Mengenal Hardware Wallet, Dompet Fisik untuk Mata Uang Kripto

Selain uang fisik atau uang fiat, saat ini ada banyak sekali bentuk uang, salah satunya uang digital. Kehadiran uang digital mampu mempermudah konsumen dalam menjalankan transaksi sehari-hari. Salah satu uang digital tersebut adalah bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Nah, Aset untuk menyimpan aset digital tersebut dikenal dengan Hardware wallet.

Lalu, bagaimana cara kerja dari dompet digital ini ? Apakah alat ini lebih aman daripada dompet digital lainnya? Penasaran? Baca artikel tentang hardware wallet ini untuk mendapatkan jawaban lengkapnya.

Apa itu Hardware Wallet?

Berdasarkan laman Zipmex, hardware wallet adalah suatu dompet yang sama seperti akun bank digital. Dengan adanya dompet ini, maka setiap pemegangnya bisa menerima, mengirim, dan mengatur aset mata uang kripto mereka.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah bahwa hardware wallet bukanlah dompet digital. Hardware wallet memiliki bentuk fisik yang tersedia dalam beragam bentuk serta ukuran. Salah satunya ada yang memiliki bentuk seperti USB.

Hardware wallet seringkali dianggap sebagai salah satu metode yang paling aman dalam menyimpan mata uang kripto. Dengan menggunakan dompet ini, maka akses dalam menuju simpanan akan dienkripsi dengan perangkat tersebut. Inilah yang membuatnya lebih aman daripada dompet online.

Akses dalam menuju dompet online ini akan disimpan secara online. Jadi jika misalnya situs dompet online diretas, maka risiko koin kripto akan hilang. Namun, resiko tersebut bisa dihindari dengan menggunakan dompet digital ini , karena data akan tersimpan secara online.

Untuk meningkatkan keamanan, dompet ini pun dilengkapi dengan PIN. Sehingga, penggunaan yang tidak sah bisa dihindari dengan baik. Walaupun dompet tersebut hilang, namun dompet tetap tidak akan bisa digunakan tanpa mengetahui PIN-nya. Sehingga, dompet digital ini akan tetap aman walau terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan, seperti dicuri atau hilang.

Baca juga: Apa itu Crypto Wallet? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya!

Kelebihan Hardware Wallet

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan hardware wallet:

1. Super Aman

Walaupun komputer ataupun laptop yang saat ini Anda gunakan tidak aman, namun dompet digital ini akan tetap aman. Dompet ini dilengkapi dengan lapisan pengamanan ekstra ketat dari beragam ancaman negatif. Anda bisa menghindar beberapa bahaya, seperti situs penipuan, serangan cyber, ataupun kesalahan lainnya yang terdapat dalam sistem komputerisasi.

2. Banyak Aset, Satu Lokasi

Suatu hardware wallet bisa digunakan untuk beberapa blockchain secara bersamaan. Para penggunanya bisa memanfaatkan satu dompet saja dalam mengatur mata uang kripto di beberapa tempat. Seluruh data di dalamnya bisa dicadangkan secara mudah.

3. Sangat Nyaman

Hardware wallet adalah salah satu jenis dompet yang sangat nyaman. Selain karena ukurannya yang kecil, biasanya bentuk dari perangkat ini adalah nirkabel. Para penggunanya bisa mengakses kripto kapan saja dan dimana saja tanpa perlu ribet.

Dengan dompet digital ini juga Anda tidak perlu membuat banyak akun di setiap aplikasi. Cukup dengan satu dompet saja, para pemiliknya bisa mengakses ke berbagai aplikasi tanpa perlu membuat akun baru. Bahkan dompet digital ini pun bisa digunakan untuk mengakses aplikasi reguler, seperti Facebook dan Google.

4. Transaksi Antar Wallet

Dengan menggunakan hardware wallet, maka Anda pun bisa melakukan transaksi secara langsung. Cara ini adalah cara yang paling aman untuk melakukan jual beli aset digital sekaligus mempertahankan hak asuh pada token ataupun perangkat Anda.

Aset mata uang kripto yang diperjualbelikan pun tidak lagi harus melewati media lain atau dompet pertukaran ketika menjalankan transaksi. Sehingga, para penggunanya tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan saat melakukan penarikan ataupun menyetorkan dana.

5. Aman Meski Hilang

Karena dalam mengakses hardware wallet wajib memasukkan PIN, maka dompet digital ini akan tetap aman walaupun hilang. Pasalnya, dalam mengakses dompet ini penggunanya harus memasukkan PIN yang tidak terekam secara digital.

Selain itu, karena tidak terekspos di internet, PIN pun tidak akan bisa dicuri. Hal tersebut membuat dompet digital ini disebut-sebut sebagai tempat penyimpanan beku.

Bila memang dompet hilang, maka pemiliknya hanya perlu memasukkan daftar kata-kata dalam memperoleh kunci pribadi, nah daftar kata-kata tersebut dikenal dengan seed phrase. Biasanya, daftar tersebut terdiri dari 12 hingga 24 kata. Cara ini juga bisa digunakan untuk memindahkan data ke dompet lainnya.

Para pemegang dompet sangat disarankan untuk mencatat sheed phrase mereka di kertas dan menyimpannya pada tempat yang aman. Sehingga nantinya tidak akan sulit mencarinya saat ingin memulihkan dompet yang hilang.

Baca juga: Pengertian Crypto Market Cap dan Cara Menghitungnya

Cara Mendapatkan Hardware Wallet

Jenis dompet ini bisa dibeli oleh siapa saja di beberapa situs milik produsen atau dari retailer. Hardware wallet bisa langsung diperoleh, namun beberapa ada juga yang harus menunggu. Hal tersebut terjadi ketika ada permintaan mata uang kripto yang tinggi.

Ketika hal tersebut terjadi, akan ada banyak sekali orang yang memerlukan dompet digital ini untuk menyimpan aset. Karena kondisi tersebut keberadaannya pun akan sangat langka. Tapi di kala kondisi sedang normal, dompet digital ini  akan sangat mudah untuk diperoleh.

Baca juga: Trading Crypto: Pengertian, Cara Kerja, dan Tips Melakukannya

Cara Menggunakan Hardware Wallet

Walaupun bentuk dan ukuran dari dompet ini beragam, tapi pada dasarnya hardware wallet memiliki cara penggunaan yang hampir sama, yaitu:

  • Silahkan tancapkan hardware wallet ke komputer dan buka dengan PIN pribadi Anda
  • Lalu, lakukanlah transaksi pada salah satu aplikasi dan konfirmasi pada layar komputer
  • Bila transaksi telah selesai, data akan terekam secara online tanpa adanya bahaya

Anda tinggal memutuskannya sendiri untuk menggunakannya atau tidak, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Airdrop, Ini Pengertian dan Perannya Dalam Mata Uang Crypto

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang hardware wallet. Namun, Anda harus mengelola aset mata uang kripto di hardware wallet Anda secara baik agar bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Kegiatan terkait pengelolaan keuangan atau aset tersebut juga sangat diperlukan dalam menjalankan serta mengembangkan bisnis.

Nah, agar lebih mudah dalam mengelola keuangan atau aset bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengelola keuangan dan aset bisnis secara mudah karena Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Di dalamnya pun telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis yang akan membuat operasional bisnis Anda secara efektif dan efisien.

Tidak percaya? Anda bisa membuktikannya sendiri dengan mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia