Apa Itu Microblogging Instagram? Bagaimana Cara Mudah dalam Membuatnya?

oleh | Mar 1, 2023

source envato.

Apa itu Microblogging Instagram? Bagaimana Cara Mudah dalam Membuatnya?

Dewasa ini, sebagian besar dari kita pasti sering melihat jenis postingan yang disebut dengan microblogging Instagram. Popularitas tersebut kemungkinan membuat Anda ingin mengetahui cara membuatnya.

Nyatanya, cara tersebut mampu meningkatkan variasi konten Anda. Terlebih lagi, jenis konten ini mampu meningkatkan engagement akun Instagram Anda secara signifikan.

Nah, untuk Anda yang ingin membuat konten microblogging Instagram, Anda bisa terus membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Microblogging

accurate.id Gambar Microblogging Instagram-1

Berdasarkan laman SoulfulMBA, microblogging adalah sebuah teknik pembuatan konten yang mana didalamnya berisi informasi singkat terkait sebuah topik yang isinya seperti blog, namun dalam bentuk yang lebih ringkas.

Pada dasarnya, terdapat beberapa situs tertentu yang memang didesain untuk membuat microblog, contoh sederhananya seperti Tumblr, Twitter, hingga Facebook.

Namun karena meningkatnya pengguna Instagram, maka media sosial ini berevolusi tidak hanya menjadi platform media sosial berbagai foto saja, tapi juga berbagai hal lainnya. Kehadiran berbagai fitur di Instagram ini juga dimanfaatkan oleh setiap penggunanya agar bisa memaksimalkan konten yang telah mereka buat.

Selain itu, para pengguna media sosial Instagram juga berusaha keras untuk meningkatkan engagement dari berbagai akun mereka dengan banyaknya fitur yang telah disediakan oleh Instagram.

Salah satu fitur tersebut adalah carousel. Fitur ini memungkinkan setiap pengguna untuk bisa meng-upload foto hingga sepuluh buah di media sosial Instagram. Nantinya, setiap pengguna bisa melihatnya dengan cara menggeser atau swipe dalam rangkaian konten tersebut.

Tentunya hal ini memicu kreativitas konten kreator untuk bisa membuat konten yang lebih informatif di media sosial instagram, seperti membuat microblogging Instagram, sehingga isinya tidak hanya sekedar foto saja.

Jenis konten ini ternyata memperoleh reaksi yang bagus dan mampu meningkatkan engagement. Untuk itu, jangan heran jika semakin banyak konten kreator yang mencoba membuat konten serupa.

Baca juga: 6 Cara Menghitung Engagement Rate dengan Mudah Demi Maksimalkan Campaign Anda

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat

accurate.id Gambar Microblogging Instagram-2

Jika Anda tertarik untuk membuat konten microblogging Instagram, maka setidaknya terdapat empat hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Konsepkan Konten Microblog Anda

Untuk bisa membuat konten microblogging Instagram, sudah tentu Anda harus membuat konsep tentang konten yang ingin Anda buat. Jenis font apa yang ingin Anda gunakan, warna apa saja, dan gambar apa saja yang nantinya akan Anda gunakan.

2. Mendorong Pengguna Lain Bereaksi

Jika Anda sudah menentukan konsep yang bagus untuk konten Anda, maka hal lain yang harus diperhatikan adalah memastikan pengguna lain untuk mau bereaksi pada konten Anda. Salah satu caranya adalah dengan menyisipkan pertanyaan di akhir posting-an Anda.

3. Pastikan Konten Anda Menarik Untuk Orang Lain

Hal utama yang harus selalu Anda perhatikan adalah apakah memang konten tersebut menarik dan mampu memberikan manfaat pada orang lain atau tidak? Dalam hal ini, Anda bisa membagikan trik atau tips, serta informasi yang menarik lainnya.

Lalu, gabungkanlah ide tersebut dengan tren yang saat ini sedang berlangsung.

4. Pilih Aplikasi yang Digunakan

Dalam membuat berbagai konten microblogging Instagram, Anda bisa menggunakan beragam aplikasi desain yang saat ini banyak tersedia. Nah, beberapa aplikasi yang banyak digunakan adalah Adobe Photoshop, Canva, Powerpoint, Google Slides, hingga Keynote.

Anda bisa mengkreasikan konsep konten yang sudah Anda tentukan pada berbagai aplikasi tersebut. Lalu, gunakanlah aplikasi yang memang Anda rasa nyaman untuk berkreasi.

Baca juga: 5 Cara Monetisasi Instagram yang Bisa Dilakukan Secara Mudah

Tips Membuat Konten Microblogging di Instagram

5 Cara Monetisasi Instagram yang Bisa Dilakukan Secara Mudah-3

Terdapat beberapa tips yang harus Anda ketahui saat ingin membuat microblogging Instagram agar bisa menarik perhatian pengguna, yaitu:

1. Gunakanlah Jenis Font Sans

Menurut laman UXplanet, jenis font sans sangat pas digunakan untuk Anda yang ingin mementingkan tampilan visual, tulisan pendek, dan para pembaca berusia muda. Tentunya hal tersebut sangat pas untuk digunakan pada konten microblogging Instagram Anda.

2. Gunakanlah Warna yang Kontras

Agar bisa menarik perhatian para pengguna Instagram, Anda harus bisa memilih warna yang menarik. Umumnya, berbagai warna yang cukup kontras, seperti biru-putih, kuning-hitam, dan lain sebagainya mampu menarik perhatian pengguna.

3. Gunakanlah Kata-kata yang Sederhana

Anda harus memastikan bahwa setiap kata yang Anda gunakan di konten microblogging Instagram Anda dibuat dengan sangat sederhana. Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan kejenuhan dalam hal membaca dan secara visual pun tidak baik.

4. Berikan CTA Pada Slide Terakhir

Call to Action atau CTA sangat lazim digunakan pada konten blog ataupun pada iklan digital. Dalam konten microblogging Instagram, CTA ini bisa dalam bentuk ajakan untuk komentar, share, atau tag akun lainnya yang sedang bekerja sama dengan Anda.

Baca juga: Ingin Menghindari Shadowban dalam Strategi Media Sosial Marketing? Ini Caranya!

Penutup

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam membuat konten microblogging Instagram. Jika Anda bisa mempraktikannya dengan baik, maka konten Instagram bisnis Anda bisa menarik banyak engagement dan akan berakhir pada meningkatnya konversi penjualan Anda.

Namun, jangan lupa untuk mencatat setiap transaksi penjualan tersebut secara tepat dan membuat laporannya tanpa ada kesalahan sedikitpun. Untuk Anda yang kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk melakukannya, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu mencatat setiap kegiatan transaksi bisnis secara otomatis dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda.

Selain itu, fitur tersebut juga telah terintegrasi dengan fitur lainnya, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan bisnis, dan masih banyak lagi.

Denan begitu, seluruh waktu yang sebelumnya Anda gunakan untuk mencatat, membuat laporan keuangan, hingga mengelola bisnis bisa Anda alokasikan untuk fokus dalam mengembangkan bisnis.

Tertarik dengan Accurate Online? Silakan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya lebih dulu selama 30 hari, Gratis!

digitalmarketingbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait