5 Cara Mudah Meningkatkan Komentar Instagram Agar Produk Anda Viral

oleh | Mar 17, 2023

source envato.

5 Cara Mudah Meningkatkan Komentar Instagram Agar Produk Anda Viral

Jika Anda ingin memaksimalkan Instagram bisnis, maka Anda harus mengetahui cara meningkatkan komentar Instagram. Pasalnya, sejak sistem algoritma mereka diubah, kehadiran suatu post pada halaman depan akun akan berganti, termasuk dalam laman explorer.

Bila sebelumnya Instagram menampilkan post berdasarkan waktu tayangnya, maka saat ini semuanya telah ditentukan berdasarkan ketertarikan pengguna dan interaksi yang terdapat dalam suatu post.

Selain itu, salah satu faktor lain yang menentukan adalah tingkat engagement. Engagement sudah menjadi faktor yang penting pada popularitas suatu post di Instagram.

Cara Meningkatkan Komentar Instagram

Semakin banyak komentar Instagram dalam sebuah post, maka akan semakin tinggi juga tingkat engagement-nya. Hal tersebut juga akan berdampak pada peluang tingginya likes yang akan diberikan, termasuk popularitas dari post itu sendiri untuk bisa tampil pada halaman depan akun followers Instagram Anda.

Dirangkum dari laman Hubspot, untuk meningkatkan komentar Instagram, Anda bisa mengikut kelima cara di bawah ini:

1. Mengadakan Giveaway

accurate.id gambar Meningkatkan Komentar Instagram-1

Cara pertama untuk meningkatkan komentar instagram adalah dengan membuat konten kontes atau giveaway di laman Instagram.

Anda bisa mempublikasikan sebuah video atau foto dengan ajakan untuk memberikan komentar Instagram sebagai bentuk dari partisipasi giveaway yang Anda selenggarakan.

Dengan adanya giveaway, maka Anda bisa memancing para audiens untuk mau memberikan komentar dan memenangkan hadiah dari konten itu sendiri.

Baca juga: Content Marketing vs Social Media Marketing, Mana yang Paling Efektif?

2. Melakukan Instagram Takeover

accurate.id gambar Meningkatkan Komentar Instagram-2

Anda bisa mencoba suatu cara yang tidak hanya mampu meningkatkan komentar instagram, tapi juga mampu memberikan kesegaran tersendiri, yakni dengan menjalin kolaborasi bersama influencer atau selebriti dan melakukan Instagram takeover.

Berdasarkan laman Hubspot, nantinya influencer akan mengambil alih akun Instagram Anda secara sementara dengan membuat konten kolaborasi yang unik untuk audiens. Cara ini bisa memancing audiens Anda untuk memberikan respon dan memberikan komentar Instagram.

Cara ini juga nantinya mampu memancing followers influencer untuk ikut mengunjungi akun Instagram Anda dan memberikan respon.

Strategi ini bisa dilakukan di Instagram story dan juga Instagram feed.

3. Melemparkan Pertanyaan

accurate.id gambar Meningkatkan Komentar Instagram-3

Cara selanjutnya untuk meningkatkan komentar Instagram terbilang sangat sederhana, yakni dengan melemparkan pertanyaan dan meminta audiens untuk menjawab pertanyaan Anda di kolom komentar.

Anda hanya harus membuat caption yang menarik dan mengajak audiens untuk menjawab pertanyaan atau memberikan komentar pada konten dan caption yang sudah Anda buat. Cara yang sederhana ini mampu menciptakan interaksi dengan audiens Anda.

Ada banyak sekali interaksi yang bisa Anda ciptakan, Anda bisa melemparkan pertanyaan seperti dengan menanyakan pendapat mereka, mengajak mereka untuk memilih setuju atau tidak dengan konten yang Anda post.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak mereka untuk mengajak teman mereka agar konten Anda menjadi viral.

Baca juga: Mobile Marketing: Pengertian dan 3 Kelebihan Utama di Dalamnya

4. Membuat Konten yang Lucu

accurate.id gambar Meningkatkan Komentar Instagram-4

Tidak ada rumus yang pasti untuk membuat suatu konten menjadi viral. Namun, Anda bisa merencanakan untuk membuat konten yang mampu menyita perhatian banyak orang, salah satunya adalah dengan membuat konten yang lucu dan juga mengejutkan.

Jenis konten ini cenderung mempunyai potensi yang besar untuk dibicarakan oleh banyak orang.

Konten yang lucu dan mengejutkan juga mampu membantu siapa saja yang melihat untuk membagikannya kembali kepada teman, sehingga memiliki potensi yang besar untuk menjadi viral

Bila brand Anda saat ini bukanlah brand yang terbiasa mempublikasikan konten yang bersifat komedi, maka Anda bisa mencoba memanfaatkan momen tersebut untuk menyajikan sesuatu yang berbeda untuk audiens Anda.

Sesuatu yang berbeda tentunya bisa menjadi hal yang sangat mengejutkan dan banyak dibicarakan oleh banyak orang.

Namun, tetaplah berhati-hati untuk tidak membuat konten komedi yang bersifat menyinggung dan tidak menggambarkan brand Anda.

5. Gunakan Hashtag yang Relevan

accurate.id gambar Meningkatkan Komentar Instagram-5

Menggunakan hashtag adalah salah satu cara untuk meningkatkan engagement dan membuat suatu post berpotensi dilihat oleh banyak orang di Instagram.

Sebagian dari Anda mungkin sering melihat orang yang mempublikasikan konten dengan jumlah hashtag yang banyak. Namun, sebenarnya akan lebih baik untuk menggunakan hashtag yang relevan dan juga efektif.

Dengan menggunakan hashtag yang relevan, maka konten yang Anda posting lebih mudah ditemukan audiens yang tepat.

Dengan memberikan konten yang tepat, sesuai dengan audiens Anda melalui hashtag, maka akan memperbesar kesempatan untuk menjalin interaksi dengan audiens di kolom komentar Instagram.

Selain itu, hashtag yang relevan pun tidak akan mengganggu audiens saat membaca caption utama Anda.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang cara meningkatkan komentar Instagram. Tapi, hal penting yang harus Anda lakukan adalah membuat konten yang sesuai dan cocok dengan setiap followers Instagram Anda. Posisikanlah brand Anda sedekat mungkin dengan audiens, sehingga mereka akan tertarik untuk meninggalkan komentar.

Namun untuk melakukan hal tersebut, tentu Anda memerlukan anggaran pemasaran yang pas, yang mana dibutuhkan untuk membayar upah admin media sosial, membayar iklan media sosial, dan lain sebagainya.

Nah, bila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk membuat anggaran serta mengelolanya, #lebihbaik Anda gunakan Accurate Online saja.

Kenapa? Karena software akuntansi dan bisnis terlengkap di Indonesia ini mampu membantu Anda dalam membuat berbagai pos anggaran bisnis dan mengelolanya secara tepat. Bahkan, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara real-time.

Lebih dari itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan banyak fitur luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam mengelola persediaan stok di gudang, melakukan penjualan dan pembelian, membuat pelaporan pajak perusahaan, dan masih banyak lagi.

Masih ragu? Silahkan buktikan sendiri dengan mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini šŸ™ Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait