Content Marketing vs Social Media Marketing, Mana yang Paling Efektif?

oleh | Mar 16, 2023

source envato.

Content Marketing vs Social Media Marketing, Mana yang Paling Efektif?

Sebagian dari Anda pasti masih banyak yang mempertanyakan tentang efektivitas dari content marketing vs social media marketing. Tapi, apakah Anda sudah mengetahui perbedaan dari keduanya?

Bila Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, ayo baca terus artikel tentang content marketing vs social media marketing di bawah ini.

Pengertian Content Marketing Vs Social Media Marketing

accurate.id gambar Content Marketing vs Social Media Marketing-1

Berdasarkan laman Wikipedia, content marketing adalah kegiatan dalam membuat dan menyebarkan konten yang menarik, bermanfaat, dan juga konsisten. Tujuannya adalah agar bisa menarik pelanggan baru dan mempertahankan para pelanggan lama agar bisa memberikan keuntungan bagi bisnis.

Fungsi utama dari content marketing pun adalah untuk mempromosikan produk atau layanan yang tujuannya untuk meningkatkan brand awareness, serta membentuk persepsi para pelanggan.

Jika content marketing vs social media marketing bisa dikelola dengan baik, maka akan mampu memberikan dampak yang positif pada perusahaan.

Para pelanggan pun nantinya akan semakin yakin bahwa perusahaan memang mempunyai produk yang berkualitas. Konten marketing memang mampu dijadikan sebagai salah satu strategi marketing guna meningkatkan kredibilitas, kepercayaan, dan juga loyalitas dari pelanggan.

Di sisi lain, dilansir dari laman Wordstream, social media marketing adalah strategi pemasaran yang di dalamnya memanfaatkan platform media sosial. Jenis pemasaran ini sangat efektif, terlebih lagi bila dilakukan di era digital seperti saat ini, yang mana sebagian besar orang lebih senang menghabiskan waktu di media sosial.

Selain karena cukup praktis, jenis pemasaran ini juga mampu menjangkau para pelanggan baru dan bisa diajak berinteraksi secara langsung.

Jadi, social media marketing mampu memperluas jangkauan content marketing dengan adanya bantuan platform media sosial.

Baca juga: Pengertian Content Pillar dan 5 Cara Mudah Membuatnya

Content Marketing VS Social Media Marketing, Ini Perbedaannya!

accurate.id gambar Content Marketing vs Social Media Marketing-2

Setelah kita mengetahui bersama pengertian antara content marketing vs social media marketing, maka kita harus mengenal perbedaan antar keduanya.

Lantas, mana yang lebih efektif diantara content marketing vs social media marketing?

1. Fokus Kegiatan

Perbedaan pertama antara content marketing vs social media marketing adalah dari fokus kegiatannya. Fokus kegiatan dari content marketing bisa dilihat pada website resmi perusahaan atau bisa secara spesifik pada situs dari produk itu sendiri.

Biasanya, content marketing akan dibuat seperti blog yang memang akan diposting di website resmi perusahaan atau produk. Tapi agar pemasaran bisa dilakukan lebih efektif dan bisa menjaring lebih banyak pelanggan, maka konten tersebut juga disebarkan melalui media sosial.

Jadi, backlink atau tautan kembali dari konten tersebut akan diarahkan ke website resmi perusahaan atau website produk.

Di sisi lain, social media marketing lebih fokus pada kegiatan yang dilakukan di dalam media sosial. Jadi bila ada konten, maka konten tersebut akan segera disebarkan di berbagai media sosial resmi milik brand, atau perusahaan. Seperti di Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran

2. Jenis Konten

Perbedaan antara content marketing vs social media marketing pun bisa dilihat dari jenis konten. Dalam content marketing, konten yang disajikan akan lebih bervariasi.

Umumnya, konten yang berasal dari content marketing akan lebih banyak bercerita tentang produk ataupun layanan yang dijual. Bentuk dari konten tersebut juga dibuat lebih beragam, dari mulai blog, infografis, video, sampai dengan podcast.

Tapi dalam social media marketing, kontennya akan lebih terasa ringan karena akan dipublikasikan di media sosial. Konten tersebut juga harus disesuaikan dengan platform yang akan digunakan.

Contohnya bila ingin mengunggah konten di Instagram, tentu akan membutuhkan konten visual yang lebih menarik agar para pelanggan penasaran.

Namun, bila konten tersebut dirilis di media sosial lain, seperti media sosial Twitter, maka akan sangat dibutuhkan permainan kata. Kenapa? Karena Twitter hanya menyajikan sekitar 140 kata saja, sehingga Anda harus lebih pintar dalam membuat konten yang pendek dan menarik.

3. Tujuan Pemasaran

Perbedaan terakhir antara content marketing vs social media marketing adalah dari tujuan pemasarannya. Tujuan pemasaran dari content marketing adalah agar bisa menarik pelanggan untuk melihat situs resmi perusahaan ataupun produk. Jadi, konten yang dibuat ini bisa menceritakan hal terkait produk. Selain itu, untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dari pelanggan, maka biasanya akan dibuat konten yang bersifat edukatif.

Konten artikel ataupun video tips masih menarik di mata banyak orang, dan tentunya bisa digunakan agar bisa menarik pelanggan yang lebih banyak.

Di sisi lain, tujuan pemasaran dari social media marketing ada dua. Tujuan pertama adalah untuk meningkatkan brand awareness dari produk ataupun brand. Sedangkan tujuan kedua adalah untuk mempertahankan para pelanggan lama.

Jadi, sebuah brand bisa membangun hubungan yang baik dengan para pelanggannya melalui konten dalam bentuk tanya jawab, kuis media sosial, ataupun polling.

Baca juga: Apa Itu Microblogging Instagram? Bagaimana Cara Mudah dalam Membuatnya?

Penutup

accurate.id gambar Content Marketing vs Social Media Marketing-3

Demikianlah penjelasan dari kami tentang content marketing vs social media marketing. Dengan adanya pembahasan ini, diharapkan Anda bisa membuat keputusan yang baik tentang setiap kegiatan pemasaran, bukan hanya pada kedua kegiatan pemasaran tersebut saja.

Tapi pada intinya, kegiatan pemasaran pasti akan sangat memerlukan anggaran yang cukup agar bisa berjalan dengan mulus. Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat anggaran perusahaan, akan #lebihbaik bila Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa membuat anggaran bisnis secara lebih mudah untuk bisnis yang lebih lancar. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang siap digunakan secara real-time.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

digitalmarketingbanner
sidebarPromo
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait