6 Cara Menghitung Engagement Rate dengan Mudah Demi Maksimalkan Campaign Anda

oleh | Feb 23, 2023

source envato.

6 Cara Menghitung Engagement Rate dengan Mudah Demi Maksimalkan Campaign Anda

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa engagement rate adalah istilah yang banyak digunakan oleh para pengguna media sosial. Sebagai suatu alat dalam mengukur keterlibatan followers, indikator yang satu ini mempunyai banyak fungsi untuk kebutuhan digital marketing.

Lalu, bagaimana cara menghitung engagement rate? Penasaran? Tenang, karena kami sudah merangkum cara mudah menghitung engagement rate di bawah ini.

Apa itu Engagement Rate?

accurate.id Gambar Engagement Rate-1

Sebelum kita masuk pada pembahasan utama, yakni cara menghitung engagement rate, maka kita harus terlebih dahulu mengetahui engagement rate.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini media sosial sudah berhasil memasuki kehidupan sehari-hari manusia. Platform ini menjadi tempat dalam melepas penat, membagikan pengalaman dengan orang lain, bahkan sudah menjadi cara cepat untuk bisa mendapatkan informasi terkini.

Salah satu media sosial yang paling terkenal saat ini adalah Instagram, lalu TikTok dan Twitter menyusul setelahnya.

Aplikasi media sosial besar tersebut telah menjadi tempat bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu luangnya, scrolling mencari konten yang memang mereka gemari.

Selain berada di dalam puncak kejayaan, Instagram dan TikTok menjadi aplikasi konten berbasis foto dan juga video pendek.

Untuk itu, banyak para pemasar yang memanfaatkannya sebagai senjata ampuh dalam strategi marketing-nya. Mereka akan menargetkan brand dan penjualan pada beberapa orang secara spesifik, sesuai dengan kriteria atau target perusahaan mereka.

Namun, banyak pemasar yang belum memahami cara terbaik untuk menggunakan media sosial. Untuk itu, terdapat pengetahuan terkait engagement rate yang harus dikuasai oleh semua ahli pemasaran di media sosial.

Berdasarkan laman Hopperhq, engagement rate adalah sebuah metrik dasar yang digunakan di dalam sosial media marketing agar bisa menilai performa suatu konten di dalam platform media sosial, terutama Instagram dan Facebook.

Indikator yang satu ini harus dipahami oleh semua marketer dan influencer dalam menilai keterlibatan audiens dengan postingan mereka.

Jika suatu konten berhasil memperoleh banyak perhatian dari followers, maka pengetahuan publik atas brand tersebut pun akan meningkat secara langsung.

Engagement rate juga bisa digunakan sebagai acuan penelitian agar bisa mengetahui kebutuhan audiens berdasarkan jumlah interaksi mereka dalam beberapa konten khusus. Hal tersebut bisa dilihat dari mana yang lebih banyak dan lebih sedikit tingkat engagement postingannya.

Baca juga: Digital Marketing: Pengertian, Jenis dan Tips Efektif Untuk Melakukannya

Cara Menghitung Engagement Rate

accurate.id Gambar Engagement Rate-2

Terdapat setidaknya enam rumus untuk cara menghitung engagement rate, tergantung tolak ukur yang nantinya ingin Anda gunakan.

Nah, dirangkum dari laman HootSuite, The Influencer Marketing Factory, dan Agency List , beberapa cara menghitung engagement rate dan rumusnya adalah sebagai berikut:

1. Cara Menghitung Engagement Rate Berdasarkan Reach (ERR)

Cara menghitung ini dilakukan dengan mengukur engagement rate ini dilakukan dengan mengukur persentase jumlah orang yang telah berinteraksi dengan konten Anda setelah melihatnya. Terlepas dari orang tersebut followers Anda atau bukan.

Berikut ini adalah rumus ERR:

ERR = (Jumlah engagement per post / Reach per post) x 100

2. Cara Menghitung Engagement Rate Berdasarkan Post (ER Post)

Sama seperti poin pertama, cara menghitung engagement rate ini juga dilakukan dengan menilai orang yang telah berinteraksi dengan konten Anda. Tapi, di dalamnya Anda akan menggunakan jumlah followers sebagai faktor pembagi, alih-alih menggunakan reach.

Rumus di bawah ini bisa digunakan untuk menilai engagement rate di media sosial Instagram dan juga TikTok.

ER Post = (Jumlah Engagement Per Post / Jumlah Followers) X 100

3. Cara Menghitung Engagement Rate Berdasarkan Impression (ER Impression)

Anda juga bisa menghitung engagement rate berdasarkan impression. Jika reach adalah menilai jumlah orang yang sudah melihat konten Anda, maka impression di dalam engagement rate adalah seberapa sering konten Anda tampil di sosial media pengguna. Berikut ini adalah rumus untuk menghitungnya:

ER Impression = (jumlah engagement per post / jumlah impression) x 100

4. Daily Engagement Rate (Daily ER)

Anda juga bisa menilai tingkat engagement harian. Sehingga, Anda bisa memperoleh informasi terkait bagaimana para pengikut media sosial Anda berinteraksi setiap hari. Berikut ini adalah rumusnya.

ER Harian = (Jumlah engagement selama satu hari / jumlah followers) x 100

5. Engagement Rate Berdasarkan Views

Jika Anda menggunakan konten media sosial dalam bentuk video, maka Anda bisa memeriksa engagement rate-nya melalui rumus di bawah ini:

ER View= (Jumlah engagement dalam post video / Jumlah views video) x 100

6. Factored Engagement Rate

Rumus ini akan lebih fokus pada satu aspek engagement daripada yang lainnya. Contohnya, bila Anda menganggap bahwa komentar lebih berharga daripada likes, maka rumusnya adalah sebagai berikut:

ER-Komentar = [(Jumlah comment x 2) + engagement lainnya] x 100

Baca juga: Ingin Menghindari Shadowban dalam Strategi Media Sosial Marketing? Ini Caranya!

Penutup

Demikianlah cara menghitung engagement rate di media sosial yang harus Anda ketahui.

Namun selain harus mengetahui cara menghitung engagement rate, Anda juga harus mengetahui cara mencatat dan menghitung setiap dana yang keluar dan masuk pada bisnis Anda agar arus kas bisnis bisa berjalan lebih lancar dan kondisi keuangan Anda tetap sehat.

Untuk melakukan tersebut, akan #lebihbaik jika Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini akan melakukan pencatatan dan perhitungan akuntansi secara otomatis dan Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Fitur tersebut juga telah terintegrasi dengan fitur bisnis luar biasa lainnya, sehingga akan semakin memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Tunggu apa lagi, ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini šŸ™ Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait