Financial Controller: Pengertian dan Fungsinya Untuk Bisnis

Setiap perusahaan harus mampu menerapkan skala prioritas dalam mengelola keuangan bisnisnya. Untuk itu, di dalam jabatan accounting ataupun keuangan, akan selalu dilengkapi jabatan tertentu yang dikenal dengan financial controller. Kehadiran dan juga kontribusi dari mereka memungkinkan anggaran dan keuangan perusahaan bisa dikelola dengan berbagai teknik yang tepat.

Seorang financial controller pun sangat penting dalam membantu perusahaan pada masa kritis, contohnya agar perusahaan mengetahui cara yang tepat dalam mengelola dana daruratnya bila benar-benar memang harus dilakukan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan lebih fokus membahas fungsi lain dari financial controller. Apa saja? simak penjelasannya pada artikel tentang financial controller hingga selesai.

5 Fungsi Utama dari Seorang Financial Controller

1. Menjaga Sistem Akuntansi Perusahaan

Tugas yang paling utama dari seorang pengontrol keuangan atau financial controller adalah melakukan interpretasi dan analisa atas setiap data statistik dan juga data informasi keuangan perusahaan. Sehingga, nantinya akan terjadi suatu penilaian terkait perbandingan antara hasil operasi dan juga performa yang berkaitan dengan anggaran perusahaan.

Selain itu, di dalam perusahaan pun pasti akan selalu terdapat interpretasi yang penting dari beragam hal lain yang berhubungan dengan pajak dan tingkat efektivitas operasional perusahaan. Untuk itu, perusahaan akan sangat memerlukan seorang petugas yang bisa melakukan monitoring secara baik.

Sistem akuntansi dan pencatatan pada setiap transaksi yang terjadi bisa terjaga dan data perusahaan pun nantinya akan terbebas dari tindakan manipulatif. Setiap transaksi yang tercatat akan sangat penting guna melengkapi laporan keuangan internal perusahaan, sehingga akan sangat membantu alur pembuatan pembukuan yang disusun oleh jabatan keuangan lainnya, seperti seorang bookkeeper.

2. Membantu dalam Menyusun Anggaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seorang financial controller akan mempermudah alur pembukuan oleh jabatan keuangan atau financial staff lainnya. Salah satu staf yang akan terbantu karena kehadiran financial controller adalah bookkeeper.

Seorang pengontrol keuangan akan dilibatkan secara langsung dalam membuat anggaran keuangan perusahaan. Tugas pengontrol keuangan yang satu ini akan memberikan saran yang paling baik dalam membuat anggaran keuangan perusahaan. Contohnya seperti mengontrol anggaran agar tidak melebihi anggaran yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Baca juga: Konsultan Keuangan: Ini Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilihnya

3. Evaluasi Kinerja Staf Akunting Perusahaan

Seorang financial controller pun mempunyai tanggung jawab dan fungsi dalam mengevaluasi performa staf akuntansi. Contohnya dengan memberikan pelatihan untuk membuat laporan keuangan atau hal lainnya yang berhubungan dengan laporan keuangan perusahaan.

Seorang pengontrol keuangan pun bertugas dalam memastikan setiap divisi keuangan mempunyai keterampilan atau kelebihan sesuai dengan performa yang diharapkan oleh perusahaan agar operasional perusahaan bisa berjalan lebih efektif dan juga lebih maksimal.

4. Menjaga Agar Keuangan Perusahaan Tetap Sehat

Seorang financial controller tidak hanya bertugas dalam melaporkan dan melakukan pembukuan saja. Mereka juga harus melakukan berbagai hal yang wajib dilakukan oleh manajemen perusahaan. Untuk itu, kualifikasi dari seorang pengontrol keuangan akan sangat berbeda dengan para pemangku jabatan keuangan yang lainnya.

Financial controller adalah jabatan yang bertugas dalam mendukung fungsinya sebagai pengontrol agar bisa memastikan keuangan perusahaan yang lebih sehat.

Untuk itu, dibutuhkan kompetensi yang cukup agar bisa melakukan fungsi pengawasan secara lebih maksimal, termasuk upaya agar kondisi pengeluaran dan pemasukan perusahaan bisa stabil terus-menerus.

5. Memastikan Data Keuangan Perusahaan Kredibel dan Akurat

Fungsi lainnya dari seorang financial controller di dalam suatu perusahaan adalah menjamin data keuangan perusahaannya agar tetap kredibel. Seorang pengontrol keuangan harus bisa memastikan tidak adanya pemalsuan data keuangan dan memastikan tidak ada usaha penipuan yang bisa merugikan pihak perusahaan.

Dengan adanya fungsi ini, maka keuangan perusahaan pun bisa berjalan dengan baik dan sistem keuangan perusahaan pun akan bisa lebih efektif dan juga lebih efisien.

Baca juga: EPS Adalah: Ini Pengertian dan Fungsinya untuk Perusahaan

Penutup

Berdasarkan berbagai fungsi dari financial controller di atas, bisa kita simpulkan bersama bahwa financial controller memiliki peran yang sangat penting bagi setiap perusahaan.

Nah, demi mendukung dan memudahkan pekerjaan financial controller, maka Anda bisa menyediakan sistem pengaturan keuangan perusahaan yang lebih tepat, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online sendiri adalah aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi cloud dan berbasis website, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan penginstalan ataupun pembaruan yang rumit, serta bisa Anda akses kapanpun Anda butuhkan.

Accurate Online pun sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia dan sudah berpengalaman selama 20 tahun dalam menyediakan aplikasi akuntansi yang canggih. Bahkan, Accurate Online sudah meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2022 ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda akan lebih mudah dan maksimal dalam mengontrol kondisi keuangan Anda. Karena, Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan fitur persediaan, perpajakan, penjualan, pembelian, manufaktur (add on), multi cabang, cost and profit center, dan fitur lainnya yang akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis Anda.

Lebih dari itu, Anda pun bisa menikmati berbagai kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online ini dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan rupiah saja perbulannya.

Masih ragu dalam menggunakan Accurate Online? Tenang saja, Anda bisa mencoba kelebihan dan fitur bisnis yang luar biasa dari Accurate Online selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia