Ingin Membuat Marketing Copy? Ikuti Cara Ini

oleh | Nov 30, 2021

source envato.

Ingin Membuat Marketing Copy? Ikuti Cara Ini

Bisnis menggunakan marketing copy  untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan klien potensial. Kata-kata yang tepat di tempat yang tepat dapat menarik pelanggan dan meyakinkan mereka untuk mengambil tindakan. Marketing copy dapat memperkenalkan produk, menceritakan sebuah kisah, menjelaskan fitur dan mendorong orang untuk membeli produk Anda.

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu copy marketing, apa yang membuat copy marketing sukses, perbedaan antara copywriting dan konten marketing dan bagaimana menulis marketing copy yang efektif.

Apa itu marketing copy?

marketing copy atau salinan pemasaran adalah konten yang ditulis untuk mempromosikan atau menjual produk atau layanan atau untuk membujuk pembaca agar mengambil tindakan tertentu.

Salinan pemasaran adalah alat yang berguna untuk mendidik pelanggan, menyediakan sumber daya, dan detail informasi kontak untuk membantu bisnis meningkatkan kesadaran akan produk dan layanan mereka.

Berbagai jenis salinan pemasaran meliputi:

  • Bentuk panjang: Salinan bentuk panjang mengacu pada artikel atau posting yang berisi lebih banyak salinan daripada rata-rata, umumnya 1.000 kata atau lebih.
  • Bentuk pendek: Salinan bentuk pendek mencakup lebih sedikit salinan, biasanya antara 500 dan 800 kata.
  • Konten web: Salinan web muncul di situs web perusahaan dan dapat mencakup biografi staf, riwayat perusahaan, dan deskripsi layanan. Konten web juga dapat mencakup blog dan artikel majalah online.
  • Media sosial: Salinan media sosial mencakup posting di jejaring sosial yang dirancang untuk menjual atau mempromosikan produk atau layanan. Postingan ini sering kali menyertakan tautan langsung untuk membeli produk.
  • Penjualan: Salinan penjualan adalah konten deskriptif atau promosi apa pun dan dapat muncul dalam iklan, advertorial, atau katalog produk.
  • Teknis: Salinan teknis adalah salinan yang berfokus pada fitur produk atau layanan dan dukungan pelanggan melalui panduan pengguna, kertas putih, dan proposal.
  • Hubungan masyarakat: Salinan hubungan masyarakat mengacu pada salinan yang dirancang untuk media yang menghadap publik, seperti siaran pers dan pernyataan perusahaan.

Bagaimana cara membuat marketing copy yang baik?

Banyak elemen menghasilkan salinan pemasaran yang baik dan efektif, termasuk:

  • Ajakan bertindak yang jelas: Salinan pemasaran yang baik meyakinkan pembaca untuk mengambil langkah keterlibatan berikutnya dan segera menjawab ajakan bertindak.
  • Kalimat dan nada yang mudah dibaca: Salinan harus mudah dibaca, menarik dan persuasif.
  • Solusi untuk masalah pembaca: Salinan pemasaran yang sukses berbicara kepada audiens yang dituju, mengatasi masalah, kebutuhan, atau minat khusus dan mengidentifikasi masalah dan menawarkan solusi.
  • Reaksi emosional: Untuk mempertahankan perhatian pembaca, salinan pemasaran bisa bersifat emosional, lucu, atau mengejutkan. Mengejutkan pembaca atau memprakarsai perasaan yang kuat dapat membantu membuat produk dan perusahaan Anda mudah diingat.
  • Merek dan kepribadian perusahaan: Salinan pemasaran yang efektif juga berbicara langsung ke elemen yang berbeda dari sebuah perusahaan, produk atau layanan. Salinan adalah representasi perusahaan, dan komponen yang membuat merek unik harus menonjol dalam salinan pemasaran.

Salinan pemasaran berhasil jika memenuhi tujuan produktivitas dan ROI. Ini dapat diukur dengan metrik berikut:

  • Peningkatan lalu lintas situs web
  • Peningkatan jumlah klik
  • Peningkatan email atau pertanyaan telepon
  • Peningkatan jumlah pelanggan buletin
  • Peningkatan waktu yang dihabiskan di situs web
  • Peningkatan keterlibatan media sosial, termasuk suka, komentar, bagikan, dan ikuti
  • Peningkatan tingkat konversi, atau jumlah pengunjung situs web atau pengikut media sosial yang menjadi pelanggan yang membayar

Baca juga: Apa Itu Social Media Influencer? Berikut Pengertian, Jenis dan Tips Memilihnya

Apa perbedaan antara copywriting dan content marketing?

Copywriting dan content marketing berbeda dalam tujuan dan ruang lingkup. Copywriting berfungsi untuk meyakinkan pembaca untuk mengambil tindakan tertentu, seperti menelepon bisnis atau mendaftar untuk konferensi. Content marketing berfungsi untuk meningkatkan pelanggan dan lalu lintas situs web atau meningkatkan kesadaran merek.

Copywriting dan content marketing memerlukan strategi yang berbeda untuk menjadi sukses. Copywriting yang efektif ringkas dan langsung dengan ajakan bertindak yang jelas. Misalnya, ajakan bertindak copywriting dapat mengatakan “Pelajari lebih lanjut di situs web kami”.

Content marketing, sebaliknya, seringkali lebih deskriptif dan jelas. Ini berfokus pada mendidik dan menarik pembaca daripada menjual sesuatu kepada pembaca. Dalam contoh copywriting sebelumnya, ajakan bertindak “pelajari lebih lanjut di situs web kami” dapat tertaut ke halaman arahan yang berisi salinan pemasaran konten tentang produk, layanan, atau anggota tim.

Copywriting sering muncul di media berikut:

  • Iklan cetak dan televisi
  • Kampanye direct mail
  • Email penjualan
  • Iklan spanduk di situs web

Pemasaran konten muncul di ruang berikut:

  • Blog
  • Artikel
  • Podcast
  • Landing page
  • Email pendidikan
  • Advertorial

Bagaimana menulis copy marketing yang efektif?

Berikut adalah 21 tips untuk menulis salinan pemasaran yang efektif dan menarik.

1. Tentukan tujuan Anda

Sebelum menulis salinan apa pun, putuskan apa tujuan spesifik Anda, seperti peningkatan lalu lintas situs web, pengikut media sosial baru, atau lebih banyak pengunjung di dalam toko. M

engetahui tujuan Anda sebelumnya memungkinkan Anda untuk melakukan brainstorming solusi untuk masalah tersebut dan mengintegrasikan solusi ke dalam salinan Anda. Karena salinan dapat digunakan untuk banyak tujuan pemasaran, Anda dapat memilih jenis salinan pemasaran yang akan Anda tulis—apakah itu blog atau iklan—setelah Anda mengetahui apa tujuan Anda.

2. Kenali audiens Anda

Identifikasi pelanggan ideal Anda dan teliti persona ini secara menyeluruh, termasuk:

  • Suka dan tidak suka
  • Gaya hidup dan kebiasaan keluarga
  • Tujuan karir
  • Ketertarikan dan hobi
  • Kekhawatiran utama

Memahami kepada siapa Anda menulis dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk menawarkan kepada pembaca apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

3. Gunakan nada yang tepat

Suara dan nada salinan pemasaran harus mencerminkan nilai dan budaya perusahaan yang diwakili oleh salinan tersebut. Sebuah firma hukum perusahaan internasional dapat mengambil manfaat dari nada formal dan profesional, sedangkan toko skateboard lokal dapat memilih nada santai, percakapan, dan ramah.

4. Tambahkan pembukaan yang kuat

Seorang copywriter pemasaran memiliki sedikit waktu untuk mendapatkan perhatian pembaca. Pilih tajuk yang berani dan deskriptif yang memberi tahu pembaca informasi apa yang Anda berikan dan mengapa itu penting bagi mereka. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan, menjelaskan bagaimana melakukan sesuatu atau menawarkan refleksi pribadi. Perhatikan contoh judul berikut:

  • Tahukah Anda Berapa Biaya Pensiun Anda?
  • Mengapa Saya Memutuskan untuk Membuka Bisnis Sendiri

Baca juga: Social Listening: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

5. Utamakan pembaca

Tulislah dengan mempertimbangkan minat dan perasaan pembaca dengan menggunakan pernyataan “Anda” dan “milik Anda” daripada pernyataan “saya” dan “saya”. Misalnya, alih-alih menulis, “Saya pikir pelanggan saya sudah siap untuk diskon dan obral”, cobalah “Anda tidak ingin melewatkan obral produk favorit Anda akhir pekan ini.”

6. Memecahkan masalah

Setelah mengetahui audiens target, Anda dapat menentukan produk atau layanan apa yang Anda tawarkan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan spesifik audiens tersebut.

Misalnya, bisnis perawatan anjing dapat menargetkan profesional yang sibuk dengan layanan seluler yang mempromosikan salinan, seperti “Terlalu sibuk untuk memotong rambut Fido? Kami datang kepada Anda!”

7. Jadikan konten Anda eksklusif

Ciptakan rasa eksklusivitas dengan membagikan sebagian kecil konten dan menawarkan kepada pembaca kesempatan lebih banyak melalui ajakan bertindak yang kuat, seperti berlangganan buletin atau memberikan nomor telepon atau alamat email. Hanya pembaca yang mengambil langkah ini yang menerima konten tambahan atau penawaran eksklusif.

8. Daya tarik emosi

Menggunakan bahasa emosional yang kuat dapat meningkatkan minat dan keterlibatan pembaca. Misalnya, iklan liburan untuk toko kelontong sering menarik emosi berkumpul dengan keluarga dan membuat kenangan.

Pertimbangkan salinan yang membangkitkan beberapa emosi ini:

  • Terkejut
  • Kejutan
  • Sukacita
  • Kenyamanan
  • Amarah

9. Buat pembaca tertawa

Membuat pembaca tertawa dapat membantu mereka mengingat merek Anda dan membagikannya kepada orang lain. Salinan humor bisa konyol, mengejutkan, atau dramatis.

Misalnya, salinan referensi diri tidak terduga dan mungkin menyertakan baris dalam iklan media sosial seperti “Berhenti menggulir! Saya mencoba menjual, maksud saya, memberi tahu Anda sesuatu.”

Baca juga: 14 Cara Promosi Bisnis yang Efektif

10. Bantu pembaca memahami

Anda dapat meningkatkan dampak salinan Anda dengan menggunakan contoh dan metafora, yang membantu menciptakan gambar yang bermakna dan mudah diingat. Misalnya, sebuah perusahaan teknologi informasi dapat menggunakan contoh sehari-hari untuk menggambarkan bagaimana perangkat lunak keamanan mereka berfungsi, seperti pintu dengan 1.000 kunci.

Anda juga dapat menggunakan analogi untuk membantu menjelaskan konsep abstrak. Sebuah perusahaan perawatan kesehatan dapat menggunakan analogi untuk lebih menggambarkan kepada pasien bagaimana prosedur medis tertentu bekerja.

11. Sertakan manfaat unik

Untuk membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing, Anda dapat membagikan faktor pembeda unik yang membedakan perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa contoh manfaat unik yang dapat Anda sertakan dalam salinan pemasaran:

  • Produk buatan tangan
  • Lisensi atau sertifikasi khusus
  • Praktik sadar lingkungan
  • Persediaan yang bersumber secara etis
  • Penghargaan industri
  • Keterlibatan komunitas

12. Integrasikan statistik

Statistik dapat menambah kredibilitas pada tulisan Anda, membuatnya lebih persuasif. Daripada menggunakan istilah seperti “kebanyakan orang”, pertimbangkan untuk menggunakan persentase atau data numerik lainnya.

13. Sederhanakan kalimat dan paragraf

Temukan cara paling sederhana dan paling jelas untuk mengomunikasikan pesan Anda. Sederhanakan tulisan Anda dengan:

  • Menulis kalimat yang lebih pendek dan paragraf yang lebih pendek
  • Memilih kata-kata yang lebih kecil dan lebih ramah pembaca
  • Menggunakan daftar atau poin-poin daripada paragraf

14. Gunakan kata-kata pelanggan sendiri

Menyertakan testimonial dan kisah sukses dalam salinan Anda membantu pembaca terhubung dengan merek Anda. Melihat orang nyata mengalami hasil nyata dapat membantu memvalidasi klaim pemasaran Anda.

15. Tunjukkan, jangan katakan

Alih-alih menceritakan tentang fitur atau layanan, cobalah untuk menunjukkan kepada pembaca manfaat melalui citra dan tindakan. Misalnya, sebuah restoran dapat mengganti salinan, “Coba pizza besar kami yang lezat” dengan “Nikmati keju mozzarella parut segar setinggi 18 inci dengan saus pizza buatan sendiri dan sayuran panggang lokal.”

16. Pilih kata kerja tindakan

Pilih kata kerja aktif daripada kata kerja “menjadi”. Misalnya, Anda dapat mengganti, “Rumah ini nyaman dan diperbarui” dengan “Bersantai di sofa mewah, dan jelajahi semua peningkatan yang nyaman.”

17. Sertakan ajakan bertindak yang spesifik dan kreatif

Anda dapat meningkatkan tingkat konversi dan penjualan Anda dengan menyertakan ajakan bertindak yang jelas dalam salinan pemasaran Anda. Menciptakan urgensi mendorong pembaca untuk bertindak cepat. Anda dapat menggunakan frasa seperti “persediaan terbatas” atau “penawaran segera berakhir”.

Ajakan bertindak bervariasi tergantung pada langkah yang Anda ingin pembaca lakukan dan dapat mencakup:

  • Panggilan
  • Mengunjungi situs web
  • Mendaftar untuk daftar email
  • Mendaftar untuk atau menghadiri acara
  • Membeli produk

Pertimbangkan juga untuk menggunakan ajakan bertindak yang kreatif dan jelas yang menarik perhatian pembaca. Misalnya, alih-alih “Telepon untuk informasi lebih lanjut”, sekolah renang dapat menggunakan “Selami pelajaran renang musim panas ini dengan menelepon kami hari ini.”

Baca juga: Blog Adalah Media Online yang Mampu Membantu Strategi Pemasaran, Ini Caranya!

18. Optimalkan konten Anda untuk media yang sesuai

Semakin tinggi peringkat salinan Anda dalam pencarian internet, semakin besar kemungkinan calon pelanggan menemukan situs Anda dan melakukan pembelian. Jika Anda menulis salinan web, gunakan teknik pengoptimalan mesin telusur untuk meningkatkan peringkat penelusuran konten Anda, termasuk:

  • Menggunakan kata kunci
  • Menambahkan judul dan subjudul
  • Mengedit deskripsi meta untuk memasukkan kata kunci
  • Menentukan jenis konten serupa peringkat tinggi, seperti daftar, posting blog, dll.

Jika Anda menulis untuk bahan cetak, cobalah untuk memasukkan tajuk utama yang menarik yang akan mendorong pembaca untuk berhenti dan membaca.

19. Edit dan periksa ulang

Draf pertama adalah kesempatan Anda untuk menulis dengan bebas dan mengeksplorasi banyak ide berbeda. Proses pengeditan sangat penting untuk merampingkan ide-ide bagus Anda menjadi konten yang efektif. Saat mengedit, Anda dapat meningkatkan pengaturan dan kejelasan dengan:

  • Menambahkan elemen organisasi seperti judul
  • Menghapus konten yang tidak perlu
  • Menerapkan ejaan dan tata bahasa yang tepat
  • Memastikan nada yang konsisten

20. Minta orang lain untuk membaca salinannya

Pertimbangkan untuk meminta satu atau dua penulis, editor, atau supervisor untuk membaca salinan Anda sebelum menerbitkannya untuk memastikan bahwa tulisan tersebut bebas dari kesalahan, masuk akal, dan mengkomunikasikan pesan yang Anda maksudkan.

Baca juga: Ingin Membangun Merek? Perhatikan 4 Langkah ini

21. Uji salinan Anda

Gunakan dua atau tiga versi berbeda dari salinan pemasaran Anda dan uji versi mana yang paling berhasil. Anda dapat menggunakan metrik seperti rasio klik, penjualan, dan panggilan telepon untuk membandingkan efektivitas setiap versi salinan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai marketing copy dan cara membuatnya yang akan berguna bagi pemasaran produk atau layanan Anda. Membuat copy atau salainan yang sesuai target audiens Anda adalah langkah penentu untuk copy yang berhasil dan pesan dari produk Anda tersampaikan.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang membutuhkan solusi kemudahan pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses akuntansi dan administrasi bisnis yang lebih baik.

Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

digitalmarketingbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait