14 Cara Promosi Bisnis yang Efektif

Membuat kampanye dan upaya promosi untuk bisnis Anda adalah cara yang bagus untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Anda harus melakukan riset dan mencoba beberapa jenis konten promosi untuk melihat teknik mana yang paling cocok untuk bisnis dan audiens Anda.

Semakin banyak metode yang Anda pelajari, semakin banyak kesuksesan yang dapat Anda temukan. Pada artikel ini, kami mengeksplorasi 14 cara untuk melakukan promosi bisnis kecil Anda.

Mengapa penting untuk mempromosikan bisnis Anda?

Mempromosikan bisnis Anda membantu Anda mengembangkan basis pelanggan dan meningkatkan penjualan. Ketika Anda mempromosikan bisnis Anda secara efektif, Anda menjangkau audiens yang lebih luas, membantu Anda membangun koneksi yang lebih kuat dari waktu ke waktu. Pada gilirannya, basis pelanggan yang kuat dapat memberikan lebih banyak promosi dari mulut ke mulut, yang terus memperluas bisnis Anda.

Anda memiliki berbagai pilihan untuk mempromosikan bisnis Anda, baik secara online maupun secara konvensional. Banyak taktik promosi yang relatif berisiko rendah dan berbiaya rendah, sehingga mudah untuk mulai membangun jaringan bisnis Anda.

Cara mempromosikan bisnis kecil Anda

Berikut adalah beberapa cara untuk mempromosikan bisnis kecil:

1. Buat situs web

Situs web yang mudah digunakan dan informatif dapat membantu Anda membangun bisnis dan memastikan konsumen dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan Anda.

Anda dapat menggunakan berbagai layanan untuk membuat situs web sederhana dan hemat biaya yang memerlukan sedikit atau tanpa pengetahuan teknis. Optimalkan situs web Anda untuk komputer dan ponsel untuk memudahkan pelanggan menemukan informasi yang mereka butuhkan terlepas dari perangkat yang mereka gunakan.

Bergantung pada bisnis Anda, Anda harus memiliki informasi berikut yang tersedia di situs web Anda:

  • Jam buka toko
  • Lokasi
  • Produk atau layanan yang tersedia
  • Tidak bisa
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Formulir kontak
  • Misi dan nilai-nilai
  • Sejarah dan latar belakang
  • Informasi staf

2. Pesan alat tulis dan kartu nama

Alat tulis dan kartu nama berfungsi sebagai pengingat fisik bisnis Anda dan apa yang Anda lakukan. Mereka juga membantu Anda terlihat formal dan mapan, yang dapat membantu membangun merek Anda.

Cantumkan nama bisnis, logo, situs web, dan informasi kontak Anda di semua alat tulis dan kartu nama, dan tambahkan nama karyawan individu jika Anda membuat kartu terpisah untuk para profesional utama dalam bisnis Anda.

Jika Anda memiliki slogan atau misi singkat yang dapat membuat bisnis Anda lebih berkesan, tambahkan juga ke kartu nama.

Baca juga: Upstream Marketing: Pengertian dan Strategi Membangunnya

3. Tulis blog

Sebuah blog dapat memperluas situs web Anda dan memungkinkan Anda untuk terhubung langsung dengan pelanggan Anda. Blog juga berfungsi sebagai peluang untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, terutama jika Anda menggunakan praktik SEO terbaik.

Tulis secara teratur tentang topik yang berhubungan dengan bisnis atau komunitas Anda, dan dorong pelanggan untuk meninggalkan komentar atau menghubungi Anda untuk detail lebih lanjut tentang topik tertentu.

Misalnya, bisnis pipa ledeng lokal dapat menulis posting blog tentang cara mendinginkan pipa, dan kemudian mendorong pembaca untuk menghubungi mereka untuk mendapatkan lebih banyak tip menjelang akhir artikel.

4. Kembangkan kehadiran media sosial

Sebagian besar konsumen memiliki setidaknya satu akun media sosial, jadi ada baiknya untuk membuat dan memelihara akun media sosial di berbagai platform. Mempromosikan merek Anda di media sosial lebih efektif jika Anda terus membuat postingan, yang membantu Anda terhubung secara teratur dengan konsumen dan mengumpulkan lebih banyak pengikut.

Pastikan postingan Anda konsisten di semua platform untuk mempertahankan merek Anda. Pesan dan nada Anda harus melibatkan pengikut Anda, yang mungkin memerlukan beberapa penelitian tambahan untuk memastikan suara Anda menarik bagi audiens yang Anda tuju.

Beberapa postingan yang mendapat perhatian dari semua audiens antara lain informasi tentang spesial dan diskon, update tentang produk baru dan konten menyenangkan yang berhubungan dengan brand atau komunitas Anda.

Baca juga: 8 Cara dalam Membuat Strategi Social Media Marketing yang Sukses

5. Terhubung dengan komunitas Anda

Jika Anda beroperasi di area tertentu, terhubung dengan komunitas Anda dapat menawarkan cara murah untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda. Banyak komunitas juga mencoba mendukung bisnis lokal kecil, jadi membangun diri di kota atau lingkungan Anda adalah cara yang ideal untuk membangun basis pelanggan yang kuat dan menyebarkan merek Anda dari mulut ke mulut.

Carilah acara lokal untuk berjejaring dengan grup, seperti pertemuan dukungan profesional atau acara yang berhubungan dengan bisnis Anda, seperti pameran dagang atau pasar musiman.

6. Sering melakukan networking

Jaringan membantu Anda membangun koneksi dengan mereka yang dapat mendukung merek Anda dan mungkin bersedia memberikan rujukan. Hadiri seminar terkait bisnis, dan cari acara networking yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan individu yang berpikiran sama. Bagikan kartu nama Anda untuk memberi orang lain pengingat fisik yang mereka butuhkan untuk mengunjungi situs web Anda atau menghubungi Anda untuk detail tentang bisnis Anda.

7. Bangun hubungan dengan vendor Anda

Mengembangkan hubungan dengan vendor Anda dapat memberikan beberapa manfaat, dan meningkatkan kemungkinan menerima lebih banyak rujukan adalah salah satunya.

Sebagian besar vendor memiliki hubungan yang kuat dengan bisnis lokal lainnya, sehingga Anda dapat menanyakan apakah mereka mengetahui klien bersama yang bersedia bekerja sama dengan Anda. Beri mereka beberapa kartu nama yang dapat mereka berikan kepada klien lain yang mungkin mendapat manfaat dari layanan Anda.

Baca juga: Apa itu Behavioral Targeting dan Bagaimana Manfaatnya Bagi Anda?

8. Daftarkan bisnis Anda

Untuk meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari, daftarkan bisnis Anda di layanan Google Maps atau Google my Business. Kirimkan situs web, jam buka, dan lokasi Anda ke layanan ini untuk memastikan konsumen dapat menemukan bisnis Anda saat mereka menelusuri istilah tertentu.

Misalnya, layanan renovasi rumah akan mendapat peringkat di halaman hasil mesin pencari saat pelanggan menelusuri istilah seperti “renovasi rumah” di lokasi tertentu.

9. Menjadi otoritas di niche Anda

Ketika Anda menjadi sumber tepercaya di niche Anda, konsumen mungkin lebih mungkin merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Untuk membangun otoritas di bidang Anda, tulis posting blog yang berpengetahuan luas di situs web Anda.

Pilih topik yang berkaitan dengan bisnis Anda, dan buat konten yang memberikan informasi tambahan yang membantu konsumen. Misalnya, mekanik lokal dapat menulis posting blog tentang mempelajari kapan harus mengganti ban atau memahami tanda peringatan dasbor.

Anda juga dapat menyelenggarakan webinar untuk menginstruksikan orang lain tentang topik tertentu. Pilih subjek yang Anda kuasai dengan baik, dan kirim undangan ke profesional industri dan individu yang tertarik. Webinar memungkinkan Anda terhubung dengan berbagai orang yang dapat mempromosikan merek Anda dari mulut ke mulut.

10. Kirim press release

Kapan pun bisnis Anda melakukan sesuatu yang layak diberitakan, kirimkan siaran pers ke sumber berita lokal atau situs web dan publikasi khusus. Siaran pers membantu membuat nama bisnis Anda menjadi berita, menjangkau audiens yang lebih luas di luar basis konsumen biasa Anda.

Pilih acara bisnis khusus, layanan yang Anda berikan kepada komunitas Anda atau kejadian unik lainnya, dan buat siaran pers yang dapat Anda kirim ke jaringan berita lokal.

Baca juga: Engagement Adalah Indikator Popularitas Akun Bisnis Anda, Ini Cara Memaksimalkannya!

11. Minta review jujur

Setiap kali Anda melakukan penjualan, mintalah pelanggan untuk memberikan ulasan baik di situs web Anda atau situs web layanan cantuman. Ulasan positif adalah sumber yang bagus untuk konten promosi, meskipun ulasan negatif juga memiliki peluang. Soroti ulasan positif di situs web dan akun media sosial Anda, yang berfungsi sebagai konten promosi.

Jika Anda menerima ulasan negatif, luangkan waktu untuk membuat tanggapan pribadi kepada konsumen untuk menunjukkan bahwa Anda membaca ulasan dan peduli dengan pengalaman mereka. Merespons ulasan yang kurang menguntungkan secara publik menunjukkan bahwa Anda ingin dan ingin meningkatkan bisnis Anda.

Untuk mencari tahu tips mendapatkan feedback dari pelanggan, Anda bisa membaca artikel ini.

12. Berinvestasi dalam periklanan

Iklan berbayar adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Meskipun biaya iklan berbayar sedikit lebih mahal daripada metode lain, melakukan riset untuk membuat kampanye yang terfokus dapat membantu Anda memaksimalkan laba

Gunakan iklan cetak dan online untuk menjangkau basis konsumen yang lebih luas. Kirimkan selebaran yang mengiklankan spesial dan diskon, dan tambahkan logo Anda ke kendaraan Anda untuk mempromosikan bisnis Anda secara pasif.

Iklan online membutuhkan lebih banyak percobaan dan kesalahan. Anda harus bereksperimen dengan iklan bayar per klik dan iklan di ruang yang berbeda untuk melihat apa yang paling efektif.

Gunakan metrik untuk menentukan berapa banyak lalu lintas situs web yang Anda peroleh setelah mencoba berbagai iklan untuk menentukan di mana Anda harus melanjutkan upaya Anda.

13. Bekerja sama dengan bisnis serupa

Berkolaborasi dengan bisnis serupa adalah cara yang bagus untuk menjangkau konsumen yang mau mencoba merek Anda. Carilah bisnis yang menyediakan produk atau layanan pelengkap yang dapat memberikan hubungan yang saling menguntungkan.

Tawarkan untuk mempromosikan merek mereka jika mereka mempromosikan merek Anda, yang dapat membantu meningkatkan promosi untuk Anda berdua.

Misalnya, kafe lokal dapat berkolaborasi dengan toko perlengkapan rumah khusus. Kafe menjual mug toko perlengkapan rumah, dan toko perlengkapan rumah menjual kotak teh atau kopi bermerek kafe.

14. Tawarkan diskon

Diskon adalah cara hemat biaya untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Pilih produk atau layanan yang tidak terlalu laris, lalu buat diskon untuk mendorong kunjungan pelanggan. Kirim mailer tentang diskon, dan posting di akun media sosial Anda. Metode ini tidak hanya membantu Anda membersihkan inventaris yang berkinerja buruk, tetapi juga membantu menyebarkan berita tentang merek Anda.

Baca juga: SEO dan SEM: Pengertian, Perbedaan, dan Mana yang Harus Anda Pilih?

Kesimpulan

Itulah beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan dalam melakukan promosi bisnis. Pilih dan pelajari proses promosi mana yang menghasilkan pengembalian keuntungan yang sifgnifikan sehingga Anda bisa mengkonsentrasikan biaya promosi pada proses tersebut.

Untuk mengukur pengembalian keuntugan dan pencatatan biaya yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam menghadirkan proses pembukuan yang lebih mudah dan praktis.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mencatat seluruh biaya dan transaksi yang terjadi lebih mudah, membuat faktur, melakukan manajemen persediaan dan aset, multi gudang, cabang, dan mata uang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan