Google Wallet, Pengertian dan Cara Top Up-nya

Di zaman yang saat ini sudah serba digital, berbagi metode pembayaran pun perlahan-lahan sudah meninggalkan uang tunai. Sebagai salah satu perusahaan besar di dunia digital, Google pun sudah mulai memahami kebutuhan tersebut. Untuk itu, mereka menghadirkan aplikasi dompet digital yang disebut dengan Google Wallet.

Lalu, Apa itu Google Wallet? Apa saja keuntungan menggunakan dompet digital yang satu ini? dan bagaimana cara mengisi atau Top Up nya? Tenang, kami akan menjawabnya melalui artikel tentang Google Wallet di bawah ini.

Pengertian Google Wallet

Sama seperti dompet digital lainnya, Google Wallet adalah aplikasi besutan Google yang memiliki fungsi serupa dengan dompet, bisa menerima uang, menyimpan uang dan transfer uang. Jadi, penggunanya bisa melakukan transaksi dalam bentuk uang virtual secara daring.

Selain itu, Google Wallet akan mencatat seluruh transaksi yang sudah dilakukan, seperti struk belanja, bukti transaksi, boarding pass, tiket, hingga bonus lain, yang akan disimpan secara baik dan aman.

Sistem ini hampir sama seperti layanan uang virtual lainnya, yakni sama-sama menjadi sarana penerimaan dan pembayaran uang dalam setiap kegiatan transaksi online.

Selain itu, Google Wallet juga mampu membuat seluruh akun di berbagai Bank untuk dihimpun menjadi satu, karena penggunanya bisa memasukkan seluruh nomor rekening dalam satu database Google Wallet. Seluruh data tersebut dijamin keamanannya karena akan disimpan dan dienkripsi pada sistem server dengan keamanan yang berlapis-lapis

Namun, layanan ini belum bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Untuk saat ini, Google Wallet baru tersedia untuk masyarakat Inggris dan Amerika Serikat saja.

Baca juga: 7 Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Cara Menggunakan Google Wallet di Indonesia

Walaupun Anda tinggal di Indonesia, Anda bisa bisa menggunakan layanan Google Wallet. Caranya adalah dengan mengganti alamat di Indonesia dengan alamat lain di Amerika Serikat.

Anda cukup masuk ke laman https://payments.google.com/payments/u/0/home#settings. Lalu, ubahlah alamat dan negara terdapat di pilihan, lalu pilih simpan atau save. Tapi, Anda hanya bisa memasukkan akun Bank di Amerika Serikat.

Cara mengganti alamat ini bisa Anda lakukan bila Anda sebelumnya pernah melakukan transaksi pembayaran via Google Play saja. Pada beberapa kasus, mereka yang belum pernah sama sekali melakukan transaksi di Google Play tidak bisa mengubah posisi alamatnya, sehingga tidak bisa menikmati layanan Google Wallet ini.

Selain itu, Google sendiri pun tampaknya belum melihat sisi urgensi untuk memasukkan layanan Google Wallet di Indonesia. Oleh karena itu, bila anda ingin membeli aplikasi atau ingin membeli gems di suatu game, maka Anda bisa melakukannya via Google Play.

Akun Google Play Anda akan secara otomatis terhubung dengan akun Gmail yang Anda buat, seperti Google Wallet.

Baca juga: Electronic Money: Sejarah, Electronic Money Terbaik dan Cara Kerjanya

Cara Top Up Google Play Tanpa Kartu Kredit.

1. Google Gift Card

Google Gift Card adalah suatu voucher virtual yang bisa digunakan untuk mengisi dana di Google Play atau untuk membeli aplikasi online. Voucher ini akan membantu Anda dalam melakukan transaksi pembelian via Google Play.

Seluruh dana yang Anda tukarkan nantinya akan menjadi saldo pada akun Google Play. Anda hanya harus memasukkan berbagai kode yang terdapat pada voucher tersebut, sesuai dengan nominal yang Anda beli, maka nantinya saldo akan bertambah secara otomatis. Dengan dana tersebut Anda bisa membeli film, lagu, aplikasi, ebook, dan game yang sedang Anda inginkan.

2. Pulsa Telepon

Anda juga bisa mengisi saldo Google Play Anda dengan menukarkan saldo pulsa Anda. Metode ini tergolong metode yang paling mudah untuk dilakukan. Pasalnya, Anda cukup mengganti cara pembayaran ketika ingin membeli game atau aplikasi di Google Play Store.

Untuk saat ini, operator seluler yang bisa Anda gunakan untuk mengisi saldo Google Play adalah XL/Axis, Indosat, Telkomsel dan Smartfren.

Sama seperti Google Gift Card, Anda juga akan dikenakan pajak sebesar 10%. Lalu, nominal uang yang Anda belanjakan via Google Play akan memotong pulsa prabayar Anda atau akan masuk dalam tagihan pascabayar Anda.

3. Bayar dengan GoPay

Agar bisa membayar via GoPay, maka anda harus terlebih dulu memiliki saldo GoPay pada akun aplikasi GoJek Anda. Jika Anda belum memiliki GoPay, maka Anda harus terlebih dulu memiliki saldo GoPay pada akun aplikasi GoJek.

Bila sudah punya saldo GoPay, Anda bisa langsung masuk ke aplikasi Google Play Store, lalu masuk ke menu cara pembayaran atau Payment Methods, Add Gopay, dan masukan nomor telepon GoPay Anda, dan tunggu SMS OTP nya. Lanjutkan dengan memasukan kode OTP dan lanjutkan sesuai petunjuk.

4. Pay at Alfamart

Metode lainnya adalah dengan membayar via Alfamart. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Play, masuk ke menu Payment Methods. Klik menu Buy Google Play Credit. Isi nominal yang Anda inginkan, lalu pilih metode Play at Alfamart.

Nantinya, Anda akan memperoleh kode pembayaran Google Play dan bawalah kodenya ke kasir Alfamart untuk selanjutnya Anda bayar.

5. Beli di Tokopedia

Anda juga bisa langsung mengisi saldo Google Play melalui aplikasi Tokopedia. Caranya, silahkan masuk ke aplikasi Tokopedia lalu pilih semua kategori. Pilih voucher game, dan ketuk kode voucher Google Play dan masukan nominal yang Anda inginkan. Lanjutkan dengan pembayarannya via transfer bank atau metode pembayaran lain.

Baca juga: E Money Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan kekurangannya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang Google Wallet. Untuk Anda yang sering menggunakan Google Wallet atau Google Play Store untuk membeli aplikasi, e-book, atau game, Anda harus bisa mencatat setiap transaksi yang Anda lakukan agar nantinya Anda bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan.

Kegiatan mencatat transaksi ini diperlukan untuk setiap entitas, baik itu individu hingga perusahaan. Nah kabar baiknya, saat ini Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, setiap kegiatan transaksi bisnis akan tercatat secara otomatis, dan Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara instan.

Terlebih lagi, di dalamnya juga terdapat fitur yang lengkap dan luar biasa untuk membantu bisnis Anda agar bisa bergerak lebih efektif dan efisien.

Jadi tunggu apa lagi? Segera coba dan gunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.