Pentingnya Page Speed Untuk SEO dan Tips yang Bisa Anda Gunakan

Saat Anda mencari online, Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa halaman situs web memuat lebih cepat daripada yang lain. Ada banyak alasan mengapa ini terjadi dan cara bisnis dapat meningkatkan kecepatan halaman situs atau page speed pada webnya.

Dalam artikel ini, kami membahas faktor di balik waktu respons halaman yang lebih lambat dan tips untuk meningkatkan kecepatan page speed guna menciptakan pengalaman pengguna yang positif.

Apa itu Page Speed?

Page speed atau kecepatan halaman mengacu pada jumlah waktu yang diperlukan untuk memuat halaman situs web. Lebih khusus lagi, waktu buka halaman dapat dinilai dengan jumlah waktu yang diperlukan untuk konten yang terlihat atau konten paruh atas untuk memuat dalam kaitannya dengan seluruh halaman.

Cara lain untuk melihat kecepatan halaman adalah dengan mempertimbangkan apa yang disebut “pertama kali byte” yang mengacu pada lamanya waktu browser untuk menerima byte pertama informasi yang dikirim dari server web.

Mengapa Page Speed penting Untuk SEO?

Pemilik bisnis dengan kehadiran online harus memperhatikan kecepatan halaman situs web mereka karena berbagai alasan. Perusahaan yang mengandalkan situs mereka untuk sebagian besar pendapatan mereka mengetahui pentingnya memiliki strategi SEO yang kuat yang membantu mereka menonjol dari pesaing mereka. Berikut adalah beberapa alasan terpenting mengapa kecepatan halaman adalah bagian penting dari SEO:

  • Bounce rate
  • Peringkat mesin pencari
  • Pengalaman pengguna
  • Reputasi dan kredibilitasTingkat konversi

Karena situs web berisi konten yang ada di halaman web individual, waktu pemuatan dapat berbeda berdasarkan konten setiap halaman. Tujuan utama dari setiap pemilik bisnis adalah untuk mengoptimalkan beranda mereka dengan cara terbaik, karena ini pada dasarnya adalah pengenalan merek.

Pengguna situs memutuskan ke mana harus menavigasi selanjutnya berdasarkan informasi yang mereka terima di beranda. Memastikan bahwa beranda situs Anda dimuat dengan cepat akan berarti lebih banyak konversi karena alasan berikut:

1. Bounce rate

Kebanyakan orang mengharapkan halaman web dimuat dalam dua detik atau kurang. Ketika dibutuhkan lebih lama dari itu untuk memuat halaman, itu meningkatkan bounce rate atau tingkat “pantulan” atau tingkat seseorang meninggalkan situs.

Sebagai pemilik situs, Anda pasti ingin memastikan situs Anda dioptimalkan untuk kecepatan halaman secepat mungkin agar orang-orang tetap menelusuri apa yang Anda tawarkan.

Baca juga: 10+ Instagram Tools Terbaik Untuk Para Pebisnis

2. Peringkat mesin pencari

Salah satu mesin pencari populer menggunakan algoritme yang menentukan situs web mana yang berperingkat tertinggi di halaman hasil mesin pencari atau SERP. Salah satu faktor dari algoritma termasuk kecepatan halaman. Situs yang memiliki kecepatan halaman lebih rendah memiliki peringkat lebih rendah di SERP.

Jika bisnis Anda tidak muncul di 10 besar hasil SERP pertama, kemungkinan mendapatkan lalu lintas ke situs web Anda berkurang secara substansial.

3. Pengalaman pengguna

Ketika orang mencari secara online untuk menemukan sesuatu, mereka biasanya mencari dengan maksud tertentu. Mereka mungkin ingin membeli sesuatu atau mendapatkan informasi lebih lanjut tentang suatu topik.

Ketika mereka menemukan situs Anda, Anda ingin memastikan pengalaman mereka adalah yang terbaik, sehingga mereka tinggal lebih lama dan bahkan mungkin membeli sesuatu. Kecepatan halaman yang cepat membantu pengguna menavigasi halaman situs Anda semulus mungkin.

4. Reputasi dan kredibilitas

Ketika sebuah situs memiliki page speed yang rendah, pengguna situs tidak hanya ingin segera pergi tetapi juga dapat mempertanyakan kredibilitas situs tersebut.

Pengguna merasa nyaman mengetahui bahwa bisnis sering memperbarui konten mereka dan memelihara situs yang aman.

Ketika ada kelambatan dalam kecepatan halaman, ini dapat mengirim pesan yang salah tentang sebuah perusahaan. Orang-orang menginginkan teknologi terbaik yang tersedia yang akan membantu mereka mencapai tujuan maksud pencarian mereka.

5. Tingkat konversi

Ketika pengguna merasa nyaman menggunakan situs dan percaya bahwa perusahaan akan memberikan apa yang dijanjikan, mereka cenderung membeli, yang mengarah ke tingkat konversi yang lebih tinggi. Karena bisnis ingin sukses secara finansial, memiliki kecepatan halaman yang lebih cepat pada akhirnya akan membantu mengonversi lebih banyak pelanggan.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Pertumbuhan Organik pada Bisnis

Cara Menentukan Page Speed Website Anda

Anda dapat memeriksa kecepatan memuat halaman situs Anda melalui sejumlah alat online gratis. Tingkatkan peluang Anda untuk menerima representasi kecepatan halaman yang paling akurat dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan konfigurasi yang tepat
  • Uji kecepatan halaman dari dua lokasi
  • Coba lagi tes lebih dari sekali

Jangan ragu untuk meminta bantuan orang yang paham teknologi (seperti penyedia host Anda atau pengembang web perusahaan) jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan langkah-langkah ini. Berikut adalah rincian lebih lanjut untuk memandu Anda melalui proses:

1. Pastikan konfigurasi yang tepat

Sebelum melakukan pengujian kecepatan halaman, pastikan jaringan pengiriman konten atau content delivery network (CDN) dan cache Anda telah dikonfigurasi dengan benar. Selain itu, Anda ingin memastikannya berfungsi dengan baik di situs Anda.

2. Uji page speed dari dua lokasi

Terkadang mencoba tes teknologi dari lokasi yang berbeda untuk mereplikasi berbagai pengalaman berdasarkan lokasi akan membantu. Jalankan pengujian secara lokal atau di dekat pusat data Anda, lalu jalankan pengujian dari lokasi di luar lokasi yang lebih jauh.

Jika Anda tidak dapat melakukan perjalanan pada saat itu, nonaktifkan CDN Anda untuk sementara dan uji ulang dari lokasi Anda untuk mendapatkan hasil yang serupa.

3. Coba lagi tes lebih dari sekali

Seperti banyak tes, Anda bisa mendapatkan hasil yang berbeda dengan setiap percobaan. Uji kecepatan halaman Anda berkali-kali untuk melihat apakah datanya berubah. Hasil mungkin tidak akurat jika browser Anda tidak menyimpan atau menyimpan konten Anda baru-baru ini.

Baca juga: Marketing Campaign: Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

Tips untuk Meningkatkan Page Speed

Sekarang setelah Anda menentukan skor kecepatan halaman, Anda dapat melanjutkan untuk meningkatkannya untuk pengalaman situs terbaik. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi halaman web, yang mengakibatkan kecepatan pemuatan menjadi lebih lambat.

Meskipun mungkin perlu waktu, meningkatkan kecepatan halaman situs Anda layak dilakukan untuk mengoptimalkan SEO.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan halaman situs web Anda:

1. Pilih host web terbaik

Dasar dari sebuah situs web bergantung pada host webnya. Server penyedia Anda mungkin menyebabkan waktu pemuatan lebih lambat. Coba beralih ke host web lain untuk melihat apakah itu membaik.

Tapi sebelum Anda melakukannya, Anda akan ingin melakukan beberapa penyelidikan. Cari kecepatan halaman untuk web host yang Anda pertimbangkan. Jika memungkinkan, pilih satu dengan server lokal untuk memperpendek jarak yang harus dilalui data.

2. Optimalkan gambar

Ketika situs web menggunakan gambar resolusi tinggi, ini dapat memperlambat halaman web karena file besar. Dibutuhkan waktu tambahan untuk mengunduh gambar-gambar ini.

Mengompresi file gambar membantu mengoptimalkan situs Anda. Catat apa yang perlu dikompresi dan terapkan perubahan yang diperlukan berdasarkan ukuran gambar yang disarankan. Di masa mendatang, Anda akan ingin mengunggahnya dalam dimensi yang tepat sehingga Anda tidak perlu mengambil langkah lain untuk mengompresnya.

Baca juga: Apa itu Search Engine Marketing? Berikut Pengertian, Jenis dan Strateginya

3. Gunakan clean code

Di belakang setiap situs web terdapat halaman file teks atau kode yang berisi campuran teks dan bahasa “markup”. Pertimbangkan untuk mempekerjakan perancang web dan/atau pengembang web berpengalaman yang dapat menginventarisasi konten situs Anda.

Ini akan membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus kode yang tidak perlu yang mungkin berkontribusi pada kecepatan halaman yang lambat.

4. Lakukan cache browser

Alasan bagus lainnya untuk mempekerjakan seorang profesional untuk membantu mengoptimalkan situs web Anda adalah agar mereka dapat melakukan tugas seperti cache browser. Pengembang web memiliki pengetahuan untuk melakukan tugas ini dengan benar, yang membantu meningkatkan komunikasi antar server.

Kesimpulan

Itulah pemhasan mengenai page speed dan pentingnya untuk strategi SEO pada bisnis Anda. Jika strategi digital marketing Anda sudah berjalan optimal, jangan lupa untuk melakukan pencatatan atas biaya yang telah Anda keluarkan selama ini pada proses pembukuan yang optimal.

Jika kesulitan dengan pencatatan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu