Cara Investasi Saham secara Cepat dan Mudah, Cocok untuk Pemula

Melakukan investasi saham sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bila Anda sudah mengetahui cara investasi saham, maka Anda bisa dengan mudah menjalankannya.

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang tertarik dan sedang mencari tahu cara investasi saham, Anda bisa membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Cara Investasi Saham Secara Mudah Dan Cepat

Dirangkum dari laman Bursa Efek Indonesia, melakukan investasi saham secara cepat dan mudah, Anda bisa melakukannya secara online. Nah, Cara melakukan investasi saham secara online adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Dokumen Pribadi

Beberapa dokumen pribadi yang harus Anda persiapkan adalah ID card dalam bentuk KTP atau Kitas atau Passport, NPWP, sampul buku tabungan, nomor identitas KSEI, Fotokopi KTP dan Materai 10 ribu rupiah.

2. Menentukan Perusahaan Sekuritas Saham Online yang Diinginkan

Selanjutnya, Anda harus menentukan perusahaan sekuritas saham online. Perusahaan sekuritas ini memiliki peran  penting sebagai perantara perdagangan efek dan memiliki tanggung jawab pada dua hal, yakni pelaksanaan kegiatan jual beli efek guna kepentingan orang lain atau pribadi dan pelaksanaan jual beli saham atau obligasi yang dilakukan melalui bursa efek atau di luar bursa efek saham.

3. Mengisi Formulir Pendaftaran Investasi Saham Online yang Disediakan

Bila kedua poin di atas sudah dilengkapi, Anda harus mengisi formulir pembukaan rekening, termasuk rekening saham dan juga rekening dana investor. Proses pengisian formulir ini hampir sama seperti ketika Anda membuka rekening bank. Anda tinggal mengisi setiap kolom yang terdapat pada formulir pembukuan akun secara benar.

Jangan lupa juga untuk melampirkan persyaratan pembukaan rekening dalam bentuk kumpulan dokumen pribadi seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

4. Membuka RDI (Rekening Dana Investor)

Jika anda sudah mengisi formulir pembukaan rekening saham, maka Anda harus mengisi formulir lain untuk pembukaan RDI atau rekening dana investor. EDI adalah rekening dari dana Anda yang ditempatkan di bank dan terpisah dari rekening perusahaan efek.

Fungsi utama dari RDI adalah agar Anda memiliki rekening bank sendiri untuk semua penyelesaian transaksi saham. RDI ini memang tujuannya adalah menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham.

5. Silahkan Tunggu Hingga Proses Pembukaan Rekening Selesai

Lamanya waktu pembukaan rekening ini tergantung dari RDI yang telah Anda pilih. Biasanya, waktu proses pembukaan rekening ini menghabiskan waktu sekitar satu minggu. Jika proses pembuatan rekening sudah selesai, nantinya Anda akan dikonfirmasi dengan nomor RDI ang dibuka.

Baca juga: Mengenal Investasi Deposito dan Cara Memulainya

6. Download Aplikasi Trading Terpercaya

Bila Anda sudah berhasil mendapatkan ID, password dan PIN, maka Anda sudah bisa memulai melakukan investasi saham. Anda bisa mendownload aplikasi trading yang telah disediakan oleh broker di Playstore atau di Appstore, atau bisa langsung dari situs resmi broker tempat Anda mendaftarkan diri dalam membuka rekening saham.

7. Masukan Deposit Awal

Deposit awal harus Anda setorkan saat proses pembukaan RDI telah selesai. Tujuan dari dilakukannya deposit awal adalah untuk mengaktifkan rekening saham yang Anda buka. Anda bisa menyetorkannya secara tunai atau transfer dari rekening pribadi ke RDI.

Berikut ini adalah beberapa tahapannya:

  • Siapkanlah dana dari tabungan dan lanjutkan dengan menyetorkannya ke nomor RDN Anda.
  • Proses penyetoran bisa ditransfer lewat ATM, mobile banking, atau lewat internet banking.
  • Silahkan tunggu sebentar, lalu periksa dana yang masuk di aplikasi trading online yang sudah Anda install.

Setelah menyetorkan deposit awal, Anda hanya perlu menunggu dikirimkan ID, password dan PIN agar bisa login ke akun saham online. Selain itu, Anda juga akan memperoleh kartu Akses KSEI.

8. Sudah Bisa Memulai Transaksi Jual-Beli Saham

Perlu Anda ketahui bahwa pembelian minimal saham yang bisa Anda lakukan adalah 1 lot. Pembelian 1 lot ini sama dengan pembelian 100 lembar saham. Hal yang sama berlaku untuk kegiatan jual saham.

Setiap kegiatan transaksi jual beli saham akan dikenakan fee transaksi sesuai dengan kebijakan setiap perusahaan sekuritas. Saham yang terdaftar di BEI memiliki harga yang berbeda-beda. Harga tersebut akan mencerminkan nilai perusahaan.

9. Melakukan Order Saham Online

Jika Anda sudah berhasil melakukan transaksi saham, Anda bisa mengubah harga beli atau harga jual saham Anda. Di dalam aplikasi saham online akan tersedia fitur tersebut saat Anda melakukan perdagangan saham.

Bila posisi yang Anda pasang tidak terjadi, maka Anda bisa melihat posisi yang tersedia di pasar pada saat itu juga. Setelahnya, Anda bisa mengubah harga sesuai dengan kondisi pasar modal.

10. Penyelesaian Transaksi Jual-Beli Saham

Dalam transaksi saham, penyelesaian atau settlement bisa Anda lakukan dua hari sejak dilakukannya transaksi. Harganya juga telah disesuaikan dengan transaksi yang dilakukan dua hari sebelumnya. Bila tidak melakukan penyelesaian dalam waktu yang sudah ditentukan, maka Anda akan dikenakan denda sebanyak 45% per tahun.

Baca juga: Ingin Investasi Bitcoin? Kenali dulu Fakta dan Risikonya!

Penutup

Demikianlah cara investasi saham secara cepat dan mudah via online. Bagaimana, sudah siap untuk melakukan investasi saham?

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan investasi saham adalah mengelola keuangan Anda dengan baik. Kegiatan mengelola keuangan dengan baik ini diperlukan bukan hanya oleh investor saja, tapi juga oleh pebisnis dan individu.

Nah, agar lebih mudah dalam mengelola keuangan, akan #lebihbaik jika Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan.

Selain itu, fitur tersebut juga sudah terintegrasi dengan fitur luar biasa lainnya, sehingga Anda bisa membuat keputusan bisnis yang tepat dan mengembangkan bisnis secara lebih mudah.

Penasaran dengan Accurate Online? Silahkan coba dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia