10 Tips Membangun Warung Makan yang Sukses dan Menguntungkan

Memiliki hobi memasak sekaligus memuaskan banyak orang dengan masakan Anda? Mungkin Anda berbakat untuk membangun warung makan. Tidak perlu membuka restoran besar dengan banyak karyawan, Anda bisa membuka warung makan dengan menu sederhana dan harga terjangkau untuk menambah pemasukan Anda.

Namun menjalankan warung makan yang sukses adalah tentang lebih dari sekadar makanan yang luar biasa dan bakat memasak yang baik; inimembutuhkan keterampilan manajemen bisnis, pengelolaan keuangan, dan bersiap untuk hal yang tidak terduga.

Berikut adalah sepuluh tips yang perlu Anda lakukan sebelum membangun warung makan, sehingga Anda tidak hanya terlihat profesional bagi pelanggan Anda, tetapi Anda juga meningkatkan margin keuntungan dalam bisins Anda.

1. Mulai dengan tujuan dan rencana yang benar

Apa tujuan Anda membangun warung makan? Mencari keuntungan? Membuat konsumen Anda kenyang dan berakhir dengan senyuman? Apapun tujuan Anda mulailah dengan tujuan yang benar dan buatlah rencana bisnis yang terperinci.

Pastikan Anda memikirkan hal ini sebelum membuka bisnis warung makan:

  • Keahlian memasak apa yang Anda kuasai? Kue tradisional,  makanan rumahan, kue modern, makanan sehat?
  • Berapa modal yang Anda miliki?
  • Apakah Anda akan mngelola bisnis Anda sendiri atau membutuhkan karyawan tambahan?
  • Apakah Anda memerlukan perizinan untuk membuka warung makan di daerah Anda?
  • Sudahkah Anda memiliki pengalaman untuk melayani pelanggan?

Dengan menjawab beberapa pertanyaan diatas, Anda bisa memetakan bisnis Anda secara jelas dan kemana bisnis Anda akan melangkah. Catat juga apa yang Anda miliki dan Anda butuhkan dalam membangun usaha warung makan Anda

2. Ciptakan menu yang unik dan enak

Setalah Anda mengetahui keahlian memasak apa yang Anda kuasai, sekarang waktunya membuat berbagai macam menu yang sesuai dengan keahlian Anda. Untuk menambakan daftar menu lain di awal memulai bisnis, Anda bisa melihat di internet dan belajar cara membuatnya seperti di cookpad.

Pada intinya, Anda harus mengetahui dasar memasak dan mengetahui seasoning pada masakan. Tidak masalah jika Anda menyajikan menu sederhana seperti warung makan lain, namun pastikan masakan yang Anda buat lebih baik dari pesaing Anda.

Ingatlah, dalam dunia kuliner, rasa adalah segalanya. Anda harus menciptakan masakan yang tidak hanya unik namun juga enak bagi banyak orang dan pelanggan Anda nantinya.

Baca juga: Tips Membangun Bisnis Minimarket yang Sukses dan Menguntungkan

3. Gunakan tata ruang yang baik

Anda sudah memiliki daftar menu makanan yang Anda kuasai, selanjutnya adalah memastikan pelanggan senang untuk makan di warung makan Anda. Tidak perlu terlihat mewah, pastikan saja warung makan Anda nyaman dan bersih saat konsumen makan ditempat Anda.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat warung makan Anda lebih nyaman di mata konsumen adalah seperti:

  • Gunakan  perpaduan warna interior dan eksterior yang menambah selera makan seperti merah, oranye, kuning, atau hijau.
  • Lampu lebih penting daripada yang mungkin Anda pikirkan. Pencahayaan yang tepat dapat mempercantik furnitur, menyembunyikan kekurangan, singkatnya, dapat meningkatkan daya tarik Anda bagi pelanggan.
  • Pastikan warung makan Anda memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak panas dengan menggunakan ventilasi yang baik.
  • Pastikan menu atau makanan yang Anda jual memiliki visibilitas yang jelas sehingga memudahkan klien dalam memilih makanan.
  • Pastikan selalu warung makan Anda selalu bersih, tertata rapi dan tidak ada bau yang mengganggu.

4. Pilih lokasi yang tepat

Lokasi selalu menjadi hal penting dalam membangun bisnis berbasis kuliner. Sekalipun sekarang sudah banyak bisnis kuliner  yang menggantungkan proses penjualan pada layanan pengirimaan makan dengan menggunakan transportasi online, memilih lokasi yang tepat membuat warung makan Anda akan lebih dikenal banyak orang.

Melihat pelanggan puas setelah mereka menyelesaikan suapan terakhir adalah hal yang sangat menyenangkan bagi pemilik bisnis kuliner, dan hal ini hanya bisa dilakukan jika mereka melakukan pemesanan untuk makan ditempat.

Bukan berarti Anda tidak boleh memasarkan menu masakan Anda secara online! Akan lebih baik jika Anda memadukan proses penjualan secara online dan konvensional, dan dengan memilih lokasi yang tepat dan ramai, tentunya ini akan menambah margin keuntungan Anda dengan banyaknya saluran pembelian yang bisa pelanggan pilih.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Minuman Kekinian dan Unik yang Bisa Anda Coba

5. Selalu gunakan bahan terbaik

“Makanan terbaik selalu diciptakan dari bahan terbaik,” ini adalah sebuah petuah yang mungkin bisa Anda pajang di warung makan Anda. Karena pada kenyataannya hal ini adalah benar.

Anda harus selalu menggunakan bahan terbaik untuk membuat setiap menu yang Anda buat. Hindari menggunakan bahan yang tidak layak pakai yang akan mengurangi kelezatan dari masakan Anda. Belum lagi risiko pelanggan yang kecewa karena Anda menggunakan bahan yang tidak layak dan menganggap itu berbahaya.

Tidak apa jika Anda harus mengeluarkan pengeluaran yang lebih besar untuk membeli bahan yang paling baik, Anda bisa mengedukasi pelanggan Anda tentang bahan yang Anda gunakan untuk memberikan alasan mengapa harga dari masakan Anda sedikit lebih mahal dari pesaing Anda. Pelanggan yang teredukasi dengan baik tentu akan mengerti.

warung makan 2

6. Berorientasi pada pelanggan

Masih berhubungan dengan poin nomor 5, pelanggan adalah urat nadi dalam keberhasilan bisnis. Pastikan mereka selalu terpuaskan dengan cara apapun.

Hal ini mungkin terjadi pada 99,99% bisnis yang berorientasi pada layanan, tetapi terutama untuk untuk bisnis kuliner. Pelanggan Anda ingin “menyantap makanan terbaik dan pelayanan yang unggul”, tidak berbeda dengan jika mereka berada di restoran.

Hal sederhana seperti mengucapkan terima kasih dan mengenal nama pelanggan bisa menjadi nilai tambah untuk Anda memenangkan hati pelanggan Anda.

Baca juga: Bisnis Manufaktur: Pengertian, Jenis, Proses dan Contohnya

7. Jalin kerjasama yang baik dengan pemasok

Pemasok juga adalah bagian penting bagi bisnis kuliner. Dengan pemasok yang baik dan bertanggungjawab, Anda bisa mendapatkan bahan terbaik untuk warung makan Anda. Pastikan Anda membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok Anda sehingga membangun kepercayaan satu sama lain.

Pilih juga pemasok yang menawarkan harga yang rendah tanpa menurunkan kualitas barang yang mereka jual. Ingatlah, selisih harga sekecil apapun akan mempengaruhi margin keuntungan pada usaha Anda. Jadi bijaklah dalam memilih dan menjalin kerjasama dengan pemasok bahan masakan Anda.

8. Gunakan alat yang memadai

Penggorengan yang Anda miliki saat ini mungkin tidak akan cocok jika Anda baru memulai  usaha warung makan. Anda memerlukan alat masak yang lebih besar, lebih canggih, lebih kuat dan lebih tahan lama. Ingatlah, sebagian waktu Anda mungkin akan Anda habiskan di dapur.

Bergantung pada bagaimana penelitian awal Anda berjalan pada poin nomor 1, ini akan tergantung pada jenis peralatan yang Anda butuhkan. Peralatan Anda adalah investasi masa depan bisnis Anda.

Peralatan yang Anda gunakan dapat menjadi faktor besar untuk meningkatkan bisnis Anda dari wakti ke waktu. Contoh kasus, Anda mungkin membutuhkan alat presto untuk menghemat waktu Anda dalam memasak daging menjadi lebih empuk daripada menggunakan cara konvensional.

Baca juga: Tertarik Menjadi Bisnis Konsultan? Berikut Adalah Tips dan Contohnya

9. Fokus ke pemasaran

Kembali ke poin nomor 4, memiliki lokasi yang tepat saja tidak cukup jika Anda tidak mengenalkan bisnis Anda dengan benar kepada dunia. Pastikan bisnis Anda memiliki rencana pemasaran yang baik dan tepat.

Kembangkan program pemasaran untuk menjangkau klien potensial Anda. Desain kartu nama, alat tulis, dan brosur. Buatlah beberapa hidangan khas Anda dan ambil foto untuk brosur atau kartu nama Anda.

Mengapa Anda perlu kartu nama? Sederhana saja, jika makanan Anda enak tentu mereka akan meenceritakan usaha Anda pada orang di sekitar mereka dan pada akhirnya mereka akan mengingat Anda melalui kartu nama tersebut. Belum lagi potensi Anda mendapatkan pesanan katering untuk acara besar seperti pesta, ulang tahun, pertemuan atau lainnya

Pikirkan juga potensi di internet. Meskipun Anda membuka usaha warung makan kecil, semakin banyak orang menggunakan Internet untuk toko perbandingan.

ZDNet mengatakan bahwa 74 persen hingga 80 persen orang yang berusia antara 29 dan 69 tahun menggunakan Internet untuk penelitian produk. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan opsi untuk memiliki situs web, blog atau Google bisnis, agar pelanggan bisa menemukan Anda di internet.

Baca Juga: Cara Berjualan Online Untuk Pemula yang Bisa Anda Coba

10. Gunakan teknologi untuk memudahkan bisnis

Teknologi selalu memudahkan dan mengoptimalkan operasional bisnis. Sebagai contoh adalah aplikasi pemesanan makanan dan transportasi online yang mengubah perilaku pemiliki usaha dalam menjuala makanan mereka, disisi lain ini juga mempengaruhi perilaku pemesanan makanan konsumen.

Hal seperti ini tidak bisa dihindari, Anda harus beradaptasi dengan setiap perubahan dan menggunakan teknologi sebagai solusi operasional bisnis yang lebih mudah.

Misalnya dalam usaha warung makan, Anda bisa mendaftarkan usaha Anda pada apllikasi pemesanan makanan online, aplikasi pembelian bahan baku, menggunakan aplikasi kasir dan juga menggunakan software akuntansi untuk proses pembukuan dan mengetahui setiap keuntungan yang terjadi pada bisnis Anda.

Kami tahu, mengelola warung makan adalah hal yang melelahkan, terlebih jika Anda mengelola usaha tersebut seorang diri atau hanya dengan karyawan terbatas. Hindari menggunakan pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan. Sebagai solusi Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, termasuk bisnis kuliner seperti usaha warung makan.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu