Mengetahui Secara Lengkap Apa itu Pasar Persaingan tidak Sempurna

Ketika sebuah ciri-ciri dalam sebuah pasar tidak terpenuhi, tentu akan mengalami sebuah persaingan yang tidak sempurna. Keadaan pasar seperti ini menjadikan sebuah kegiatan ekonomi yang tidak seimbang. Meskipun begitu, terdapat keuntungan yang bisa didapatkan dari jenis pasar ini. Untuk lebih lanjut akan persaingan pasar tidak sempurna ini, simak ulasannya berikut!

Pengertian Pasar Persaingan tidak Sempurna

Definisi dari pasar persaingan tidak sempurna ini merupakan sebuah bentuk pasar yang  menggambarkan sebuah situasi dimana hanya terdapat sebuah penjual tunggal atau beberapa saja. Hal tersebut menjadikan sebuah pembeli menjadi masif. Seperti halnya sebuah produk yang hanya tunggal dan tidak memiliki cadangan yang lain atau penggantinya.

Pengertian lainnya adalah suatu pasar yang mana perbedaan penjual dan pembeli sangat banyak, namun dengan produk atau barang yang serupa atau sama. Adanya hal tersebut menjadikan antara penawaran dan juga penjualan akan mempengaruhi harga pasar secara drastis karena ketidakseimbangan.

Baca juga : Pengertian Surat Perjanjian Hutang, Manfaat, Contohnya dan Cara Membuatnya

Ciri-Ciri Pasar Persaingan tidak Sempurna

Secara garis besar jenis pasar ini terbilang tidak seimbang dan dapat memicu sebuah konflik karena jumlah yang sangat kontras antara penjual dan juga pembeli. Ada beberapa ciri dari pasar tidak sempurna ini, diantaranya:

1. Terdapat Ketidakseimbangan Antara Penjual dan Pembeli

Adanya hal ini tentunya mengakibatkan seorang  penjual dan juga pembeli yang dapat mempengaruhi bagaimana keadaan sebuah pasar. Dalam artian sebagian kecil terdapat sebuah unsur pasar seperti  interaksi yang kurang. Hal ini dikarenakan jumlah penjual lebih sedikit dari pada pembeli.

3. Harga Ditentukan oleh Penjual bukan Pasar

Karena hanya ada sedikit pihak saja yang mempengaruhi pasar, tentunya tidak ada hambatan ketika sebuah perusahaan hendak menentukan harga. Hal ini karena fidak apa pihak yang bersaing terhadap barang tersebut.

3. Tidak Berhubungan dengan Pemerintah dalam Menentukan Harga

Selain mampu menentukan harga sendiri, dalam pasar persaingan tidak sempurna ini mampu menentukan harga tanpa campur tangan pemerintah. Hal ini menjadi kebebasan tersendiri bagi pihak yang berkaitan.

Baca juga : Pengertian Inflasi, Penyabab, Dampak, Penghitungannya, dan Cara Mengatasinya

4. Penjual Lainnya tidak Mampu Menentukan Harga Barang

Meskipun terkadang ada beberapa penjual yang juga menjual barang semacam, namun penjual yang lain tidak bisa menentukan harga barang. Hal ini karena didominasi oleh sepihak saja dalam penentuan harga. 

5. Sulit untuk Masuk ke Dalam Pasar

Karena pasar hanya mampu dijalankan oleh pihak tertentu saja, tentunya akan sulit bagi pelaku ekonomi yang juga ikut masuk pasar. Tidak adanya kebebasan pasar juga menjadi tidak adanya pengganti komoditas tersebut. 

Baca juga : Valuta Asing : Pengertian, Sejarah, Sistem dan Fungsinya Bagi Bisnis

Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Seperti yang telah disinggung bahwa sebuah pasar harus memiliki ciri-ciri yang lengkap untuk bisa dikatakan pasar sempurna. Namun ketika tidak utuh ciri-ciri yang ada, tentunya akan menjadikan sebuah pasar yang tidak sempurna. Ada beberapa jenis dari pasar ini, diantaranya:

1. Monopoli Pasar

Arti dari monopoli pasar ini sendiri merupakan seorang penjual yang mendominasi seluruh pasar yang ada. tentunya harga yang ada di pasar tersebut hanya ditentukan oleh penjual tunggal. 

Selain itu, dalam pasar monopoli in hanya bisa menjual satu produk saja. Sebagai contoh dari monopoli pasar ini yaitu sebuah perusahaan listrik negara. Ciri dari pasar monopoli ini ada banyak sekali produsen atau bahkan penjual hingga tidak terbatas. 

2. Oligopoly tentang Standar Produk

Pada pasar ini terdapat beberapa penjual namun terbilang kurang dari sepuluh eksis. Hal tersebut bertindak sebagai persaingan atau konklusi dikarenakan memiliki produk yang sama. 

Oligopoly ini dapat saling mempengaruhi harga yang ada dan dapat melakukan sebuah kartel. Jenis pasar ini memiliki jumlah produsen yang terbatas dengan konsumen tidak terbatas. 

Baca juga : Penyebab Kemerosotan Nilai Uang dan Hubungannya Bagi Bisnis Anda

3. Monopsony

Dalam kasus ini, dalam pasar terdapat banyak penjual namun hanya ada satu pembeli saja. Sebagai contoh yaitu perusahaan penyedia gerbong kereta api.

Pendapatan dari jenis pasar ini bahkan tidak merata. Hal tersebut menjadikan seringnya terjadi sebuah perselisihan.

4. Oligopsoni

Pasar yang satu ini terbilang lebih sebanding dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini karena terdapat banyak penjual dan beberapa pembeli. Meskipun terdapat kontras namun mereka memiliki peluang untuk bisa terjadi sebuah transaksi besar.

Pembeli dari pasar ini pada umumnya adalah seorang distributor. Dengan jenis produk mentah dan harga yang cenderung stabil. 

5. Persaingan Monopolistis

Dalam kasus ini terdapat banyak penjual yang menawarkan sebuah produk yang berbeda. Namun karakteristik yang ada berbeda-beda pula. Banyaknya pasar ini akan menjadi sebuah ketidak seimbangan karena banyak penyedia yang ada.

Adanya sebuah diferensiasi produk dalam artian produsen yang memproduksi produk hampir mirip dengan pesaingnya. Tentunya ciri khas masing-masing masih bisa dibedakan. 

Baca juga : Mencari Kurs Pajak Hari ini? Berikut Kegunaan Kurs Pajak bagi Bisnis

Kelebihan dari Pasar Persaingan tidak Sempurna

Meskipun dilihat sepintas, sebuah pasar tidak sempurna hanyalah menguntungkan satu pihak saja, faktanya ketika terdapat sistem ini memiliki banyak kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dari pasar jenis persaingan tidak sempurna, diantaranya:

1. Barang yang Ada Berkualitas Unggul

Karena susah untuk mencari penggantinya, barang yang ada biasanya akan bersifat unggul. Hal tersebut akan menjadikan banyak manfaat yang bisa digunakan bagi masyarakat.

2. Keuntungan yang Lebih Besar

Bagi pelaku monopoli pasar, mereka akan memiliki banyak keuntungan yang didapatkan. Bahkan keuntungan tersebut sangat mudah untuk dimilikinya.

3. Mendorong Menemukan Produk Inovatif

Dengan adanya hak paten yang diberikan sebagai hak penjual tunggal menjadikan sebuah dorongan untuk melakukan inovasi terhadap suatu produk. Tentunya akan menjadi hal yang menguntungkan kedepannya. 

4. Dapat Berkembang dengan Cepat

Sebuah monopoli pasar persaingan tidak sempurna, akan menjadikan pihak yang bersangkutan berpikir lebih keras agar bisa memiliki kedudukan dalam pasar. Hal ini menjadikan sebuah perusahaan akan berkembang lebih cepat dibandingkan dengan kompetitor yang ada.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pajak Progresif dan Cara Perhitungannya

Kekurangan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Dibalik kelebihan pada sistem pasar yang satu ini, terdapat kekurangan. Kekurangan tersebut menjadikan banyak orang yang dirugikan. Berikut beberapa kekurangan dari pasar persaingan tidak sempurna, diantaranya:

1. Adanya Sebuah Permainan Harga

Karena sebuah pasar hanya didominasi oleh satu pihak saja besar kemungkinan akan terdapat permainan harga. Adanya permainan harga tersebut menjadikan kerugian yang dirasakan oleh konsumen.

2. Tidak ada Alternatif Lain

Penjual yang hanya ada satu atau beberapa saja dalam menjual barang yang dibutuhkan menjadikan konsumen tidak memiliki pilihan lain. Tentunya mereka harus menerima barang yang tidak ada alternatifnya.

Baca juga : Tips Mengajukan Pinjaman Dana ke Bank untuk Kembangkan Bisnis

3. Adanya Diskriminasi Harga

Tidak hanya ada sebuah permainan harga saja, sebuah pasar persaingan yang tidak sempurna inzi mampu menciptakan sebuah diskriminasi harga. Hal ini dikarenakan mereka hanya memikirkan keuntungan pribadi belaka.

4.  Terdapat Eksploitasi Konsumen

Jumlah konsumen yang banyak dibandingkan dengan barang atau penjual menjadikan sebuah eksploitasi konsumen. Hal ini sangat berimbas pada konsumen yang tidak bisa bertindak mengambil alih untuk menyeimbangkan pasar.

Ketika sebuah pasar mengalami persaingan yang tidak sempurna. Tentunya dalam waktu yang lama akan mengalami sebuah fluktuasi ekonomi. Meskipun memiliki keuntungan, namun keuntungan tersebut hanya dirasakan oleh satu pihak saja.

Akan banyak yang merasakan kerugian karena pasar didominasi satu orang. Bahkan dalam pasar persaingan tidak sempurna dapat menyebabkan harga yang sangat tinggi.

Baca juga : Pasar Monopoli : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Ciri, dan Contohnya

Dalam mengelola usaha, hal terpenting adalah melakukan perencanaan finansial untuk menjalankan evaluasi bisnis dan pengembangan produk atau jasa yang dipasarkan.

Untuk proses pengeloaan data dan laporan keuangan yang baik, gunakanlah pembukuan yang benar dan sesuai standar agar proses pemantauan kesehatan finansial bisa berjalan sesuai rencana.

Jika Anda kesulitan melakukan pembukuan manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan meraih Top Brand Award sebagai software akuntansi terbaik sejak tahun 2016 sampai saat ini.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate fokus pengembangan

 

 

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia