Landing Page Adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Landing Page

Untuk Anda yang mengandalkan digital marketing, landing page adalah suatu komponen yang harus Anda perhatikan dengan teliti.

Kenapa? karena dilansir dari laman Hubspot, sebuah perusahaan yang mempunyai 10 hingga 15 landing page di dalam websitenya mampu meningkatkan leads hingga 55%. Sementara itu, perusahaan yang mempunyai lebih dari 40 landing page mampu meningkatkan leads nya sampai 120%.

Bukankan dampaknya sangat besar? Lalu, apa sebenarnya landing page itu? Apa manfaatnya untuk perusahaan? temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang landing page di bawah ini.

Apa itu Landing Page?

Saat ada pengunjung yang mampir ke website Anda, maka terdapat dua pilihan yang ingin mereka lakukan. Pertama, mereka ingin sekedar membaca-baca website Anda. Kedua, mereka ingin melakukan hal lebih. Disinilah landing page memiliki peranan yang penting.

Bersumber dari laman Unbounce, landing page adalah suatu halaman website yang dibuat secara khusus untuk suatu program marketing campaign atau iklan. Umumnya, para pengunjung akan mengklik suatu link dari email, iklan Google, media sosial, atau berbagai sumber lainnya. Lalu, halaman yang mereka buka dari link tersebutlah yang kita kenal dengan landing page.

Landing page menjadi suatu kesempatan yang sangat berharga untuk para pebisnis dalam memperoleh informasi pengunjung. Dalam hal ini, para pengunjung akan diminta untuk bersedia memasukan berbagai data pribadinya, seperti jenis kelamin, email, usia, hingga nomor telepon.

Selain itu, fungsi lain dari landing page adalah agar bisa meningkatkan conversion rate. Conversion rate adalah suatu angka persentase yang menunjukkan seberapa jauh suatu website mampu menarik para pengunjung dalam melakukan suatu kegiatan.

Tindakan tersebut bisa beragam, mulai dari membuat akun, subscribe newsletter, sampai membuka suatu informasi promo. Misalnya, Anda mempunyai sebuah website e-commerce. Bila ada pengunjung yang langsung mengunjungi halaman utama website Anda, maka kemungkinan besar mereka hanya akan melihat-lihat saja.

Tapi, bila Anda mampu mengarahkan mereka ke landing page secara langsung, maka Anda bisa meminta mereka untuk mengisi seluruh informasi data diri mereka, termasuk di dalamnya email. Jadi, meskipun mereka tidak tertarik untuk membeli produk di website Anda, Anda masih mempunyai peluang untuk menghubungi mereka via email.

Anda bisa mengirim berbagai informasi promo, update produk terbaru, sampai penawaran menarik lainnya. Sehingga, Anda tidak akan kehilangan pengunjung secara sia-sia.

Landing page adalah suatu hal yang menarik untuk digunakan. Tapi, Anda tidak bisa menggunakannya secara asal. Dengan beragam fungsi yang ada di dalamnya, mungkin Anda tertarik untuk menentukan banyak tujuan landing page sesuai kebutuhan Anda.

Tapi, bersumber dari laman Unbounce, landing page yang baik adalah suatu halaman yang hanya mempunyai satu fokus tujuan yang umumnya dikenal dengan call to action (CTA).

Baca juga: User Research: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Melakukannya

Manfaat Landing Page

Berdasarkan penjelasan lengkap di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa landing page adalah suatu komponen yang berperan penting dalam kesuksesan suatu kegiatan marketing.

Selain berbagai hal yang sudah kita bahas bersama di atas, ada beberapa manfaat lain dari landing page yang harus Anda ketahui. Apa saja? Berikut ini uraian lengkapnya.

1. Media Promosi

Manfaat yang pertama dari landing page adalah sebagai media promosi yang efektif. Dengan landing page, Anda bisa menampilkan berbagai informasi singkat dengan font yang besar terkait promosi atau kampanye marketing yang sedang Anda jalankan bersama tim.

Walaupun Anda sedang mempunyai berbagai jenis promosi, tapi Anda hanya perlu menonjolkan salah satu promosi saja di dalam halaman landing page Anda.

2. Meningkatkan Conversion Rate

Selain bisa digunakan sebagai media promosi, manfaat lain dari landing page adalah agar bisa meningkatkan persentase conversion rate Anda. sehingga, para pengunjung tidak hanya mengunjungi situs Anda saja.

Selain itu, mereka juga bisa melakukan suatu aksi yang Anda mau, seperti dengan berlangganan newsletter atau membuat akun di dalam website Anda. Dilansir dari laman resmi Crazy Egg, conversion rate yang tinggi mampu meningkatkan minat pengunjung untuk masuk ke marketing funnel yang lebih dalam.

3. Mendapat Data Leads

Manfaat yang ketiga dari memiliki landing page adalah mampu memperoleh data leads. Walaupun ini tergantung dengan jenis landing page yang Anda manfaatkan, tapi biasanya landing page akan meminta informasi dari para pengunjung, seperti email, nama, jenis kelamin, dll.

Minimal, Anda sudah mendapatkan informasi dasar tentang para pengunjung tersebut agar bisa Anda analisa lebih dalam.

Contoh Landing Page Efektif

1. Airbnb

Airbnb adalah salah satu platform yang bergerak pada persewaan properti. Perusahaan startup ini melakukan kerjasama antara para pemilik properti dengan mereka yang tertarik untuk bisa memanfaatkan properti tersebut.

Beberapa waktu yang lalu, Airbnb pun turut melakukan penyebarluasan layanan. Mereka membuka layanan wisata yang bisa diatur dengan airbnb. Mulai dari tur kuliner, touring, kelas memasak, hingga pengalaman wisata yang mampu memberikan efek sosial. Seluruh hal tersebut bisa diatur menggunakan Airbnb.

Nah, gambar diatas adalah landing page untuk pihak partner Airbnb. Di bagian sisinya Anda bisa mengecek perkiraan uang yang bisa diperoleh dengan menyewa properti Anda.

Tips membuat landing page Seperti Airbnb:

  • Tampilkan foto interaksi antar manusia saat Anda meminta para pengunjung untuk bergabung ke program yang sedang Anda tawarkan.
  • Objek harus ditempatkan di sisi kiri dan akan menjadi fokus pengguna. Untuk itu, sebelumnya Anda harus membuat poin yang ingin Anda tampilkan di bisnis Anda.
  • Buatlah suatu formulir dengan kolom yang singkat.

2. Neil Patel

Sebagian besar dari kita pasti sudah kenal dengan Neil Patel. Beliau adalah penulis dan praktisi pemasaran yang memiliki pengaruh besar di dunia. The Wall Street Journal menyebutnya di dalam deretan influencer marketing, terutama dalam bidang website.

Entrepreneur Magazine memasukan perusahaan milik Neil Patel ke dalam daftar 100 perusahaan paling pintar. Dirinya juga sempat disebut sebagai 100 pengusaha sukses yang berada di usia 30 tahun oleh Presiden AS Barack Obama.

Di dalam website resminya, Neil patel mampu menyajikan beragam tools untuk kegiatan marketing. khususnya, seluruh tools yang digunakan untuk melakukan optimasi kinerja website.

Neil Patel memiliki landing page jenis led generation. Dirinya mengajak setiap pengunjung untuk bersedia mengisi kolom email yang sudah disediakan. Lalu, email tersebut nantinya dimanfaatkan untuk berbagai insight dan juga tips dari Neil Patel.

Tips Membuat Landing Page Ala Neil Patel

Buatlah landing page dengan ilustrasi desain gambar yang unik, simple dan mampu meningkatkan rasa partisipasi dari para pengunjung. Game atau permainan seperti lucky wheel mampu meningkatkan rasa cepat bagi para pengunjung untuk segera mengikuti tawaran yang Anda berikan.

Selain itu buatkan headline yang singkat, padat dan jelas. Lampirkan juga berbagai keterangan penting di bawah dan URL ke halaman privacy policy dan term of service. Keduanya sangat penting, khususnya bila audiens Anda berasal dari seluruh dunia.

3. Uniqlo

Uniqlo adalah salah satu clothing brand bertaraf internasional yang sangat disukai oleh generasi milenial. Mereka terkenal dengan pakaian yang sederhana, bersih, versatile, dan sangat pas untuk laki-laki dan juga perempuan.

Tingkat popularitas brand dari Jepang ini mulai merambah ke beberapa negara, seperti Kanada, Cina, Jerman, Bangladesh, India, Indonesia, dan ke 17 negara lain.

Uniqlo selalu membuat landing page yang bernuansa simpel. Mereka selalu menyiapkan latar putih dan logo pada bagian atasnya. Lalu, ada juga ajakan untuk mengisi kolom email. Dari hal tersebut, mereka memperoleh data yang kemudian akan mengirim email berupa berita atau promosi produk pada pengunjung.

Tips Membuat Landing Page Seperti Uniqlo

Cobalah untuk menyesuaikan landing page dengan branding bisnis Anda. tempatkan logo brand bila desain landing page Anda sederhana. Minimal, logo tersebut akan membuat tampilannya lebih mudah diingat oleh para audiens.

Lalu, berikan juga opsi promosi untuk para audiens agar mereka akan memperoleh informasi yang mereka inginkan saja.

Baca juga: Blogwalking Adalah Kegiatan Untuk Meningkatkan Traffic Blog, Benarkah?

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang landing page. Jadi, landing page adalah suatu halaman berbeda dari situs bisnis yang dibuat untuk bisa meningkatkan conversion rate dan keuntungan.

Namun, bila Anda sudah berhasil memperoleh keuntungan, jangan lupa untuk selalu mencatatnya di laporan keuangan Anda agar bisa Anda jadikan sebagai referensi tepat dalam menentukan keputusan bisnis dan mengetahui posisi keuangan Anda.

Agar lebih mudah dalam mencatat laporan keuangan tersebut, gunakanlah software akuntansi terbaik dari Accurate Online.

Software akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia ini mampu menyediakan 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Silahkan coba Accurate Online selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah