Apa itu Organic Traffic? Ini Pengertian dan 3 Cara Mudah untuk Meningkatkannya

oleh | Mar 24, 2023

source envato.

Apa itu Organic Traffic? Ini Pengertian dan 3 Cara Mudah untuk Meningkatkannya

Dalam mengelola website, Anda bisa memperoleh trafik lewat berbagai cara. Nah, salah satu trafik yang sering dijadikan andalan oleh para blogger atau para SEO Specialist adalah organic traffic.

Harus kita akui bahwa jenis trafik ini sangat ampuh digunakan untuk meningkatkan page authority dan juga domain authority. Karena, Anda hanya perlu meningkatkan SEO secara baik tanpa harus membayar siapapun untuk mendapatkan trafik.

Lalu, apa itu organic traffic? Bagaimana cara meningkatkannya demi bisa meraih peringkat teratas di mesin pencarian Google? Dapatkan jawabannya dengan terus membaca artikel tentang organic traffic di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Organic Traffic?

accurate.id gambar organic traffic 1

Berdasarkan laman Rice Media, organic traffic adalah lalu lintas dari para pengunjung yang masuk ke dalam situs melalui hasil pencarian organik, bukan dari berbagai jenis iklan digital berbayar.

Dalam hal ini, pencarian organik adalah para pengunjung yang mengetik kata kunci di halaman mesin pencarian lalu menemukan situs dan mengunjungi situs tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, organic traffic ini bisa diperoleh dengan cara melakukan optimalisasi SEO website. Dalam pelaksanaannya, seseorang akan menggunakan beragam jenis cara, seperti dengan membuat konten yang berkualitas dan melakukan riset kata kunci.

Jika Anda bisa mendapatkan kata kunci yang tepat dan konten yang Anda buat berkualitas, maka situs Anda akan tampil di halaman pertama mesin pencarian Google.

Dari sana, Anda bisa memperoleh banyak sekali organic traffic, karena Anda berhasil memperoleh peringkat yang baik di mesin pencarian Google.

Baca juga: 5 Jenis SEO Tools yang Wajib Anda Kuasai Bila Menginginkan Website yang Optimal

Pentingnya Organic Traffic bagi Website

accurate.id gambar organic traffic 2

Saat ini kita telah mengetahui bahwa organic traffic adalah para pengunjung yang mendatangi website kita secara organik dan juga gratis, tanpa harus menggunakan iklan. Lantas, seberapa pentingkah peran jenis trafik ini pada website? Ini jawabannya:

1. Memperluas Jangkauan Pelanggan

Organic traffic diperoleh dari seorang pelanggan yang mempunyai maksud spesifik saat mencari sesuatu di mesin pencarian Google. Untuk itu, laman Reliablesoft, berpendapat bahwa jenis trafik ini sengaja ditargetkan oleh para pemilik website.

Misalnya, pengguna ingin mencari “laporan keuangan” di mesin pencarian Google. Lalu, ranking teratas adalah situs Anda dan para pengguna pun mengunjunginya. Jika isi konten Anda mampu memberikan solusi dari masalah pengguna, maka pengguna akan mau berlangganan newsletter atau bahkan menjadi pengikut setia situs website Anda.

Inilah yang menjadi salah satu peran penting dari organic traffic. Tentunya hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk website online shop atau e-commerce agar bisa meningkatkan penjualannya.

2. Meningkatkan Popularitas Website

Selain mampu memperluas jangkauan pelanggan, organic traffic pun akan membantu Anda dalam meningkatkan popularitas website. Kenapa? Karena semakin banyak orang yang mencari, maka Google pun akan semakin percaya bahwa website Anda mempunyai kredibilitas yang tinggi.

Sehingga, mesin pencarian Google akan menempatkan website Anda di peringkat pertama secara otomatis.

Baca juga: Apa itu Backlink? Ini Pengertian dan 4 Cara Membangun Backlink yang Berkualitas

Cara Meningkatkan Organic Traffic

accurate.id gambar organic traffic-3

Setelah kita mengetahui bersama tentang peran penting organic traffic untuk website, sebagian besar dari Anda pasti bertanya-tanya tentang cara meningkatkan organic traffic secara maksimal.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu cara untuk memperoleh organic traffic adalah dengan melakukan optimasi SEO. Nah, berikut ini adalah caranya:

1. Riset Keyword

Sebelum membuat konten untuk website, cobalah untuk selalu melakukan riset keyword atau riset kata kunci. Anda bisa menggunakan tools yang saat ini sudah terkenal, seperti Ubersuggest, SEMRush, atau Ahrefs.

Untuk bisa mendapatkan kata kunci yang tepat, pastikanlah untuk mencari volume pencarian yang tinggi dan tingkat kesulitan kata kunci atau tingkat persaingan yang rendah.

Bila sudah, Anda tinggal membuat konten yang berkualitas. Sehingga, Anda bisa mempunyai kesempatan yang besar untuk duduk di halaman pertama mesin pencarian Google.

Baca juga: Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Komponen di Dalamnya

2. Optimalkan Meta Description dan SEO Title

Ketika mencari kata kunci di mesin pencarian, hal pertama yang akan dilihat oleh pengguna adalah SEO title dan meta description pada suatu website.

SEO title adalah judul konten yang akan terlihat di mesin pencarian, sedangkan meta description adalah kalimat yang menjelaskan semua isi konten dan berada di posisi bawah SEO title.

Agar bisa meningkatkan organic traffic, Anda harus memasukan bahwa SEO title Anda menarik dan meta description yang Anda ketik sangat spesifik serta menjelaskan seluruh isi konten.

Bila Anda bisa mengoptimalkan keduanya dengan baik, maka para pengunjung akan langsung melakukan klik pada website Anda.

3. Buat Website User-Friendly

Selain mengoptimalkan SEO on page dan off page, Anda juga harus memastikan bahwa kondisi website Anda sudah user-friendly.

Anda harus memastikan bahwa website Anda tidak lama ketika pengguna mengaksesnya. Bila waktu loading-nya lama, maka kemungkinan besar pengguna akan segera meninggalkan website Anda.

Selain itu, perhatikan juga desain website secara baik. Hindari membuat tampilan website yang rumit dan menyulitkan pengguna.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Traffic Website dan Cara Mudah Mengoptimalkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang organic traffic, lengkap dengan pengertian dan cara meningkatkannya. Jadi, Anda harus bisa meningkatkan jenis trafik ini agar website bisnis Anda bisa berkembang secara cepat di dunia digital.

Walaupun cara ini memang gratis, tentu Anda harus menyiapkan anggaran khusus untuk mempekerjakan para SEO specialist profesional. Nah, agar lebih mudah dalam menyiapkan anggaran dan mengelolanya, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online saja.

Kenapa? Karena Accurate Online akan membantu Anda dalam membuat anggaran perusahaan untuk setiap pos agar kegiatan operasional bisnis bisa berjalan dengan lancar. Setiap anggaran yang keluar tersebut juga akan tercatat otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara real-time.

Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat yang bisa Accurate Online lakukan untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Jadi, ayo segera coba dan gunakan Accurate Online melalui tautan gambar di bawah ini, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

digitalmarketingbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait