Airdrop, Ini Pengertian dan Perannya Dalam Mata Uang Crypto

Dalam dunia bisnis mata uang crypto, airdrop adalah salah satu aksi pemasaran sekaligus menjadi salah satu fitur yang sangat penting. Untuk pemilik mata uang crypto tertentu, seperti bitcoin, mereka bisa memperoleh hadiah dalam bentuk token gratis.

Nah, proses dalam transfer koin atau token inilah yang disebut dengan airdrop. Tujuannya adalah sebagai hadiah atau bentuk promosi untuk para pelanggan setia.

Beberapa perusahaan ada yang memberikan hadiah pada pemilik mata uang crypto khusus agar para pelanggannya tetap bersedia menggunakan layanan atau produk dari mereka. Praktek ini tergolong suatu kegiatan yang baru dalam dunia crypto.

Jadi, aturan terkait crypto pun masih harus dikembangkan lebih lanjut. Airdrop sendiri sudah semakin banyak digunakan, untuk itu mereka yang memiliki mata uang crypto harus mengetahui lebih jauh tentang airdrop.

Memahami Airdrop Lebih Jauh

Biasanya, airdrop dilakukan agar bisa mempromosikan proyek mata uang crypto khusus. Atau bisa juga dilakukan untuk menarik minat orang untuk melakukan investasi pada mata uang crypto di suatu perusahaan atau situs tertentu.

Strategi ini biasanya dipromosikan oleh situs perusahaan atau di forum mata uang crypto. Nantinya, koin dan token hanya akan dikirimkan ke para pemegang dompet crypto. Mereka biasanya mempunyai mata uang Bitcoin atau Ethereum.

Namun, tidak semua pemegang dompet crypto bisa memperoleh airdrop. Minimal di dalam dompet crypto harus tersimpan beberapa mata uang crypto terlebih dulu.

Syarat lainnya adalah pemegang dompet crypto tersebut harus melakukan suatu tugas khusus. Contohnya seperti mengupload hal tentang mata uang crypto di forum media sosial. Atau bisa juga bergabung dalam proyek blockchain crypto tertentu, atau bisa juga menulis blog.

Baca juga: Trading Crypto: Pengertian, Cara Kerja, dan Tips Melakukannya

Airdrop yang Sah

Airdrop yang sah adalah airdrop yang tidak mencari keuntungan apapun. Tujuan hanya untuk melakukan promosi saja. Pemilik dompet crypto harus mengetahui aturan dasarnya agar tidak salah paham. Pasalnya, diluar sana terdapat banyak sekali oknum yang ingin melakukan tindakan penipuan.

Airdrop yang tidak sah adalah saat pemilik dompet diminta untuk mengirimkan mata uang crypto dalam jumlah tertentu. Walaupun jumlah mata uang crypto yang diminta tidak banyak, namun tetap saja tidak sah dan menjadi salah satu tindakan penipuan. Untuk itu, setiap pemilik dompet crypto harus waspada akan adanya permintaan transfer yang tidak jelas.

Baca juga: Cryptocurrency Adalah: Jenis dan Pengertian Cryptocurrency dalam Dunia Keuangan

Kenapa Harus Menggunakan Airdrop

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mata uang crypto bukanlah hal yang baru. Namun, diluar sana masih banyak orang yang belum menggunakannya. Bisnis crypto saat ini sudah semakin berkembang dan banyak digunakan masyarakat.

Terdapat beberapa jenis mata uang crypto yang dibuat agar bisa menjadi lebih baik dari mata uang sebelumnya. Ketika mata uang crypto baru diterbitkan, maka saat itulah waktu yang tepat untuk menggunakan strategi ini sebagai sarana promosi.

Selain itu, crypto juga dijadikan sebagai metode yang baik untuk bisa mengetahui pemilik mata uang crypto potensial. Agar bisa memperolehnya, pemilik dompet crypto harus mengisi beberapa formulir online. Sehingga, pihak perusahaan akan bisa memperoleh pelanggan yang memiliki peluang untuk bisa tetap setia dalam menggunakan layanan mereka.

Baca juga: Non Fungible Tokens: Pengertian, Manfaat, dan Karakternya

Bagaimana Cara Mendapatkan Info Tentang Airdrop?

Saat ini, sudah banyak sekali situs yang menyediakan informasi tertentu dan sangat lengkap terkait airdrop. Informasi tersebut mencakup cara daftar airdrop yang sudah dilakukan, proyek yang sedang berjalan, dan proyek yang nantinya akan datang. Bahkan, beberapa perusahaan ada yang menawarkan sarana yang berhubungan dengan airdrop.

Baca juga: NFC Adalah: Ini Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Kelebihan dan Kekurangannya

Dewasa ini sudah ada banyak sekali startup yang mengeluarkan mata uang crypto baru. Untuk itu, adalah hal yang wajar bila kompetisi industri ini semakin ketat. Oleh karena itu, mereka banyak yang menggunakan metode airdrop sebagai bentuk promosi.

Perusahaan mereka diharapkan bisa lebih menonjol daripada yang lainnya. Beberapa perusahaan startup bahkan ada juga yang membuat daftar keuntungan airdrop yang mereka tawarkan.

Dalam hal ini, tentunya setiap bisnis selalu ada yang buruk dan yang baik. Mata uang akan memiliki nilai bila digunakan oleh orang yang banyak. Untuk menarik banyak pengguna, maka diperlukan biaya yang harus dikeluarkan untuk mempromosikannya. Nah, usaha inilah yang dilakukan perusahaan startup crypto melalui airdrop.

Untuk itu, metode airdrop tidak selamanya menguntungkan. Terdapat beberapa perusahaan yang berusaha keras untuk menipu pelangganya dengan rayuan airdrop, padahal justru hal tersebut merugikan pelanggan.

Baca juga: Blockchain Adalah: Pengertian Lengkap dan Cara Kerja Blockchain

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang airdrop. Jadi, airdrop adalah suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan startup untuk mempromosikan mata uang crypto yang baru diluncurkannya.

Namun, tidak selamanya upaya ini berjalan maksimal. Diperlukan manajemen finansial yang baik untuk bisa menerapkan strategi ini. Nah, untungnya saat ini sudah ada software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Software akuntansi berbasis cloud ini akan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Terlebih lagi, perusahaan juga bisa mengakses laporan keuangannya kapanpun diperlukan dengan menggunakan laptop, komputer atau smartphone yang sudah terhubung dengan internet.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang luar biasa, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, dan fitur luar biasa lainnya yang siap membuat operasional bisnis bergerak lebih efisien.

Menariknya, seluruh keunggulan dan fitur yang terdapat di dalamnya bisa dinikmati dengan biaya investasi yang cukup terjangkau, yakni sebesar 200 ribuan saja perbulan.

Penasaran? Silahkan klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia