Digital Public Relations: Strategi Ampuh Untuk Meningkatkatkan Performa Bisnis

Pada dasarnya, public relation adalah suatu ilmu yang terus mengalami perkembangan, terutama di era yang sudah serba digital seperti saat ini. Untuk itu, hadirlah strategi digital public relation yang diklaim sangat efektif dalam membangun tingkat kesuksesan suatu bisnis.

Strategi ini bahkan diklaim mampu meningkatkan penjualan hingga lebih dari 63% banyaknya. Oleh karena itu, strategi ini sudah tidak perlu lagi diragukan dan Anda juga harus memahami strategi dalam menjalankan strategi ini agar bisa bersaing secara maksimal di dunia online.

Agar lebih dalam memahami tentang digital public relation, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap tentang digital public relation pada Anda di bawah ini.

Pengertian Digital Public Relations

Berdasarkan laman Circa Interactive, digital public relation adalah suatu himpunan dari strategi public relation tradisional dan berbagai elemen SEO, seperti content marketing dan juga media sosial.

Bahkan, situs resmi Exposure Ninja menambahkan bahwa digital public relation adalah suatu strategi pemasaran yang bisa digunakan oleh perusahaan agar bisa meningkatkan online presence mereka.

Walaupun metode public relation secara tradisional bisa tetap digunakan, namun cara ini sering kali kurang aksesibel untuk bisnis UMKM dan juga bisnis startup.

Kenapa? Karena umumnya mendapatkan pemberitaan lebih mudah untuk didapatkan pada bisnis skala besar dengan public relation tradisional. Untuk itu, dibuatlah strategi public relation yang bisa dilakukan oleh siapa saja, bukan hanya perusahaan besar saja.

Untuk bisa melakukan digital PR, umumnya Anda bisa menjalin kerja sama dengan pakar public relation, influencer, blogger dan juga para SEP specialist.

Seorang Search Advocate yang bekerja di Google bernama John Mueller mengatakan bahwa digital PR tidak kalah penting dari SEO teknis.

Dengan adanya strategi digital public relation ini, diharapkan Anda bisa mendapatkan exposure di berbagai platform online, seperti situs berita, podcast, blog, media sosial, dan media lainnya.

Jika strategi ini dilakukan dengan baik dan benar, maka reputasi bisnis Anda juga akan berkembagn secara positif, tentunya upaya SEO Anda juga nantinya akan mendatangkan hasil yang lebih memuaskan.

Baca juga: Black Hat SEO dan Ragam Jenis Tekniknya yang Harus Dihindari

Tipe Digital Public Relations

Berdasarkan penjelasan dari laman Markitors, terdapat lima jenis digital PR yang banyak dilakukan, yaitu:

1. Unlinked Mention

Unliked mention adalah saat bisnis atau brand Anda disebut tapi tidak disertai dengan backlink ke situs website Anda. Kegiatan ini bisa terjadi di berbagai platform digital, mulai dari podcast, blog, hingga media sosial.

2. Guest Post

Guest blogging atau yang akrab dikenal dengan guest post adalah salah satu strategi digital public relation yang mana Anda menulis artikel di situs website lain yang memang mempunyai traffic tinggi. Harapannya adalah akan makin banyak orang yang mengenal bisnis Anda.

3. Directory Inclusion

Strategi ini banyak dilakukan dengan cara menambah situs bisnis Anda di suatu direktori yang memuat bisnis lain yang serupa.

4. Press Release

Sama seperti public relation tradisional, digital PR juga sama-sama melakukan strategi yang satu ini. Press release ini dilakukan saat bisnis Anda memiliki pengumuman penting yang layak untuk dijadikan berita.

5. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah bentuk kerjasama dengan tokoh terkenal yang ada di media sosial untuk bisa mendapatkan lebih banyak exposure.

Baca juga: Internet marketer: Ini Pengertian dan Tips Sukses Menjalaninya

Manfaat Digital Public Relations

1. Meningkatkan Ranking SEO

Karena memang digital PR mampu meningkatkan backlink, maka secara otomatis ranking SEO website Anda bisa lebih tinggi. Link yang ditujukan ke website Anda akan semakin relevan dan bagus dengan strategi public relation yang lebih sesuai.

2. Mengundang Banyak Traffic

Ketika upaya digital PR Anda sudah optimal dan ranking SEO Anda cukup tinggi, maka traffic situs Anda pun akan secara otomatis semakin ramai.

3. Membangun Brand Secara Positif

Brand Anda akan semakin lebih dikenal dan juga dinilai terpercaya dengan semakin banyak dikenal di beragam media atau platform online.

4. Menumbuhkan Sales

Strategi digital public relation ini pada akhirnya mampu meningkatkan angka penjualan produk bisnis Anda bila Anda menerapkannya dengan baik. Semakin banyak orang yang percaya pada brand ataupun produk Anda, maka akan semakin banyak juga pembeli produknya.

Namun, strategi digital public relation ini tidak bisa dilakukan secara asal. Diperlukan banyak sekali pertimbangan yang matang agar bisa mencapai tingkat kesuksesan yang Anda impikan.

Baca juga: Indexing: Ini Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang digital public relation. Jadi, digital public relation adalah digital public relation adalah suatu himpunan dari strategi public relation tradisional dan berbagai elemen SEO, seperti content marketing dan juga media sosial.

Metode ini mampu meningkatkan penjualan Anda secara menyeluruh bila Anda mampu menerapkannya dengan baik. Namun, Anda tetap harus menyediakan anggaran keuangan yang baik bila ingin menerapkan strategi pemasaran yang satu ini.

Selain itu, Anda juga harus mencatat anggaran ini secara baik di dalam laporan keuangan. Pencatatan tersebut harus dibuat secara akurat agar nantinya bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat kebijakan bisnis yang tepat.

Nah, untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? Karena dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati banyak fitur dan modul luar biasa yang bisa memaksimalkan efisiensi bisnis Anda.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.