Blog Adalah Media Online yang Mampu Membantu Strategi Pemasaran, Ini Caranya!

Blog adalah platform media online yang memiliki banyak fungsi dan semakin populer beberapa tahun belakangan ini. Berdasarkan survey yang dirilis pada website optinmonster, sebanyak 77% pengguna internet saat ini ternyata senang membaca blog.

Oleh karena itu, jangan heran bila di tahun 2020 lalu ada 600 juta blog aktif yang berasal dari seluruh dunia, pernyataan ini senada dengan data yang dikeluarkan oleh laman resmi growthbadger.

Nah, apakah Anda tertarik untuk membuat blog? Sebelum membuat blog, ada baiknya untuk mengerti terlebih dahulu tentang pengertian blog, fungsi, dan jenisnya pada artikel di bawah ini.

Pengertian Blog Adalah

Jadi, blog adalah suatu website yang dibuat dengan bentuk media online dan berisi artikel, video, dan juga foto yang dikelola oleh seorang blogger ataupun beberapa penulis dalam waktu yang bersamaan.

Topik yang dibahas di dalamnya umumnya hanya fokus pada suatu bidang tertentu saja, seperti gaya hidup, keuangan, kesehatan, kuliner, teknologi, dan lain-lain.

Untuk di Indonesia, saat ini banyak blogger yang mencapai kesuksesannya dalam dunia blog, contohnya seperti Trinity, Sasyachi, Sugeng Riyadi, Iwan Banaran, dan lain-lain.

Selain dikelola oleh individu atau blogger, saat ini blog juga banyak digunakan oleh perusahaan. Kenapa? Karena ada banyak sekali fungsi serta manfaat dari blog yang mampu memberikan keuntungan untuk perusahaan.

Beberapa contoh manfaatnya adalah sebagai publikasi, mempromosikan produk, sampai branding. Oleh karena itu, bersumber dari laman Hubspot, sebanyak 55% para pemasar di dunia memprioritaskan pembuatan blog di dalam strategi pemasaran mereka.

Baca juga: Upstream Marketing: Pengertian dan Strategi Membangunnya

Lalu, Apa bedanya Blog dan Website?

Sebagian dari Anda pasti saat ini bingung dan mempertanyakan perbedaan website dengan blog. Nah, perbedaan website dan blog adalah sebagai berikut:

1. Website

Website adalah gabungan halaman online yang bisa kita akses dengan menggunakan jaringan internet melalui alamat domain khusus. Umumnya, website terdiri dari suatu informasi yang berkaitan dengan suatu layanan ataupun produk perusahaan.

Nah, karena kebanyakan isinya adalah informasi dari suatu layanan ataupun produk, maka umumnya website bersifat lebih statis. Itu artinya, dalam hal desain serta konten yang ada di dalamnya tidak terlalu sering mengalami pembaruan.

Selain itu, dari sisi kepemilikannya pun umumnya website digunakan untuk kebutuhan suatu lembaga, sekolah, organisasi, toko online, perusahaan, dan lain-lain.

2. Blog

Blog adalah salah satu jenis dari website yang di dalamnya berisi artikel dengan bentuk pengalaman, informasi pengetahuan ataupun opini dari si pemilik blog itu sendiri.

Umumnya, blog bersifat lebih dinamis yang mana konten di dalamnya harus terus ditambah dan juga diperbarui secara berkala. Artinya, konten blog adalah nyawa yang mampu menentukan tingkat kesuksesan si pemilik blog.

Sedangkan dari sisi kepemilikannya, blog lebih sering dimiliki oleh individu ataupun perorangan. Tapi, beberapa bisnis saat ini juga banyak yang memiliki blog untuk kebutuhan strategi pemasarannya.

3 Jenis Blog yang Mudah Ditemukan

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, saat ini blog tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi saja. Nah, terdapat 3 jenis blog yang sangat mudah kita temukan. Ketiga jenis blog tersebut adalah sebagai berikut:

1. Blog Pribadi/Personal

Jenis yang pertama dari blog adalah blog personal ataupun blog pribadi. Di awal kehadirannya, blog memang banyak digunakan untuk keperluan pribadi. Jadi, blog dijadikan sebagai jurnal harian online yang berguna untuk mencatat pengalaman pribadi seseorang.

Menulis blog secara pribadi juga terlepas dari berbagai aturan tertentu. Setiap penulis bisa menentukan konten apa saja yang ingin mereka tulis, seperti pengalaman berlibur, percintaan, resep makanan, dan lain-lain.

Namun walaupun sifatnya personal, banyak sekali orang yang mendapatkan kesuksesan dari menggeluti blog jenis yang satu ini. Contoh sederhananya adalah Trinity Traveler.

Blog pribadi yang dimiliki oleh Trinity ini diisi dengan berbagai pengalaman perjalanannya berlibur keliling dunia. Karena kisah uniknya tersebut, blog ini juga sukses diangkat menjadi sebuah buku dan film yang sangat menghibur.

2. Blog Profesional 

Blog profesional atau professional blog adalah suatu blog yang hanya memiliki satu topik tertentu. Berbagai konten yang ada di dalamnya juga dibuat secara khusus untuk menampilkan sisi profesionalitas dari pemilik blog itu sendiri.

Contohnya, katakanlah Anda adalah seorang yang ahli pada bidang SEO dan juga digital marketing. Nah, Anda bisa membuat blog yang berisi berbagai konten yang sesuai dengan keahlian Anda. Dengan begitu, maka Anda akan dikenal sebagai seorang ahli pada bidang Anda.

3. Blog Bisnis atau Perusahaan (Content Marketing)

Seiring dengan perkembangan waktu, saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan blog untuk tujuan khusus. Contohnya seperti untuk kebutuhan mengumpulkan pengunjung, mendapatkan banyak pengunjung, dan mempromosikan produk.

3 Manfaat Blog untuk Perkembangan Bisnis 

1. Meningkatkan Traffic Website

Manfaat pertama yang akan dirasakan oleh bisnis dari memiliki blog adalah meningkatkan traffic website. Setiap pebisnis pasti ingin websitenya mempunyai banyak pengunjung.

Namun, memperoleh traffic yang tinggi saat ini sangatlah sulit. Tapi, hal tersebut bisa dibantu dengan menggunakan blog.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam laman HubSpot, saat Anda membuat konten untuk blog Anda, maka Anda mempunyai kesempatan yang besar untuk tampil di mesin pencari dan memperoleh banyak pengunjung dengan cara yang organik.

Walaupun demikian, mempunyai blog dengan pengunjung yang banyak juga tidak mudah. Kenapa? Karena Anda harus membuat konten yang sifatnya edukatif, menarik, dan harus sesuai dengan peraturan SEO.

Selain itu, Anda juga harus lebih sering update ke media sosial Anda agar website Anda mendapatkan banyak pengunjung. Semakin banyak orang yang menyebarkan link konten Anda di media sosial, maka akan semakin banyak juga kesempatan yang Anda miliki untuk mendapatkan pengunjung blog.

2. Menarik Pelanggan Baru

Kita tahu bahwa menarik banyak pelanggan baru tidak bisa dilakukan dengan mudah. Namun, blog bisa Anda jadikan sebagai salah satu strategi konten marketing yang tepat.

Bersumber dari laman Search Engine Journal, blog adalah konten yang informatif dan mempunyai peluang untuk memperoleh pelanggan potensial.

Contohnya, katakanlah Anda mempunyai bisnis pakaian yang baru Anda rintis. Bila Konten yang ada pada blog Anda sangat menarik, seperti prediksi gaya ataupun cara menemukan pakaian yang tepat, maka konten tersebut pasti akan sangat menarik untuk para pengunjung blog Anda.

Bahkan, kemungkinan besar para pembaca blog yang awalnya hanya mencari tahu produk apa saja yang Anda tawarkan akan berubah menjadi konsumen baru Anda. Untuk itu, ada baiknya untuk membuat artikel yang kaya akan informasi untuk blog Anda.

3. Meningkatkan Jumlah Lead

Selain bisa meningkatkan traffic website, blog juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan prospek pelanggan atau jumlah lead.

Dalam hal ini, lead adalah salah satu sikap ketertarikan yang diberikan oleh calon konsumen terhadap brand. Bentuk ketertarikan tersebut bisa dilihat dari bergabung langganan newsletter sampai mengisi contact form atau mencantumkan email mereka.

Laman resmi OpenVine menjelaskan bahwa email yang mereka cantumkan bisa Anda analisis dan Anda gunakan untuk kegiatan pemasaran. Selain itu, data ini juga bisa Anda gunakan untuk melihat persona dari setiap konsumen. Tentunya hal tersebut akan sangat berguna untuk menentukan strategi pemasaran yang ingin Anda terapkan.

Bila Anda sudah mempunyai tingkat lead yang tinggi, maka selanjutnya Anda bisa memberikan promo agar rasa tertarik mereka lebih tinggi dan mau melakukan pembelian.

Baca juga: Apa itu Behavioral Targeting dan Bagaimana Manfaatnya Bagi Anda?

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang blog. Jadi, blog adalah suatu website yang berbentuk media online berisi artikel, video, dan juga foto yang dikelola oleh seorang blogger ataupun beberapa penulis secara bersamaan.

Beberapa jenis blog yang bisa kita temukan dengan mudah adalah blog pribadi/personal, blog profesional, dan blog bisnis atau perusahaan.

Selain berguna untuk memperoleh keuntungan pribadi, perusahaan pun bisa mendapatkan tiga manfaat dari memiliki blog, yakni meningkatkan traffic website, menarik pelanggan baru, dan meningkatkan jumlah lead.

Pada akhirnya, bisnis Anda bisa berkembang dan memperoleh banyak keuntungan dari memiliki blog. Namun, keuntungan tersebut harus selalu Anda catat dalam laporan keuangan agar Anda bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan menentukan keputusan yang tepat untuk perusahaan.

Namun, membuat laporan keuangan secara manual tentunya sangat sulit, memerlukan banyak waktu, dan sangat rentan terjadi kesalahan. Oleh karena itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih tenang dan fokus dalam mengembangkan bisnis Anda saja.

Selain itu, Accurate Online juga akan membantu Anda dalam mengelola bisnis dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate1