Social Media Campaign dan Peran Pentingnya dalam Meningkatkan Brand Awareness

oleh | Sep 29, 2021

source envato.

Social Media Campaign dan Peran Pentingnya dalam Meningkatkan Brand Awareness

Social media campaign sangat dibutuhkan untuk menunjang kesuksesan suatu brand atau perusahaan dalam hal membangun awareness pada audiens  yang nantinya akan mampu mengarahkan mereka untuk mau melakukan pembelian produk atau layanan jasa Anda.

Jika Anda pernah mendengar tentang brand Dove, mungkin Anda pernah mendengar tentang kampanye dengan tema “real beauty”

Kampanye ini sangat terkenal kala itu, sehingga banyak orang yang turut berpartisipasi dalam membagikan ceritanya di akun media sosial masing-masing.

Nah, tingkat kesuksesan kampanye mereka sangat erat dengan keberhasilan social media campaign yang dikerjakan oleh Dove. Mereka memanfaatkan berbagai media sosial dalam mengerjakan kampanye iklannya.

Lantas, apa itu social media campaign? Bagaimana cara menjalankannya agar bisa sukses? temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang social media campaign di bawah ini.

Apa Itu Social Media Campaign?

Berdasarkan laman resmi Digital Logic, pada dasarnya social media campaign adalah suatu kegiatan pemasaran yang lebih terarah dan juga tersusun agar bisa meningkatkan kekuatan informasi pada suatu produk lewat media sosial.

Tapi, tentunya kampanye media sosial ini berbeda dengan kegiatan pemasaran yang umumnya Anda lakukan setiap hari di media sosial. Karena, social media campaign memiliki target fokus dan juga alat ukur yang lebih tepat.

Kegiatan kampanye media sosial ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai brand yang mempunyai beragam konsep dan tujuannya tersendiri. Ketika melakukan kampanye lewat media sosial, umumnya mereka mempunyai tema khusus.

Tentunya tema ini didapat berdasarkan hasil riset yang cukup mendalam dan akurat. Lalu, dieksekusi agar bisa mencapai tujuan utama perusahaan.

Baca juga: Native Advertising: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya dalam Bisnis

Tujuan dari Social Media Campaign

Setiap social media campaign tentu mempunyai berbagai tujuannya tersendiri. Tapi, berbagai tujuan ini di dalamnya terdapat tujuan bersama dari social media campaign itu sendiri. Nah,tujuan dari kampanye media sosial yang umum digunakan adalah:

  • Menciptakan dan menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan
  • Meningkatkan brand awareness dan traffic website.
  • Meningkatkan penjualan produk atau jasa
  • Serta meningkatkan adanya keterlibatan brand secara menyeluruh.

Alasan Pentingnya Menjalankan Social Media Campaign

social media campaign  adalah suatu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh pebisnis, terlebih lagi di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini.

media sosial mempunyai banyak sekali kelebihan daripada media konvensional. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan social media campaign dalam bisnis Anda

1. Mampu Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Kemungkinan Anda sudah menyadari bahwa saat ini konsumen lebih banyak yang memilih untuk berbelanja online daripada datang sendiri ke pusat perbelanjaan.

Kenapa begitu? Karena saat ini konsumen sudah mulai mengalami kondisi pergeseran kebiasaan serta market trend. Anda bisa menemukan berbagai hal dengan mudah di marketplace online serta di media sosial. Seperti berbagai kebutuhan sehari-hari, pakaian, sampai berbagai alat elektronik dari seluruh penjuru dunia.

Nah, perubahan kebiasan dan market trend ini lah yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh seluruh bisnis dengan melakukan social media campaign. Dengan menjalankan kampanye media sosial, tentunya Anda bisa mendapatkan lebih banyak konsumen, karena mereka saat ini adalah para pengguna media sosial.

2. Strategi Pemasaran yang Sangat Efisien dan Efektif

Tidak bisa kita pungkiri memang kegiatan marketing yang dilakukan secara konvensional memang memerlukan banyak sekali pengeluaran. Selain itu, pengeluaran ini juga terkadang sulit terukur dan juga belum tentu hasilnya menjanjikan.

Nah, sisi negatif ini mengakibatkan kegiatan marketing konvensional perlahan-lahan sudah mulai ditinggalkan. Saat ini, para pebisnis di Indonesia di Indonesia lebih banyak memilih menjalankan kegiatan social media campaign karena terbukti lebih efisien dan efektif.

Contohnya, bisnis rintisan baru banyak yang memaksimalkan kampanye media sosial secara organik yang tidak memerlukan banyak biaya. Jika mengeluarkan biaya berlebih, umumnya hal tersebut bisa disesuaikan lagi dengan anggaran yang dimiliki dan akan menargetkan pangsa pasar secara langsung.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun umumnya jauh lebih murah daripada beriklan pada media konvensional seperti koran, radio, atau televisi. Contohnya, beriklan di media televisi yang tampil selama 30 detik memerlukan biaya yang sangat mahal. Terlebih lagi, saat ini kebanyakan orang mulai jarang menonton televisi.

Dengan social media campaign, Anda juga bisa memperoleh feedback dalam kurun waktu yang sangat singkat.

3. Aktivitas Marketing yang Terukur dan Terkontrol

Ketika mengerjakan suatu social media campaign, disarankan untuk mempunyai tujuan yang jelas, strategi untuk bisa mencapai tujuan tersebut, dan juga cara mengukur tingkat keberhasilan tujuan tersebut.

Bila Anda melakukan kegiatan kampanye pada media konvensional, kemungkinan besar Anda akan sulit untuk mengukur tingkat keberhasilan dari strategi pemasaran yang Anda kerjakan.

Hal tersebut tentunya berbeda saat Anda melakukan kampanye media sosial,yang mana bisa Anda ukur tingkat keberhasilannya. Anda bisa melakukan analisa pada setiap kegiatan yang sudah Anda posting.

Selain itu, disana juga Anda bisa mengetahui informasi terkait impression, engagement sampai followers yang Anda peroleh. Sehingga, Anda bisa mengetahui tingkat keefektifitasan strategi pemasaran Anda.

4. Targeted Marketing

Tentunya setiap bisnis mempunyai segmen dan positioningnya masing-masing. Dengan melakukan kegiatan social media campaign, maka Anda akan lebih mudah dalam memilih segmentasi pasar yang lebih rinci, seperti usia, gender, hobi, dll.

Sehingga, kampanye media sosial Anda akan berjalan lebih akurat dan efektif dibandingkan dengan kampanye media konvensional.

Selain itu, Anda juga bisa menampilkan konten yang berbeda-beda pada setiap positioning dan target pasar tertentu secara lebih mudah.

5. Media yang Tepat Untuk Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Loyalitas konsumen adalah salah satu aset yang berharga dalam setiap bisnis. Untuk itu, sebagai seorang pebisnis Anda harus lebih cermat dan juga lebih jeli dalam menjaga loyalitas konsumen.

Nah, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalankan kampanye media sosial. Kenapa? karena kampanye media sosial mempunyai sifat dalam menembus ruang dan waktu.

Seperti yang kita ketahui, media sosial bisa diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Para audiens akan lebih aktif dalam hal memberikan feedback pada setiap kampanye iklan yang Anda kerjakan. Bahkan, mereka juga Anda libatkan untuk terus aktif di dalam kampanye bila menggunakan media sosial.

Strategi Social Media Campaign yang Bisa Dicoba

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, social media campaign sudah banyak digemari oleh pebisnis karena mempunyai banyak kelebihan daripada media konvensional pada umumnya. Tapi, kampanye media sosial tentu memerlukan strategi yang tepat agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan tepat.

Nah, berikut ini adalah strategi tepat dalam menerapkan social media campaign:

1. Mempunya Konsep Konten yang Baik dan Tepat

Walaupun media sosial memang mempunyai banyak sekali kelebihan, tapi semuanya tidak akan berarti bila memang tidak dilengkapi dengan konten yang baik.

Untuk itu, sebelum Anda menjalankan social media campaign, disarankan untuk mempunyai tingkat perencanaan konten yang sangat matan dan tepat sesuai dengan target pasar Anda.

2. Dijalankan secara Konsisten

Ketika menjalankan social media campaign, disarankan juga untuk melakukannya secara konsisten. Jika Anda hanya mempostingnya seminggu sekali, maka tingkat impresi dan engagement yang Anda dapat tidak akan baik.

Pada akhirnya, social media campaign yang sedang dijalankan pun tidak akan bisa maksimal dan tujuan yang ingin dicapai pun tidak akan tercapai.

3. Menganalisis kompetitor

Sebaiknya Anda melakukan analisis konten ataupun kegiatan media sosial yang dikerjakan oleh kompetitor Anda.  karena, dengan melakukan analisis kompetitor, Anda bisa menampilkan konten yang berbeda dan juga unik.

Sehingga, target market juga nantinya akan mengenal produk Anda jauh lebih dekat dan mengetahui perbedaan produk Anda dengan produk kompetitor.

4. Memberikan Gimmick yang Menarik

Konten yang menarik tidak hanya bersifat informatif, namun juga bisa melibatkan para audiens. Anda bisa memberikan berbagai gimmick yang menarik pada para konsumen, seperti dengan quiz di media sosial ataupun giveaway produk khusus.

Hal tersebut nantinya mampu meningkatkan engagement publik serta mampu menjangkau lebih banyak audiens.

Baca juga: Instagram Ads Adalah: Pengertian dan Cara Lengkap Membuat Instagram Ads

Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap dari kami tentang social media campaign, mulai dari tujuan, hingga strategi ampuh dalam menjalankan social media campaign agar bisa langsung Anda terapkan.

Bila Anda menerapkannya dengan baik dan tepat, maka Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens dan menarik mereka untuk membeli produk atau jasa layanan yang Anda tawarkan. Sehingga, omset keuntungan yang Anda peroleh akan meningkat.

Namun, jangan lupa untuk mencatat setiap keuntungan tersebut pada laporan keuangan Anda. karena laporan inilah yang nantinya bisa Anda jadikan bahan untuk menentukan keputusan bisnis yang tepat di masa depan.

Tapi, membuat laporan secara konvensional tentu akan sangat memakan banyak waktu dan sangat rentan terjadi kesalahan yang tidak perlu. Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia karena mampu menyediakan 200 jenis lebih laporan keuangan secara cepat, tepat, dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur persediaan, pembelian, penjualan, perpajakan, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate1

digitalmarketingbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait