bersaing dengan banyak kompetitor. Tetapi ini juga menawarkan peluang untuk menghasilkan lebih banyak uang dan memiliki lebih banyak fleksibilitas.

Menurut FlexJobs, 3,9 juta orang Amerika bekerja dari rumah setidaknya separuh waktu. Terjadi peningkatan 115 persen yaitu dari 1,8 juta pada tahun 2005. Tertarik  untuk bergabung dengan barisan pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari rumah? Berikut beberapa peluang usaha rumahan yang menguntungkan dan terbukti banyak diminati di tahun 2020.

1. Usaha Katering atau Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak pernah mati. Selama masih ada orang yang butuh makan, lini bisnis ini akan selalu diminati. Itulah sebabnya semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai restoran sendiri dalam beberapa tahun terakhir.

Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia sangat menarik. Berbagai macam makanan dibuat untuk memenuhi selera para pecinta makanan. Tak hanya itu, banyak cara dilakukan agar makanan mereka tampil unik. Seperti menawarkan konsep makanan sehat hingga menghadirkan sederet menu yang namanya belum pernah Anda dengar.

Bisnis katering dan kuliner adalah salah satu jenis usaha rumahan yang lagi tren terutama saat teknologi yang semakin maju dan penggunaan media sosial semakin intens. Anda bisa memasarkan produk atau menu Anda melalui media sosial, sambil membuat makanan dari rumah Anda.

2. Jual Produk Online

Menjalankan bisnis online pasti memiliki daya tarik, tetapi juga memiliki tantangan tersendiri. Sebenarnya, memulai bisnis apa pun adalah kerja keras.

Pada kenyataannya, “online” hanyalah saluran yang menghubungkan bisnis dengan orang-orang. Ini adalah alat canggih yang memungkinkan Anda menjangkau siapa pun dari mana pun di dunia, sementara Anda tetap dirumah dan menghasilakan keuntungan.

Tetapi menciptakan bisnis online tetap tentang menghubungkan pelanggan yang tepat dengan penawaran yang tepat. Banyak orang telah membuat lompatan untuk membangun usaha online dari rumah. Dan dengan ide yang tepat dan kerja keras, Anda juga bisa.

Terlebih sudah banyak marketplace di Indonesia untuk Anda menjual produk tanpa harus bersusah payah dalam membangun toko online Anda sendiri.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengoptimalkan Pengeluaran Bisnis? Berikut Tipsnya

3. Laundry

Memulai usaha laundry atau binatu bisa menjadi pilihan bisnis yang Anda jalani, terutama pada era sekarang disaat banyak orang sudah memiliki kegiatan yang bertumpuk dan waktu yang terbatas sehingga tidak ada waktu untuk melakukan kegiatan mencuci pakaian dan merapikannya. Peluang keberhasilan pada bisnis ini sangat besar dikarenakan permintaan dari waktu ke waktu terus meningkat.

Anda bisa membuka jasa laundry kiloan dirumah untuk menghasilkan keuntungan bagi Anda. Untuk mengetahui tips membangun usaha laundry yang sukses, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

4. Coaching dan Mentoring

Coaching adalah industri yang sangat menggairahkan. Sebuah laporan oleh IBISWorld mengatakan coaching dan mentoring adalah industri senilai $ 1 miliar di AS dengan tingkat pertumbuhan tahunan yang diharapkan sebesar 3,6 persen. Permintaan melambat secara keseluruhan tetapi klien berpenghasilan tinggi masih menggerakkan industri ini ke depannya.

Ini adalah peluang bisnis rumahan yang bagus karena memungkinkan untuk pekerjaan jarak jauh — mentor dapat bertemu klien melalui telepo, aplikasi Skype atau Zoom.

Coaching juga merupakan bisnis yang serba guna karena ada banyak jenis pelatihan. Faktanya, memilih bidang spesialisasi yang diminati adalah kunci untuk berhasil sebagai mentor, seperti halnya memiliki reputasi yang baik dan menarik basis klien berpenghasilan tinggi.

Jenis coaching yang memiliki permintaan tingi antara lain:

  • Agile coach (aliran produktivitas dalam organisasi)
  • Pelatih bisnis kecil
  • Pelatih kepemimpinan
  • Pelatih kesadaran
  • Pelatih emosi
  • Pelatih Neuro-linguistic programming (NLP)
  • Pelatih makro (nutrisi)
  • Pelatih kesehatan
  • Pelatih kebugaran

Baca juga: Cara Membangun Bisnis yang Menguntungkan di Tengah Persaingan Ketat

5. Penulis Lepas

Usaha rumahan yang lagi tren selanjutnya adalah menjadi penulis lepas. Jika Anda memiliki bakat sebagai seorang penulis, Anda bisa menawarkan jasa Anda melalui situs atau komunitas freelance kepenulisan seperti sribulancer, fiverr atau sejenisnya.

Pastikan juga Anda memiliki portofolio untuk menunjang visibiltas profil Anda di jaringan tersebut. Nantinya ini juga akan menjadi nilai tambah yang dilihat klien sebelum bekerja sama dan membuat kesepakatan dengan Anda.

Semakin banyak portofolio, kemungkinan Anda mendapatkan nilai pembayaran yang tinggi semakin besar. Dan ini bagus untuk Anda.

usaha rumahan yang lagi tren 2

6. Pengembang Web dan Aplikasi

Pengembang perangkat lunak sedang populer di tahun 2020 — permintaan akan meningkat sebesar 24 persen hingga 2026. Pengembang aplikasi akan mengalami peningkatan tertinggi: 31 persen.

Permintaan untuk perangkat lunak dan aplikasi terus tumbuh dan dengan itu, kebutuhan pengembang untuk membuatnya.

Bidang pengembangan perangkat lunak yang paling banyak diminati meliputi:

  • Pengembangan aplikasi
  • Software asuransi kesehatan dan medis
  • Perangkat lunak untuk elektronik konsumen, seperti ponsel dan peralatan
  • Perangkat lunak keamanan

Catatan: banyak insinyur dan pengembang perangkat lunak memulai sebagai magang dan karyawan bergaji untuk mendapatkan pengalaman. Mereka kemudian pindah ke pekerjaan freelance. Jenis pekerjaan ini cocok untuk pekerjaan jarak jauh dan dapat dengan mudah dilakukan dari kenyamanan rumah Anda sendiri melalui internet.

Baca juga: Apa Itu Business Continuity Plan? Mari Ketahui Lebih Jauh!

7. Bisnis Konsultan

Konsultan menawarkan saran dan keahlian kepada individu, bisnis, dan organisasi untuk membantu mereka meningkatkan kehidupan, kinerja, struktur manajemen, dan lainnya. Layanan konsultasi dapat menjalankan keseluruhan dari konsultasi strategi dan nasihat keuangan hingga konsultasi pemasaran dan seterusnya.

Meskipun menjadi konsultan adalah kerja keras, itu adalah profesi yang memuaskan yang menghadirkan banyak peluang jaringan dan potensi penghasilan yang sangat besar. Baca artikel ini, untuk mengetahui lebih jauh tentang membangun bisnis konsultan yang baik.

8. Blogger atau Youtuber

Adsense! Ya ini merupakan salah satu penghasilan terbesar dari pembuat konten, bloger maupun youtuber. Anda bisa memulai membuat blog atau chanel Youtube Anda dirumah dan mengisinya dengan konten-konten menarik untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan otomatis meningkatkan nilai adsense Anda.

Pastikan juga Anda membuat konten yang tidak menyalahi aturan yang sudah ditentukan oleh Google dan ketentuan hukum yang belaku di Indonesia.

Sumber pemasukan lain bagi blogger dan youtuber selain adsense adalah paid promote, afiliasi, guest posting, atau endorsement dari perusahaan untuk mengiklannya produknya melalui medium yang Anda miliki.

Bisa dibilang, ini merupakan usaha rumahan yang lagi tren yang bisa Anda jalani dengan mudah jika Anda senang membuat konten yang menarik

Baca juga: Bisnis Jajanan Anak SD yang Menjanjikan, Lengkap dengan Idenya

9. Perencana Keuangan

Permintaan perencana keuangan diperkirakan akan tumbuh sebesar 15 persen hingga 2026. Ini sebagian dapat dikaitkan dengan populasi yang menua menuju masa pensiun dan ingin merencanakan keuangan mereka untuk masa depan.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, dua pertiga orang di dunia merasa sulit untuk mengelola pengeluaran mereka. Ditambah lagi, hanya 44 persen orang tanpa penasihat keuangan yang merasa yakin tentang cara membelanjakan dan menghemat uang mereka.

Kesempatan pasti ada bagi mereka yang paham finansial untuk membuka usaha rumahan sendiri. Untuk menjadi seorang perencana keuangan, Anda membutuhkan gelar sarjana, biasanya di bidang keuangan, ekonomi atau akuntansi. Perguruan tinggi juga mulai menyediakan program dalam perencanaan keuangan.

Anda mungkin juga membutuhkan sertifikasi untuk kredibilitas jasa yang Anda tawarkan dan dapat menarik lebih banyak klien.

10. Bisnis Kecantikan

Bisnis kosmetik tumbuh dengan pesat saat ini, terlebih dengan berkembangnya teknologi informasi dan banyaknya beauty influencer. Permintaan untuk semua jenis produk kosmetik terus meningkat dari waktu ke waktu dan berbagai jenis dan permintaannya untuk kosmetik premium berkembang di mana-mana termasuk kelas menengah dari negara-negara berkembang.

Industri kosmetik mencakup beragam bisnis seperti klinik anti-penuaan, aromaterapi, salon kecantikan, spa kecantikan, toko kosmetik, salon rambut, dan bahkan penata rias adalah bagian darinya. Jika Anda berencana untuk memulai bisnis kosmetik, ada ruang lingkup besar untuk pertumbuhan, asalkan Anda memulainya dengan rencana yang matang.

Menurut marketresearch.com, pasar kosmetik dunia diperkirakan telah menghasilkan pendapatan mendekati $ 62 miliar pada 2016. Pasar kosmetik global diperkirakan akan mengumpulkan $ 429,8 miliar pada tahun 2022.

Statistik tersebut dengan jelas mengungkapkan bahwa ada banyak peluang untuk Anda memulai bisnis ini. Ini juga menunjukkan bahwa jika Anda membuat usaha kosmetik dalam skala kecil saja, Anda akan dapat segera mulai menghasilkan untung. Untuk mengetahui lebih jauh tips dalam membangun bisnis kecantikan yang sukses, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Baca juga: Visual Merchandising: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Melakukannya

Bagaimana Saya Memulai Bisnis Rumahan yang Sukses?

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membangun bisnis rumahan yang sukses:

  • Pilih sebuah ide. Pastikan ide bisnis Anda memanfaatkan kekuatan Anda. Pilih target pasar, tetapkan harga Anda dan tulis rencana bisnis untuk mengamankan pendanaan seperti pinjaman bank, jika Anda membutuhkannya.
  • Legalisasikan bisnis Anda. Tentukan struktur hukum dan nama bisnis resmi. Periksa apakah Anda memerlukan lisensi dan undang-undang perpajakan yang berlaku untuk Anda.
  • Pelajari pembukuan. Mempekerjakan seorang akuntan mungkin akan sedikit menguras anggaran Anda. Pelajari dasar-dasar pembukuan dengan mengambil panduan cara kerja dari perpustakaan atau mengikuti kursus online dan gunakan software akuntansi yang mudah digunakan agar Anda bisa beradaptasi dengan cepat, salah satunya Accurate Online.
  • Pelajari pemasaran. Anda mungkin perlu mencetak kartu nama, mendapatkan desain logo, dan memulai situs web atau saluran media sosial.
  • Fokus pada pelanggan Anda. Kabar baik dari mulut ke mulut sangat penting. Pikirkan tentang mengembangkan program loyalitas pelanggan dan penawaran khusus iklan. Pikirkan tentang cara menyesuaikan produk atau layanan Anda untuk mendapatkan pelanggan dengan tepat apa yang mereka inginkan.
  • Bersikaplah kompetitif. Tingkatkan citra perusahaan Anda dengan bergabung dengan organisasi bisnis lokal, membangun jaringan, dan memberanikan diri untuk berbicara di acara atau pertemuan industri. Terus ikuti tren industri dan pantau kemajuan teknologi di bidang Anda.
  • Bersiaplah untuk hal yang tidak Anda duga. Ini berarti membeli asuransi, menyimpan cadangan keuangan dan data penting Anda, dan memantau arus kas Anda dengan cermat.
  • Bersiaplah untuk bertumbuh. Pertimbangkan untuk mendaftar ke inkubator bisnis dan cari produk atau layanan baru yang merupakan cabang alami dari apa yang sudah Anda tawarkan — kursus, buku, atau pelatihan. Dan teruskan dalam pengembangan rencana bisnis Anda.

accurate berhenti membuang waktu