Apa itu Google Search Console? Ini Pengertian dan 4 Cara Mudah Menggunakannya

oleh | Apr 13, 2023

source envato.

Apa itu Google Search Console? Ini Pengertian dan 4 Cara Mudah Menggunakannya

Pada dasarnya, Google Search Console adalah salah satu layanan gratis yang disajikan oleh Google untuk membantu para pemilik situs website dalam memonitor performa website mereka secara organik di Google.

Tools ini sangat penting bagi para pemilik website, khususnya untuk para marketer di era digital seperti saat ini. Dengan adanya Google Search Console, maka Anda bisa melakukan analisis yang tepat pada website Anda.

Lantas, apa itu Google Search Console? Tenang, karena kami akan membahasnya secara singkat pada Anda di bawah ini.

Apa itu Google Search Console?

accurate.id gambar GSC-1

Dilansir dari Hubspot, Google Search Console adalah alat yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik situs web memahami bagaimana mesin pencari seperti Google mengindeks dan menampilkan situs web mereka dalam hasil pencarian.

Dengan menggunakan Google Search Console, pemilik situs web dapat melacak kinerja situs web mereka di Google Search, mengoptimalkan penampilan situs web mereka dalam hasil pencarian, dan memperbaiki masalah teknis yang dapat menghambat indeksasi situs web mereka.

Beberapa fitur utama dari Google Search Console adalah sebagai berikut :

  • Monitoring kesehatan situs web: pemilik situs web dapat memantau status indeksasi situs web mereka, melacak masalah teknis seperti error crawling, dan menerima pemberitahuan jika terjadi masalah di situs web mereka.
  • Analisis kinerja: pemilik situs web dapat melihat bagaimana situs web mereka muncul dalam hasil pencarian Google, termasuk kata kunci yang digunakan pengguna untuk menemukan situs web mereka dan jumlah klik yang diterima dari hasil pencarian.
  • Optimasi tampilan hasil pencarian: pemilik situs web dapat memperbaiki meta deskripsi dan tag judul situs web mereka untuk meningkatkan penampilan situs web mereka dalam hasil pencarian.

Google Search Console dapat membantu pemilik situs web mengoptimalkan situs web mereka untuk mesin pencari, sehingga meningkatkan kemungkinan situs web mereka muncul dalam hasil pencarian dan menarik lebih banyak pengunjung ke situs web mereka.

Baca juga: Pengertian Lengkap 7P Bauran Pemasaran atau Marketing Mix

Manfaat Google Search Console

accurate.id gambar GSC-2

Google Search Console adalah sebuah platform gratis dari Google yang menyediakan data dan informasi yang sangat penting bagi pemilik website atau webmaster.

Berikut adalah beberapa manfaat Google Search Console:

1. Monitoring Kinerja Website

Google Search Console menyediakan informasi terperinci tentang kinerja website, seperti jumlah klik, impresi, posisi halaman, serta tautan yang mengarah ke website tersebut. Informasi ini dapat membantu pemilik website memahami bagaimana website mereka ditemukan oleh pengguna dan memperbaiki kinerja website mereka.

2. Peningkatan SEO

Google Search Console dapat membantu meningkatkan optimasi mesin pencari atau SEO dengan memberikan saran tentang perbaikan halaman website, seperti mengoptimalkan judul halaman dan deskripsi meta, meningkatkan kecepatan halaman, serta memperbaiki struktur tautan internal dan eksternal.

3. Menemukan Kesalahan dan Masalah Teknis

Google Search Console menyediakan informasi tentang kesalahan teknis yang ditemukan pada website, seperti masalah indeksasi, kesalahan sitemap, dan masalah keamanan. Dengan informasi ini, pemilik website dapat memperbaiki kesalahan teknis dan memastikan bahwa website mereka terindeks dengan baik oleh mesin pencari.

4. Menganalisis Kata Kunci

Google Search Console dapat membantu menganalisis kata kunci yang digunakan oleh pengguna untuk menemukan website, serta memberikan informasi tentang jumlah impresi, klik, dan posisi halaman untuk setiap kata kunci. Informasi ini dapat membantu pemilik website memperbaiki strategi SEO mereka dan meningkatkan peringkat website mereka di hasil pencarian.

5. Meningkatkan User Engagement

Google Search Console dapat membantu meningkatkan user engagement dengan memberikan informasi tentang halaman website yang paling banyak dikunjungi, waktu kunjungan, serta tingkat pembacaan dan penolakan. Informasi ini dapat membantu pemilik website memahami perilaku pengguna dan meningkatkan keterlibatan pengguna dengan website mereka.

Secara keseluruhan, Google Search Console adalah alat yang sangat berguna untuk pemilik website atau webmaster dalam memantau kinerja website mereka, meningkatkan SEO, menemukan kesalahan teknis, menganalisis kata kunci, dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

Baca juga: Apa itu Organic Traffic? Ini Pengertian dan 3 Cara Mudah untuk Meningkatkannya

Cara Menggunakan Google Search Console

accurate.id gambar GSC-3

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Google Search Console adalah alat yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik situs web memantau dan meningkatkan kinerja situs web mereka di mesin pencari Google.

Bahkan, dilansir dari laman SunnyHQ, tool ini bisa meningkatkan ranking situs web di search engine sambil meningkatkan performa SEO-nya. Nah, berikut adalah ini langkah-langkah untuk menggunakan Google Search Console:

1. Mendaftar

Kunjungi halaman Google Search Console dan masuk dengan akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun, buat akun terlebih dahulu.

2. Verifikasi situs web Anda

Setelah masuk, Anda perlu memverifikasi situs web Anda dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Google. Ada beberapa cara untuk memverifikasi situs web, termasuk memasang kode HTML atau menambahkan file ke situs web Anda.

3. Jelajahi fitur-fitur

Setelah situs web Anda terverifikasi, Anda dapat mulai menjelajahi fitur-fitur Google Search Console. Beberapa fitur yang berguna termasuk:

  • Laporan Performa: Menampilkan data tentang kinerja situs web Anda di Google Search, termasuk kata kunci yang paling banyak dicari dan jumlah klik dan tayangan.
  • Pemantauan Situs Web: Memungkinkan Anda memantau masalah yang mungkin terjadi pada situs web Anda, seperti masalah koneksi atau kesalahan indeks.
  • Indeks Google: Menunjukkan halaman mana yang telah diindeks oleh Google dan halaman mana yang dianggap tidak penting.
  • Sitemap: Memungkinkan Anda untuk mengirim sitemap situs web Anda ke Google untuk membantu mesin pencari memahami struktur situs web Anda.

4. Tingkatkan Situs Anda

Dengan menggunakan data yang Anda peroleh dari Google Search Console, Anda dapat meningkatkan situs web Anda dengan cara yang lebih efektif. Anda dapat mengidentifikasi kata kunci yang paling efektif untuk ditargetkan, menemukan halaman yang membutuhkan perbaikan, dan memperbaiki masalah teknis pada situs web Anda.

Google Search Console adalah alat yang sangat berguna bagi pemilik situs web untuk memahami kinerja situs web mereka di mesin pencari Google dan meningkatkan situs web mereka secara efektif.

Baca juga: 5 Jenis SEO Tools yang Wajib Anda Kuasai Bila Menginginkan Website yang Optimal

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang Google Search Console. Jadi, Google Search Console adalah sebuah tools yang tepat untuk menunjang performa website Anda.

Walaupun memang penggunaannya gratis, namun dalam mengoptimalkan website tentu Anda memerlukan anggaran dana yang cukup. Nah, untuk membantu Anda dalam mengelola anggaran dana perusahaan, Accurate Online hadir sebagai solusi lengkap dan mudah untuk bisnis Anda.

Dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis ini, maka Anda bisa membuat anggaran yang #lebihbaik pada seluruh operasional bisnis Anda. Setiap anggaran yang dikeluarkan pun akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Sehingga, Anda bisa hemat banyak waktu dan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Tunggu apa lagi? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

9 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini šŸ™ Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait