Calculator TikTok: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Setiap content creator pasti sudah tidak asing lagi dengan Calculator TikTok. Aplikasi ini menjelma sebagai aplikasi media sosial terpopuler di seluruh dunia. Sama halnya dengan aplikasi lain, kebanyakan para influencer di TikTok bisa mendapat keuntungan baik berupa uang atau ketenaran. Untuk mengeceknya bisa lewat Calculator TikTok.

Cara untuk menghasilkan pendapatan dari TikTok hampir sama dengan platform Instagram dengan mengendorse produk atau layanan produk. Perlu diketahu, TikTok tidak menyediakan jasa Google adsense seperti yang diberikan YouTube.

Ingin tahu, bagaimana caranya agar Anda bisa sukses dalam melakukan Calculator TikTok? Pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa point dari apa itu Calculator TikTok, manfaat, serta cara menggunakannya agar Anda bisa melakukan Calculator TikTok secara maksimal untuk bisnis Anda.

Apa itu Calculator TikTok?

Jadi, Calculator TikTok adalah aplikasi yang digunakan untuk menghitung jumlah keuntungan atau pendapatan dari konten TikTok yang sudah dibuat. Kelebihan dari aplikasi tools ini adalah dari sisi durasi yang sangat pendek, sehingga kita langsung menemukan isi atau tujuan dari video tersebut.

Bagi para influecer yang memiliki jumlah followers yang besar biasanya akan diuntungkan dengan endorse produk atau lainnya. Sehingga mereka ingin mengetahui berapa penghasilan akun tersebut.

Calculator TikTok bukan sebuah aplikasi yang secara resmi dikeluarkan oleh TikTok. Perlu Anda ketahu bahwa tools tersebut merupakan sebuah ekstensi dari Google Chrome yang dapat ditemukan pada beberapa situs tertentu, seperti Likigram dan Influencer Marketing Hub. Perkiraan yang dihitung oleh aplikasi ini juga dinilai cukup akurat dan fungsional untuk keperluan para marketer.

Baca juga: Tips Melakukan Tiktok Marketing Secara Efektif

Manfaat Calculator TikTok

Setelah kita mengetahui apa itu Calculator TikTok, perlu kita cermati juga manfaatnya. Tools inidapat mudah dimanfaatkan oleh para marketer untuk menghitung jumlah penghasilan content marketing. Akan tetapi, tak hanya itu saja fungsi utama dari aplikasi tersebut.

Bila dimanfaatkan dengan cara yang baik, pengguna juga bisa menyaring beragam informasi penting lainnya. Nah, kira-kira apa saja manfaat menggunakan Calculator TikTok. Berikut manfaatnya:

1. Memahami Audiens

Manfaat yang ditawarkan Calculator TikTok kepada penggunanya adalah pemahaman yang secara detail terhadap kebutuhan audiens mereka. Mengapa demikian? Karena, aplikasi tersebut akan memaparkan minat audiens terhadap topik konten pengguna. Bila hasil yang didapatkan ternyata tidak memuaskan, maka pengguna perlu merencanakan kembali strategi konten mereka.

2. Validasi Akun

Hasil dari tools ini bisa Anda jadikan bahan validasi atas kesuksesan akun Anda. Bila hasil perhitungan memuaskan, maka bisa saja menjadi portofolio Anda yang baik agar akun Anda bisa digunakan untuk keperluan marketing.

3. Profil Akun yang Konsisten

Manfaat terakhir bila menggunakan Calculator TikTok adalah dapat melihat profil akun yang benar-benar konsisten. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa hasil perhitungan akan sangat bergantung pada banyak hal. Salah satunya faktor yang memengaruhinya adalah profil akun Anda.

Bila profil tidak update atau jarang menyebarkan konten-konten yang berkualiatas, maka kemungkinan besar pendapatan akunnya tidak akan besar. Secara tidak langsung, pengguna akan dipaksa untuk lebih sering mem-posting konten sehari minimal 3 konten.

Cara Menggunakan Calculator TikTok

Setelah kita memahami pengertian dan manfaat Calculator TikTok, perlu diketahui bahwa ada 3 faktor utama yang memengaruhi keuntungan di TikTok yaitu pengikut, penyuka, dan tingkat keterlibatan atau engagement agar dilirik iklan dan sebagainya.

Untuk melihat perkiraan keuntungan pada akun TikTok Anda, tersedia banyak platform yang menyediakan sarana tersebut dan dinamakan “Calculator TikTok “. Contohnya adalah Likigram.

Berikut cara memakai sarana Calculator TikTok di Likigram :

  1. Masuk ke tautan: https://likigram.com/tiktok-money-calculator
  2. Lalu, ketik username akun TikTok pada opsi yang sudah disediakan
  3. Jika sudah mencantumkan username, tunggu sampai munculnya keterangan penghasilan terlihat

Nantinya terlihat beberapa informasi seperti jumlah total video, penghasilan maksimum perposting, serta penghasilan minimal perposting.

Di Likigram, para seleb TikTok bisa menghasilkan pendapatan sebesar US$10.000 per postingan atau setara Rp 140 juta. Sayangnya, di platform Likigram tidak menyebutkan dasar perhitungan penentuan dan pendapatan dari TikTok.

Baca juga: Cara Masuk FYP Tiktok Untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

Penutup

Itulah pengertian lengkap tentang apa itu Calculator TikTok, manfaat, serta cara menggunakannya. Berdasarkan penjelasan lengkap di atas, bisa kita simpulkan bahwa Calculator TikTok adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah keuntungan atau pendapatan suatu akun.

Apapun carannya untuk mendapatkan penghasilan uang dari tiktok, tentu kehadiran tools ini akan sangat Anda butuhkan. Tanpa aplikasi ini, Anda biasanya akan lebih sulit dalam menganalisa metrik perkembangan akun tiktok Anda.

Sudah dijelaskan sebelumnya, kehadiran Calculator TikTok penting bagi para influencer untuk menggaet banyak sponsor, karena para pemilik produk tentunya tidak sembarangan dalam memilih akun untuk ditawari kerjasama endorsement.

Untuk itu, buatlah sebuah konten branding menarik dan kreatif mungkin, sehingga konten-konten yang Anda memiliki banyak peminat hingga akhirnya bisa memancing follower yang melimpah ruah.

Sebagai content creator TikTok, perlu dan penting bagi Anda untuk memahami cara mengatur dan merencanakan keuangan yang sudah Anda dapatkan. Percuma kalau Anda punya penghasilan banyak tapi tidak tahu cara mengelola keuangannya.

Saat ini banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan software akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai lini bisnis. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan lainnya, secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membuat berbagai lini industri bergerak lebih efisien dan efektif.

Anda bisa mencoba semua kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online tersebut dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate1