Ingin Meningkatkan Motivasi Bekerja? Ini Tipsnya!

Setiap orang tentu pernah merasa jenuh dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Apapun pekerjaannya, mereka pasti ada kalanya merasa penat dan bosan. Hal tersebut tergolong wajar, karena bosan adalah sifat yang manusiawi. Untuk itu diperlukanlah motivasi bekerja.

Jika Anda tidak mempunyai motivasi bekerja dan membiarkan rasa jenuh serta penat terus menguasai diri Anda, maka karir Anda tidak akan berkembang, bahkan cenderung mampu menghancurkan diri sendiri.

Dengan adanya motivasi, maka seorang pekerja bisa memiliki rasa ikhlas dan muncul rasa semangat untuk bekerja. Sehingga, karyawan bisa menjaga performa kerjanya dengan baik di perusahaan.

Lantas, bagaimana cara memiliki motivasi bekerja? Baca tips ini untuk mendapatkan jawabannya.

Apa itu Motivasi Bekerja?

Ernest J. McCormick menjelaskan bahwa motivasi bekerja adalah suatu kondisi yang mempunyai dampak untuk mengarahkan, membangkitkan dan mempunyai perilaku yang erat kaitannya dengan lingkungan kerja. Jadi, motivasi adalah suatu dorongan dari luar atau dalam diri untuk bisa meningkatkan rasa bekerja dan mencapai tujuan.

Jika tidak memiliki motivasi bekerja, maka pasti akan sulit untuk bisa menyelesaikan tanggung jawab, pekerjaan tidak selesai dengan baik, dan bahkan bisa membuat Anda merasa depresi karena tidak siap dalam menerima berbagai tekanan.

Baca juga: Konselor adalah Profesional yang Bertugas Melakukan Konseling, Apa Bedanya dengan Konsultan?

Indikator dalam Motivasi Kerja Seorang Pegawai

Seorang karyawan bisa mempunyai motivasi bekerja tergantung dari keinginannya untuk menjadi lebih giat, sehingga bisa memberikan performa yang baik dan mampu mencapai tujuan dari perusahaan tempat dirinya bekerja.

Nah, terdapat beberapa indikator yang bisa meningkatkan motivasi kerja karyawan, yakni:

1. Dorongan dari Diri Sendiri

Indikator yang satu ini adalah suatu naluri yang muncul agar bisa memberikan dorongan pada diri seseorang, sehingga akan bisa mencapai tujuannya. Namun, setiap individu memiliki daya pendorongnya masing-masing. Ada yang mempunyai dorongan untuk bekerja agar bisa membantu orang tua, menafkahi keluarga, melanjutkan pendidikan, dan lain sebagainya.

2. Kemauan untuk Maju

Rasa untuk bisa menjadi lebih maju, berkembang, dan lebih baik dari sebelumnya dalam melakukan suatu hal bisa saja terjadi karena adanya pengaruh eksternal. Biasanya, kemauan ini terjadi karena pengaruh dari orang lain dan membuat orang tersebut memberikan reaksinya sendiri.

Contoh sederhananya saat ada seseorang yang ingin membuktikan bahwa dirinya bisa melakukan suatu hal walaupun yang lainnya menganggap dirinya tidak bisa.

3. Keikhlasan

Dengan mempunyai rasa ikhlas, seseorang bisa dengan mudah melakukan pekerjaannya tanpa merasa terpaksa dan juga tertekan.

4. Meningkatkan Skill

Terdapat beberapa pegawai yang memang mempunyai keinginan untuk meningkatkan kemampuannya melalui pekerjaan yang berhubungan dengan kemampuan dirinya sendiri.

Hal tersebut berdasarkan fakta yang menyebutkan bahwa pembentukan kemampuan tidak hanya bisa didapat dari teori saja, tapi juga belajar untuk bisa menguasai diri sendiri di dunia kerja dan bisa saling bertukar ilmu dengan rekan kerja. Sertifikasi pun menjadi salah satu cara untuk bisa meningkatkan kemampuan yang Anda miliki.

5. Rasa Tanggung Jawab

Beberapa karyawan mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi. Hal tersebut membuat mereka memiliki motivasi untuk menjalankan perannya dalam suatu perusahaan. Contohnya seperti penjualan produk yang bergantung pada performa seorang karyawan. Bila karyawan tersebut lalai, maka perusahaan bisa merugi.

6. Memiliki Kewajiban

Seorang karyawan pun bisa merasa bahwa dirinya wajib menyelesaikan tanggung jawabnya dalam bekerja.

7. Tujuan

Tentunya setiap orang mempunyai tujuan dalam hidupnya. Hal tersebut menjadi salah satu indikator yang tinggi untuk para pegawai. Selain itu, mereka pun akan menilai apakah memang lingkungan perusahaannya bisa mewujudkan tujuannya tersebut.

Saat dirinya melihat bahwa perusahaan mampu memberikan kesempatan tersebut, maka akan semakin besar juga motivasi kerja seorang karyawan.

Baca juga: CFP adalah Gelar Profesi Seorang Perencana Keuangan, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Cara Meningkatkan Motivasi Bekerja

1. Waktu Kerja dan Istirahat yang Seimbang

Cara pertama dalam meningkatkan motivasi bekerja adalah memiliki waktu istirahat yang tepat. Cobalah untuk memaksimalkan pekerjaan Anda saat jam kerja dan cobalah untuk beristirahat saat jam kerja sudah selesai. Hal ini juga akan membantu Anda untuk bisa berpikir jernih dan apa yang Anda kerjakan nanti bisa lebih berkualitas.

2. Selalu Berpikir Positif

Cobalah untuk selalu menanamkan pikiran positif saat Anda mulai merasa jenuh. Dengan adanya pikiran yang positif, maka Anda bisa tetap menjaga semangat dalam diri sendiri dan bisa meraih apa yang ingin Anda tuju.

3. Memiliki Gaya Hidup yang Sehat

Kesehatan menjadi faktor penting dalam menciptakan motivasi bekerja. Untuk itu, pastikanlah diri Anda bisa menjaga kesehatan dengan melakukan gaya hidup sehat.

4. Menerima Kritik dan Saran Dari Orang Lain

Saat ada orang yang memberikan kritik dan saran pada Anda, sebaiknya Anda memikirkan hal tersebut dan memperbaiki berbagai hal yang kurang baik pada pekerjaan Anda.

5. Memberi Self Reward

Jika Anda dipercaya untuk memegang beberapa proyek dan berhasil menyelesaikannya dengan baik, walau menguras waktu dan tenaga, cobalah berikan penghargaan pada diri sendiri. Contohnya dengan refreshing, berbelanja, atau mengunjungi café tertentu.

Baca juga: Manfaat dan Cara Menerapkan Afirmasi Positif di Dunia Kerja

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang cara meningkatkan motivasi bekerja. Nah, sebagai pebisnis, Anda juga bisa turut meningkatkan motivasi bekerja para karyawan Anda. Contohnya seperti dengan menyediakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, mereka yang bertugas sebagai akuntan atau staf keuangan Anda akan lebih mudah dalam mencatat dan membuat laporan keuangan. Karena, Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan mencatat seluruh transaksi secara otomatis.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan membuat Anda lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Penasaran ingin mencoba Accurate Online? Ayo klik tautan gambar di bawah ini.

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.