Social Media Campaign: Pengertian dan Strategi Jitu Agar Brand Anda Banyak Dikenal

Social media campaign memiliki peran yang penting untuk kesuksesan suatu brand dalam menciptakan kesadaran di masyarakat yang selanjutnya bisa mengarahkan masyarakat untuk membeli produk.

Sebagian besar dari Anda pasti sudah kenal dengan brand Dove. Beberapa waktu yang lalu mereka membuat kampanye dengan tema “real beauty”. Kampanye ini sukses dan terkenal di dunia, sampai banyak orang yang turut serta dalam membagikan pengalaman mereka di media sosial.

Nah, kesuksesan dari kampanye ini sangat erat kaitannya dengan keberhasilan social media campaign yang dilakukan oleh tim Dove. Mereka memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk menjalankan kampanyenya tersebut.

Bagaimana, tertarik menjalankan social media campaign? Simak ulasannya terlebih dahulu pada artikel tentang social media campaign di bawah ini.

Apa Itu Social Media Campaign?

Berdasarkan laman Digital Logic, social media campaign adalah suatu aktivitas pemasaran yang lebih terarah dan juga tersusun dengan tujuan memperkuat informasi produk dengan menggunakan platform media sosial.

Tapi, tentunya kampanye media sosial tidak bisa disamakan dengan strategi pemasaran yang biasanya Anda lakukan di media sosial. Kenapa? karena di dalam social media campaign terdapat fokus dan berbagai indikator yang tepat.

Social media campaign sudah dilakukan oleh berbagai brand yang memang memiliki berbagai konsep serta tujuannya masing-masing.

Ketika menjalankan kampanye media sosial, umumnya mereka mempunyai suatu tema tertentu. Tentunya tema ini diperoleh berdasarkan hasil riset yang mendalam serta akurat yang lalu dieksekusi agar bisa mencapai tujuan yang diperlukan.

Baca juga: Infografis adalah Suatu Hal yang Dibutuhkan di Dalam Digital Marketing, Ini Penjelasannya!

Tujuan dari Social Media Campaign

Tentunya setiap social media campaign memiliki tujuan yang tidak sama. Tapi, dari tujuan tersebut terdapat tujuan bersama dari social media campaign itu sendiri.

Nah, tujuan bersama dari social media campaign adalah sebagai berikut:

  • Membangun dan juga menjaga hubungan yang baik dengan para konsumen
  • Meningkatkan tingkat brand awareness perusahaan
  • Meningkatkan traffic suatu website
  • Meningkatkan penjualan
  • Meningkatkan keterlibatan brand secara menyeluruh.

Jadi, setiap kampanye media sosial mempunyai tujuannya tersendiri karena memang dibuat dengan berdasarkan kebutuhan spesifik dalam suatu perusahaan. Untuk itu, social media campaign sangat perlu dilakukan dalam suatu perusahaan agar bisa mencapai tujuan yang telah dibuatnya.

Alasan Pentingnya Menjalankan Social Media Campaign

Social media campaign adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh perusahaan, khususnya di jaman yang sudah serba digital seperti saat ini.

Media sosial juga mempunyai banyak kelebihan daripada media konvensional. Nah, berikut ini adalah alasan penting kenapa perusahaan harus menjalankan kampanye media sosial.

1. Mampu Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Sebagian dari Anda pasti sudah menyadari bahwa saat ini para konsumen lebih memilih melakukan belanja online daripada datang langsung ke pusat perbelanjaan ataupun mall.

Kenapa? karena saat ini para konsumen sudah mengalami pergeseran kebiasaan serta market trend. Anda bisa menemukan berbagai hal di marketplace online serta di media sosial. Dari mulai kebutuhan sehari-hari, hingga alat elektronik yang berasal dari seluruh negara di dunia.

Dengan adanya pergeseran kebiasaan serta market trend ini, maka perusahaan harus bisa memanfaatkannya dengan menjalankan social media campaign. Kehadiran kampanye media sosial ini tentunya mampu menjaring konsumen yang lebih banyak karena saat ini banyak sekali pengguna media sosial di dunia.

2. Strategi Marketing yang Paling Efisien dan Efektif

Kegiatan pemasaran yang dilakukan secara konvensional memang memerlukan biaya yang sangat banyak. Selain itu, terkadang pengeluaran ini sulit untuk diukur dan belum tentu hasilnya kredibel.

Nah, karena hal itulah pemasaran konvensional sudah mulai ditinggalkan. Saat ini, para pebisnis lebih memilih melakukan social media campaign karena diklaim lebih efisien dan efektif. Contohnya, perusahaan startup yang bisa memaksimalkan kampanye media sosial secara organik tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Kalaupun memang harus mengeluarkan biaya, biaya tersebut masih bisa disesuaikan dengan anggaran dan bisa langsung menargetkan target pasarnya.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun lebih murah daripada melakukan kampanye iklan di media konvensional. Contohnya, beriklan lewat media TV yang hanya 30 detik memerlukan biaya yang sangat mahal. Terlebih lagi, saat ini masyarakat pun sudah mulai meninggalkan tontonan televisi. Dengan menjalankan social media campaign, Anda juga bisa mendapatkan feedback dengan kurun waktu yang sangat cepat.

3. Aktivitas Marketing yang Terukur dan Terkontrol

Ketika menjalankan kampanye iklan, ada baiknya Anda mempunyai tujuan, strategi dalam mencapai tujuan tersebut, serta cara mengukur keberhasilannya.

Nah, bila Anda menggunakan iklan di media konvensional, Anda belum tentu bisa mengukur tingkat keberhasilan tersebut. Namun akan berbeda jadinya bila Anda menggunakan social media campaign. Karena, Anda bisa mengukur tingkat keberhasilannya dengan baik.

Selain itu, Anda juga bisa menganalisis setiap kegiatan yang sudah Anda posting. Anda pun bisa memperoleh informasi terkait tingkat impressi, engagement, hingga follower yang Anda peroleh. Sehingga, Anda bisa mengetahui tingkat keefektifitasan strategi pemasaran Anda.

4. Targeted Marketing

Tentunya setiap bisnis mempunyai segmen serta marketing positioningnya masing-masing. Nah, dengan melakukan social media campaign, maka Anda bisa lebih mudah dalam memilih segmentasi pasar yang lebih detail.

Contohnya, Anda bisa memilih audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, hobi, dll. Sehingga, kampanye media sosial yang Anda jalankan akan jauh lebih efektif dan juga akurat daripada kampanye media konvensional pada umumnya.

Anda pun bisa menampilkan berbagai konten yang berbeda untuk setiap segmen serta positioning untuk target pasar tertentu secara lebih mudah

5. Media yang Tepat Untuk Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Salah satu aset yang paling berharga dalam menjalankan bisnis adalah menjaga loyalitas konsumen. Untuk itu, sebagai seorang pebisnis, Anda harus lebih cermat dan juga jeli dalam menjaga loyalitas konsumen. Nah, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalankan social media campaign.

Kenapa? karena kampanye media sosial memiliki sifat yang mampu menembus jarak dan juga waktu. Saat ini, siapa aja bisa mengakses media sosial dimanapun dan kapanpun mereka berada. Setiap konsumen juga bisa lebih aktif dalam memberikan umpan balik atas kampanye yang Anda jalankan.

Bahkan, para konsumen juga bisa Anda libatkan secara langsung dalam kampanye media sosial Anda.

Strategi Social Media Campaign yang Bisa Dicoba

Saat ini, social media campaign banyak digemari oleh para pebisnis karena memiliki kelebihan yang lebih banyak daripada media konvensional pada umumnya. Tapi, kampanye media sosial memerlukan strategi yang baik agar pesan yang ingin diberikan bisa sampai ke target market dengan baik dan bisa mencapai tujuan yang sudah dibuat sebelumnya.

Nah, berikut ini adalah strategi kampanye media sosial yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda:

1. Memiliki Konsep Konten yang Matang dan Tepat

Walaupun memang media sosial mempunyai banyak sekali kelebihan, namun semua kelebihan itu tidak akan berarti bila tidak dilengkapi dengan konten yang menarik. Untuk itu, sebelum menjalankan kampanye media sosial, buatlah perencanaan konten secara matang dengan konten yang tepat dan sesuai dengan target market Anda.

2. Dijalankan Secara Konsisten

Saat menjalankan social media campaign, ada baiknya untuk dilakukan secara konsisten. Anda tidak akan bisa mendapatkan impresi dan juga engagement yang baik bila Anda hanya memposting konten sebanyak satu kali perminggu.

Untuk itu, bila Anda ingin mencapai tujuan sesuai harapan, jalankanlah kampanye media sosial Anda secara maksimal.

3. Menganalisis Kompetitor

Disarankan untuk melakukan analisis konten atau memantau kegiatan media sosial dari kompetitor Anda. kenapa? karena dengan melakukan analisis komputer, Anda bisa menampilkan konten yang unik dan berbeda.

Sehingga, target market Anda bisa mengenal produk Anda lebih dekat dan juga mengetahui bedanya produk yang Anda miliki dengan kompetitor Anda.

4. Memberikan Gimmick yang Menarik

Konten yang menarik tidak hanya harus bersifat informatif, namun juga harus bisa melibatkan konsumen. Anda bisa memberikan suatu gimmick tertentu yang menarik para konsumen, seperti dengan memberikan quiz ataupun giveaway produk tertentu.

Hal ini mampu meningkatkan engagement audience dan mampu menjangkau audiens yang lebih banyak lagi.

Baca juga: Facebook Marketing: Ini Pengertian dan Strategi Ampuhnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang social media campaign, mulai dari penjelasan, tujuan, hingga strategi social media campaign.

Sekarang, waktunya bagi Anda untuk langsung menerapkan social media campaign pada bisnis Anda melalui strategi di atas. Bila Anda bisa menjalankannya dengan baik, maka bukan hal yang tak mungkin Anda bisa mencapai tujuan bisnis Anda dengan baik dan mencapai kesuksesan.

Namun, kesuksesan tersebut tidak bisa Anda dapatkan bila masih membuat laporan keuangan secara manual. Karena membuat laporan keuangan secara manual sangat rentan terjadi kesalahan dan memerlukan waktu yang sangat lama dalam memperbaiki kesalahan tersebut.

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Software ini sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia dan sudah meraih enam kali TOP Brand Award secara berturut-turut dari tahun 2016 hingga 2021.

Keberhasilan tersebut didapatkan karena Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur yang mampu mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis.

Jadi, ucapkanlah selamat tinggal pada proses pencatatan laporan keuangan manual dan proses bisnis yang tidak efisien.

Coba dulu Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.