User Research: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Melakukannya

User research atau riset pengguna berguna untuk bisnis karena memberi mereka gambaran lengkap tentang dampak desain terhadap audiens target mereka. Memahami pengaruh desain Anda memungkinkan Anda mempersempit persona pengguna dan opsi desain untuk antarmuka Anda. Setelah Anda mengidentifikasi desain yang diinginkan perusahaan Anda, Anda dapat melanjutkan ke fase berikutnya dalam membangun situs web dan aplikasi seluler Anda.

Dalam artikel ini, kami menguraikan apa itu user research, mengapa itu penting, dan bagaimana melakukan user research.

Apa itu User Research?

User researh atau riset pengguna adalah kumpulan data yang terkait dengan perilaku pelanggan, permintaan, analisis pasar, dan motivasi untuk membeli suatu produk. Itu juga memberikan cara berbeda yang diberikan audiens kepada perusahaan tempat mereka membeli.

User research umumnya dilakukan oleh user experience (UX) untuk menemukan desain terbaik untuk situs web atau aplikasi ponsel cerdas klien mereka. Beberapa metode untuk melakukan penelitian termasuk survei, focus group, dan wawancara untuk mencatat laba atas investasi (ROI) pada desain yang Anda luncurkan ke publik.

Keuntungan dari User Research

Data yang diterima dari riset pengguna menawarkan pandangan sekilas ke dalam perspektif audiens target Anda. Berikut adalah beberapa manfaat yang menguraikan pentingnya riset pengguna:

Membandingkan data kualitatif dan kuantitatif

Penelitian pengguna menerapkan metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk menilai kualitas penelitian. Penelitian kualitatif terdiri dari pengumpulan data non-numerik yang mencakup praktik seperti membuat persona pengguna, bekerja dengan skenario dan analisis konten yang berbeda, sedangkan data kuantitatif menyoroti angka di balik dampak desain seperti peningkatan lalu lintas organik dan lalu lintas media sosial. dari sebuah desain.

User research memberi Anda rencana untuk tidak hanya mendekati pengumpulan data Anda, tetapi juga untuk memutuskan bagaimana Anda berencana untuk mengevaluasi data yang Anda kumpulkan untuk memastikan peningkatan kinerja.

Baca juga: SMS Marketing: Pengertian dan Tips Sukses Menggunakannya

Mengkonsolidasikan waktu untuk membuat desain

User research juga membantu Anda menemukan desain relevan yang sesuai dengan audiens target Anda.

Anda juga dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan perbaikan dengan mencari tahu apakah pengguna menikmati interaksi mereka dengan konten Anda dan apakah perusahaan atau klien Anda mendapatkan umpan balik yang baik tentang konten sebelum mencari untuk memperluas upaya pemasaran.

Anda harus mendapatkan umpan balik langsung dan langsung, sehingga saran mereka untuk perbaikan lebih berarti bagi tujuan yang ingin Anda capai.

Mempersingkat proses evaluasi desain sebelumnya

Saat Anda meluangkan waktu untuk mengevaluasi desain sebelumnya, Anda dapat mempertimbangkan data kuantitatif untuk melihat ROI yang tepat yang diperoleh perusahaan dari desain yang terkait dengan kampanye pemasaran dan iklan mereka.

Data ini dapat menjadi key performance indicator (KPI) yang merinci apakah Anda telah mencapai kesuksesan atau jika Anda perlu melakukan penyesuaian pada desain dan fungsionalitas antarmuka agar lebih ramah pengguna.

Pastikan Anda membuat data ini tersedia untuk semua desainer dan pengembang, sehingga Anda semua berada di halaman yang sama saat membuat perubahan.

Kekurangan User Research

Penting juga untuk memahami kelemahan riset pengguna, seperti aspek berikut:

Ini bukan ulasan produk

User research biasanya difokuskan pada kinerja implementasi desain daripada kualitas produk, terutama jika diproduksi oleh produsen. Pengguna mungkin bertujuan untuk menggunakan situs web sebagai saluran untuk berbicara tentang produk, jadi sebaiknya pantau kotak surat email Anda jika pelanggan memutuskan untuk menghubungi perusahaan Anda secara langsung.

Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah ketika sebuah situs web dianggap sebagai “produk” yang berarti bahwa pengembang web Anda harus ekstra waspada dengan metode riset pengguna untuk meningkatkan penjualan dan tingkat retensi pelanggan.

Ini bukan strategi

Konsep user research tidak merumuskan strategi desain. Sebaliknya, riset pengguna menyediakan alat dan sumber daya bagi Anda untuk menjalankan desain dengan cara yang ditargetkan dan bermakna bagi audiens Anda.

Kuncinya di sini adalah Anda tidak dapat menargetkan setiap audiens, tetapi riset pengguna membantu Anda mengetahui apakah Anda menarik orang yang tepat untuk berinteraksi dengan desain ini. Fungsionalitas situs web Anda harus selaras dengan dampak yang diinginkan.

Baca juga: Cara Menambah Viewer YouTube Paling Mudah dan Ampuh untuk Pemula

Bagaimana Cara Melakukan User Research?

Berikut adalah empat langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan riset pengguna dengan benar:

1. Identifikasi KPI yang menunjukkan desain Anda berhasil

KPI menampilkan pengukuran yang melacak kinerja selama periode tertentu. Pastikan untuk mencatat periode waktu Anda mengukur KPI untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Sebelum Anda melanjutkan dengan riset pengguna, tentukan KPI mana yang mengukur keberhasilan desain Anda. Beberapa KPI yang perlu dipertimbangkan meliputi:

  • Pengunjung situs web
  • Lalu lintas seluler
  • Peringkat SEO
  • Tarif klik-tayang
  • Retensi dan kepuasan pelanggan

2. Memilih dan melakukan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif

Pilih metode mana yang ingin Anda gunakan untuk mengukur keberhasilan KPI Anda. Anda ingin memiliki campuran data kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui apakah angka-angka tersebut sesuai dengan perilaku audiens target Anda menggunakan antarmuka.

Misalnya, penelitian persona pengguna mengidentifikasi individu yang sering mengunjungi situs web Anda: Anton, 40 tahun, adalah seorang guru dari Jakarta, menikah dan memiliki dua anak dan menggunakan perangkat di tempat kerja dan di rumah untuk membantunya menilai makalah yang dibuat oleh muridnya.

Anda dapat membuat desain yang menargetkan persona ini untuk melihat apakah jumlah pengunjung situs web (penelitian kualitatif) meningkat selama periode enam bulan. Anda mungkin perlu mengubah cakupan audiens Anda menjadi audiens yang lebih muda jika Anda mencoba meningkatkan lalu lintas situs web.

3. Bandingkan hasil dengan desain yang berbeda

Cobalah untuk membuat desain yang berbeda untuk mengetahui apakah Anda melihat perubahan nyata dalam hasil kuantitatif. Namun, sangat penting untuk memilih garis waktu untuk produksi desain dan tahap pengujian desain tersebut.

Menyegmentasikan waktu Anda memberi Anda kemampuan untuk mempelajari dampak digital dari pengguna yang mengunjungi situs web Anda dan perjalanan yang mereka lakukan saat menavigasi antarmuka.

4. Pilih desain yang ingin Anda lanjutkan

Sekali lagi, hasil kualitatif dan kuantitatif harus cocok dan menunjukkan jalur bagi Anda untuk melanjutkan. Dengan kata lain, setiap peningkatan statistik kuantitatif dan jumlah ulasan positif pelanggan dari survei patut diperhatikan dan dapat menjadi tanda bagi Anda untuk menggunakan desain ini daripada yang lain.

Baca juga: Poka Yoke: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Prinsip, dan Contohnya

Kesimpulan

user research adalah hal penting yang harus Anda lakukan jika Anda adalah seorang pengembang website atau aplikasi agar desain dan proses penggunaan sesuai dengan target user yang Anda targetkan.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang sedang mendari solusi untuk proses pembukuan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi kemudahan proses pembukuan dan operasional bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, manajemen aset dan persediaan, pembuatan faktur, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan